Daftar Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Lainnya

Ikan hias air tawar yang bisa dicampur- Apakah kalian tertarik memelihara ikan hias di dalam akuarium? Yups merawat ikan hias merupakan salah satu hobi yang menyenangkan dan banyak diminati masyarakat Indonesia, termasuk mimin sendiri.

Biasanya setelah penat aktivitas di luar rumah, saya langsung masuk ke kamar dan memandang ke arah akuarium besar. Setelah itu hati dan mata saya menjadi segar, rasa capek pun langsung hilang hehe. Sebab di akuarium terdapat beragam jenis ikan dan setiap jenisnya terdapat warna dan bentuk tubuh yang indah.

Itulah kelebihan memelihara banyak ikan hias dengan bermacam jenis. Namun, meski begitu kalian juga tidak boleh sembarangan mencampurkan beberapa jenis ikan hias dalam akuarium. Karena tidak semua jenis ikan hias aquarium bisa dicampur dengan ikan hias lainnya.

Misalnya ikan molly dengan ikan oscar. Jika dicampurkan maka ikan molly bisa dimakan oleh ikan oscar. Atau misal lain ikan cupang dicampur dengan ikan guppy, nanti yang ada malah bertarung. Lalu jenis ikan hias air tawar apa saja yang bisa dicampur dalam akuarium?

Baca juga: 15 Ikan Cupang Paling Populer Beserta Harga Terbaru 2018

Jenis Ikan Hias Bisa Dicampur Dalam Akuarium Dengan Ikan Lainnya


Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dalam Akuarium

Baiklah di sini hobinatang.com akan menjelaskan secara lengkap terkait ikan apa saja yang dapat kita campurkan di dalam akuarium. Saya membaginya menjadi perkategori/kelompok. Dan masing-masing kategori memiliki karakter berbeda.

1. Jenis Ikan Hias Damai (Tidak Suka Mengganggu)


Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur dengan ikan lainnya

Kategori pertama Ialah ikan yang suka damai. Artinya kelompok ikan hias ini memang menyukai kedamaian, ketenangan dan toleransi yang besar apabila disatukan dengan ikan hias lainnya. Bahkan ikan tersebut malah lebih suka jika ada temannya. Dengan catatan temannya juga harus tergolong ikan yang suka damai. Berikut daftar ikan damai:

Guppy Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

  • Ikan balon
  • Ikan molly
  • Ikan gupy
  • Ikan neon
  • Ikan ranchu
  • Ikan komet
  • Ikan mutiara
  • Ikan plati
  • Dan jenis ikan lainnya yang bertubuh mungil serta tidak galak.

Nah karena ikan tersebut bertubuh kecil dan tidak suka berantem, jadi sebaiknya kalian jangan mencampurkan dengan ikan predator alias ikan yang galak. (Kategori ikan predator ada penjelasannya sendiri).

Ikan mas Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dalam Akuarium

Meski ada beberapa ikan hias damai yang berbody dan memiliki daya tahan kuat, tapi tetap saja mereka bisa kalah jika berhadapan dengan ikan predator. Misalnya ikan komet memiliki tubuh besar, tapi jika disatukan dengan ikan Louhan maka bisa dimakan.

Campurkanlah ikan koki dengan ikan plati atau ikan gupy. Atau ikan neon dengan ikan balon. Baca: 15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Oleh Pemula

2. Ikan Hias Setengah Damai


Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Ikan Mas Koki

Maksud dari setengah damai di sini adalah jenis ikan yang terkadang masih memiliki rasa damai atau toleransi terhadap temannya. Namun terkadang pula ikan ini galak jika ada yang mengganggunya. (senggol bacok :v ).

Yang termasuk dalam kategori ini yaitu, ikan blackghost, ikan koi, ikan belida, ikan sapu, ikan manfish dan ikan hiu tawar. Keenam jenis ikan di atas  masih bisa dicampur dengan ikan hias tipe damai. Tapi usahakan jangan dicampur dengan ikan predator. Nanti bisa mati karena menjadi bulanannya si ikan hias galak.

