HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

50+ Jenis Ikan Koi Beserta Gambar dan Harganya 2018

Jenis ikan koi dan gambarnya- Siapa sih yang tidak mengenal ikan koi? Ikan dengan nama latin Cyprinus Carpio L sudah sangat populer di seluruh penjuru dunia. Khususnya di daerah asalnya yaitu Jepang. Awalnya ikan koi merupakan ikan konsumsi oleh masyarakat Jepang. Tapi seiring berjalannya waktu ikan koi banyak dikawin silangkan menjadi beragam jenis dengan pola warna yang menarik hingga menarik banyak penggemar dari pencinta ikan hias.

Bahkan beberapa tahun belakangan ikan koi pernah menjadi banyak sorotan di acara televisi nasional maupun luar negri. Hal itu disebabkan karena keunikan dan keindahan yang dimiliki ikan koi. Meskipun ada yang meyakini ikan koi sebagai ikan hoki (pembawa keberuntungan), tapi saya pribadi tetap tidak percaya dengan hal hal semacam itu.

Sedangkan di Indonesia sendiri ikan koi sudah menyebar ke berbagai pelosok dan dijual dengan harga yang variatif, ada yang murah ada yang mahal. Semua tergantung pada jenis dan kualitas. Kalau kualitasnya bagus harga termahal bisa mencapai miliaran. Seperti yang terjadi di Momotaro Farm, Okayama Jepang melelang koi jenis Black Dragon ukuran 57 cm seharga 26 juta Yen atau sekitar 2,9 miliyar dalam kurs 112,7 (di 2016). Kalau di 2018 sudah 3 milyar tu. hehe

So, soal harga itu tergantung jenis dan kualitas warnanya. Apabila teman teman ingin memelihara ikan koi di kolam rumah atau di akuarium. Sebaiknya mengetahui dulu jenis jenis ikan koi yang paling bagus dan populer di seluruh dunia. Silahkan simak ulasan hobinatang.com di bawah ini.

Jenis Ikan Koi Terbaik Paling Populer Beserta Gambarnya


Jenis Ikan Koi Terbaik Paling Populer Beserta Gambarnya

Macam macam ikan koi sangat beragam. Karena pembagian jenis ikan koi biasanya diidentifikasi berdasarkan warna dengan nama Jepang. Misalnya jenis koi Shiro, artinya koi berwarna putih atau Utsurimono (warna bayangan. Berdasar hitam tapi memiliki 2 warna). Jadi meskipun banyak jenisnya kalian tidak boleh bingung.

Kalian liat saja warna dasarnya. Secara garis besar jenis koi adalah Gosanke, Shiro (putih), Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Nah berikut hobinatang sudah merangkum 50 jenis koi disertai gambarnya supaya mudah dimengerti. Pokoknya paling lengkap deh:

1. Jenis Koi Terpopuler Kohaku


Jenis Koi Kohaku

Ikan koi kohaku salah satu ikan koi yang paling terkenal dan paling tua di antara ikan koi lainnya. Koi ini paling banyak dijumpai oleh masyarakat. Mempunyai warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah menyala di tubuhnya. Harga ikan koi kohaku disesuaikan macamnya, biasanya berkisar Rp. 350.000 anakan dan sekitar Rp. 2.000.000 usia dewasa.

2. Ikan Koi Kujaku


Jenis Koi Kujaku

Yang kedua ialah jenis kujaku. Mempunyai nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun bukan hanya mirip pada namanya saja, melainkan pada corak warnanya juga hampir mirip dengan kohaku. Koi kujaku berwarna dasar putih disertai corak merah/orange kehitaman secara merata di seluruh tubuhnya. Harganya juga tidak jauh berbeda dengan koi kohaku. Sekitar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 2.500.000.

3. Ikan Koi Shiro Bekko


Jenis Koi Shiro Bekko

Koi shiro bekko merupakan ikan hias air tawar yang cukup indah. Sesuai namanya (shiro), koi ini berwarna putih cerah dengan disertai corak hitam di tubuhnya. Ikan koi shiro bekko dibilang cantik karena terdapat warna hitam di bagian kepala. Adapun di bagian sirip dada ikan terdapat garis garis yang indah. Tetapi tak semua ikan koi shiro bekko memiliki garis tersebut. Untuk harganya berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 650.000

4. Jenis Koi Shiro Utsuri


Jenis Koi Shiro Utsuri

Koi utsuri dan shiro bekko sekilas nampak sama. Padahal di sana terdapat perbedaan pada warna dan polanya. Shiro bekko dan shiro utsuri sama sama memiliki dua warna hitam putih. Namun untuk shiro bekko berwarna dasar putih ditambah sedikit bercak hitam. Sedangkan shiro utsuri warna hitam sebagai warna dasar dan corak putih sebagai perpaduan warna pada tubuhnya. Silakan lihat sendiri gambarnya agar jelas. Harga koi shiro utsuri sekitar Rp. 250.000 hingga 1 juta. Tergantung kualitas si ikan.

