HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya

Setelah menulis lebih dari 50 jenis ikan koi dan gambarnya, maka pada kesempatan ini hobinatang.com ingin kembali mengulas tentang ikan koi. Lebih tepatnya tentang jenis makanan ikan koi agar cepat besar dan baik untuk kecerahan warnanya.

Hari ini sudah banyak masyarakat yang memelihara ikan koi di kolam rumahnya. Sebagian besar mereka menginginkan ikannya cepat tumbuh besar supaya terlihat bagus dan menawan. Semakin besar ukuran tubuh ikan koi, maka akan semakin bagus cantik warnanya. Sehingga kalau dijual bisa mahal.

Faktor yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan ikan koi adalah makanan. Pemberian pakan yang bergizi dan bernutrisi dapat membantu tumbuh cepat ikan koi. Sekaligus mampu mencerahkan warna ikan koi.

Oleh sebab itu jika anda menginginkan koi cepat besar, kalian harus memperhatikan pemberian pakan ikan koi. Sebisa mungkin diberi asupan nutrisi yang baik agar bisa memenuhi kebutuhan gizinya. Berikut jenis jenis pakan ikan koi yang bagus supaya cepat besar.

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya


Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus

Tidak semua ikan hias memiliki jenis pakan yang sama. Contohnya saja ikan predator pemakan ikan kecil atau udang. Ikan cupang pemakan jentik atau casut. Sedangkan ikan koi sendiri tergolong omnivora. Dia bisa memakan sayuran, udang, jangkrik atau pelet.

Nah di bawah ini hobinatang.com sudah membagi 3 jenis makanan ikan koi yang bagus untuk warna dan pertumbuhannya. Yaitu, makanan ikan koi alami, buatan pabrik dan buatan sendiri.

1. Pakan Buatan Pabrik Untuk Ikan Koi

 

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus

Inilah jenis pakan yang paling banyak digunakan. Umumnya kalau orang malas mencari pakan alami, mereka lebih memilih membeli pakan buatan berupa pelet. Pelet ini banyak dijual di toko ikan hias. Kemasannya sangat praktis dan isinya pun lebih awet alias tahan lama bila dibadingkan dengan pakan alami.

Di dalam pakan pelet terdapat kandungan nutrisi dan vitamin yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh ikan. Ada jenis pelet yang dapat memacu tumbuh kembang ikan koi biar cepat besar.

Pelet ikan sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu pelet import dan pelet lokal. Jika sobat memilih pelet lokal belinya harus yang bermerek. Misalnya Sankoi, Super Save, Cp Koi, Hokky Kinkoi, Food Hiro, Breeder Pro dan lain sebagainya. Adapun pelet import alias dari luar negeri anda bisa membeli yang bermerek Mizuho, Nozomi, Hikari, Saki Hikari, Kenkokanri, Yamato, Evalution, Konishi, Shori dan lain sebagainya.

Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus

Meskipun di dalam pelet terdapat kandungan vitamin dan nutrisinya, anda harus tetap memperhatikan takaran dalam memberinya. Sebab, pelet mengandung bahan kimia berupa pengawet. Usahakan memberi pakan alami untuk si ikan sekali dalam seminggu agar seimbang kebutuhan gizinya. Berikut beberapa penjelasan mengenai kandungan dalam pelet ikan koi, beda merek beda manfaatnya.

a. Pelet Merk Hokky


Pelet ikan koi dengan merk Hokky ini dikhususkan untuk anda yang menginginkan kecerahan warna pada tubuh ikan. Jenis pelet tersebut dapat terapung dan harganya pun relatif murah yakni seharga Rp. 90.000/1100 gram

b. Pelet Saki Hikari


Pelet dengan merk Saki Hikari sangat berkualitas dan sangat ampuh dalam mempercepat pertumbuhan ikan koi. Disamping itu dapat juga mencerahkan serta mempercantik warnanya. Sifat pelet tersebut terapung dan diperuntukkan untuk ikan koi kecil dan sedang. Harganya dibanderol Rp. 385.000/2300 gram.

