Sugar glider tidak mau makan– Sugar glider adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Bahkan untuk memeliharanya pun cukup mudah, namun kadang ada saja permasalahan-permasalahan yang harus dialami oleh pemiliknya. Salah satu permasalahannya adalah sugar glider tidak doyan makan atau mau makan tapi sedikit.

Maka dari itu di sini hobinatang.com akan menjelaskan kepada teman-teman semua tentang cara mengatasi sugar glider tidak mau makan beserta sebab-sebabnya. Jadi jangan khawatir apalagi sampai bunuh diri. Hehe kidding sob. Yups langsung saja berikut penyebab dan tips mengatasi sugar glider tidak mau makan.

Penyebab dan Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan
Gambar by fp sugar glider Malaysia

Kasus ini biasanya dialami oleh sugar glider yang masih joey (anakan usia 1 bulan sampai 3 bulan).  Dan untuk menanganinya sobat harus memahami kondisinya sehingga dapat mencarikan jalan keluarnya. Apa saja penyebabnya?

1. Sugar Glider Sedang Adaptasi

Penyebab pertama sugar glider tidak mau makan adalah karena sedang melakukan proses adaptasi. Umumnya poin ini dialami oleh orang-orang yang baru membeli sugar glider dari temennya atau sesama komunitas. Sehingga saat dengan pemilik barunya dia belum terbiasa dengan suasana yang baru, baik tempatnya atau makanannya. Bisa jadi dia sudah terbiasa memakan pakan yang biasa diberi oleh pemilik lamanya dan tidak mengenali menu makanan yang Anda beri.

So, untuk masalah ini kalian tidak perlu khawatir dan cemas. Cara mengatasinya sobat cukup melakukan eksperimen dengan mengganti menu makanan atau menanyakan pada penjualnya terkait makanan yang biasa dimakan olehnya. Tapi jika sudah 2 hari masih tetap belum doyan makan, silahkan bawa ke dokter hewan terdekat untuk mengecek kesehatannya.

2. Sugar Glider Stres

Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan

Penyebab kedua ini sering dialami oleh pemilik sugar glider. Bahkan saat kondisi stress dia bukan hanya tidak mau makan, tapi dia bisa memakan kotoran sendiri atau malah memakan bayinya sendiri. So, upayakan agar kondisinya benar-benar dijaga. Lakukan cara di bawah ini:

Letakkan kandang sugar glider di tempat yang tidak bising banyak polusi dan sangat ramai. Karena keadaan tersebut akan menimbulkan panik dan tidak nyaman pada dirinya. Selain itu, bisa juga karena sugar glider diajak bermain. Yakni sering ditinggal sibuk oleh pemiliknya.

Baca juga: Cara Mengatasi Sugar Glider Stres Beserta Ciri Ciri dan Penyebabnya

3. Menu Makanan Tidak Cocok

Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan

Tidak semua sugar glider menyukai satu jenis makanan. Bisa jadi ada yang lebih menyukai pisang dan ada juga yang lebih menyukai serangga dan itu tergantung pada karakter sugar glider masing-masing. Makanya disarankan agar kalian menanyakan pada penjualnya tentang makanan kesukaan sugar glidernya sebelum dibeli.

Dalam kasus  lain ada yang menanyakan, “Kenapa sugar glider joey saya yang umur 2 bulan tidak mau makan saat dikasih ulat hongkong?” Nah, penyebabnya adalah satu, yaitu tidak cocok dengan menunya.

Menurut pengalaman, SG yang masih berusia 2 bulan memang belum saatnya diberikan serangga seperti ulat hongkong atau jangkrik kecil. Jadi cukup berikan bubur bayi rasa pisang atau pepaya. Itulah cara mengatasi sugar glider yang tidak mau makan karena masalah menu pakannya.

Baca: Makanan Untuk Sugar Glider Joey dan Dewasa

4. Kondisi Sakit atau Tidak Sehat

Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan

Nafsu makan sugar glider akan menurun saat dia dalam keadaan tidak sehat atau sakit. Jadi jika memang kondisi SG anda sedang sakit maka sebaiknya ditangani dengan cepat tanpa menunggu lama. Lalu Bagaimana cara mengetahui sugar glider sakit?

Adapun untuk ciri-ciri sugar glider sakit sudah pernah ditulis di artikel, 6 jenis penyakit sugar glider dan cara pengobatannya, silhakan dibaca.

Baik itu saja ulasan tentang sebab-sebab dan cara mengatasi sugar glider tidak mau makan alias mogok makan. Semoga saja tulisan kami ini bisa bermanfaat buat yang membutuhkannya. Bila berkenan silahkan di-share kepada sesama komunitas Sugar Glider Indonesia. Terimakasih

5 responses to “Penyebab dan Cara Mengatasi Sugar Glider Tidak Mau Makan”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    Sugar glider joey saya 2bln ,knp dikasih ulat hongkong joey nya tidak mau makan?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Carikan jenis pakan lain Om. Lagi ga doyan olat berarti

    2. Unknown Avatar
      Unknown

      sugar glider saya gamau makan bubur, udh beberapa merek dicoba tetep gamau… biar dia mau makan gimana ya?

    3. Yopy Avatar
      Yopy

      Kasih bubur ayam gan😁

  2. teaaaa Avatar
    teaaaa

    mau tanya nih sugar glider saya waktu pertama adopsi makan nya habis terus waktu saya kasi air madu makan nya jadi sedikit, lebih banyak minumnya daripada makannya. Itu kenapa ya? mohon jawabannya

Leave a Comment