3. Ikan Hias Agak Galak


Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Tipe ikan hias yang dapat dicampur dalam aquarium ketiga yaitu ikan bersifat agak galak. Dia kadang menyerang temannya dan kadang malah menghajar sampai mati. Apa saja ikan-ikan itu? Jenis ini adalah ikan lemon, ikan nias atau gurameh padang.

Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Jangan coba-coba mencampurkan ikan agak galak ini dengan ikan yang bersifat damai. Seperti molly, platy, guppy dan lain sebagainya. Karena jenis ikan ini sudah pasti akan mengganggu ikan hias tipe damai. Dan akhirnya mati akibat stres.

Adapun jika anda ingin mencampur dengan ikan setengah damai, kalian harus mencari ukuran yang seimbang jangan yang lebih kecil dari jenis ikan ini.

4. Ikan Hias Galak Sekali (Predator Air Tawar)


Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Ikan Predator Piranha Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur

Ikan hias bukan hanya pemakan pelet atau binatang-binatang kecil seperti cacing. Namun di sana ada juga ikan hias air tawar yang menu makanannya adalah daging-dagingan atau sejenis ikan kecil. Mereka menyebutnya sebagai ikan predator.

Baca: 17 Ikan Predator Yang Banyak Dipelihara di Indonesia

Macam-macam ikan hias yang bersifat sangat galak ialah ikan lauhan, ikan oscar, ikan arwana, ikan parrot, ikan piranha dan masih banyak yang lainnya. Semua ikan ikan tersebut termasuk ikan hias predator. Jadi sobat jangan mencampurkannya jadi satu dengan ikan hias jenis apapun.

Yang ada bukannya tambah rame tapi malah jadi sepi. Karena teman-temannya dimakan semua oleh mereka, haha. Solusinya adalah mencampurkan sesama ikan predator dengan yang seukuran. Sebab sesama ikan predator pun masih bisa saling menyerang apabila ukurannya berbeda.

Terakhir, buat Anda yang ingin membeli banyak ikan dari beragama jenis. Disarankan untuk memakai tank (wadah) yang besar. Penuhi media lainnya seperti filter, lampu dan lainnya.

Baik Itulah kumpulan ikan hias air tawar yang bisa dicampur dengan ikan lainnya dalam akuarium. Setelah membaca ini sobat tinggal mencocokkan mana yang ingin dipelihara. Apakah katagori damai, agak galak atau predator? Sekian terimakasih

9 Komentar Daftar Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Lainnya

  1. Gan,, kalau ikan komet di campur ikan koki,ikan lemon bisa gak.?

    ReplyDelete
  2. Gan, kalau ikan komet di campur sama ikan koki dan ikan lemon bisa gak,,? Soal nya saya campuri dua hari yang lalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget mas. ketiga ikan itu, termasuk ikan suka damai. Paling yang agak galak malah ikan komet. hee

      Tapi gak papa ko

      Delete
  3. Gan kalo ikan blue elektric di campur ikan mas koki komed dan sumatra bisa gak gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikan blue elektric adalah ikan yang indah dan menawan mas. Sampean boleh mencampurkan ikan blue elektric ini dengan ikan lain yang sejenis, atau yang seukuran. Yang penting jangan sama ikan yang galak.

      Delete
  4. Anonymous15 April

    Ikan blackghost bisa disatuin sama ikan2 kecil kaya tetra,gupi,platy ga mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Om.. Aman tenang saja. Blackghost itu kalem.

      Delete
  5. Ikan koki boleh campur sama ikan parrot gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jangan mas. Apalagi kalau sudah berukuran besar. Parrot dicampur dengan ikan yang berukuran besar juga. Kalau masih kecil tidak masalah.

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top