17 Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Jenis ikan predator air tawar- Sampai saat ini ikan hias air tawar masih banyak diminati masyarakat Indonesia. Hal itu disebabkan karena ia memiliki warna indah, cantik dan jenis yang beragam. Sehingga apabila dipelihara di dalam akuarium bisa mengobati stres akibat kesibukan kita setiap harinya. Itulah mengapa orang-orang banyak memelihara ikan hias. hehe

Berdasarkan jenis pakan, ikan hias air tawar terbagi menjadi 2, yaitu ikan hias predator dan ikan hias biasa. Ikan hias biasa hanya memakan pelet sedangkan jenis ikan hias predator dapat memakan sesama ikan (kanibal) atau daging-dagingan. Meskipun ikan predator terlihat ganas dan menakutkan, tapi ternyata dia banyak dipelihara loh guys.

Buktinya jika kalian menelusuri grup-grup di facebook, kalian akan menemukan banyak komunitas pencinta ikan predator yang membernya sangat banyak kira-kira 30.000 hingga 50.000. Wooh Karena memang memelihara ikan predator itu ada kepuasan sendiri saat memberi makan. Dimana ikan mengejar-ngejar mangsanya sebelum disantap. Mantapz kan? Sensasi luar biasa!

Apa saja jenis-jenis ikan predator air tawar?

Jenis Ikan Predator Air Tawar Lengkap


Baiklah langsung saja berikut rangkuman lengkap terkait macam-macam ikan predator dan harga terbaru 2018:

1. Ikan Predator Arwana


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
gambar by Pinterest.com

Ikan arwana adalah salah satu jenis ikan predator paling populer. Beberapa spesies arwana berasal dari Indonesia seperti Kalimantan Barat dan Sumatra. Meskipun tergolong predator tapi arwana mempunyai ciri khas berbeda dengan ikan predator lainnya. Apa saja keistimewaan yang dimiliki arwana?

Pertama, ikan arwana banyak jenisnya dan setiap jenis arwana memiliki keindahan warna dan sisik yang berbeda-beda. Ada merah, emas dan silver. Kedua, ikan arwana juga diyakini membawa keberuntungan sehingga harganya pun lumayan mahal. Ketiga, ikan arwana tidak mudah mati asal kalian tahu cara merawatnya. Untuk lebih lengkapnya baca: jenis ikan arwana dan harganya.

2. Ikan Predator Belida


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Ikan belida juga termasuk jenis ikan predator air tawar yang berasal dari negara Indonesia loh atau lebih tepatnya daerah Sumatera Selatan Palembang dan Jawa. Biasanya belida hidup di sungai-sungai dan rawa-rawa. Dahulu ikan belida dimanfaatkan sebagai bahan utama membuat krupuk dan empek-empek. Namun semakin berjalannya waktu, ikan belida semakin sulit ditemui hingga akhirnya hari ini belida lebih banyak dimanfaatkan sebagai ikan hias predator air tawar.

Ciri-ciri ikan belida adalah mempunyai punggung menyerupai pisau, badannya pipih, kepala kecil, punggung belida bungkuk ke atas dan tubuhnya berwarna kelabu serta terdapat corak unik yang berbentuk lingkaran berjejer. (Lihat gambar di atas)

Untuk makanannya sama seperti ikan predator lainnya, yakni udang, ikan kecil-kecil, katak dan lain-lain. Harga tergantung ukuran gan, dulu saya beli ukuran sedang seharga 30.000-40.000.

3. Ikan Predator Datz atau Datnoid


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Jenis ikan predator ketiga adalah datz atau lebih dikenal dengan tigerfish atau datnoid. Ikan datz sendiri beragama jenisnya, ada yang dari Indonesia (indo datz) seperti datz Sumatra, datz Borneo dan datz Papua serta ada juga yang dari luar Indonesia.

Sebagimana namanya, ikan datz memiliki ciri-ciri tubuh unik layaknya seperti macan yaitu terdapat loreng-loreng antara hitam dan kuning emas. Harga tigerfish bermacam-macam karena jenisnya juga banyak. Sehingga ada yang mahal dan ada pula yang sangat mahal, semua tergantung pada jenis datz itu sendiri. Yang jelas sediakan saja uang Rp.300.000-500.000. Untuk yang paling mahal adalah jenis datnioides pulcher (ikan datz siam). Siapkan uang lebih.

4. Ikan Predator RBP (Red Belly Piranha)


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Saya yakin sobat pasti kenal dengan yang namanya piranha. Sebab ikan ini tergolong ikan artis alias sering masuk TV. hehe Meskipun sebenarnya dia tak seganas di filem-filem, karena di dunia nyata ikan piranha hampir tidak pernah memangsa manusia. Mereka hanya memakan anakan ikan dan bisa juga memakan sesama RBP.

