HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

16 Makanan Burung Lovebird Terbaik Agar Cepat Gacor dan Sehat

Makanan burung lovebird- kepopuleran burung lovebird lantas tidak membuat masyarakat langsung paham mengenai jenis pakan burung lovebird. Nyatanya masih banyak yang kebingungan memberikan makanan yang bagus dan menyehatkan. Padahal makanan sendiri merupakan faktor terpenting dalam pertumbuhan setiap makhluk hidup.

Di samping itu makanan juga dapat menentukan kualitas burung. Contohnya ada beberapa jenis makanan yang bisa membuatnya cepat gacor. Oleh sebab itu wajib bagi Anda untuk memperhatikan makanan yang akan diberikannya. Berikut hobinatang.com berbagi pengalaman terkait jenis makanan apa saja yang bagus buat lovebird. Sehingga bisa ngekek panjang, gacor atau cepat bertelur.

Makanan Burung Lovebird


Saya sudah merangkum 15 jenis makanan burung lovebird yang bagus dan menyehatkan. Masing masing jenis memiliki manfaat tersendiri. Ada yang berfungsi mempercepat pertumbuhan, membuat suara gacor dan ada pula yang bisa mempercepat perkembangan biakan atau bertelur.

1. Biji Milet Putih Makanan Utama Burung Lovebird


Makanan Burung Lovebird Biji Millet Putih dan Merah

Makanan pokok lovebird adalah biji bijian. Sedangkan buah atau sayuran merupakan ekstra fooding (pakan tambahan). Milet putih sendiri merupakan makanan utama lovebird. Tekstur dari biji milet mudah dicerna dan mengandung zat besi, vitamin B, protein dan asam amino yang bagus buat burung.

Saya pernah membaca di beberapa blog yang menyarankan agar milet putih dicampur dengan millet merah atau canary seed. Padahal sejatinya cukup memakai milet putih saja tidak perlu neko neko ditambah dengan yang lain.

Apalagi kalau dicampur dengan ekstra fooding (makanan tambahan), jangan sampai. Sebab pada dasarnya pakan tambahan berfungsi memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak ada pada biji bijian. Sehingga cukup diberikan di waktu tertentu saja dengan jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu pemberian pakan tambahan juga perlu dikontrol agar bervariasi sehingga burung tidak bosan.

Saya pribadi hanya menjadikan millet putih sebagai pakan utama (hampir diberikan tiap hari). Selain milet putih kami anggap sebagai makanan tambahan. But, itu tergantung anda juga. Karena ada juga yang berkeyakinan milet putih harus dicampur milet merah. Alasannya millet merah berfungsi untuk menjaga kestabilan birahi lovebird sedangkan millet putih berfungsi membuat lovebird cepat gacor dan ngekek panjang.

Pilihlah millet lokal karena teksturnya lebih kecil sehingga mudah dimakan dibandingkan millet import. Kandungan gizi yang ada pada millet sangat baik dan juga disukai lovebird. Di samping itu, harganya juga murah.

2. Pakan Lovebird Biji Oat atau Haver


Makanan Burung Lovebird Biji Oat atau Haver

Biji oat memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Sehingga sangat cocok dan bagus untuk dijadikan alternatif makanan pokok lovebird. Terutama pada lovebird yang sedang menyusui dan pasca bertelur. Karena umumnya pasca melahirkan indukan masih merasakan sakit.

Sedangkan fungsi dari biji oat ialah mampu mempercepat pemulihan rasa sakit serta dapat membantu menambah berat badan lovebird dan dapat memperbaiki struktur jaringan kulit bulu si burung. Dan masih banyak sekali manfaat dari biji oat ini.

3. Biji Kenari atau Canary Seed


Makanan Burung Lovebird Biji Kenari atau Canary Seed

Selain millet, biji kenari juga dapat dijadikan makanan untuk burung peliharaan seperti lovebird. Menurut pengakuan banyak orang, lovebird juga sangat menyukai biji canary seed. Di samping itu juga biji kenari mengandung banyak nutrisi seperi protein, asam amino yang bagus untuk stamina. Jadi bisa membantu pertumbuhan burung lovebird.