5. Ikan Koi Shiro Matsuba


Jenis Koi Shiro Matsuba

Pada gambar panah di atas ialah jenis koi shiro matsuba. Ciri cirinya berwarna dasar putih dengan sedikit corak warna hitam pada bagian sisiknya. Sekilas nampak seperti jaring. Ikan ini juga cukup terkenal harganya standar seperti ikan koi lainnya. Kisaran Rp. 125.000-200.000.

6. Ikan Koi Jenis Aka Matsuba


Jenis Koi Aka Matsuba

Hampir sama dengan koi shiro matsuba, perbedaannya ada pada warna dasarnya. Koi aka matsuba berwarna dasar merah dengan pola hitam seperti jaring di punggungnya. Sedangkan shiro matsuba berwarna dasar putih. Untuk membelinya kalian harus teliti, jangan sampai tertipu. Sebab pola hitam di tubuhnya bisa jadi bekas luka si ikan.

7. Ikan Koi Tancho


Jenis Ikan Koi Tancho

Selanjutnya ikan koi terbaik adalah tancho. Warnanya cukup unik dan sangat mudah dikenali. Karena ia hanya memiliki corak warna merah di bagian kepala saja. Sedangkan di seluruh tubuhnya berwarna putih cerah. Walaupun tancho sendiri memiliki 3 varian yakni tancho showa, tancho kohaku, tancho ghosiki, tancho goromo, tancho kujaku dan tancho sanke. Varian tersebut akan kami bahas di bawahnya. Harga koi Tancho paling murah Rp. 350.000 tapi tergantung daerah kalian juga ya. Beda wilayah beda harga.

8. Ikan Hias Koi Tancho Showa


Jenis Koi Tancho Showa

Ikan koi tancho showa mirip dengan ikan koi utsuri shiro dan kohaku sanke (kedua jenis ini penjelasannya ada di bawah), sebab ia hasil perkawinan silang antara koi kohaku dengan utsuri shiro. Perbedaan antara koi tancho showa dengan kohaku sanke ialah terdapat corak hitam di bagian kepala showa sedangkan di kepala sanke tidak ada, Ikan koi showa berwarna dasar hitam dengan corak warna putih merah sedangkan Koi Sanke berwarna dasar putih dengan corak warna merah dan hitam. Harganya tidak jauh beda antara 150-300 ribu.

9. Ikan Koi Tancho Goshiki


Jenis Koi Tancho Goshiki

Polanya masih sama seperti jenis dasar tancho. Hanya saja untuk koi goshiki bercorak hitam titik titik seperti perisai atau jaring di seluruh tubuhnya, sedangkan warna merah/orange berbentuk bulat di atas kepalanya identik dengan jenis tancho. Lebih jelasnya lihat foto di atas.

10. Ikan Koi Tancho Kohaku


Jenis Koi Tancho Kohaku

Koi tancho kohaku adalah jenis ikan koi yang hanya memiliki pola warna merah cerah berbentuk bulat di bagian kepala dan warna dasar tubuhnya adalah putih bersih (gambarnya juga sudah ada di atas no 7). Nah buat teman teman silahkan membeli yang berkualitas. Ciri cirinya biasanya ditandai dengan corak warna merahnya tidak pucat dan tidak bernoda.

11. Ikan Hias Koi Tancho Goromo


Jenis Koi Tancho Goromo

Koi tancho goromo saat ini sudah sangat sulit ditemui, karena popularitasnya sangat sedikit. Ia memiliki corak hitam dan merah di bagian kepalanya, terdapat perisai di antara mata, bercorak warna putih bersih dan terdapat pola titik perisai yang simetris.