Habitat asli ikan RBP adalah di Amerika Selatan sungai Amazon. Dan yang paling penting kalian harus bisa membedakan antara ikan predator piranha dan pacu (bawal) sebab keduanya hampir mirip, jadi jangan salah membeli ya. Baca: cara membedakan ikan bawal dan piranha

Oh iya, ikan ini bersifat tim (keroyokan). Yaitu hanya mau menyerang mangsanya apabila sedang bergerombolan dan kalau lagi sendirian dia berubah menjadi penakut. Harga anakan bisa Rp. 10.000-20.000

5. Ikan Monster Aligator atau Ikan Buaya


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Ikan aligator atau sering disebut sebagai ikan buaya ini memiliki bentuk yang mirip dengan buaya. Mulutnya panjang, moncong dan badannya seperti buaya hanya saja tidak memiliki kaki. Jenis ikan alligator sendiri sangatlah banyak namun yang paling banyak dipelihara adalah jenis aligator gar (Atractosteus spatula).

Habitat aslinya ialah di Amerika pada perairan Sungai Mississippi sampai Rio Grande Del Norte dan bermuara pada Teluk Meksiko. Besar ikan alligator gar bisa mencapai 3 meter dan beratnya 120 kg. Untuk harga berkisar jutaan kalau sudah jadi monster. hehe Tapi ada juga yang hibah (menghadiahkan) secara cuma-cuma.

6. Ikan Predator Palmas


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
https://zonaikan.wordpress.com

Salah satu ikan predator yang sangat familiar di kalangan hobiis adalah ikan palmas. Selain bentuknya elegan layaknya naga, ikan palmas juga mudah dipelihara dan tidak gampang mati loh. Sehingga sangat cocok sekali buat para pemula.

Berdasarkan kelompok dan penyebarannya, ikan palmas berasal dari Afrika dan termasuk keluarga polypteridae (bichir) yang artinya, ikan bersirip banyak. Adapun jenis palmas sendiri ada banyak sekali mulai dari:
  • Barred bichir (Polypterus delhezi )
  • Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)
  • Saddled Bichir (Polypterus endlicheri endlicheri)
  • Ornate bichir(Polypterus ornatipinnis )
  • Gray bichir ( Polypterus senegalus )
  • Buettikoferi bichir (Polypterus palmas buettikoferi)
  • Cross River bichir (Polypterus teugelsi)
  • Guinean bichir (Polypterus ansorgii)
  • Dan lain-lain masih banyak lagi.
Sedangkan panjang palmas rata-rata 94 cm, untuk harga tapi itu semua tergantung pada kondisi, jenis dan domisilinya. Yang albino biasanya Rp.30.000

7. Predator Air Tawar Oscar


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
Pinterest.com

Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
Flickr.com

Sama seperti ikan Datz dan Arwana, ikan Oscar juga memiliki warna tubuh menarik, cantik dan unik. Badannya hitam dicampur batik kucing yang menawan. Meski begitu ikan jenis oscar ini juga sangat ganas dalam memangsa ikan lainnya bahkan ia sangat terkenal rakus.

Ikan predator oscar memiliki nama latin Astronotus ocellatus berasal dari Amerika Selatan dan tergolong keluarga Cichlid. Harga sekarang sekitar Rp.15.000-30.000 tergantung ukuran.

8. Ikan Predator Peacock Bass


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
Facebook Hadi Sawangan

Peacock Bass merupakan ikan predator dari keluarga Cichlid, habitat aslinya di sungai Amazon. Dia bisa tumbuh besar hingga 50 cm. Umumnya orang Indonesia hanya memelihara 3 jenis Peacock Bass. Yaitu Cichla Temensis, Cichla Monoculus dan Cichla Oscelaris. Tapi yang memelihara Azul, Kelberi dan orinoco juga banyak looh.

Bagi kalian yang mengaku pencinta predator harus mencoba memelihara jenis ikan satu ini. Hal itu karena ia memiliki gerakan sangat cepat, gesit dan rakus saat makan. Jadi ada sensasi tersendiri saat menyaksikannya. Selain itu warnanya juga bagus. Harga terbaru berkisar Rp. 50.000 (ukuran 4 cm) dan Rp. 350.000-500.000 yang sudah 25 cm. Itupun tergantung jenis P.Bass nya.

9. Ikan Predator Wolf Cichild


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
Flickr.com

Sebagaimana namanya, wolf juga termasuk keluarga cichlid. Ia berasal dari Amerika dan memiliki gigi sangat tajam. Sehingga ikan yang menjadi mangsanya akan terkoyak habis tanpa sisa.

10. Ikan Predator Emperor Cichlid


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
http://www.arofanatics.com/

Ikan predator Emperor Cichlid adalah yang terbesar dari semua keluarga cichlid. Ukurannya saja bisa mencapai 90 cm. Namun sayangnya ikan ini bersifat endemik alias hanya ada di Tangayika Afrika.

11. Jaguar Cichlid


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Jenis predator air tawar dari keluarga cichild selanjutnya adalah jaguar. Habitatnya sama seperti wolf cichild berasal dari Amerika Tengah. Menurut keterangan hobis ia memiliki gigi dan rahang yang kuat. Jaguar mampu bertumbuh besar hingga 50 cm dengan perawatan baik.

