HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar- Hi sob, apa kabar? Belum lama ini hobinatang.com pernah membahas mengenai 8 jenis reptil yang bisa dipelihara, dan salah satu dari jenis itu adalah iguana. Binatang tropis dari benua Amerika ini memiliki banyak keunikan, dan mungkin kita semua tahu bahwa beberapa tahun yang lalu, keluarga kadal satu ini sempat terkenal dan menjadi tranding topik di kalangan pencinta binatang. Bahkan sampai sekarang pun peminatnya masih sangat banyak. Mengapa?

Karena tubuh spesies iguana memang benar-benar terlihat menawan dan elegan, dengan ciri-ciri kerut kulit yang berada di bawah rahang dan memiliki sisik besar yang berbentuk bundar di pipinya. Warnanya pun cukup unik, iguana dapat merespon rangsangan visual berupa warna kuning, jingga, merah muda, hijau dan biru. Selain itu, memelihara iguana juga tergolong mudah, ditambah lagi hari ini sudah banyak bertebaran ilmu-ilmu dari google terkait tips-tips perawatan iguana agar cepat besar dan jinak. So, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk takut merawatnya.

Cara Merawat Iguana Agar Cepat Besar dan Jinak


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak
gambar: facebook Elly Ernawati

Nah, dengan berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas, maka saya akan langsung menjelaskan proses perawatan iguana yang baik dan benar supaya bisa cepat besar. Tutorial ini kami sajikan khusus bagi pemula yang baru terjun ke dalam dunia reptil.

1. Memberi makan iguana secara teratur agar cepat besar.


Pemberian pakan yang tepat dan teratur merupakan sebab utama pertumbuhan iguana. Agar iguana cepat besar sebaiknya diberikan makan setiap pagi hari, siang dan sore (disarankan tidak memberinya sebelum tidur. Baca alasannya di kolam komentar). Untuk ukurannya sesuai yang dia mau, yakni tergantung pada nafsu makan iguana sendiri.

Selain itu makanannya juga harus selalu kita kombinasikan setiap harinya, jangan terpaku pada satu jenis saja. Meskipun pada dasarnya dia adalah murni pemakan tumbuhan hijau, seperti kacang hijau, sayuran, pisang atau lainnya (herbivora) tapi tidak ada salahnya jika kita memberi sedikit makanan tambahan berupa protein hewani untuk menambah nutrisinya. Berikut contoh komposisi makanan yang sudah dikombinasikan.

  • Pakan berupa tumbuhan biji-bijan seperti kacang hijau sebanyak 45%
  • Makanan berupa sayur-sayuran 40%
  • Buah-buahan 10%
  • Dan terakhir makanan tambahan protein hewani seperti 5% aja, jangan banyak-banyak. (tapi banyak juga orang yang tidak menganjurkan protein hewani sebagai bahan makanan iguana, jadi silahkan mau diberi atau tidak itu pilihan Anda)

Tapi dari daftar di atas, tidak semua jenis tumbuhan disukai oleh iguana, ada yang bisa kita berikan secara teratur, diberikan hanya sekali, bahkan ada yang dilarang.

Makanan yang hanya diberikan sekali meliputi bayam, brokoli dan seledri, adapun yang dilarang ialah cacing susu, sisa-sisa sayuran dan telur.

Ahli dokter hewan menyarankan supaya iguana banyak diberi makan berupa sayuran dan biji-bijan hijau ketimbang serangga karena dia memang hrbivora bukan omnivora, makanya kami menyarankan hanya 5% dan itupun tidak setiap hari. Dengan pemberian makan teratur dan benar bukan tidak mungkin jika iguana kita bisa cepat besar. Dari sinilah kita harus jeli dalam merawatnya terutama dalam hal nutrisi makanan.

2. Sediakala Minuman Bersih di Dalam Kandang Iguana


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

Cara merawat iguana berikutnya adalah soal minuman. Semua makhluk yang bernyawa pasti membutuhkan air, jadi pastikan minuman air bersih sudah tersedia di dalam kandang. Sediakan tempat minum yang aman dan agak besar supaya bisa menampung air yang banyak. Ketika minum iguana akan mencelupkan kepalanya ke dalam air.

3. Perhatikan Kandang Iguana


Salah satu faktor penting pertumbuhan iguana adalah kondisi kandang. Sebisa mungkin disesuaikan dengan habitat aslinya yaitu daerah tropis. Misalnya dalam hal pencahayaan dan suhu, sinar UV sangat baik menjaga pertumbuhan tulang, kulit dan proses pencernaan makanan. So, perhatikanlah pencahayaan dari sinar matahari. Suhu yang baik adalah 26c sampai 29c.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kandangnya, semua akan sia-sia jika kita merawatnya supaya cepat besar tapi malah kebersihan kandangnya diabaikan sehingga membuatnya terserang penyakit.

Catatan: Kalau sudah melakukan itu semua lalu belum juga besar, Anda perlu tahu bawah pertumbuhan iguana juga tergantung pada genetik yang di bawanya. Meskipun perawatan dan nutrisi udah bener kalo gen pertumbuhan nya tidak unggul ya pertumbuhanya kurang baik. Ibarat ada manusia kerdil dan normal.

Begitu pula pertumbuhan iguana beda beda, ada iguana yang baru 8 bulan udah 1 meter lebih ada yang 1 tahun baru 1 meter, tapi normalnya 1 tahun sudah 80 cm.

Cara Menjinakkan Iguana


Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

Melatih iguana agar jinak bukan masalah besar bagi pemeliharanya, sebab hewan ini termasuk binatang yang mudah dijinakan. Kunci utama adalah kesabaran, menghilangkan rasa takut dan masih banyak lagi. Semua sudah dibahas pada artikel khusus yang berjudul, cara cepat menjinakan iguana bagi pemula.

Sekian dari kami cara merawat iguana supaya cepat besar, selamat mencoba dan semoga berhasil. Berikan masukan atau pengalaman anda di kolom komentar.

5 Komentar Cara Merawat Iguana Supaya Cepat Besar dan Jinak

  1. Kenapa tidak boleh memberi makan iguana saat mau tdr. Apa penyebabnya.. Dan apa efek sampingnya bila terjadi.. Makasih :)

    ReplyDelete
  2. Kenapa tidak boleh memberi makan iguana saat mau tdr. Apa penyebabnya.. Dan apa efek sampingnya bila terjadi.. Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mau bertanya, saya sendiri tidak sependapat dengan orang orang yang katanya sebelum tidur harus makan biar cepat gemuk.

      Walaupun kata mereka sehat sehat saja. Namun sebenarnya iguana makan sebelum tidur kurang baik mas. Makanya kami sarankan jangan.

      Sebab yang harusnya alat reproduksi pencernaannya istirahat saat tidur, tapi tetap bekerja kalau dikasih makan sebelum tidur malam.

      Ya, itu kembali ke sampean om. Silahkan mau pilih yang mana.

      Delete
  3. Mas semua saran/ajaran mas udh sy lakuin selama 4 bulan tapi kenapa ukuran baby iguana.a ndk berubah-ubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertumbuhan iguana juga tergantung pada genetik yang dibawanya. Meskipun perawatan dan nutrisi udah bener kalo gen pertumbuhan nya tidak unggul ya pertumbuhanya kurang baik.

      Pertumbuhan iguana beda beda,ada iguana yg baru 8 bulan uda 1 meter lebih ada yg 1 tahun baru 1 meter, tapi normalnya 1 tahun sudah 80 cm.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top