HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

17 Jenis Moss Aquascape untuk Dijadikan Karpet atau Bonsai Lengkap

Jenis moss aquascape- tanaman moss adalah nama lain dari lumut. Merupakan tumbuhan kecil yang memiliki batang semu dan kerap dijumpai di alam liar seperti hutan, sungai, sawah atau danau. Secara umum tanaman ini hidup menempel di atas tanah, kayu dan bebatuan, dia memiliki karakter yang mudah mengarpet/menyebar dengan cepat. Sehingga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman karpet aquascape atau dijadikan daun dari kayu bonsai.

Namun perlu kalian ketahui bahwa tidak semua jenis moss yang kita jumpai di sekitar kita cocok untuk aquascape. Ada beberapa jenis moss yang membusuk jika terlalu lama diletakkan di dalam air. Oleh sebab itu buat kalian yang ingin membuat karpet atau bonsai dari tanaman moss, wajib mengetahui macam macam tanaman moss aquascape yang umum dipakai oleh hobbies.

Salah satu karakter tanaman moss yang cocok untuk aquascape adalah hidup di tempat yang lembab, biasanya tumbuh di area perairan seperti tepi sungai, danau, sawah, air terjun atau di tengah hutan yang bercurah hujan tinggi. Berikut hobinatang.com sudah merangkum daftar tanaman moss yang mudah menyebar, gampang tumbuh dan dapat memberi efek alami pada aquascape anda. Simak baik baik ya Sob!

Jenis Tanaman Moss Aquascape


Rata-rata scaper lebih mementingkan tanaman air dibandingkan faunanya. Karena memang tujuan dari aquascape ialah menciptakan suasana alam nyata di dalam air, sehingga diharuskan merawat dan memilih tanaman yang tepat. Berikut jenis-jenis tanaman moss untuk aquascape:

1. Java Moss untuk Aquascape


Java Moss untuk Aquascape

Pertama adalah java moss, memiliki nama ilmiah Taxiphyllum Barbieri. Merupakan tanaman hijau yang paling populer di kalangan scaper karena paling mudah didapat di alam liar, biasanya java moss menempel di batu atau kayu yang berbeda di tempat lembab atau di pinggiran sungai. Saat ini java moss bisa ditemukan di Asia Tenggara, khususnya Jepang, Indonesia, Vietnam dan lain sebagainya.

Java moss sendiri mudah dirawat bagi para pemula, karena bisa bertahan lama meski pencahayaan rendah dan tanpa CO2. Di samping itu Java Moss bisa dijadikan tanaman karpet dengan sistem emersed dry start method atau submersed. Letakkan moss ini pada hardscape seperti kayu dan batu. Apabila sudah menempel pada hardscape maka akan menyebar dan mengarpet.

2. Flame Moss atau Taxiphyllum sp Flame


Jenis Moss Aquascape Flame Moss

Jenis Moss Aquascape Flame Moss

Flame moss juga masih tergolong genus Taxiphyllum, yang memiliki nama latin Taxiphyllum sp Flame Moss. Adalah tanaman moss yang sangat mudah dirawat. Cukup menggunakan cahaya tingkat rendah sudah bisa tumbuh dengan baik. Suhu air yang diperlukan mulai dari 18-28 derajat celcius. Tanaman ini sangat unik dan cocok untuk pemula. Bentuk daunnya mirip api dan tumbuh memutar ke atas. Makanya kadang disebut moss api.

Pertumbuhan flame moss tidak cepat dan tidak lambat alias sedang. Bisa digunakan sebagai midground dan foreground untuk aquascape serta dapat diikatkan pada hardscape berupa kayu dan batu.

3. Peacocok Moss atau Taxiphyllum sp Peacock Moss


Jenis Moss Aquascape Peacock Moss

Melihat namanya saja tentu sudah ketahuan kalau moss satu ini masih kedalam genus Taxiphyllum, dengan nama Peacock Moss. Tanaman moss ini juga tumbuh lambat, tapi kalau tingkat cahayanya tinggi maka semakin cepat pertumbuhannya. Peacocok moss bisa ditanam pada hardscape berupa batu, kayu atau lempengan dengan mengikatnya atau dilem. Selain itu, tanaman peacock moss tidak membutuhkan CO2 tambahan. Cukup ditanam pada suhu air dingin di bawah 30 derajat celcius.

Ciri cirinya lebih mirip sama jenis Christmas Moss (nanti akan dibahas di bawah), malah tidak mirip sama genusnya, yaitu flame moss atau java moss.