c. Pelet Merk Food Hiro


Pelet Food Hiro juga termasuk pelet berkualitas baik yang dapat diberikan pada ikan kecil serta untuk memicu pertumbuhannya agar cepat besar. Banyak pemelihara ikan koi yang memakai pelet tersebut. Harganya mulai Rp. 95.000/1150 gram.

d. Pelet Breeder Pro


Bila anda memelihara ikan koi dalam jumlah banyak, maka untuk menghemat biaya namun bisa mendapat pelet yang banyak dan bernutrisi, sobat bisa membeli pelet merk breeder pro. Jenis pelet tersebut terapung dan diperuntukkan untuk ikan koi anakan agar cepat besar. Harganya berkisar Rp. 260.000/3,5 kg.

e. Pelet Merk Sankoi


Pelet sankoi juga terbukti ampuh dan berkualitas baik untuk pertumbuhan si ikan. Karena di dalamnya mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan ikan agar cepat besar dan sehat. Harganya berkisar Rp. 90.000/1160 gram.

Itulah merk pelet yang bagus buat ikan koi. Selanjutnya adalah pakan alami. Apa saja?

2. Jenis Pakan Alami Ikan Koi


Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus

Selain pelet ada jenis makanan yang paling bagus untuk ikan koi. Yaitu pakan alami. Memberikan pakan ikan koi yang alami merupakan sesuatu yang sangat mudah, murah dan efektif. Ini adalah makanan terbaik yang dapat memicu tumbuh kembang si ikan.

Sayangnya mencari pakan alami tidaklah mudah. Tapi sobat harus tetap berusaha memberikan yang terbaik. Jangan sampai ikan koi anda mengalami hambatan pada pertumbuhannya hanya karena anda malas memberinya pakan alami.

Pakan alami yang bisa sobat berikan untuk pertumbuhan si ikan bisa berupa hewan kecil kecil seperti:

  • Serangga
  • Jangkrik
  • Ulat hongkong
  • Ulat jerman
  • Cacing tanah
  • Bekicot
  • Kerang
  • Ikan kecil dan lainnya.

Pakan tersebut mengandung banyak protein yang dapat membantu pertumbuhan ikan koi lebih cepat besar.

Adapun pakan alami untuk mencerahkan warna tubuh ikan koi anda bisa memberinya tanaman azolla, sayuran seperti kubis, sawi, kangkung, wortel, semangka, kacang polong dan sayuran yang sejenis lainnya. Selain untuk menambah kecerahan warna ikan, sayuran juga dapat mempercepat pertumbuhannya.

Lihat video di bawah ini. Ikan koi memakan azolla (kalau video tidak muncul, ganti browser anda dengan chrome):



3. Pakan Ikan Koi Buatan Sendiri


Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus

Pakan buatan sendiri diperuntukkan untuk anda yang rajin, hemat dan sehat. Sebab membuat pakan sendiri lebih terjaga kualitas dan higienisnya. Karena tidak mengandung zat kimia maupun tercemar penyakit yang bisa saja berada di pakan alami. Berikut tutorial membuat pakan ikan koi sendiri:

Siapkan bahan berupa udang kecil, agar agar, bawang putih, telur, vitamin C, air dan boleh mencampurkan dengan pelet.

Cara membuatnya bersihkan udang lalu campur jadi satu dengan agar agar, bawang putih, telur, vitamin C, air dan pelet lalu blender semuanya dan diamkan sebentar. Kemudian potong panjang meyerupai cacing. Pakan buatan sendiri siap diberikan pada ikan koi anda.

Agar ikan koi cepat besar dan memiliki warna tubuh yang cerah serta cantik maka yang dibutuhkan kandungan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Demikianlah makanan ikan koi. Kalau dihitung bisa 50 an lebih jenis pakan koi yang bisa kita pakai. Selain makanan anda juga harus memperhatikan suhu, perawatan dan lain sebagainya.

0 Komentar Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar dan Bagus untuk Warnanya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top