HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

15 Jenis Ikan Cupang Populer Beserta Harga Terbaru 2018

Jenis ikan air tawar yang bernama ikan cupang merupakan binatang air yang tidak asing lagi di telinga pecinta ikan. Karena ikan cupang memiliki banyak penggemar, baik di Indonseia ataupun di belahan dunia lainnya, bahkan tidak sedikit yang membudidayakan jenis ikan ini. Di luar negri sendiri ikan cupang disebut dengan betta sp, yang nama ilmiahnya adalah betta splendens.

Banyak sekali fakta-fakta yang terkait dengan ikan cupang, salah satunya ialah ikan cupang merupakan ikan air tawar yang habitatnya berasal dari Asia Tenggara seperti Indonesia, Malasyia, Thailand dan Vietnam. Ikan cupang salah satu ikan yang kuat dalam bertahan hidup, bahkan meskipun berada di wadah dengan volume kecil dia tetap bisa hidup. Fakta selanjutnya, ikan ini memiliki bentuk dan karakter yang unik serta bermacam-macam jenisnya. Adapun jenis-jenis ikan cupang sebagai berikut:

Jenis Ikan Cupang dan Harga Terbaru 2018


Secara umum penghobi ikan betta sp terbagi menjadi tiga kelompok, pecinta ikan cupang hias, aduan dan ikan cupang liar. Berikut nama-nama dan jenis-jenisnya secara detail yang sudah dikenal di pasaran Indonesia saat ini.

1. Cupang Plakat


jenis ikan cupang plakat

Yang pertama adalah ikan plakat, ikan ini berasal dari negara Thailand, dan tergolong ikan yang menawan. Jika dilihat dari gambar di atas, ikan cupang jenis plakat memiliki bentuk tubuh yang minimalis atau kecil. Jenis ikan plakat juga bervarian, ada plakat dragon, full black dan lainnya. Maka wajar jika masyarakat banyak yang memelihara ikan tersebut, karena bentuknya yang imut dan lucu.

Komunitas ikan cupang aduan, sering kali menggunakan ikan jenis ini untuk bertarung di laga-laga tertentu, tentu saja ini perbuatan yang ilegal, bahkan sangat tidak dianjurkan dalam agama. Ada juga sebagian orang yang sengaja memelihara ikan ini untuk dijadikan petarung handal sejak baru pertama kali lahir, sehingga mereka menambahkan obat-obatan supaya kuat saat bertarung. Harga iklan plakat di pasaran terbaru sekitar Rp.2500 bahkan sampai Rp.2000.000 an. Semua tergantung kualitas si cupang.

2. Cupang Halfmoon


ikan cupang halfmoon setengah bulan

Halfmoon artinya setengah bulan, menurut sejarah awal munculnya ikan ini adalah hasil persilangan peternak cupang di Amerika. Penamaan ikan ini dikarenakan memiliki sirip dan ekor yang seolah menyatu membentuk setengah lingkaran dan jika dilihat dari samping akan terlihat setengah bulan.

Tujuan orang-orang memelihara jenis ikan ini karena keindahan warna dan tubuhnya. Variasi warna pada siripnya juga banyak pilihan, ada yang putih sepenuhnya merah merona, biru dan lain sebagainya. Jika kalian ingin membeli ikan jenis ini, hanya cukup merogoh dompet Rp.5000, namun akan bertambah mahal apabila memenangkan kontes cupang.


3. Serit (Crown Tail)


jenis betta crown tail cupang serit

Hari ini Indonesia layak bangga, sebab jenis cupang serit ini berasal dari negara kita di Silip Jakarta, awal muncul pada tahun 1998 kemudian menjadi populer di tahun 2000. Tidak lama kemudian ikan serit pun diakui oleh Internasional Betta Congress IBC. Di luar negri ikan serit disebut dengan crown tail. Hal itu karena ekornya yang berserit-serit, sekilas siripnya seperti slayer yang sobek-sobek namun rapih. Selai itu, tulang siripnya juga kuat dan panjang. Saat ini ikan crown tail/serit dihargai Rp.5000 sampai ratusan ribu rupiah.

Baca: 15 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara Pemula

4. Double Tail atau Cagak


jenis ikan cupang double tail ceguk

jenis ikan cupang double tail cegak

Sepintas, ikan cagak ini mirip dengan ikan cupang jenis halfmoon. Namun, sebenarnya sangat berbeda, perbedaan paling menonjol adalah pada ekornya, sirip ekor ikan double tail ini terbelah menjadi dua. Lalu setiap belahan pada sirip ekor memiliki ukuran dan lebar yang sama, kemudian perbedaan lainnya ada pada punggung dan sirip anak yang panjang.

