HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk Yang Benar

Halo teman-teman di hari libur ini hobinatang.com hanya ingin membahas topik yang ringan-ringan saja. Yaitu cara memandikan burung hantu dengan baik dan benar. Walaupun sebelumnya saya juga sudah membahas cara memelihara burung hantu tapi di situ belum dibahas secara khusus tentang memandikan burung hantu.

Buat pemula tentu bertanya-tanya mengenai bagaimana cara memandikan burung hantu jenis celepuk atau jenis lainnya. Sebab dalam memandikan burung hantu ada aturan aturannya yang harus kalian pelajari supaya burung hantu anda tetap sehat. Tidak boleh sembarangan seperti memandikan sapi.

Baca juga: Jenis dan Harga Burung Hantu Terbaru 2018

Berikut ini poin poin bagaimana memandikan burung hantu.

Cara Memandikan Burung Hantu


Sebelum kalian mengetahui langkah-langkah untuk memandikan burung hantu, sebaiknya cek terlebih dahulu kondisi burung hantu anda. Apakah ia dalam keadaan sehat, tidak stres dan fit. Karena kalau dia dalam keadaan sakit nanti bisa memperparah keadaan. Berikut ada 2 metode memandikan owl:

1. Memandikan Burung Hantu Menggunakan Nampan atau Baskom


Cara Memandikan Burung Hantu

Cara pertama ini adalah yang sering digunakan oleh pecinta burung hantu. Cara ini relatif lebih mudah dan simple. Sebab yang perlu kalian sediakan hanyalah baskom berukuran agak besar dan air. Setelah siap, silahkan masukkan air ke dalam baskom dengan kedalaman kira-kira setinggi paha burung hantu. Jangan terlalu dalam, nanti burungnya tenggelam.

Apabila sudah siap, selanjutnya kalian tinggal mengambil burung hantu lalu meletakkan di atas wadah yang sudah diisi air tadi. Biarkan burung hantu anda mandi dengan sendirinya. Umumnya membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit supaya burung hantu anda benar-benar bersih.

Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk

Disarankan agar burung hantu dimandikan di waktu pagi di bawah jam 09.00. Biar setelah mandi burung hantu bisa langsung dijemur selama 10 menit.

2. Memandikan Burung Hantu dengan Disemprot atau Diguyur


Cara Memandikan Burung Hantu yang Benar

Sebenarnya bisa saja memandikan burung hantu yang sudah dewasa dengan diguyur menggunakan selang (berikut kami perlihatkan videonya). Akan tetapi yang lebih aman sebaiknya disemprot saja menggunakan alat semprotan baju. Untuk langkah-langkah nya silakan simak sebagai berikut:

  • Sebelum dimandikan sebaiknya copot semua aksesoris yang ada pada burung hantu mulai dari hood, angklett-jesse, lease dan lain sebagainya.
  • Bersihkan kotoran kotoran yang menempel pada burung hantu sebelum disemprot. Karena kotoran yang membandel tidak bisa dihilangkan hanya dengan disemprot.
  • Jika semuanya sudah bersih dan tidak ada aksesoris yang menempel selanjutnya tinggal di semprot-semprot saja sampai bersih. Tapi usahakan anda sudah mengatur volume air yang keluar. Semprotannya dibuat menyebar.
  • Setelah selesai dan bersih kemudian di handukin supaya kering.
  • Sesudah dikasih handuk, boleh dijemur di bawah sinar matahari pagi.

Nah itulah langkah-langkah tepat memandikan burung hantu yang mudah dan simple. Supaya lebih jelas silahkan kalian tonton video memandikan burung hantu di bawah ini.


Baik sekian dari kami terimakasih.

0 Komentar Cara Memandikan Burung Hantu Celepuk Yang Benar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top