HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

7 Jenis Ikan Arwana dan Harganya No 6 Paling Mahal

Jenis ikan arwana dan harganya- Orang Indonesia patut bangga dengan keberadaan ikan arwana atau ikan naga (dragon fish). Sebab ikan yang sangat populer ini ternyata berasal dari Asia Tenggara yang salah satunya adalah Indonesia atau lebih tepatnya Kalimantan. Bagi kami ikan arwana sangatlah berbeda dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Karena dia terlihat lebih elegan dan mewah, ditambah lagi pergerakannya yang berwibawa disertai warna yang indah.

Beberapa waktu yang lalu kami pergi ke toko ikan hias hendak membeli arwana dan ikan hias lainnya. Alhamdulillah, kebetulan di toko yang kami datangi ini memiliki ikan hias lengkap dan ada banyak sekali jenis ikan arwana yang dijual di sana. "Wah pas banget nih, sekalian bertanya-tanya tentang ikan hias kepada penjualnya" pikir saya dalam hati.

Setelah melihat-lihat ikan yang ada, kami pun memberanikan diri untuk bertanya kepada penjual. Salah satu pertanyaan saya "Jenis-jenis ikan arwana apa saja sih yang banyak dipelihara oleh masyarakat dan dijual di Indonesia?" Akhirnya bapaknya pun menjelaskan panjang lebar.

Dan di sini hobinatang.com akan membagikan pengalaman kami kepada teman-teman tercinta. Supaya kalian mengenal jenis ikan hias air tawar yang satu ini. Selain itu kami juga akan menyertakan harga terbarunya (*).
 *Harga ikan arwana bisa berubah sewaktu-waktu, semua tergantung pada tempat dimana anda membeli dan bagaimana kondisi ikan yang kalian beli. So, harga di sini bukanlah patokan.

Jenis Ikan Arwana Beserta Harganya


Setidaknya ada 7 jenis ikan hias arwana yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber dan dari penjualnya langsung. Apa saja?

1. Jenis Arwana Super Red/Naga Merah


www.pinterest.com

Super red arwana merupakan salah satu ikan kebanggaan kita, dia berasal dari Kalimantan Barat tepatnya di Danau Sentarum dan Kapuas, dan hari ini jenis arwana super red sudah banyak dikembangbiakan oleh para pembudidaya ikan, So sobat tidak perlu repot-repot pergi ke Kalimantan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Arwana untuk Pemula Panduan Lengkap

Sebagaimana namanya, dia memiliki ciri-ciri tubuh dan sisik yang berwarna dasar merah. Semakin dewasa warna merah akan semakin kental dan terlihat di seluruh tubuhnya. Mulai dari pangkal sirip ekor, insang sampai ujung sungutnya.

Untuk jenis super red sendiri dikelompokkan menjadi 4: Ada arwana Blood Red (merah darah) dan arwana Chili Red (merah cabe). Kedua jenis tersebut biasa disebut merah tingkat tinggi. Adapun yang tingkat kemerahannya lebih rendah ada Orange Red (merah orange) dan Golden Red (merah emas).

Harga super red terbaru berkisar Rp.4.000.000 sampai 15.000.000 atau malah lebih. Semua tergantung pada ukuran dan kondisi si ikan. Di OLX, kemaren melihat ada yang jual super red blood 45 cm dengan harga Rp.12.000.000.

2. Jenis Arwana Silver


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Arwana silver adalah salah satu jenis arwana yang paling umum di masyarakat. Sebab harganya paling ekonomis dan mudah ditemukan di toko ikan. Di toko ikan yang kami datangi menjual arwana silver hanya Rp.60.000 - Rp. 70.000 untuk ukuran 10-12 cm. Adapun yang dewasa bisa mencapai Rp. 2.000.000 - Rp. 3.000.000.

