Sejujurnya saya bingung harus menulis judul seperti apa agar bisa mewakili pembahasan ini. Tapi yang pasti hobinatang.com akan memberi tips cara membersihkan bulu sugar glider yang kotor atau berwarna kuning. Ditambah juga cara membuat cairan pembersihnya.

Alasan kami membahas tema ini karena sudah banyak pertanyaan masuk dari hobiis terkait masalah ini. Mereka bertanya melalui grup-grup media sosial semacam facebook dan kawan kawannya, “Om tante sugar glider saya jadi kuning karena air kencingnya. Gimana biar ngilangiinnya?” atau “Bagaimana sih cara bersihkan warna kuning pada sugar glider?” Dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Ada yang bilang kalau semua orang tidak bisa menghindari warna kuning pada bulu sugar glider. Tapi saya pribadi berpendapat, sangat mudah mencegah bulu sugar glider agar tidak berwarna kuning. Asalkan kalian mau memandikan sugar glider dengan sampo bayi secara rutin atau rajin-rajin mengelap dengan tisu basah non alkohol.

Kemudian hindari memakai batok kelapa. Karena batok kelapa juga salah satu penyebab mengapa warna bulu SG anda menjadi kuning. Jadi gunakan saja pouch. Nah setidaknya langkah langkah tersebut dapat mengurangi resiko bulu sugar glider kotor.

Namun bila sudah terlambat, tidak usah panik. Masih banyak jalan untuk menghilangkan warna kuning pada sugar glider. Caranya sangat mudah, yang penting kalian harus bersabar dan disiplin. Berikut cara membersihkan kotoran sugar glider yang sulit dihilangkan meski sudah dimandikan.

Cara Membersihkan Sugar Glider yang Kotor dan Kuning

Cara Membersihkan Sugar Glider yang Kotor dan Kuning

Membersihkan bulu yang kuning pada sugar glider terbagi menjadi 3 cara. Mulai dari risiko yang paling rendah sampai yang paling tinggi.

Baca juga: 7 Resiko Memelihara Sugar Glider, No 6 Paling Berat

1. Mengelap Bulu Sugar Glider Dengan Kain Hangat

Poin pertama adalah mengelap bulu sugar glider menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat. Langkah tersebut tergolong paling aman namun efeknya tidak terlalu besar. Cara melakukannya cukup menyediakan kain lembut dan merebus air hangat. Celupkan kain tadi ke dalam air hangat. Lalu peras hingga kadar airnya berkurang. Kemudian usapkan pada bulu sugar glider setiap pagi dan sore.

Ingat! cara semacam ini memang tidak instan. Membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan bisa sampai berbulan-bulan. Tapi kelebihannya resiko sangat rendah.

Bagimana kalau dilap tisu basah secara rutin?

Ya boleh juga. Saya yakin warna kuningnya bisa menghilang sedikit demi sedkit, meskipun tidak seperti semula berwarna abu-abu. Ok, mari menuju cara ke dua.

2. Memakai Shampo Bayi saat Memandikan Sugar Glider

Jika biasanya Anda memandikan sugar glider dengan tisu basah. Maka cobalah memandikan sugar glider memakai sampo bayi agar warna kuning pada bulu sugar glider bisa hilang. Cara ini sudah banyak dipraktikan teman teman. Di samping itu tingkat risiko pada point kedua ini termasuk kategori medium. Belum terlalu berbahaya.

Baca juga: Cara Memandikan Sugar Glider yang Baik dan Aman

Sebab sifat shampo bayi sendiri tidak pedih saat terkena mata. Apalagi hari ini sudah ada produk khusus shampo hewan peliharaan. So, apabila Anda berniat untuk memakai cara ini pastikan dulu usia SG anda sudah dewasa. Kalau masih joey/anakan jangan dimandikan dengan shampo. Karena masih sangat sensitif terhadap air dingin. Tunggu sampai 3-4 minggu, InsyaAllah warna kuning pada bulu SG anda akan menghilang.

3.  Membersihkan Warna Kuning Pada Bulu Sugar Glider dengan Cairan Pembersih

Inilah cara yang paling ekstrem. Saat ini sudah banyak hobiis yang menjual cairan pembersih khusus di sosmed atau di marketplace Indonesia. Cairan tersebut bersifat keras. Jadi kami tidak menyarankan anda menggunakan untuk jangka panjang. Hentikan pemakaian jika dirasa bulu SG sudah bersih dan terlihat seperti semula (abu-abu).
Jikalau teman teman tidak bisa membeli cairan khusus pembersih sugar glider. Kalian masih bisa membuatnya sendiri di rumah. Ikuti langkah langkah di bawah ini:
  • Siapkan alat-alat dan bahan-bahan berupa batu kapur serta larutan hidrogen peroksida 3% (Beli hidrogen peroksida di apotik).
  • Setelah terkumpul, pecah batu kapur menjadi beberapa bagian. Lalu tumbuk batu kapur yang sudah dibelah tersebut hingga halus menyerupai bedak.
  • Selanjutnya tuangkan cairan hidrogen peroksida 3% ke dalam batu kapur yang sudah dihaluskan tadi. Dengan rasio 3 banding 2. Misalnya jika bubuk batu kapur nya 5 sendok, maka cairan hidrogennya 4 sendok makan.
  • Terakhir aduk kapur dan hidrogen tersebut sampai merata.
Cairan pembersih buatan ini harus dipraktekkan pada sugar glider yang berusia 4 bulan ke atas. Kondisinya sehat, jinak dan tidak suka memberontak.

Cara penggunaannya cukup mudah. Pegang SG dengan hati-hati, jangan sampai memberontak. Kemudian usapkan cairan pembersih tersebut menggunakan sikat yang lembut secara perlahan-lahan.

Jangan sampai terkena mata atau terkena bagian-bagian yang vital seperti mulut dan telinga. Setelah dioleskan tahan selama 15 menit. Langkah terakhir tinggal membersihkan cairannya menggunakan kain yang sudah dibasahi air hangat. Hindari sisa cairan yang tertinggal. Karena saat grooming (menjilati tubuhnya) nanti bisa termakan.

Baiklah sekian saja dari kami tentang cara membersihkan bulu sugar glider yang kuning. Semoga bisa hilang semua warna kuningnya.

Tags:

4 responses to “Cara Membersihkan Sugar Glider yang Kotor dan Kuning”

  1. Hana yasmin Avatar
    Hana yasmin

    Sg saya bulu nya kaya keriting2 gitu bagian ekor sampe pangkalnya.. Itu kenapa ya? Dan apa bisa bulunya kembali halus lagi?

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Bisa Kak, dirawat dan dimandikan rutin. Itu kriting karena pouch nya yang jelek, atau pakai batok kena kencingnya sendiri

  2. Hana yasmin Avatar
    Hana yasmin

    Ohhh gitu ya, asal rutin mandiin,okeoke masih pakai kaus bekas sih buat jadi sleeping pouchnya..baiknya ganti aja gitu?

  3. Jagat Saputra Adi Guna Avatar
    Jagat Saputra Adi Guna

    kak sg saya bulunya kaya gimbal gitu itu kenapa ya, dan ada cara biar bulunya bisa gak gimbal gak kak?

Leave a Comment