12. Ikan Red Tailed Catfish


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Ikan predator Rad tail berasal dari sungai Amazon Amerika. Dinamakan red tail karena memiliki ekor yang berwarna merah dan disebut catfish karena memiliki sungut seperti kumis kucing. Kalau dilihat sekilas memang dia mirip lele, tapi sejatinya memang masih tergolong keluarga lele.

Jenis ini banyak dijual dan dipelihara. Sebab perawatannya tidak serumit merawat ikan arwana. Tapi kalian harus siap membelikan pakan yang banyak ya. Soalnya dia rakus dan bisa memakan ikan yang besarnya sepadan dengannya. Waw kan?. Harga TSN dan RTC biasanya antara Rp. 150.000-250.000 (ukuran 12 cm).

13. Fahaka Puffer


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Jenis ikan air tawar Fahaka Puffer ataupun ikan buntal termasuk ikan hias yang sangat lucu karena bentuk indah badanya yakni bulat dan lonjong sangat unik sekali. Warnanya sangat cantik, bagian ekornya berwarna merah, sementara tubuh bagian atas berwarna belang hijau serta coklat kehijuan. Akan tetapi di bagian bawah tubuh ikan ini berwarna putih.

Cara memelihara jenis ikan buntal ini juga sangat mudah. Sebab ikan buntal termasuk kedalam ikan predator, sehingga dia menyukai makanan hidup atau yang masih segar seperti cacing darah, kerang, siput, atau pakan yang sudah dibekukan.

Ciri khas ikan buntal ini ialah memiliki 4 gigi besar. Dengan gigi-giginya tersebut mampu mengoyak serta menghancurkan cangkang krustacea ataupun juga moluska.
Memiliki ukuran yang sangat mungil sekitar 4-5 cm. Untuk masalah harga ikan buntal memang bervariasi itu juga tergantung dengan domisilinya.

14. Ikan Vampir/Payara Armatus ( Hydrolycus Armatus )


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
https://www.pinterest.com

Payara atau sering disebut ikan vampir ini ditemukan di Amerika Selatan. Ia mempunyai ciri-ciri yang unik. Karena mulutnya bertaring menyerupai vampir. Meski begitu dia tidak menggigit manusia kok, hehe jadi jangan takut yah.

15. African Pike Characin


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap
https://www.monsterfishkeepers.com

Jenis ikan predator air tawar kali ini berasal dari Afrika makanya dinamai African Pike Characin. Dengan perawatan yang bagus dia mampu tumbuh sampai panjang 70 cm. So bila sobat tertarik memelihara ikan predator tersebut, sobat harus menyediakan tank (akuarium) besar.

Makanan yang diberikan dapat berupa ikan kecil, udang, serta cacing darah. Untuk harga yang dipatok pada ikan predator Africa memang lumayan mahal. Umumnya per ekor ikan ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 350.000 an.

16. Jenis Predator Air Tawar Araipama


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Bagi kalian yang berduit dan siap mengeluarkan biaya perawatan besar, silahkan beli jenis predator Amerika Selatan ini. Yupz Araipama merupakan jenis ikan monster terbesar di dunia. Ukurannya bisa mencapai 3-6 meter dan beratnya 200 kg. Waw

Selain itu harganya juga tidak murah, di Indonesia sendiri sudah banyak yang menjual Araipama. Biasanya kalau sudah besar/dewasa dipindahkan ke kolam. Harga paling mahal bisa berjuta-juta.

17. Ikan Toman atau Snakehead


Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Orang kampung juga tau dengan yang namanya toman. Dia dikenal sebagai ikan monster terganas dan bisa tumbuh besar layaknya ikan predator Araipama. Di luar negeri sendiri ikan ini dijuluki dengan Snakehead, karena kepalanya menyerupai ular. Kalau di kampung malah disebut ikan gabus, kutuk dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya gabus dan toman itu berbeda.

Habitat aslinya dari Asia Tenggara, seperti Sumatra dan Kalimantan. Ikan ini adalah spesies terbesar dari keluarga ikan (Channidae). Ciri-ciri ikan toman masih muda berwarna kuning bergaris hitam horizontal tebal, tapi warna kuningnya akan memudar menjadi keruh ketika dewasa.

Baca juga: Jenis Ikan Hias Cantik Mudah Dipelihara dan Murah

Akhirnya usai juga penjelasan tentang jenis ikan predator air tawar beserta harganya. Dari yang termahal sampai termurah. Dari yang terbesar sampai terkecil. Dari yang tercantik sampai terjelek haha. Baiklah sekian dari kami semoga informasi ini bermanfaat buat para pencinta ikan predator Indonesia. Salam (Nb: harga di sini bukanlah patokan, namun hanya kisaran saja. Karena tergantung ukuran, jenis dan tempat).

0 Komentar 17 Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top