Walaupun memang tidak menutup kemungkinan jika burung kalian tidak doyan makan biji kenari. Tapi cobalah anda biasakan pelan pelan agar mau memakannya. Untuk pakan yang satu ini pilihlah jenis yang bagus yakni berwarna agak gelap, agak tua dan isinya lebih padat. Lalu disarankan jangan diberikan setiap hari karena pakan ini termasuk pakan tambahan. So, Anda harus memberikan di saat saat tertentu.

4. Juwawut Pakan Burung Lovebird


Makanan Burung Lovebird Juwawut

Jenis keempat dari pakan lovebird adalah Juwawut. Biji ini berbentuk bulat kemerahan mirip millet. Mempunyai kandungan gizi berupa karbohidrat 75 %, protein 9,8% dan zat kapur. Pokoknya bagus juga untuk lovebird, apalagi jika diberikan pada induk burung yang sedang bertelur. Maka akan membantu meningkatkan stamina. Dengan begitu si induk akan tetap sehat saat bertelur.

5. Biji Sawi


Makanan Burung Lovebird Biji Sawi

Sayur sawi mengandung berbagai nutrisi yang bagik buat tubuh manusia. Akan tetapi ternyata tidak hanya sayurnya saja yang sehat, bijinya pun juga bermanfaat untuk pakan burung. Hal itu disebabkan karena biji sawi mengandung protein dan omega3 yang dapat membantu pertumbuhan lovebird serta tidak akan membuat si burung mengalami obesitas.

6. Gabah Beras Merah


Makanan Burung Lovebird Gabah Beras Merah

Gabah beras merah juga termasuk makanan lovebird. Karena ia mengandung karbohidrat yang sangat dibutuhkan si burung agar tumbuh dengan baik dan membantu meningkatkan stamina tubuhnya. Penyajiannya, anda bisa mencampurkan gabah dengan millet agar rasanya lebih enak dan lovebird tidak bosan.

Perlu anda ketahui bahwa keenam makanan di atas sangat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan serta meningkatkan kesehatan si burung. Nah, agar lovebird anda tidak bosan dengan makanan di atas, sobat bisa sesekali memberikan makanan cemilan buat si burung. Apa saja?

7. Buah Apel Merah


Apel merah lebih disukai burung dibanding apel hijau, sebab rasanya lebih manis dan teksturnya juga lebih empuk. Manfaat apel merah ini untuk melindungi lovebird agar tidak mudah terserang penyakit. Cara penyajiannya yaitu kupas dahulu apelnya lalu cuci bersih baru diberikan pada si burung.

8. Jagung Pakan Tambahan Lovebird


Makanan Burung Lovebird Jagung

Bila sobat menginginkan mata lovebird selalu sehat, tidak mudah terserang penyakit dan ototnya berkembang dengan baik maka berilah jagung manis untuknya sesekali. Jangan setiap hari atau terlalu sering. Karena khawatir lovebird anda malah obesitas. Sekali lagi kami katakan apa saja yang termasuk daftar pakan tambahan, sebaiknya diatur porsi pemberiannya.

9. Tauge (Kecambah)


Kecambah tak hanya sehat untuk manusia, untuk burung pemakan biji bijian pun juga baik. Bahkan toge dipercaya memiliki manfaat yang dapat membantu suara lovebird anda lebih indah dan gacor serta mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya. Meski begitu, tauge bukanlah makanan pokok lovebird, jadi cukup diberikan sesekali saja.

10. Kangkung Cemilan Lovebird


Biasanya para peternak lovebird memanfaatkan kangkung untuk makanan andalan sebelum kontes agar suara si burung gacor dan indah. Mereka memberi kangkung pada saat lovebird akan diadu suaranya dengan burung lain dalam perlombaan. Namun kangkung juga tidak baik apabila diberikan setiap hari serta tidak baik diberikan pada lovebird yang sedang merawat bayinya.