12. Koi Tancho Sanke


Jenis Koi Tancho Sanke

Seperti yang kami katakan di atas. Tancho sanke hampir sama dengan tancho showa. Bedanya tancho sanke memiliki warna merah di bagian kepala dan warna dasarnya putih. Ada pula pola hitam seperti tancho showa. Tapi jumlahnya sedikit dan hanya menyentuh bagian corak merah yang ada di kepala (tidak sampai masuk ke dalam).

13. Ikan Koi Tancho Kujaku


Jenis Koi Tancho Kujaku

Jenis koi yeng selanjutnya adalah koi tancho kujaku. Memiliki warna dasar putih dengan pola unik berwarna orange di atas kepala. Memang sekilas mirip tancho kohaku. Tapi perhatikan deh, tancho kohaku berwarna merah. Harganya tentu tidak jauh beda sama tancho lainnya.

14. Ikan Koi Aka Bekko


Jenis Koi Aka Bekko

Jenis koi aka bekko mirip dengan shiro bekko cuman perbedaannya aka bekko berwarna merah cerah dengan disertai pola hitam di ditubuhnya. Secara umum corak hitam tersebut terletak di bagian punggungnya sehingga sangat menawan untuk dipelihara di akuarium. Akan tetapi sangat sayang sekali, ikan koi aka bekko hampir punah sebab populasiya sangat sedikit.

Untuk membeli koi aka bekko, Anda harus menyiapkan uang minimal sekitar Rp. 250.000. Lebih jelas lihat gambar di atas.

15. Ikan Koi Jenis Ki Bekko


Jenis Koi Ki Bekko

Ki bekko memiliki ciri khas warna dasar kuning dengan corak hitam di tubuhnya. Kalau dilihat secara detail, jenis satu ini coraknya sama seperti shiro bekko dan aka bekko. Hanya saja beda warna dasarnya. Kalau ki bekko warna utamanya kuning dengan corak hitam. Sedangkan untuk shiro bekko dan aka bekko berwarna dasar putih dan merah. Jadi jangan bingung ya Bos!

16. Ikan Koi Jenis Kumonryu


Jenis Koi Kumonryu

Entah apa penyebabnya, ikan koi jenis yang satu ini mampu mengubah warna tubuhnya pada setiap tahun. Yang paling banyak ditemukan adalah warna dasar hitam dengan corak putih di tengah badannya. Sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas.

Menurut teori, perubahan warna pada tubuh ikan tersebut disebabkan karena PH air dan suhu udara. Sehingga pada saat musim dingin, warna tubuh ikan koi kumonryu berubah menjadi hitam. Sedangkan pada saat musim panas atau semi, tubuh ikan koi kumonryu berwarna putih. Maka tak jarang jika masyarakat mengatakan ada sedikit keanehan pada ikan tersebut.

Baca juga: Daftar Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Lainnya

17. Koi Jenis Beni Kumonryu


Jenis Koi Beni Kumonryu

Jenis ketujuh belas adalah koi beni kumonryu. Jenis yang cukup mudah diketahui. Karena hanya memiliki tiga warna putih, hitam dan merah. Namun ciri ciri ikan koi beni kumonryu juga dikatakan mampu mengubah warna tubuhnya seperti koi kumonryu biasa. Apabila koi kumonryu berubah warna menjadi putih pada musim semi maka koi beni kumonryu berubah warna menjadi merah saja di musim semi atau panas. Entahlah, hanya tuhan yang tahu.

18. Ikan Koi Jenis Hajiro


Jenis Ikan Koi Hajiro

Jika nama nama koi sebelumnya mempunyai banyak kombinasi warna. Maka untuk koi hajiro hanya memiliki satu warna saja, yakni hitam pekat dan ujung siripnya berwarna putih. Sobat harus hati hati saat membelinya, jangan sampai ikan yang dibeli ditemukan bekas luka karena hal itu dapat merusak keindahan ikan koi hajiro anda.

19. Ikan Hias Koi Aka Hajiro


Jenis Koi Aka Hajiro

Apabila koi hajiro berwarna hitam keseluruhan, maka untuk koi aka hajiro berwarna merah keseluruhan dengan ujung sirip berwarna putih. Sama seperti ikan lainnya, pada saat membeli harus teliti. Untuk harga ikan tersebut relatif lebih murah bila dibandingkan dengan ikan koi yang kami sebutkan sebelumnya. Berkisar Rp. 35.000 hingga Rp. 250.000.

