HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh Anti Boncos

Umpan mancing ikan bawal ampuh- Salah satu hobi paling menyenangkan (versi mimin) adalah memancing ikan. Apalagi ikan yang kita pancing sejenis bawal. Ikan bawal merupakan jenis ikan predator air tawar. Ketika mulutnya sudah tersangkut kail, sambarannya sangat garang dan tarikannya cukup kuat. Sehingga kita bisa merasakan sensasi dari memancing.

Sebagai wawasan saja. Hari ini orang-orang banyak yang salah presepsi soal ikan bawal. Ada yang masih bingung membedakan antara bawal dan piranha. Memang kalau dilihat dari fisik, ikan bawal sangat mirip dengan ikan piranha. Sama sama predator, sama sama bergigi panjang dan tajam, serta sama sama berpola merah di bagian perut. Tapi sebenarnya ada perbedaaan yang menonjol di antara keduanya. Semua sudah pernah ditulis di sini: 5 Perbedaan Menonjol Antara Ikan Piranha dan Bawal

Umumnya penghobi mancing lebih sering mancing bawal di kolam atau empang harian. Karena tidak perlu susah mencari spot di kali alam liar. Meski begitu tidak sedikit pula yang memancing di alam liar seperti kali, rawa rawa atau danau. Sebab ukuran ikannya bervariasi dan penuh kejutan.

Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh dan Jitu


Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh dan Jitu

Resep mancing bawal di bawah ini tergolong ampuh. Kadang saya sering mengganti umpan apabila selera ikan sedang berubah. Karena karakter bawal sendiri tidak bisa ditebak, kadang nafsu makannya tinggi kadang biasa-biasa saja.

Makanya kalian harus pinter maracik umpan ikan bawal biar tidak boncos. Jangan lupa, teknik memancing juga penting. Kalian harus pintar troling (menarik ikan saat disambar). Baiklah langsung saja mungkin anda sudah tidak sabar menanti umpan umpan rahasian memancing ikan bawal yang paling ampuh di kolam pemancingan atau di alam liar:

1. Umpan Alami Ikan Bawal Paling Ampuh


Umpan Alami Mancing Ikan Bawal yang Ampuh

Dalam hal memancing bawal saya lebih suka memakai umpan yang alami dibanding racikan. Sebagai predator, ikan bawal kerap memburu makanan alami seperti udang atau ikan kecil di habitatnya. Oleh sebab itu pakan alami sangat kami rekomendasikan.

Ada banyak jenis pakan alami untuk ikan bawal. Tapi tidak semua jenis ampuh buat mancing bawal. Setidaknya ada 6 jenis umpan yang terbukti jitu untuk bawal di kolam pemancingan atau sungai:
  • Cacing: Sesuai pengalaman, saya lebih sering memakai cacing. Terbukti berhasil, tapi kalau boncos saya mengambil alternatif lain. Ganti umpan alami lainnya.
  • Keong: Saya mengganti keong. Zat besi dari keong sangat disukai bawal, apalagi baunya amis. Cari keong sawah lalu buat daging dan cangkangnya. Yang dipakai buat mancing itu kotoran atau jeroannya Bos.
  • Anak kodok: Bancet atau anak katak juga tidak boleh disepelekan. Karena sudah terbukti ampuh untuk memancing ikan bawal baik saat siang maupun malam.
  • Jangkrik: Sama seperti ikan predator lainnya. Bawal juga menyukai jangkrik. Jadi tidak ada salahnya kalian mencoba umpan ini.
  • Udang: Sudah pasti, udang sebagai makanan alaminya. Tapi saya jarang memakai udang murni, kecuali sudah diracik dengan lainnya.
  • Kepiting: Cari kepiting kecil kira kira 3cm. Buang kakinya dan ambil daging dalamnya. Aroma kepiting yang tajam juga bagus buat mancing ikan bawal.
Itulah daftar umpan bawal alami yang sering dipakai para pemancing termasuk mimin.

2. Potongan Daging Ayam atau Ati Ayam untuk Mancing Bawal


Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh

Mau resep umpan mancing bawal lainnya? Pakai potongan daging ayam. Saya lebih memilih dada ayam yang umurnya tidak terlalu tua alias masih muda. Silahkan diracik dengan mengkukus lalu masukan ke dalam wadah tertutup. Supaya aromanya kuat tambahkan 1 butir kuningan telur bebek dan satu sachet Royco rasa sapi.

Jangan langsung dipakai, karena belum terlalu kental aromanya. Sebaiknya tutup wadah tadi hingga semalaman. Setelah itu baru dipakai buat mancing bawal. Ini resep Ok. Silahkan dicoba. Sangat cocok buat mancing ikan bawal di malam hari. Baca saja: Umpan Mancing Ikan Bawal Malam Hari Terbukti Ampuh

3. Umpan Racikan Untuk Mancing Ikan Bawal Terbaru


Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh

Ada banyak macam racikan umpan ikan bawal. Masing-masing bebas meracik, asal dianggap jitu silahkan dipakai saja. Umpan racikan ini alternatif jika tidak mau memakai umpan alami. Yang terpenting pintar dalam membuat, nanti juga bakal disambar sama bawal. Nah apa saja umpan racikannya?

Meracik Umpan Ikan Bawal Terbaru 1


Sediakan bahan-bahan berupa: wadah, Essen melati, 30 ekor jangkrik (kalau mau banyak jumlahnya ditambah), pelet dan air anget.

Cara meraciknya:

  • Haluskan jangkrik dengan blender. (Jangan jijik ya, hehe)
  • Masukkan jangkrik ke dalam wadah, plastik atau mangkok.
  • Lalu campurkan dengan pelet, sesuai selera saja ya Om.
  • Tambahkan essen melati 5-7 tetes saja dan diberi air panas/anget secukupnya.
  • Aduk sampai merata.
  • Bentuk menjadi adonan yang bentuknya sesuai selera hati anda.

Ok, umpan ikan bawal siap dipakai.

Meracik Umpan Ikan Bawal Terbaru 2


Siapkan bahan-bahan seperti wadah, santan kara satu bungkus, Essen, nasi hangat tiga sendok besar, udang. Untuk membuatnya ringkas saja:
  • Masukan nasi ke dalam wadah lalu haluskan.
  • Hancurkan udang segar kemudian campurkan dengan nasi sampai rata.
  • Masukan juga santan yang sudah disediakan tadi ke dalam wadah.
  • Aduk semua bahan sampai membentuk adonan, kalau ternyata terlalu keras. Tambahkan air panas.
  • Bila perlu tambahkan Essen tenggiri.
Oke umpan siap digunakan. Bagaimana mudah bukan? Mungkin dua saja bos umpan racikannya. Lebih puas lagi kalian mau bereksperimen sendiri di rumah. Kami pribadi menyarankan memakai umpan alami saja, kecuali kalian tinggal di kota dan susah mendapatkan jenis umpan tersebut.
Baik kami cukupkan sampai sini tentang umpan mancing ikan bawal yang ampuh dan jitu. Jangan lupa teknik juga penting.

1 Response to Umpan Mancing Ikan Bawal yang Ampuh Anti Boncos

  1. Sangat bermanfaat infonya. Terimakasih. Jangan lupa kunjungi kami http://bit.ly/2Mr7sFC

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top