4 Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina Disertai Gambar

Perbedaan ikan aligator jantan dan betina- Ikan aligator merupakan salah satu jenis ikan predator yang dapat ditemui di negara Indonesia. Namun aslinya ikan ini berasal dari benua Amerika. Lalu lambat laun ikan aligator mulai banyak dibudidayakan dan menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Itulah sebabnya mengapa di negara kita banyak penggemar ikan aligator gar.

Ciri-cirinya sangat unik, dia memiliki moncong layaknya buaya. Makanya dia disebut Aligator Gar (jangan dibaca "aligator" saja ya). Akan tetapi dari dulu sampai sekarang orang-orang masih mempermasalahkan cara membedakan aligator jantan dan betina. Kita mendapati teman teman hobiis banyak bertanya di grup terkait perbedaan aligator gar jantan dengan betina. Misalnya,

"Om  apa saja sih perbedaan antara aligator jantan dan betina?" atau "Mastah, Seperti apa sih ciri-ciri aligator jantan dan betina" dan masih banyak lagi yang lainnya.

Setelah ada pertanyaan tersebut, lantas kami melihat anggota yang ada di dalam grup tidak langsung menjawab. Melainkan mereka justru memberikan jawaban ngawur. "Gini om, coba cek kalau ikannya kencing berdiri berarti jantan. Kalau duduk berarti betina. Kalau kelaminnya panjang jantan, kalau pake rok betina" dan masih banyak lagi.

Makanya di sini hobinatang.com mencoba membagikan informasi terkait perbedaan ikan aligator gar jantan dan betina. Supaya teman teman yang ingin breeding bisa tau mana yang kelamin jantan dan betina.

Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina


Cara membedakan aligator jantan dan betina memang sulit. Keduanya tampak sama baik dari segi fisik maupun warna. Sehingga sulit dibedakan oleh pemula atau master sekalipun. Tapi perlu kalian ketahui bahwasanya ada beberapa perbedaan menonjol di antara keduanya. Intinya kalian harus cermat dan teliti.

Nanti akan nampak perbedaan dari keduanya. Apalagi kalau sudah berumur sekitar 3 sampai 4 tahun. Bisa lebih mudah membedakan mana aligator gar jantan dan mana yang betina. Berikut beberapa perbedaan paling menonjol:

1. Sirip Anal Aligator Jantan dan Betina Berbeda


Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina

Membedakan kelamin aligator paling mudah yaitu dengan melihat sirip analnya. Namun teman-teman di sini tahu tidak di mana letak sirip anal aligator? Sirip anal ikan terletak di bagian bawah dekat alat vitalnya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat ke arah tanda pada gambar di atas.

Nah kalau sudah tahu silahkan lihat ikan anda. Apakah siripnya rata atau terlalu menonjol? Bila sirip anal aligator agak rata berarti betina, sedangkan bila siripnya nampak berjumbai ada benjolan berarti jantan.

2. Membedakan Perut Ikan Aligator Gar Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina

Perbedaan kedua terletak pada perutnya. Secara umum perut jantan itu cenderung rata sedangkan perut aligator betina agak membulat besar. Jadi silahkan diraba dan rasakan sensasinya. hehe

3. Ukuran Badan Aligator Jantan dengan Betina juga Beda


Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina

Kalau manusia biasanya laki laki lebih besar. Tapi kalau ikan, yang besar yang jantan. Ukuran badan aligator jantan itu lebih kecil nampak memanjang dan ramping. Sedangkan aligator betina cenderung pendek serta membulat.

4. Melihat Kepala Aligator Jantan Sama Betina


Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina

Ciri ciri aligator jantan kepalanya panjang dan juga ramping. Tapi kalau ciri ciri aligator betina kepalanya agak bulat besar. Kalian bisa membedakannya dengan mengambil 2 ikan untuk dijadikan perbandingan.

Baca juga: Cara Memelihara Ikan Hias Yang Benar Panduan Lengkap Khusus Pemula

Selain perbedaan fisik, bisa juga melihat perbedaan karakter atau sifat. Jantan lebih agresif sedangkan betina gerak lamban. Oke mudah kan membedakan ikan aligator jantan dan betina? Silahkan bagikan artikel kami Bos. By: Admin hobinatang.com pencinta ikan predator

0 Komentar 4 Perbedaan Ikan Aligator Jantan dan Betina Disertai Gambar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top