Sejauh ini, pemelihara dan pembudidayaan ikan yang cantik dan unik tersebut jarang ditemukan sebab rendahnya tingkat keberhasilan cupang cagak yang sempurna dan indah. Oleh sebab itu cupang ini juga tidak selalu dikonteskan pada perlombaan-perlombaan cupang.

5. Giant Jenis Cupang Raksasa


cupang giant raksasa

Ikan cupang giant adalah jenis cupang terbesar dari ikan cupang lainnya. Ukurannya bisa mencapai 11-12 cm. Sejarah ikan ini yaitu, pertama kali dikembangkan oleh Mr.Athapon dan putranya Mr.Natee pada 1999, kedua breeder tersebut berasal dari negara Thailand. Awalnya mereka memiliki ikan plakat yang ukurannya tidak normal yaitu 10cm, kemudian mereka berniat mengawinkan dengan ikan jenis cupang lainnya yang ukrannya tidak jauh beda dengannya. Sehingga lahirlah cupang giant alias raksasa.

Selain besar, ikan ini juga sangat indah dan memiliki variasi warna-warna menawan, mulai dari biru, merah dan lain-lain. Dahulu saya beli ikan ini seharga 40.000 sampai ratusan ribu. Semua tergantung corak warna dan ukuran yang dimiliki ikan giant.

6. Ikan Cupang Alam


cupang alam atau liar

Yang terakhir dari jenis-jenis ikan cupang yaitu cupang liar atau alam. Cupang alam adalah cupang yang belum mengalami persilangan, dan ikan ini jauh dari jangkauan manusia, sehingga harganya relatif, jika semakin bagus dan langka maka bisa sangat mahal, namun sebaliknya jika sudah umum maka harganya sangat murah bahkan gratis. Habitat ikan ini ada di sungai, sawah, rawa dan selokan. Di bawah ini macam-macam jenis ikan cupang alam yang populer:

Cupang Sawah

Namanya saja cupang sawah, jadi dia hidupnya di sawah-sawah dan kali. Ikan ini mudah kita temui di persawahan Sumatra dan Jawa, warna tubuhnya bergaris kuning dan biru. Di tempat saya, ikan berukuran 6cm ini dijuluki ikan terongan.

Cupang Paradise

Cupang paradise atau ilmiahnya Marcopodus Opercularis, banyak di temukan di daerah persungaian Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi. Ciri-ciri ikan ini adalah ekornya cabang, warnanya bergaris-garis vertikal dengan warna hijau muda.

Cupang Sarawak

Biasa dipanggil Betta Akarensis, berasal dari negara Asia, Kalimantan. Jenis ikan alam yang satu ini warnanya agak sederhana dan transparan.

Cupang Surga

Cupang surga memiliki nama ilmiah Macropodus Concolor, ciri-cirinya hampir mirip dengan cupang paradise, warnanya kecoklatan dan siripnya memanjang, cupang jenis ini bisa kita temui di Asia Tenggara tepatnya di Jawa, Sumatra. Ukurannya bisa mencapai 10cm.

Cupang Emas

Cupang alam emas ditemukan di wilayah Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan. Sebutan latinnya adalah Betta Unimaculata. Warnanya agak ke emas-emasan.

Selain itu ada juga betta miniopinna, cupang uberis, dan cupang cocina. Ini lah penampakan fotonya:

cupang alam atau liar

cupang alam atau liar


Nah itulah jenis-jenis ikan cupang yang banyak dikenal di pasaran dan masyarakat Indonesia (populer), beserta harga terbaru 2018, dari yang termahal sampai termurah. Semoga informasi ini dapat membantu pembaca dalam memiliki cupang yang disukainya. Terimakasih. [Sumber wikipedia.com, rumahcupang.wordpress.com]

4 Komentar 15 Jenis Ikan Cupang Populer Beserta Harga Terbaru 2018

  1. Ada beberapa jenis ikan cupang yang ngga ada fotonya kayak cupang sawah, paradise, dan sarawak. Emang ngga ada fotonya?

    ReplyDelete
  2. wah ternyata cupang bamyak jenisnya ya :D. ane kira cuma cupang gitu.ane pernah liat yg double tail tuh awesome bgt . pantaslah kalo dilombain

    ReplyDelete
  3. Itu salah ketik atau memang segitu harganya.. Murah amat yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak koreksinya. Tulisan itu memang benar. Berdasarkan fakta di lapangan. Ketika saya membeli ikan cupang di banyak toko ikan.

      Maaf sebaiknya emas jangan hanya melihat harga ikan cupang yang sudah jadi, yang bagus. Saya menulis ini berdasarkan harga pasaran di toko ikan. Makanya saya menambah keterangan. "Bisa bertambah sesuai kualitas ikan".

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top