HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Perbedaan Menonjol Antara Ikan Piranha dan Bawal

Perbedaan ikan piranha dan bawal- Buat pencinta ikan predator tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya piranha. Karena ikan ini sering masuk TV dan dikenal sebagai ikan yang buas serta menakutkan. Padahal di dunia nyata sendiri piranha tergolong ikan yang bersahabat bahkan tidak pernah memakan manusia dan juga banyak dipelihara oleh hobiis. Lalu apa hubungannya dengan pembahasan ini?

Tentu saja ada hubungannya. Sebab ternyata spesies predator piranha memiliki kembaran, yaitu ikan bawal atau ikan pacu. Jika dilihat sekilas ada sedikit persamaan ikan bawal dan piranha, tapi kalau dicermati dengan saksama sobat akan menemukan banyak perbedaan antara bawal dan piranha. Meski yang mau kita bedakan adalah ikan bawal anakan dengan ikan piranha anakan.

Nah jadi buat sobat yang mau memelihara ikan piranha, harus tahu bagaimana cara membedakan ikan piranha dan ikan bawal. Jangan sampai salah beli, nanti malah berabeh. ha ha

Perbedaan Ikan Bawal dan Piranha


Meskipun ada kemiripan ikan piranha dan bawal tapi setidaknya ada 5 perbedaan yang paling menonjol antara keduanya. Berikut perbedaan ikan bawal dan ikan piranha:

1. Bentuk Fisik


Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal
Gambar rahang bawah piranha dan bawal

Perbedaan pertama adalah ada pada bagian fisiknya. Khususnya di bagian rahang, warna tubuh dan ekor. Rahang bawah piranha ukurannya lebih besar dan panjang dibandingkan rahang yang atas. Berbeda dengan ikan bawal yang ukuran rahang bawahnya kecil dan besarnya hampir sama dengan rahang atas. Sebagaimana gambar bawal dan piranha di atas.

Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal

Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal

Warna tubuhnya juga beda. Ikan piranha berwarna merah silver dengan spot (corak bintik-bintik) yang agak jelas walau sudah dewasa. Sedangkan warna tubuh bawal agak gelap dengan spot yang samar pula. Mungkin kalau bawal masih kecil warnanya masih agak mencolok, namun jika semakin besar maka akan semakin memudar warnanya.

Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal

Lalu pola garis pada sirip ekor ikan bawal hanya satu garis hitam di bagian pangkal. Adapun garis pada sirip ekor ikan piranha ada dua garis hitam di bagian depan dan pangkal. Itulah cara mudah membedakan piranha dan bawal dari segi fisik.

2. Ukuran Ikan


Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal
Foto ikan bawal

Perbedaan yang kedua adalah dilihat dari ukuran ikan. Ukuran ikan bawal biasanya lebih besar dari ikan piranha ketika sudah dewasa. Ukuran ikan bawal dapat mencapai 108 cm dengan berat 40 kg sedangkan ikan piranha mencapai 50 cm dengan berat 3,9 kg.

3. Struktur Gigi


Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal
by: newsdiscovery

Gigi ikan piranha dan ikan bawal sama sama besar dan kuat bahkan saking kuatnya ikan bawal mampu menggigit tali pancing kita. Tapi kalau ditinjau dari segi tajam dan lancip, ikan piranha lebih tajam dan kokoh dibandingkan bawal. Maka wajar kalau gigi ikan piranha mampu menggigit sesuatu yang keras seperti daging.

4. Corak Tubuh


Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal
Ikan Piranha

Perbedaan Ikan Piranha dan Bawal
Corak ikan bawal

Corak tubuh ikan bawal berupa bulatan bulatan hitam di seluruh badan. Adapun corak tubuh ikan piranha berupa titik titik keabu abuan di sepanjang badan dan juga coraknya sangat jelas. Lihat gambar di atas.

5. Jenis Makanan


Perbedaan yang kelima yaitu dilihat dari jenis makanan yang biasa dimakan oleh si ikan. Ikan bawal termasuk jenis karnivora tapi bersifat omnivora karena ia juga bisa memakan tumbuh tumbuhan selain daging. Sedangkan ikan piranha termasuk jenis karnivora saja dan terkenal predator yang ganas. MakaYnya ikan bawal banyak dijual di pasar, karena memang bisa dijadikan ikan konsumsi. Sedangkan ikan piranha tidak.

Baca juga: 17 Jenis Ikan Predator Peliharaan Lengkap

Baiklah itu saja perbedaan ikan bawal dan ikan piranha yang dapat memudahkan anda untuk memilih mana yang bawal dan mana yang piranha saat membelinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Sekian terimakasih.

0 Komentar 5 Perbedaan Menonjol Antara Ikan Piranha dan Bawal

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top