4. String Moss atau Taxiphyllum sp String Moss


Jenis Moss Aquascape String Moss

Asal mula string moss adalah daerah Asia. String Moss adalah lumut yang kerap dipanggil japan moss, tapi tetap saja spesies satu ini masih  tergolong genus Taxiphyllum. Menurut pengakuan beberapa teman, string moss bisa tumbuh dengan baik meski cahayanya rendah dan tanpa CO2 tambahan. String moss tumbuh agak panjang dan pada ujungnya berwarna agak gelap seperti terdapat titik hitam. Serta kasar saat disentuh.

Oh ya, ada jenis moss yang namanya mirip dengan string moss, yaitu stringy moss dari keluarga Leptodictyum riparium (nanti akan kami jelaskan di bawah), meski namanya agak mirip tapi mereka berbeda jauh. So, jangan salah menilainya ya!

5. Spiky Moss (Taxiphyllum sp Spiky Moss)


Jenis Moss Aquascape Spiky Moss

Jenis Moss Aquascape Spiky Moss

Selanjutnya adalah tanaman spiky moss yang bernama latin Taxiphyllum Spiky satu genus dengan peacock dan java. Tanaman tersebut hampir sama dengan christmas moss namun lebih besar spiky moss. Yang membuat unik dan menarik adalah bagian ujung tanaman yang bagus, sehingga kami sarankan untuk ditanam di aquascape secara vertikal atau tegak. Jika sobat ingin menanam secara horizontal harus menggunakan hardscape berupa kayu lalu diikat di sana.

Habitat asli spiky moss di Asia, memiliki tingkat pertumbuhan yang sedang sampai cepat, semua tergantung pada tingkat cahaya dan CO2 yang ada di dalam aquascape. Namun spiky moss masih bisa tumbuh tahan lama walaupun low light (cahaya rendah) dan tidak memakai CO2 injection, akan tetapi tetap seperti yang saya katakan di  atas tadi, akan lebih bagus jika tingkat cahaya dan CO2 nya tinggi sehingga tumbuhnya lebih cepat dan sempurna.

Ciri ciri daunnya berwarna hijau gelap dan tumbuh bercabang. Di samping itu, spiky moss bisa tumbuh hingga 10 cm.

6. Taiwan Moss (Taxiphyllum Alternans)


Jenis Moss untuk Aquascape Taiwan Moss

Sesuai namanya, tanaman ini berasal dari Taiwan juga masih genus Taxiphyllum. Moss ini dapat anda jadikan foreground pada aquascape. Tingkat pertumbuhannya cepat jika berada pada kadar oksigen atau CO2 sedang serta cahaya yang sedang. Apabila CO2 dan cahayanya rendah maka taiwan moss akan tumbuh lebih lama alias lambat. Umumnya ia dapat tumbuh dengan baik pada suhu air 15-28 derajat celcius.

Taiwan moss akan terlihat bagus jika ditanam pada hardscape berupa kayu. Warna daunnya lebih terang dan tebal bila dibandingkan dengan tanaman moss lainnya. Yang pasti tanaman dengan nama latin taxiphyllum alternans ini tidak mudah mati.

7. Christmas Moss (Vesicularia Montagnei)


Jenis Moss Aquascape Christmas Moss

Inilah tanaman moss yang dari tadi kita singgung di atas, mempunyai nama umum christmas moss/Xmoss. Kalau keenam daftar dari genus Taxiphyllum, maka untuk Christmas Moss tergolong genus Vesicularia. Oleh sebab itu nama latin dari Christmas Moss adalah Vesicularia Montagnei.

Moss satu ini termasuk yang paling banyak dicari oleh scaper. Warnanya indah, hijau terang, tumbuh menyebar, bersirip tak beraturan, teksturnya padat. Di samping itu banyak juga ditemukan di wilayah perairan Indonesia, walaupun demikian tanaman X-moss pertama kali ditemukan di Jepang dan berkembang pesat sampai ke beberapa wilayah Asia Tenggara.

Tanaman Christmas Moss sangat spesial karena tidak membutuhkan perawatan khusus, dia bisa hidup meski tanpa CO2 dan cahaya tinggi. Jangan lupa diberi pemupukan yang cukup agar hasilnya bagus dan sehat. Karakter christmas moss tumbuh secara merayap di celah celah bebatuan, ia akan menempel dengan sendirinya di batu. Jika sengaja di lekatkan di hardscape berupa kayu maka saya rasa kurang cocok.

8. Jenis Moss Singapore atau Vesicularia Dubyana


Jenis Moss untuk Aquascape Singapore Moss

Jenis Moss Aquascape Singapore Moss

Singapore moss atau nama latinnya Vesicularia Dubyana memiliki bentuk yang berbeda dengan moss lainnya. Yakni berbentuk tegak mirip pohon, helainya panjang dan lebar. Banyak yang mengira bahwa singapore moss adalah jenis java moss padahal tidak. Memang jika dilihat sekilas mirip sekali dengan java moss, tapi kalau mau lebih cermat, pola daunnya berbeda.

