HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

12 Jenis Tanaman Karpet Aquascape yang Mudah untuk Pemula

Jenis tanaman karpet aquascape- Di dalam aquascape, tanaman berperan penting untuk memperindah suatu landscape. Apabila seseorang mampu meletakkan pada posisi yang tepat, akan tercipta simulasi alam yang begitu cantik. Adapun dari segi posisi sendiri, tanaman aquascape terbagi menjadi 3 bagian, yaitu posisi foreground, midground, background.

Ketiga istilah di atas diambil dari bahasa inggris, midground artinya (penempatan tanaman di tengah aquarium), background (berada di belakang akuarium), sedangkan foreground artinya (tanaman yang diletakkan di area depan tepatnya di dasar akuarium) orang-orang menyebutnya sebagai tanaman karpet/carpet plant.

Nah jenis foreground inilah yang menjadi pembahasan utama kali ini. Sebab untuk membuat aquascape yang baik pasti membutuhkan tanaman khusus buat karpet. Untuk itu hobinatang.com akan merangkum jenis jenis tanaman karpet yang mudah tumbuh dan mudah dirawat oleh pemula.

Tanaman Karpet Aquascape yang Mudah untuk Pemula


Jenis Tanaman Karpet Aquascape

Ada banyak sekali jenis tanaman karpet untuk aquascape yang tersebar di seluruh dunia, tapi tidak semuua jenis tersebut mudah dirawat. Makanya di bawah ini kami sudah mengkelompokkan tumbuh-tumbuhan foreground yang umum dipakai oleh pemula, bisa tahan lama meskipun dalam kondisi low light.

Untuk posisi foreground kalian bisa menggunakan jenis tanaman rumput, moss atau akar batang. Baiklah berikut daftar tanamannya:

1. Jenis Hairgrass Dwarf (Eleocharis Acicularis)


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Hairgrass Dwarf

Pertama-tama kami akan membahas tanaman aquascape dari jenis rumput-rumputan. Salah satunya yaitu dwarf hairgrass yang memiliki nama latin Eleocharis Acicularis. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara. Keberadaannya cukup populer dan danyak dipelihara oleh scaper di Indonesia.

Ciri-cirinya sama seperti rumput pada umumnya, tapi tanaman ini mampu tumbuh dengan cepat bila diberi pencahayaan yang bagus. Memiliki ukuran paling pendek dibandingkan jenis hairgrass lainnya. Sehingga cocok dijadikan foreground/carpet plant di semua ukuran tank/akuarium.

Tumbuhan ini akan terlihat indah dan kontras jika dikombinasikan dengan substrat gelap dan hardscape berupa batu atau karang. Sebagaimana rerumputan yang mengelilingi batu-batu.

2. Tanaman Karpet Hair Grass Japan


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Hairgrass Japan

Hairgrass japan berukuran lebih panjang dibandingkan hairgrass dwarf. Tumbuhan ini akan lebih cocok jika dijadikan foreground pada aquarium yang berukuran besar, kalau ukurannya kecil lebih baik dijadikan backround saja.

Tanaman hairgrass japan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan jenis hairgrass pada umumnya. Yaitu mereka tumbuh dengan tunasnya. Pada satu tunas kadang berisi 3 sampai 9 daun. Di samping itu, jenis ini juga mudah dirawat pemula. Usahakan suhu air tidak kurang dan tidak lebih dari 22-25 derajat Celcius.

3. Tanaman Pygmy Chanin Sword (Echinodorus Tenellus)


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Pygmy Chanin Sword

Echinodorus Tenellus adalah tanaman ideal yang cocok untuk area foreground/bagian depan. Tanaman karpet Aquascape yang satu ini ditemukan di rawa-rawa daerah Amerika Selatan sampai Amerika Utara. Kemudian dipopulerkan oleh aquascaper terkenal asal Jepang, Takashi Amano.

