HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

6 Perbedaan Menonjol Antara Ikan Koi Jantan dan Betina

Perbedaan ikan koi jantan dan betina- Hai mas bro/mbak bro, siapa sih yang tidak mengenal ikan koi? Yups koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang jenisnya sangat beragam. Setiap jenisnya memiliki kombinasi warna unik yakni antara merah, putih, hitam dan kuning. Sehingga sangat indah jika dipelihara di dalam kolam rumah. Bahkan semakin hari ikan koi terus digemari oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: 50 Jenis Ikan Koi Terbaik Beserta Gambar dan Harganya

Maka atas dasar itulah para peternak ikan memanfaatkan peluang besar ini dengan membudidayakannya. Adapun bagi anda yang ingin beternak ikan koi maka harus melalui proses pemijahan atau perkawinan antara jantan dan betina. Nah untuk menjalani proses pemijahan tersebut, Anda harus tahu dulu apa saja perbedaan koi jantan dan betina. Karena sangat tidak mungkin kalian bisa mengawinkan ikan koi, kalau untuk membedakan ikan koi jantan atau betina saja tidak bisa?!

Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina
Gambar asli diambil dari facebook Koi Majapahit

Untuk itu kami di sini akan berbagi tips cara membedakan ikan koi jantan dan betina, dan biasanya jenis kelamin ikan koi lebih mudah diketahui jika sudah dewasa, jika masih anakan maka akan sulit untuk diketahui. Baik, berikut ciri-ciri ikan koi jantan dan betina.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina


Meskipun hampir semua bentuk dan rupa ikan koi sama, namun bukan berarti ikan mas koi ini tidak bisa dibedakan. Yang penting sobat perlu kejelian dan ketelitian, karena setidaknya ada 6 ciri-ciri fisik yang berbeda antara mas koi jantan dan betina:

1. Bentuk Pipi Ikan Koi Jantan dan Betina


Perbedaan pertama terdapat di bagian pipi ikan koi, di mana jika kalian raba pipi koi jantan yang berusia 7 bulan maka akan terasa kasar, sedangkan untuk pipi betina cenderung lebih halus. Namun tidak semua ikan koi jantan memiliki ciri-ciri fisik seperti itu. Jadi ini hanya mayoritas saja.

2. Kelamin Koi Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina

Cara termudah mengetahui perbedaan antara keduanya adalah dengan melihat kelaminnya. Berdasarkan gambar di atas kelamin koi jantan nampak lebih menonjol dan runcing. Sedangkan untuk betina nampak lebih bulat.

3. Ukuran Tubuh Koi


Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina
Gambar koi jantan by facebook Ananda Mukti Prakoso

Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina
Gambar koi betina

Cara membedakan ikan koi jantan dan betina yang ketiga adalah dengan melihat ukuran tubuhnya. Umumnya bentuk tubuh ikan koi jantan terlihat lebih langsing, terutama saat sudah mencapai 30 cm. Sedangkan untuk tubuh ikan betina biasanya cenderung gemuk, melebar dan perutnya agak bulat.

4. Bentuk Kepala Koi Jantan dan Betina


Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina

Untuk ukuran kepala ikan koi jantan lebih besar dibandingkan ikan yang betina. Selain itu lubang pelvic milik jantan juga sempit dan berbentuk oval agak cekung. Sedangkan lubang pelvic betina yang sudah matang terlihat terbuka lebar (besar), lebar dan lembut.

5. Cairan Perut Ikan Koi


Perbedaan selanjutnya yaitu cairan yang keluar dari perut ikan koi melalui anusnya jika dipijat. Nah kalau sobat memijat perut ikan koi dan ternyata lubang anusnya mengeluarkan cairan sperma berwarna putih dan kental, maka sudah dipastikan ikan sobat berjenis kelamin jantan. Namun sebaliknya jika yang keluar adalah cairan berwarna kuning atau kotoran berarti ikan koi sobat berjenis kelamin perempuan. Bagaimana mudah kan? Tapi ingat pilih yang sudah matang atau dewasa.

6. Bentuk Sirip Ikan Koi


Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina
By: Ananda Mukti Prakoso/Grup jual beli koi
Perbedaan Ikan Koi Jantan dan Betina
Gambar asli by Facebook Ahmad Suhardi

Perbedaan menonjol antara ikan koi dan yang terakhir ialah bentuk sirip
nya. Coba sobat perhatikan dengan baik foto di atas. Di sana akan terlihat sirip ikan koi jantan dewasa cenderung lebih runcing dibandingkan bentuk sirip koi betina dewasa yang terlihat lebih bulat atau oval.

Baik itu saja perbedaan ikan koi jantan dan betina yang paling menonjol disertai ciri-ciri fisik koi jantan dan betina. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin mengawinkan ikan koi di rumah dan semoga berhasil. Sekian dari kami, silakan dishare jika bermanfaat. [DMCA protected, sertakan sumber link artikel jika ingin copy paste]

0 Komentar 6 Perbedaan Menonjol Antara Ikan Koi Jantan dan Betina

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top