Asal singapore moss adalah di Asia Timur Selatan, masih satu genus dengan Christmas Moss. Memiliki tingkat pertumbuhan lambat tapi gampang dirawat. Bila sobat ingin tumbuhnya lebih baik maka gunakan cahaya sedang, CO2 injection dan suhu air yang sejuk. Tanaman ini cocok dijadikan tanaman karpet buat pemula, karena bisa ditanam dalam bentuk bagaimanapun sesuai kreasi kita serta perawatannya mudah.

9. Erect Moss (Vesicularia Reticulata)


Jenis Moss Aquascape Erect Moss

Erect Moss memiliki bentuk yang mirip dengan christmas moss karena memang masih satu genus vesicularia. Asal mulanya juga sama sama dari Asia tropis. Bisa ditanam pada hardscape dengan posisi tegak atau vertikal. Buat kalian yang ingin menanam jenis moss ini sebaiknya atur suhu 22-28 C, meski bisa hidup di cahaya rendah tapi akan lebih baik jika memiliki cahaya yang sedang hingga tinggi serta diberi CO2 tambahan.

10. Weeping Moss untuk Karpet Aquascape


Jenis Moss Aquascape Weeping Moss

Weeping berarti menangis. Dinamakan seperti itu karena tanaman ini tumbuh ke bawah mengantung atau kadang juga tumbuh menyamping. Weeping moss juga berasal dari asia yang habitat aslinya di bebatuan sungai yang lembab. Jika di gunakan untuk aquscape, weeping moss sangat cocok sebagai media tanaman karpet atau untuk bonsai aquascape juga bisa.

Tingkat pertumbuhannya tergantung cahaya yang ada. Jika cahaya semakin tinggi maka pertumbuhannya semakin cepat. Selain itu, weeping moss tidak membutuhkan CO2 tambahan. Nama lain dari weeping moss adalah Vesicularia Ferriei, masih satu gen dengan Xmoss, Singapore dan Erect. Adapun ciri cirinya, memiliki warna hijau gelap dan bentuk batangnya mirip daun. Memang secara sekilas tanaman tersebut mirip dengan java moss, tapi lebih rapi karena tumbuhnya menyamping ke bawah.

11. Vesicularia sp Creeping Moss


Jenis Moss Aquascape  Creeping Moss

Creeping moss termasuk dari keluarga vesicularia alias bersaudara dengan christmas moss. Bentuk tanamannya sangat mirip dengan christmas moss yakni mirip dengan pohon natal. Namun teksturnya lebih halus. Sama seperti christmas moss, tanaman ini tidak terlalu membutuhkan CO2 tambahan, dan kadar cahaya sedang serta tidak mudah dirawatnya.

12. Moss Fissiden Fontanus untuk Bonsai atau Karpet Aquascape


Jenis Moss Aquascape Fissiden Moss

Jenis moss berikutnya adalah fissiden fontanus atau memiliki nama lain Phoenix Moss dan Us fissiden. Merupakan tanaman karpet yang sangat terkenal di kalangan penggemar aquascape, tumbuhan tersebut kerap ditanam menggunakan sistem kering emersed atau Dry Start Methode (DSM).

Tapi bagi kami tanaman ini sangat rumit apabila sengaja di tempelkan ke hardscape sistem (submersed). Karena, pada dasarnya phoenix moss akan melekat dengan sendirinya di kayu, batu atau di atas pasir. Jadi lebih mudah dengan sistem emersed.

Baca juga: 13 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Mudah Dirawat Oleh Pemula

Moss fissiden pertama kali ditemukan di Amerika namun sudah banyak dijumpai di Asia dan Australia. Tanaman tersebut sangat mudah sekali merawatnya, ia tidak membutuhkan CO2. Akan tetapi sama dengan tanaman moss lainnya yang bisa tumbuh dengan baik apabila mendapatkan co2 yang cukup.

Tanaman fissiden moss memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau namun agak melengkung ke bawah, orang menyebutnya daunnya sangat lemas. namun Mouse ini cocok untuk dijadikan bonsai atau karpet. Sobat juga harus sabar sebab moss ini tumbuhnya sangat lambat.