20. Koi Kikokuryu 


Jenis Ikan Koi Kikokuryu

Jenis ikan koi yang ke-20 adalah koi kikokuryu tergolong ikan koi yang bagus. Berciri ciri warna dasar putih bercampur hitam berbaris lurus rapi pada sisiknya. Uniknya lagi, baris hitam tersebut membentang lurus dari kepala hingga ke punggung.

21. Ikan Koi Beni Kikokuryu


Jenis Ikan Koi Beni Kikokuryu

Jenis ikan ini sangat unik, karena mempunyai banyak warna di tubuhnya. Di bagian punggung berwarna kuning/orange lalu dipadukan dengan warna putih dan hitam di bagian perut ikan. Meskipun kurang rapi warnanya namun ikan tersebut tetap indah dan menawan.

22. Ikan Koi Goromo


Jenis Ikan Koi Goromo

Ikan koi goromo merupakan hasil perkawinan silang antara koi kohaku dengan koi asagi atau koi asagi dengan koi sanshoku (Jenis ini akan kami jelaskan di bawah). Sehingga ia dianggap dalam keturunan ikan koi asagi.

Ciri cirinya adalah sisik berwarna merah dan terdapat lingkaran biru di bagian sisi ikan sehingga terlihat indah. Macam macam ikan koi koromo ada Ai Goromo, Sumi Goromo, Budo Sanshoku, Goromo Sanke dan Goromo Showa.

23. Ikan Hias Koi Ai Goromo


Jenis Koi Ai Goromo

Koi Ai Goromo juga hampir mirip dengan koi kohaku, karena terdapat corak warna merah/orange di tubuhnya secara merata. Bedanya adalah koi kohaku ditandai dengan corak merahnya cerah menyala sedangkan koi ai goromo berwarna merah dan memiliki lingkaran tepi biru yang bisa membuatnya tampak menawan. Ikan koi cantik satu ini juga hasil kawin silang antara kohaku dan asagi.

24. Koi Sumi Goromo Fish


Jenis Koi Sumi Goromo

Hampir sama dengan koi utsuri shiro. Sumi goromo hanya memiliki dua warna saja yakni hitam dan putih. Sebab sumi sendiri artinya hitam. Ciri ciri koi sumi goromo warna dasarnya putih bersih dengan corak warna hitam merata di tubuhnya. Bagian atas kepala putih tanpa ada corak warna lainnya.

25. Ikan Hias Koi Budo Goromo


Jenis Koi Budo Goromo

Ikan koi yang satu ini juga mempunyai pola warna seperti koi kohaku. Hanya saja warna pada coraknya ada warna merah yang menghiasi warna dasar putih. Jika anda ingin mencari yang berkualitas, carilah yang pola warnanya hampir sama dengan koi kohaku.

26. Ikan Koi Goshiki Goromo


Jenis Koi Goshiki Goromo

Selanjutnya adalah koi goshiki goromo. Terdapat corak warna yang sangat berlawanan dengan koi ai goromo. Sebab, koi goshiki goromo ini tidak memiliki corak warna yang bersih di punggungnya, namun bisa dibilang hampir mirip dengan koi kohaku karena ia memiliki corak merah/orange juga di tubuhnya.

27. Ikan Koi Ogon


Jenis Ikan Koi Ogon

Koi Ogon ditemukan pada tahun 1946 oleh Sawati bersama putranya. Mulanya mereka menemukan ikan koi yang ada garis di punggung ikan tersebut. Lalu ikan itu dijadikan indukan yang memiliki badan warna emas. Mereka mengawinkan koi ogon dengan koi shiro, setelah menghasilkan 4-5 generasi akhirnya muncullah ikan koi berkepala emas dan perak yang kami sebut koi ogon platinum dan nezu ogon. Adapun ciri ciri nya adalah
  • Sisik berwarna keemasan
  • Kepala selalu berwarna emas namun tidak jernih
  • Sirip dada berkilau
  • Warna tidak berubah meskipun berada pada suhu yang berbeda
  • Bentuk tubuh ramping.
Untuk jenis jenis koi ogon sendiri akan kami bahas di bawahnya.

28. Jenis Ikan Koi Platinum Ogon


Jenis Koi Platinum Ogon

Jenis ikan koi yang ke-28 adalah Ogon Platinum yang berwarna platinum atau putih keperakan. Tidak ada belang atau corak warna lainnya. Ikan koi jenis tersebut sangat cocok dipelihara di akuarium, warnanya yang cantik menawan ini memiliki dua variasi jenis, yakni Ogon Platinum Doitsu dan Ogon Platinum Gin Rin. Pada saat anda membeli ikan tersebut, pilihlah yang berkualitas baik. Biasanya ditandai dengan kepalanya yang bersih tanpa noda bekas luka atau yang lain.