Ikan ini mempunyai tubuh yang berbeda dibandingkan dengan ikan arwana lainnya, dia bersirip dan bertubuh yang panjang. Kalau kalian merawatnya dengan baik, besar tubuhnya bisa mencapai 65 cm.

Oh iya, ngomong-ngomong jenis ini berasal dari Amerika loh dan dia juga kadang dipanggil arwana brazil. So kalian jangan bingung kalau ada yang menyebut nama itu.

3. Jenis Arwana Jardini atau Irian


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Arwana jardini mempunyai dua jenis warna yaitu warna gelap (scleropqges jardini) dan warna yang lebih terang (scleropqges leichharti). Untuk warna dasar tubuhnya adalah hitam kecokelatan yang disertai corak kuning emas di tengah-tengah sisiknya.

Menurut penelitian dia sebenarnya berasal dari Australia, namun karena ikan ini banyak ditemukan di daerah Irian. Maka dia pun dipanggil arwana Irian.

Harga ikan jardini berbeda-beda, mungkin tergantung tempat dan kualitas si ikan. Kemarin ada teman di Jabodetabek menjual ikan batik jardini Rp. 185.000 untuk ukuran 9-10 cm. Adapun yang dewasa bisa 3.000.000 ke atas.

4. Jenis Ikan Arwana Pino


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Jenis yang keempat dari ikan arwana adalah pino. Ikan ini sering disebut dengan green pino (arwana hijau) Hal itu disebabkan karena warna tubuhnya didominasi oleh hijau, walaupun di sana juga ada warna perak dan abu-abu di bagian ekornya, tapi tetap saja warna hijau lebih dominan. Selain itu kadang ada juga yang golden pino (hijau keemasan) dan mungkin masih ada lagi variasi warna lainnya.

Arwana hijau berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia (Kalimantan), Kamboja, Thailand dan Malaysia. Ciri khasnya adalah mulut dan kepalanya yang lebih besar dibandingkan jenis arwana lainnya. Harga dewasa bisa Rp. 6.000.000 ke atas.

5. Ikan Arwana Banjar Red


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Arwana banjar juga termasuk ikan lokal asli Indonesia, Banjar Kalimantan Selatan. Dia memiliki ciri-ciri kepala dan mulut membulat. Jika dilihat sekilas tubuhnya berwarna merah muda. Apalagi saat masih 10-15 cm, hampir mirip super red muda. Harga dewasa mulai dari Rp. 1.500.000 sampai Rp. 3.000.000.

6. Jenis Arwana Golden (Cross Back Golden)


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Jenis Ikan Arwana dan Harganya
www.pinterest.com

Inilah salah satu jenis arwana paling mahal di dunia (selain super red). Dengan warna dasar emas membuat daya tarik tersendiri bagi para pencinta ikan hias. Apalagi dia memiliki banyak varian warna. Ada golden red (emas campur merah), full golden (warna emas penuh) dan lain sebagainya.

Di Indonesia sendiri, ikan ini termasuk jenis yang termahal. Berkisar Rp. 5.000.000 sampai 15/20 juta.

7. Arwana Afrika


Jenis Ikan Arwana dan Harganya
cara.pro

Sesuai namanya, dia berasal dari Afrika Timur lebih tepatnya di Kamerun, Gambia dan Senegal. Dilihat secara sekilas, fisiknya memang mirip arwana silver, tapi sebenarnya sangat berbeda. Mulai dari ukuran tubuh, sirip, warna dan kepalanya. Harga dewasa sekitar, Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.000.000

Baik itu saja sharing dari kami terkait jenis jenis ikan arwana yang banyak dipelihara beserta harganya terbaru 2018-2019. Sekian, terimakasih.

3 Komentar 7 Jenis Ikan Arwana dan Harganya No 6 Paling Mahal

  1. untuk info dan pemesanan ikan arwana silahkan hubungi pin BB D438EB73 whatsapp +6285320535048, terima kasih

    ReplyDelete
  2. bisa liat ditempat nga,minta alamatnya gan

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top