Sebagaimana yang anda lihat di gambar, tanaman ini mirip seperti tanaman Eleocharis Acicularis (Hairgrass Dwarf), namun bedanya tanaman Tenellus mempunyai daun yang lebih lebar. Dari segi karakter tenellus mempunyai pertumbuhan yang sedang, akan tetapi bila diberi injeksi CO2 dan cahaya tinggi, dia bisa tumbuh dan menyebar dengan cepat seperti rumput.

Cara menanamnya sangat mudah, cukup dikasih jarak 2 sampai 3 cm per rumput, supaya lebih mudah cobalah menggunakan pinset khusus. Dengan perawatan dan pemupukan yang bagus, tidak lama lagi akan menjelma menjadi sebuah karpet padat dan menyebar di dalam aquascape anda.

4. Tanaman Karpet Marsilea Hirsuta


Tanaman Karpet Aquascape Marsilea Hirsuta

Tanaman karpet untuk aquascape berikutnya adalah marsilea hirsuta. Jenis ini masih satu keluarga dengan marsilea minuta. Cara tumbuhnya menyebar layaknya tanaman karpet pada umumnya. Akan tetapi Marsilea Hirsuta memiliki ciri-ciri unik, saat daunnya keluar akan membentuk bulat seperti paku payung.

Tanaman Karpet Aquascape Marsilea Hirsuta

Kelebihan lainnya, jenis tanaman air marsilea sangat cocok buat pemula. Sebab mudah tumbuh meski berada dalam kondisi low light/cahaya rendah. Namun akan nampak luar biasa jika diberi cahaya tinggi dan diberi CO2. Jangan lupa kombinasikan dengan hardscape berupa batu di sekelilingnya biar mirip alam asli.

5. Tanaman Foreground Dwarf Sagittaria/Sagittaria Subulata


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Dwarf Sagittaria

Jenis Tanaman Karpet Aquascape Sagittaria Subulata

Sagitaria subulata atau yang sering juga disebut dwarf sagittaria merupakan jenis tanaman ideal untuk foreground. Tanaman asal Amerika Utara ini cukup populer digunakan oleh aquascaper seluruh dunia. Dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat serta membentuk karpet padat. Selain itu Sagitaria Subulata bisa tumbuh dengan baik meskipun tapa CO2 dan bercahaya rendah.

6. Jenis Tanaman Lilaeopsis (Micro Sword Grass)


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Lilaeopsis

Jenis keenam adalah Lilaeopsis, berasal dari negara Argentina, Brazil dan Paraguay. Tanaman ini masih tergolong tanaman karpet berjenis rumput. Ditemukan di alam liar seperti rawa, sungai, danau atau parit. Karena masih satu kelompok tanaman rumput, maka bentuknya juga sama seperti jenis tennelus, hairgrass japan, hairgrass dwarf dan lain sebagainya.

Tanaman ini ralatif mudah tumbuh dan tahan lama. Mampu beradaptasi hampir semua kondisi. Namun dalam kondisi ideal (cahaya yang bagus, CO2 yang cukup dan pupuk yang bagus) tanaman ini bisa cepat membentuk karpet yang padat di atas substrate.

7. Tanaman Java Moss


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Java Moss

Selain dari jenis rumput-rumputan, tanaman dari jenis moss juga sangat cocok dijadikan sebagai tanaman karpet, apalagi jenis moss terkenal mudah menyebar dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Salah satu contohnya adalah Java Moss. Java moss memiliki tampilan layaknya rumput laut, yaitu hijau cerah dan memanjang. Akan terlihat bagus jika diletakkan pada kayu atau batu.

Baca juga: 17 Tanaman Moss untuk Aquascape

Java moss ini sangat kami rekomendasikan untuk pemula. Sebab dia mudah dirawat dan mampu beradaptasi di segala kualitas cahaya. Java moss mampu hidup meskipun di dalam cahaya yang rendah dan kadar CO2 yang sedikit. Idealnya java moss ditanam pada suhu air berkisar 2-24 derajat Celcius.