29. Ikan Koi Jenis Yamabuki Ogon


Jenis Koi Yamabuki Ogon

Jenis ikan koi yamabuki ogon berwarna metalik yakni kuning cemerlang, biasa dipelihara orang di kolam yang airnya berwarna hijau. Sebab ikan tersebut akan terlihat cantik dan jelas jika berada di kolam air hijau. Sehingga bukan tidak mungkin bila ikan koi jenis yamabuki ogon ini cukup terkenal di tengah masyarakat lokal Indonesia.

Simak juga: 17 Jenis Ikan Predator Air Tawar Dan Harganya Lengkap

30. Ikan Koi Orenji Ogon


Jenis Koi Orenji Ogon

Kalian pernah melihat ikan mas? Nah seperti itulah warna ikan koi jenis orenji ogon. Yakni merah keemasan yang sangat cantik dan indah. Hampir seluruh tubuhnya berwarna merah keemasan sehingga mampu membuat mata segar saat memandangnya. Biasanya oernji ogon dipadukan dengan jenis ogon lainnya agar terlihat indah dan penuh warna.

31. Koi Nezu Ogon


Jenis Koi Nezu Ogon

Nezu ogon merupakan ikan koi yang sudah cukup lama hidup, sehingga peminatnya tidak begitu banyak. Selain itu, warna ikan koi nezu ogon juga kurang menarik. Hanya berwarna abu abu keruh yang menyebar ke seluruh tubuh ikan. Meskipun kurang menarik, nezu ogon bisa dipadukan dengan jenis koi lainnya. Sehingga terlihat variatif.

32. Ikan Hias Koi Ki Utsuri


Jenis Koi Ki Utsuri

Berbeda dengan ikan koi Shiro Utsuri, ikan ini berwarna dasar hitam dan bercorak kuning pekat. Sedangkan koi shiro utsuri berwarna dasar hitam bercorak putih. Jadi, jangan sampai kebalik saat membelinya. Untuk harga sesuai kualitas ikan, biasanya kualitas bagus dibanderol seharga Rp. 350.000 hingga 2 juta.

33. Ikan Hias Koi Hi Utsuri


Jenis Koi Hi Utsuri

Hanya berbeda satu huruf saja dengan koi Ki Utsuri, namun tetap berbeda warna dan coraknya. Walaupun warna dasar sama sama hitam. Akan tetapi koi hi utsuri bercorak orange pada saat masih anakan dan akan berubah menjadi merah jika sudah beranjak dewasa. Jadi jangan sampai terbalik ya. Lihat saja gambarnya sangat elegan.

34. Jenis Koi Showa Sanshoku


Jenis Koi Showa Sanshoku

Sekarang kita akan membahas ikan koi jenis showa. Semoga teman teman masih betah baca dari awal sampai akhir. Showa atau biasa disebut dengan showa sanshoku ini memiliki warna dasar gelap dengan corak warna putih merah di sekujur tubuhnya. Apabila dilihat sekilas hampir sama dengan koi Taisho Sanke (jenis ini akan dibahas di bawah). Namun koi taisho sanke berwarna dasar putih sedangkan showa berwarna dasar hitam atau gelap. Koi showa merupakan hasil kawin silang antara koi kohaku dengan koi Ki Utsuri.

35. Ikan Koi Kin Showa


Jenis Ikan Koi Kin Showa

Perkawinan antara ikan koi Ogon Platinum dengan koi showa biasa menghasilkan ikan koi Kin Showa. Sehingga ciri cirinya tidak jauh berbeda dengan ikan koi showa biasa. Tapi banyak warna platinum dengan corak hitam dan merah. Jika sobat mau beli, perhatikan betul ciri ciri ikan koi showa asli dengan ikan koi showa hasil perkawinan silang.

36. Ikan Hias Koi Boke Showa


Jenis Ikan Hias Koi Boke Showa

Koi jenis boke showa termasuk keluarga showa yang memiliki sisik kusam, tidak gelap dan juga tidak terang. Seperti terlihat pudar. Dengan warna dasar putih, ada sedikit hitam dan merah.

