Cara Memandikan Iguana yang Benar Dilengkapi Video

Ternyata masih banyak teman-teman di grup media sosial yang kebingungan bagaimana cara memandikan iguana yang benar. Terbukti banyaknya pertanyaan yang muncul terkait masalah ini. Contohnya, "Om bagaimana sih cara memandikan iggy yang benar?" atau "Om apakah bayi iguana boleh dimandikan memakai shampo?" dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Sehingga mimin benar-benar terdorong untuk membahasnya. Walaupun mimin sendiri tidak yakin apakah artikel ini akan dibaca orang atau tidak, hehe. Tapi yang penting mimin sudah berbagi pengalaman. Semoga para pemula yang baru memelihara iguana jadi pada tau langkah-langkah memandikan iguana.

Apakah iguana perlu dimandikan?

Cara Memandikan Iguana yang Baik dan Benar


Cara Memandikan Iguana yang Baik dan Benar

Meski iguana tergolong binatang yang bersih, bukan berarti kita tidak perlu memandikannya. Terkadang iguana terlihat kotor apabila terkena sisa makanan atau kotoran-kotoran yang ada di kandang. Jika dibiarkan, lama kelamaan kotoran tersebut menjadi penyakit berbahaya seperti jamur atau jenis penyakit iguana lainnya. Makanya pemilik iguana wajib membersihkan tubuh iguana secara rutin agar kulitnya senantiasa bersih dan sehat.

Baca juga: 12 Jenis Penyakit Iguana dan Cara Mengatasinya

Tapi kalian tidak boleh sembarangan memandikan iguana. Kalian harus tahu caranya yang tepat dan benar. Meskipun saya sendiri tidak mengklaim cara kami paling benar, sebab masing-masing hobiis memiliki metode yang berbeda-beda. Misalnya saya pernah mendapati hobiis memandikan iguana dengan sabun lalu disikat memakai spon cuci piring. Terlihat sangat kasar. (Nanti ada videonya di bawah)

Bagi kami cara tersebut tidak dibenarkan, sebab pertama sabunnya bisa terkena mata. Kedua sikatnya kurang halus. Tapi bagi dia cara ini sudah tepat. Alasannya iguananya dia sudah terlatih dimandikan seperti itu. Itulah mengapa saya tidak berani mengklaim paling benar. hehe

Nah berikut langkah-langkah memandikan iguana yang aman dan tidak menyakiti si iggy:

1. Menyediakan Perlengkapan Mandi Iguana


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Mau memandikan apa saja kita harus menyiapkan alat-alatnya. Saya rekomendasikan kalian menyediakan air hangat, bak mandi, sikat gigi halus dan sampo khusus reptil tapi kalau tidak pakai shampo juga tidak mengapa. Sebagian orang menambahkan daun sirih agar menghilangkan virus jamur.

Buat iguana yang sudah dewasa biasanya dimandikan dengan cara disemprot dengan air dingin tepat di bawah terik matahari pagi. Kemudian langsung dijemur. Jadi tidak harus bak mandi. Pakai saja selang atau semprotan air yang tidak mengandung sisa-sisa zat kimia. (Nanti ada videonya di bawah)

2. Proses Memandikan Iguana


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Setelah perlengkapan dan segalanya sudah siap, selanjutnya tinggal proses memandikan:

  • Sediakan bak untuk airnya.
  • Lalu diisi air tidak terlalu dalam. Dangkal saja agar tubuh iguana tidak tenggelam semua. Boleh memakai air hangat atau air dingin.
  • Bahkan menurut beberapa teman di grup, terlalu sering memandikan air hangat bisa mengganggu kelancaran organ reproduksi. Jadi saran kami gunakan air biasa saja. Kecuali kalau sedang sakit jamuran atau susah pup. (Ini pendapat salah satu teman) Silahkan diikuti tidak mengapa.
  • Kalau sudah diisi air bisa ditambahkan daun sirih. Lalu biarkan iguana berendam sambil disikati biar bersih. Jika ada sampo khusus reptil, pakai saja.

Itulah langkah mudah memandikan iguana. Lebih mudah lagi sediakan semprotan (seperti Rapika) lalu disemprotkan pada iguana.

3. Cara Memandikan Baby Iguana


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Iguana boleh dimandikan tapi secara kondisional saja. Kalau terlihat kotor sekali dimandikan, kalau tidak cukup dilap tisu basah. Adapun untuk memandikannya sendiri tergolong mudah. Tidak membutuhkan perlengkapan khusus silahkan ikuti proses ini:

  • Rendam baby iguana di dalam bak dengan sedikit air.
  • Oleskan dengan sampo smooth. Tapi jangan terkena mata dan mulut, kasian.
  • Sikat bagian badan samping, bawah dan atas sampai keekor.
  • Kemudian dibilas sampai bersih.
  • Terakhir tinggal dijemur beberapa menit.

Umumnya bayi iguana akan memberontak saat dimandikan. Namun kalian jangan panik, ini memang sifat alaminya. Anakan iguana sangat aktif dan lincah.

4. Waktu yang Baik untuk Memandikan Iguana


Waktu yang tepat untuk memandikan iguana adalah pagi antara jam 7 sampai 9. Sinar matahari pagi sehat buat tulang dan kulitnya. Jika tidak sempat gunakan waktu sore antara jam 16.00-17.30. Karena sinar matahari tidak terlalu panas menyengat.

5. Lama Memandikan Iguana


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Poin ini banyak dipertanyakan oleh teman-teman para pemula. Untuk iguana yang masih kecil proses memandikannya bisa lebih cepat sekitar 15 menit. Namun kalau sudah dewasa membutuhkan waktu 30 menit untuk berendam.

Saya sendiri tidak terlalu memikirkan waktu. Kalau dirasa sudah bersih ya tinggal dijemur. Soalnya lebih sering memandikan dengan disemprot.

6. Menjemur Iguana Setelah Dimandikan


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Agar mematikan bakteri bakteri salmonella pada iguana disarankan untuk menjemur iguana setelah dimandikan. Durasi waktunya sekitar 15 sampai 30 menit saat pagi hari antara jam 8-10. Sebaiknya diawasi biar tidak hilang atau kabur.

7. Kalau Tidak Punya Daun Sirih Apakah Boleh pakai Dettol?


Memakai Dettol bagi saya tidak masalah. Sudah banyak yang menggunakan dan tidak ada efek samping pada iguana. Dettol ini kan fungsinya untuk menghilangkan jamur. Yang penting dijemur setelah dimandikan.

8. Seberapa Sering Memandikan Iguana


Cara Memandikan Iguana yang Benar

Masing-masing orang berbeda pendapat tentang masalah ini. Sebenarnya memandikan iguana secara kondisional saja. Cukup dimandikan saat terlihat kotor. Tapi bagus juga kalau dimandikan secara rutin sepekan sekali. Bisa menyehatkan kulit dan mencerahkan warna.

Ok terakhir saksikan kumpulan video memandikan iguana di bawah ini (Jika video tidak tampil, ganti browser anda memakai crhome. Jangan UC atau Opera):


Itu saja cara-cara memandikan iguana untuk semua jenis dan usia. Baik itu jenis iguana Green hijau atau Red Iguana. Baca juga: 9 Jenis Iguana dan Harganya Terbaru 2018

0 Komentar Cara Memandikan Iguana yang Benar Dilengkapi Video

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top