HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Tips Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Sebagaimana yang sudah kami jelaskan kemarin pada artikel [pengertian aquascape dan sejarahnya] bahwa aquascape adalah hobi merawat tanaman di dalam akuarium serta mendekorasi berbagai macam hardscape agar tercipta suatu seni yang indah. Tanaman sendiri merupakan inti dari aquascape, kehadiran tanaman dapat membuat aquascape terlihat lebih nyata dan indah. Akan tetapi kendala terbesar bagi pemula ialah tidak mempunyai modal untuk membeli tanaman air sehingga mau tidak mau harus mencari tanaman aquascape di sungai atau di alam liar.

But, tradisi hunting tumbuhan aquascape ini bukan hanya dilakukan oleh orang yang tidak memiliki modal, namun banyak juga yang mencari tanaman karena kesenangan pribadi atau alasan lain. Hal itu tidaklah mengherankan, sebab pada dasarnya tanaman-tanaman yang dijual tersebut berasal dari alam liar, hanya saja habitat aslinya berbeda-beda, ada yang berasal dari luar negeri ada juga yang berasal dari Indonesia.

Berdasarkan pengalaman masalah terbesar mencari tanaman aquascape di sungai adalah memilih jenis tanaman yang bisa hidup saat ditanam di dalam air. Apalagi dahulu saya mencari tanaman tersebut tanpa ilmu sehingga benar-benar tidak tahu tanaman seperti apa yang cocok untuk aquascape. Oleh sebab itu pada kesempatan ini hobinatang.com akan berbagi pengalaman dan tips berburu tanaman air di alam liar. Disimak secara lengkap ya! Dari awal sampai akhir. hehe

Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar


Kalau sudah tahu ilmunya berburu tanaman itu akan terasa mudah. Yang penting kalian harus memahami poin-poin di bawah ini dengan baik:

1. Sediakan Perlengkapan Sebelum Hunting Tanaman Aquascape


Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Persiapan yang matang dapat mempermudah proses pencarian tanaman aquascape, disamping itu bisa menambah safety atau keamanan. Perlengkapan yang dibawa untuk hunting tanaman tidaklah banyak, kalian cukup membawa pisau, wadah untuk tanaman bisa berupa plastik atau ember, tongkat buat jaga-jaga kalau ada ular, HP untuk melihat referensi tanaman tanaman aquascape asli Indonesia dan terakhir adalah sepatu untuk keamanan kaki kita.

2. Mencari Tanaman Aquascape di Tempat yang Tepat


Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Apabila perlengkapan sudah disiapkan selanjutnya kita harus bisa mencari medan yang biasa ditumbuhi tanaman liar aquascape. Umumnya tanaman aquascape banyak ditemukan di pinggiran sungai, perbukitan, danau rawa-rawa, atau sawah dan air terjun. Intinya di tempat yang memiliki kelembaban tinggi.

Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Namun kalian juga harus mengenal karakter setiap tanaman aquascape, karena berbeda jenis tanaman berbeda pula karakter tumbuhnya. Misalnya tanaman moss, tanaman moss memiliki karakter tumbuh di atas bebatuan, pohon dan kayu. Jadi kalian jangan mencari tanaman moss di atas tanah pinggiran sungai, kemungkinan kecil kalian dapat.

Maka dari itu kalian wajib mengetahui jenis-jenis tanaman beserta habitatnya masing-masing. Biar lebih jelas mari kita baca poin terakhir terkait cara mencari tanaman aquascape di sekitar kita.

3. Mengenali Jenis Tanaman untuk Aquascape                                             


Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Inilah pembahasan inti mencari tanaman untuk aquascape di alam liar, tidak semua tanaman yang ada di sekitar sungai atau air terjun bisa beradaptasi saat berada di dalam air. Kalau kalian tidak jeli bisa-bisa tanaman tersebut akan busuk saat di dalam akuarium. Di antara ciri-ciri tanaman air adalah:

  • Tanaman air sejati habitat aslinya di perairan semacam sungai, danau, rawa, sawah dan lain sebagainya.
  • Tanaman air biasanya ditemukan hidup dan berkembang biak dalam keadaan submersed.
  • Bentuk daunnya biasanya mengkilap jika dimasukkan ke dalam air (intinya cerah meski sudah lama di air)
  • Tidak ada tanaman air yang berkayu, (tidak mungkin pohon jati ditaruh di dalam air) hehe

Nah itulah setidaknya ciri-ciri tanaman yang ideal untuk aquascape. Mengenai jenis tanaman aquascape setidaknya ada sekitar puluhan lebih tanaman yang bisa kalian temukan di perairan Indonesia. Karena banyak yang perlu dibahas, maka kami sudah membuat pembahasan sendiri di artikel: 15 jenis tanaman untuk aquascape yang mudah didapat ada di sekitar kita

Rata-rata tanaman yang kita temukan di alam liar Indonesia mudah dirawat meskipun pencahayaan rendah (low light) dan kadar CO2 yang indah. Pencahayaan yang tinggi dapat memaksimalkan pertumbuhan tanaman anda.

Baiklah itu saja penjelasan dan pengalaman saat mencari tanaman aquascape di sungai di alam liar seperti sungai air terjun atau rawa. Semoga bermanfaat, jangan dicopas tanpa menyertakan link sumbernya.   

0 Komentar Tips Mencari Tanaman Aquascape di Sungai atau di Alam Liar

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top