37. Ikan Koi Hi Showa


Jenis Ikan Koi Hi Showa

Koi hi showa ini juga masuk ke dalam keluarga showa, mempunyai warna unik dan cantik. Yaitu merah di bagian punggungnya sangat terlihat jelas dan menonjol disertai kombinasi sedikit warna putih. Namun sebaliknya, jika yang menonjol warna putih disertai kombinasi warna sedikit merah adalah jenis koi kindai showa.

38. Ikan Koi Sanke yang Terbaik


Jenis Ikan Koi Sanke

Koi sanke atau bisa juga dinamai taisho sanshoku merupakan ikan koi cantik yang memiliki warna dasar putih disertai pola merah. Ikan ini bila dilihat sekilas hampir mirip dengan ikan koi kohaku. Tapi jika kalian cermati ikan koi sanke memiliki corak hitam di bagian belakang dan tidak sampai menyentuh kepala.

Kemiripan tersebut disebabkan karena jenis koi sanke buah dari hasil perkawinan antara koi kohaku dengan koi shiro bekko. Seandainya ikan koi tersebut memiliki perpaduan warna orange dan putih di seluruh tubuhnya seperti kohaku maka akan sangat indah sekali.

Namun sayang sekali koi sanke tidak memilikinya. Ikan koi sanke ada 4 varian yaitu sanke Doitsu, sanke Gin Rin, sanke Maruten, dan sanke Tanch. Harga koi sanke sekitar Rp. 2.000.000 hingga Rp. 2.500.000.

39. Koi Benigoi atau Higoi Fish


Jenis Koi Benigoi atau Higoi Fish

Warna ikan koi benigoi cukup cantik dan mudah dikenali. Sebab hanya ada satu warna saja yakni merah ke-orange-an merata di seluruh tubuhnya. Meski begitu terkadang terdapat bintik hitam pada sisiknya, bisa jadi itu adalah bekas luka. Jelilah pada saat membeli ikan koi benigoi yang berkualitas.

40. Ikan Koi Karasugoi


Jenis Ikan Koi Karasugoi

Bagi pecinta warna gelap, membeli ikan koi karasugoi adalah pilihan yang tepat. Karena ikan koi jenis karasugoi ini hanya memiliki satu warna saja, yakni gelap pekat. Sangat sulit sekali untuk diketahui apabila terdapat bekas luka atau sisik yang buruk di tubuhnya. Sehingga sobat harus benar benar teliti.

41. Jenis Koi Kigoi Fish


Jenis Koi Kigoi

Bentuk tubuh semua ikan koi sama semua, yang berbeda adalah warna dan usianya saja. Untuk ikan koi kigoi warna khasnya adalah kuning keemasan merata di seluruh tubuhnya tanpa ada corak warna sedikitpun. Bila terdapat bercak hitam maka anda perlu waspada bisa jadi itu adalah bekas luka si ikan atau sisik yang rusak.

42. Ikan Koi Jenis Soragoi


Ikan Koi Jenis Soragoi

Abu abu merupakan warna yang netral, dapat dipadukan dengan warna apapun. Jika sobat memelihara ikan koi yang berwarna merah keorangean di akuarium, maka sangat cocok jika anda membeli ikan koi soragoi ini. Karena pada saat dicampur dalam satu akuarium akan menampakkan warna yang indah dan cantik.

43. Ikan Koi Chagoi


Jenis Ikan Koi Chagoi

Warna tubuh ikan koi chagoi ini tergolong non metalik, warnanya kuning namun agak keruh. Hampir mirip dengan koi kigoi, hanya saja koi kigoi warnanya agak cerah dan lebih indah dibandingkan koi chagoi yang non metalik.

44. Ikan Koi Doitsu Hariwake


Jenis Ikan Koi Doitsu Hariwake

Koi yang satu ini juga memiliki warna yang sangat indah dan menarik. Perpaduan warna metalik yang jarang ditemui oleh hobiis. Maka wajar kalau jenis ini mampu menarik perhatian banyak orang untuk dipelihara di rumahnya. Ciri cirinya berwarna kuning metalik kombinasi putih serta merata ke seluruh tubuh ikan.

45. Koi Cantik Sushui


Jenis Koi Sushui

Ikan koi sushui tidak memiliki sisik kecuali hanya sedikit di bagian punggungnya merata secara rapi. Pada umumnya sisik tersebut berwarna gelap. Selain terdapat sisik di punggung, ikan koi sushui juga memiliki ciri khas berupa garis yang membentang di atas punggung. Adapun warna dasar ikan tersebut adalah putih terselimuti oleh warna merah/orange secara menyeluruh. Ikan ini bisa dijadikan ikan hias utama di kolam atau akuarium rumah anda, karena warnanya sangat indah mirip koi kohaku.