11. Sawi Putih


Makanan Burung Lovebird Sawi Putih

Selain sayur kangkung, lovebird juga menyukai sayur sawi putih. Sawi putih hanya sebagai makanan tambahan saja untuk menjaga bulu lovebird agar tetap sehat dan berkilau. Berikan sayuran atau pakan tambahan selang seling alias tidak setiap hari untuk menjaga keseimbangan asupan nutrisinya.

12. Telur Rebus Makanan Tambahan Lovebird


Kandungan protein yang ada pada telur rebus mampu membuat si burung cepat gemuk dan besar. Jadi, sangat cocok diberikan pada lovebird yang masih bayi supaya cepat gemuk. Berikan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Adapun untuk lovebird dewasa cukup 1-2 kali saja dalam seminggu untuk menghindari obesitas pada burung.

13. Jangkrik


Makanan Burung Lovebird Jangkrik

Dari jenis serangga ada jangkrik yang mampu mempercepat pertumbuhan burung lovebird. Jangkrik mengandung protein yang sangat tinggi. Sehingga cocok dijadikan sebagai pakan tambahan lovebird anda. Bahkan jangkrik juga bermanfaat untuk menghilangkan stres pada lovebird. Cukup berikan 1-2 ekor saja dalam seminggu.

14. Asinan Tulang Sotong


Makanan Burung Lovebird Asinan Tulang Sotong

Lovebird juga memerlukan asupan kalsium dan agar mereka selalu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu kamu bisa memberikan asinan tulang sotong sebagai salah satu menu makanan sehat lovebird. Cara penyajiannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikat dan menggantung asinan tulang sotong di dalam sangkar burung dan biarkan mereka menyantap asinan tulang sotong ini dengan sendirinya.

15. Bubur Bayi SUN


Makanan Burung Lovebird Bubur Bayi

Bubur bayi instan seperti cerelac, sun, dan sebagainya juga boleh dijadikan makanan tambahan untuk lovebird. Biasanya para peternak lovebird mencampurkan bubur bayi dengan milet atau pakan pokok lainnya. Hal ini untuk menghindari rasa bosan terhadap makanannya. Namun tetap saja bubur bayi mengandung banyak gula yang kurang tepat bila diberikan setiap hari. Jadi, cukup sekali saja dalam seminggu.

16. Racikan untuk Anakan Burung Lovebird


Makanan Burung Lovebird Terbaik

Beberapa breeder meracik pakan lovebird sendiri di rumah. Nah kami akan memberikan resep yang bisa dipakai breeder:

  • Siapkan bubur Sun.
  • Siapkan pelet.
  • Sediakan Maizena: 360 gram atau tepung jagung.
  • Rumput laut 150 gram saja.
  • Lalu tak lupa sediakan blender, sendok dan wadah.

Untuk proses pembuatannya gampang. Campurkan semua bahan dari pelet/voor fancy bersamaan dengan tepung jagung. Aduk sampai merata. Setelah itu campurkan juga bubur SUN. Terakhir aduk sampai lembut. Masih banyak pula racikan lainnya. Misalnya kangkung dengan jagung muda beserta bahan bahan lainnya.

Baca juga: Jenis Burung Lovebird yang Bagus Dari Seluruh Dunia

Demikianlah jenis jenis makanan untuk burung lovebird yang bagus agar bisa gacor dan ngekek panjang. Untuk meningkatkan kualitas burung bukan hanya faktor makanan, perawatan yang baik dan benar juga berpengaruh. Bahkan faktor keturunan juga berpengaruh. So, apabila burung kalian belum gacor bisa jadi kedua faktor di atas belum terpenuhi.

0 Komentar 16 Makanan Burung Lovebird Terbaik Agar Cepat Gacor dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top