7 Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari Terbukti Ampuh

Umpan mancing ikan bawal malam hari- Pada dasarnya memancing ikan bawal bisa dilakukan kapan saja asalkan tempat tersebut ada ikannya. Namun meski demikian ternyata ada waktu-waktu yang cocok untuk memancing. Entah itu memancing bawal atau jenis ikan lainnya. Kapan itu?

Baca juga: Resep Umpan Mancing Ikan Mas Sederhana Pakai Pelet

Yaitu saat malam hari. Alasan orang-orang banyak yang pergi memancing di malam hari adalah karena di saat itu penciuman ikan sangat tajam. Terkhusus untuk jenis bawal. Ketika malam tiba, ikan bawal akan mencari aroma dari pakan alaminya, yaitu udang atau ikan kecil. Kalau sudah menemukan mangsa, ikan tersebut akan menyambar dan memakannya.

Itulah mengapa ikan bawal lebih mudah dipancing di saat malam. Di samping itu sifatnya yang predator dapat memberi keuntungan tersendiri bagi pemancing ikan bawal di malam hari. Sebab dia memiliki tarikan yang kuat dan sambaran yang ganas, sehingga memberi sensasi bagi penghobinya.

Tapi, kira kira umpan mancing ikan bawal apa yang bagus dipakai saat malam hari?

Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Umpan mancing bawal malam hari sebenarnya sama dengan umpan mancing ikan bawal harian yang pernah kami bahas sebelumnya. Hanya saja di sini hobinatang.com lebih menekankan umpan umpan khusus yang biasa dipakai oleh para pemancing ikan bawal (termasuk saya) di malam hari. Mimin sendiri jarang boncos/gagal saat memakai umpan yang akan kami tulis di artikel ini.

Baiklah berikut daftar jenis umpan jitu mancing bawal malam hari:

1. Keong Sawah Umpan Alami Ikan Bawal


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Tidak perlu repot repot mercik umpan untuk mancing bawal. Memakai koeng saja sudah terbilang ampuh. Keong adalah umpan andalanku. Zat besi yang terkandung pada keong sangat disukai oleh ikan bawal. Apalagi keong memiliki aroma yang sangat amis sehingga bisa menarik perhatian ikan bawal saat di malam hari.

Cara menggunakannya adalah membuang cangkang dan dagingnya. Yang diambil cukup jeroannya saja. Kaitkan dengan kail lalu lemparkan senarnya ke kolam pemancingan atau kali. Boleh pakai pelampung atau dasaran.

Tapi kalau boleh saran jangan diberi timah. Timbulnya kecil saja, terus harus pintar trolling. Ketika sudah disambar, tarik pelan-pelan. Namun kadang bawalnya tidak suka keong, karena mood ikan bawal ini tidak konsisten. Kalau mendapati seperti ini, saya menggantinya dengan umpan lainnya yaitu cacing.

2. Cacing Umpan Ikan Bawal Malam Hari


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Bukan hanya ikan predator. Tapi hampir seluruh jenis ikan menyukai cacing. Karena umpan alami satu ini mengandung banyak protein dan gizi yang bagus buat ikan. Saya sendiri menjadikan cacing sebagai alternatif kedua jika ikan bawal tidak mau memakan keong.

Tapi kalau kalian merasa jijik dengan cacing. Boleh memakai umpan alami yang lain.

3. Kepiting


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Kepiting juga bisa dijadikan umpan mancing ikan bawal malam hari. Memiliki aroma yang tajam sehingga dapat menarik perhatian ikan bawal. Saya jarang gagal memakai kepiting. Tapi usahakan mencari kepiting yang berukuran kecil 3 cm. Kemudian kaki-kakinya dipotong dan diambil daging dalamnya.

4. Katak Kecil atau Bancet


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Orang Jawa menyebutnya bancet. Merupakan katak-katak kecil yang hidupnya di sawah. Hampir semua ikan predator menyukainya anakan kodok. Apalagi ketika sudah dikaitkan dengan kail, maka luka kata tersebut menimbulkan bau amis dan akan menyebar di dalam air tawar.

Ikan bawal akan segera mencari tahu umpan tersebut dan langsung menyambarnya tanpa hitungan menit. Siap siap joran kami akan ditarik.

5. Jangkrik dan Ulat


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Jujur saya sendiri jarang memakai pakan ini. Tapi kata orang-orang jangkrik juga bagus untuk memancing ikan bawal di malam hari. Kalau penasaran silahkan anda mencobanya sendiri.

6. Udang Umpan Ikan Bawal


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari

Saya juga jarang memakai udang. Tapi kalau meracik resep umpan ikan dengan bahan udang sering. Baunya yang kuat sangat bagus dipakai malam hari. Apalagi udang adalah pakan alaminya bersamaan ikan kecil kecil.

7. Racikan Ayam untuk Mancing Bawal


Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari Terbukti Ampuh

Ada lagi umpan ikan bawal di malam hari yang ampuh. Yaitu racikan daging ayam. Supaya aromanya kuat saya menambahkan bahan satu sachet Royco dan 1 butir telur bebek diambil kuningannya saja.

Pilih ayam bagian dada. Kemudian kukus daging tersebut lalu dicacah sampai kecil kecil. Setelah itu masukkan ke dalam wadah yang tertutup sambil dicampur satu butir kuningan telur bebek dan 1 sachet Royco aroma sapi. Aduk aduk sampai rata.

Tapi jangan langsung dipakai untuk mancing. Melainkan didiamkan sampai semalaman supaya aroma amisnya semakin menyengat. Besoknya baru boleh dipakai mancing.

Selain resep di atas ada pula racikan racikan lainnya yang bisa dipakai untuk memancing ikan bawal. Kami sudah menulisnya di artikel: Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh Anti Boncos

Baiklah sekian saja dari kami semoga informasi ini bermanfaat bagi para pemancing mania. Selain pakan perhatikan juga teknik tekniknya. Sebab itu juga menentukan hasil mancing Anda saat malam hari.

0 Komentar 7 Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari Terbukti Ampuh

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top