46. Jenis Koi Terbaik Asagi


Jenis Koi Asagi

Ikan koi asagi juga sangat populer di dunia. Jenis ini termasuk jenis tertua. Sama seperti dengan ikan koi kohaku yang sudah tua di antara koi lainnya. Sehingga tak jarang masyarakat yang memeliharanya di rumah. Ciri ciri ikan koi asagi adalah:

  • Warna dasar tubuhnya biru
  • Terdapat corak warna merah/orange pada bagian perut.
  • Warna tubuh bisa berubah sesuai usia koi.
  • Sisik nampak seperti pola jaring yang halus dengan warna dasar indigo di punggung
  • Kepala ikan koi asagi putih bersih, jika ada noda berarti itu bekas luka

Itulah ciri khas dari koi asagi.

47. Ikan Koi Kikusui


Jenis Ikan Koi Kikusui

Ikan koi jenis yang satu ini sangat simple warnanya namun sulit dibedakan dengan ikan koi tancho dan hariwake. Karena sama sama memiliki kombinasi warna putih dan orange/kuning. Bedanya adalah koi kikusui corak kuningnya hanya di bagian kepala sedangkan koi hariwake hampir menyebar di bagian kepala hingga punggung.

48. Koi Shigure Ochiba


Jenis Koi Shigure Ochiba

Shigure Ochiba bermakna daun yang jatuh di atas air pada saat musim gugur. Maka dari itulah ia memiliki warna dasar kuning ke abu abuan seperti warna tubuh ikan koi soragoi. Indah sekali kan? perpaduan warna kuning keemasan dengan abu abu perak ini sangat cocok dijadikan ikan hias di kolam atau akuarium rumah, sekolahan, dan tempat wisata.

49. Ikan Koi Yamato Nishiki


Jenis Ikan Koi Yamato Nishiki

Adanya ikan koi yamato nishiki ini karena hasil perkawinan silang antara koi sanke dengan ogon platinum. Namun, ikan tersebut lebih mirip dengan ikan koi jenis sanke, dari segi warna dan coraknya.

50. Ikan Koi Hikari


Jenis Ikan Koi Hikari

Koi hikari tergolong ikan yang sangat langka dan jarang ditemukan. Padahal jenis koi tersebut memiliki warna yang unik dan sangat menawan, yakni silver tunggal alias seluruh tubuhnya dari kepala hingga ekor berwarna silver.

51. Jenis Ikan Koi Termahal Black Dragon


Jenis Ikan Koi Black Dragon

Gambar di atas merupakan penampakan dari ikan koi jenis terakhir yang paling mahal di dunia. Yaitu black dragon. Dari namanya saja, ikan tersebut sudah menjadi primadona di antara koi yang lain. Bahkan saking uniknya ikan tersebut pernah menjadi hewan lelang di negara Jepang. Warnanya hitam dengan sisik mirip naga ini tergolong ikan koi termahal di antara semua koi yang ada. Dalam sesi pelelangan di Jepang, koi black dragon dihargai Rp. 2,6 milyar.

Akhirnya usai sudah pembahasan mengenai jenis jenis ikan koi terbaik yang ada di dunia ini. Dari yang termahal sampai termurah. Dari yang tercantik sampai yang biasa biasa saja. Dengan begini, anda bisa menjadikan bahan rujukan sebelum membeli ikan koi agar tidak salah pilih yang berujung penyesalan. Kalau ingin mengetahui jenis kelaminnya baca saja: 6 Perbedaan Paling Menonjol Antara Ikan Koi Jantan dan Betina

Untuk harga ikan koi apapun jenisnya hampir sama, semua tergantung pada kualitas iakn tersebut. Jadi, harga di atas bukanlah harga patokan.Baiklah sekian saja dari kami, semoga bermanfaat. Terimakasih [Ditulis dengan tangan sendiri selama 3 hari. Silahkan boleh copas tapi sertakan sumber]

2 Komentar 50+ Jenis Ikan Koi Beserta Gambar dan Harganya 2018

  1. WOW! semua ikan koi nya keren-keren coraknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah menempatkan membaca macam macam ikan koi paling populer. Memang semuanya cantik cantik

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top