13. Stringy Moss (Leptodictyum Riparium)


Jenis Moss untuk Aquascape Stringy Moss

Awalnya saya mengira stringy moss satu kelompok sama string moss dari genus Taxiphyllum, tapi ternyata berbeda. Stringy moss lebih banyak ditemukan di belahan Utara dari Eropa seperti Amerika Utara dan China. Sedangkan string moss dari Taxiphyllum banyak beredar di Asia. Dari ciri cirinya, stringy moss tumbuh ke atas seperti benang. Silahkan untuk menanamnya silahkan ambil beberapa bagian yang bercabang lalu ditanam di media hardscape seperti kayu dan batu, tapi harus diikat secara horisontal. Selain itu moss ini bisa tumbuh dengan berbagai bentuk apabila ditanam secara submersed.

14. Willow Moss


Jenis Moss Aquascape Willow Moss

Nama latin willow moss adalah Fontinalis Antipyretica. Sebagain masyarakat mengatakan bahwa daun willow moss mirip dengan daun pohon willow. Tumbuhnya lambat dan rimbun sehingga cocok ditanam dalam bentuk vertikal dan pada hardscape. Willow moss dapat tumbuh dengan cepat dan baik jika suhu airnya dingin dan kadar oksigennya rendah.

Namun umumnya scaper menggunakan suhu air 20-28 derajat celcius. Tanaman ini berwarna hijau gelap dan mudah dirawat karena tidak membutuhkan CO2 tambahan. Asal mula willow moss dari Asia dan Afrika. Adapun untuk perawatannya mudah bisa memakai cahaya rendah.

15. Riccardia Moss


Jenis Moss Aquascape Riccardia Moss

Sama seperti weeping moss. Tanaman riccardia moss juga cocok dijadikan karpet pada aquascape, karena tumbuhnya lumayan cepat, di sisi lain ukurannya juga pendek dan memiliki pertumbuhan yang sangat rapi. Bukan cuman sebagai tanaman karpet di atas pasir, tapi tanaman moss ini juga bisa diaplikasikan pada hardscape dengan mengikatnya pakai benang atau lem. Ciri ciri tanaman tersebut ialah berwarna hijau gelap, kasar, batang dan daunnya besar.

16. Pellia Liverwort (Monosolenium Tenerum)


Jenis Moss Aquascape Pellia Liverwort

Pellia memiliki nama latin Monosolenium Tenerum yang bisa dijadikan foreground dan midground dengan cara diikatkan pada hardsacpe berupa kayu atau batu. Tanaman pellia termasuk jenis tanaman yang berasal dari Asia sama seperti tanaman moss lainnya. Tanaman ini kurang diminati scaper karena tidak berbunga, tidak berdaun dan hanya tumbuh tulas saja. Namun ada bagian tubuh pellia yang berdaun sedikit.

Biasanya tanaman pellia tumbuh di tempat yang lembab dan sangat lambat sekali tumbuhnya. Karena tanaman tersebut mudah rapuh sehingga membutuhkan asupan CO2 yang cukup, cahaya sedang hingga tinggi serta suhu air 5-29 derajat celcius. Bila sobat memilih tanaman ini harus bersabar karena untuk membentuk tekstur bulat membutuhkan waktu yang lama. Tetapi hasil akhirnya sangat bagus jika dirawat dengan baik.

17. Riccia Fluitans (Crystal Wort)


Jenis Moss Aquascape Riccia Fluitans

Maaf sebenarnya jenis terakhir ini (Riccia Fluitans) bukan termasuk tanaman moss, dia termasuk tanaman yang mengambang (fluit). Alasan saya memasukkan daftar ini ke tanaman moss karena bisa dijadikan tanaman karpet aquascape, dengan meletakkan di hardscape berupa kayu lalu diikat sehingga tidak lagi mengambang. Tapi tetap saja sih, dia bukan golongan moss hehe

Jenis Moss Aquascape

Ada 180 spesies jenis crystalwort. Namun tidak semuanya berupa tanaman air. Riccia menjadi terkenal karena ada seseorang berasal dari Jepang yang mendesain aquascapenya dengan tanaman fluiting satu ini, sehingga terlihat indah dan bagus. Perlu anda ketahui, tanaman ini tidak bisa ditanam menempel di hardscape seperti tanaman moss, jadi kalian harus menggunakan benang atau tali untuk mengikatnya.

Simak juga: Cara Mencari Tanaman Aquascape di Alam Liar

Demikianlah 17 jenis moss aquascape yang dapat kami rangkum di sini. Kapan kapan kami tambah, karena masih ada 6 jenis lagi yang belum ditulis karena memang tidak populer di Indonesia. Jadi buat apa ditulis hehe. Semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih.

0 Komentar 17 Jenis Moss Aquascape untuk Dijadikan Karpet atau Bonsai Lengkap

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top