8. Christmas Moss


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Christmas Moss

Tumbuhan Christmas Moss tergolong mudah dirawat dan dapat beradaptasi meski tanpa CO2. Akan terlihat sangat menarik apabila ditanam di samping hardscape berupa batu atau kayu. Ciri-cirinya memiliki daun yang kecil-kecil dan tumbuhnya tidak teratur. Biar lebih jelas silahkan lihat gambar di atas.

9. Pogostemon Helferi


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Pogostemon Helferi

Tanaman pogostemon terkenal unik dan sedikit berbeda dari tanaman lainnya. Daunnya keriting, memiliki pola zig zag. Tanaman ini termasuk jenis tanaman pendek dan warna daun hijau terang. Apabila cahaya di aquascape sangat bagus dan substrat ternutrisi maka tanaman tersebut dapat lebih cepat membentuk karpet sehingga sangat cocok untuk foreground.

Jenis Tanaman Karpet Aquascape Pogostemon Helferi

Pogostemon Helferi sendiri pertama kali ditemukan oleh penggemar aquarium di perbatasan Burma Thailand. Tanaman ini dapat tumbuh dan bertahan hidup pada suhu air 22-25 derajat celcius. Meski tanpa injeksi co2, pogostemon helferi masih tetap bertahan hidup lebih lama.

10. Tanaman Hemianthus Callitrichoides Terbaik


Jenis Tanaman Karpet Aquascape Hemianthus Callitrichoides

Tanaman hemianthus callitrichoides atau sering disebut juga dwarf baby tears merupakan tanaman terbaik untuk dijadikan foreground (versi hobinatang.com). Mengapa demikian?

Karena tanaman cuba (nama lainnya) ini memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi, daun yang kecil padat serta ukuran yang rendah. Sehingga sangat ideal sekali untuk dijadikan foreground. Beberapa aquascaper juga lebih memilih tanaman ini dibandingkan tanaman karpet lainnya, karena alasan di atas.

Jenis Tanaman Karpet Aquascape Cuba

Namun di samping penampilannya yang menawan, tingkat perawatannya juga tinggi. Memerlukan cahaya yang tinggi dan CO2 yang cukup. Meski demikian tanaman ini dapat beradaptasi dengan kondisi cahaya yang medium atau menengah.

11. Anubias Nana


Tanaman Karpet Aquascape Anubias Nana

Bisa dibilang tanaman anubias nana bukanlah tanaman karpet murni, dia juga bisa diposisikan sebagai midground. Dia tergolong tanaman akar batang, karena memiliki batang yang sedikit melengkung dengan daun semi bulat. Istimewanya tanaman ini tidak membutuhkan perawatan khusus karena tahan lama dan mudah beradaptasi di berbagai keadaan.

Sangat baik jika dikombinasikan dengan hardscape batu ataupun kayu. Atur temperatur air menjadi 22-25 derajat Celcius. Kalau bisa menggunakan cahaya medium.

12. Tanaman Utricularia Graminifolia


Jenis Tanaman Karpet Aquascape

Untuk menghiasi bagian foreground sangat cocok menggunakan tanaman utricularia graminifolia. Mempunyai bentuk yang unik dan cantik (pokoknya terbaik deh). Tingginya 2-8 cm, daunnya berwarna hijau dan sangat rimbun. Selain itu, tanaman graminifolia dapat tumbuh dengan cepat di dalam air. Pokoknya karpet banget, hehe lihat saja foto di atas. Oh ya, tanaman ini berkebutuhan cahaya sedang dan CO2 sedang.

Demikianlah kumpulan tanaman karpet Aquascape untuk pemula yang mudah tumbuh dan tahan lama. Silakan pilih mana yang terbaik dan paling Anda sukai. Jangan lupa baca juga jenis-jenis tanaman aquascape tanpa CO2, sebagai tambahan referensi anda.

0 Komentar 12 Jenis Tanaman Karpet Aquascape yang Mudah untuk Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top