HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape yang Baik untuk Pemula

Setelah membahas cara menanam tanaman moss dengan metode Emersed atau sering disebut DSM (Dry Start Method), maka kali ini Hobinatang.com akan berganti pembahasan yaitu cara membuat tanaman karpet moss dengan sistem Submersed bukan Emersed. Emang apa bedanya submersed dan emersed?

Kedua teknik tersebut sangatlah berbeda. Submersed adalah metode menanam tanaman di akuarium yang di dalamnya ada airnya, sedangkan emersed ialah menanam tanaman tanpa air (kering, hanya dilembabkan saja) gambarannya tidak jauh beda saat kita menanam tanaman darat.

Pembuatan karpet moss dengan sistem submersed merupakan metode yang paling umum dilakukan oleh aquascaper, meski begitu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saya pribadi malah lebih menyukai teknis emersed/DSM daripada submersed. Karena menurut kami lebih simpel, mudah dan tidak makan banyak biaya.

Yup, terlepas dari itu semua admin disini akan berbagi pengalaman terkait menanam karpet moss yang baik untuk aquascape. Diulas dengan bahasa yang mudah agar bisa dicerna oleh para pemula.

Cara Membuat Karpet Moss untuk Aquascape dengan Mudah


Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Tanaman moss aquascape merupakan tanaman yang mudah merambat dan menyebar, di sisi lain tanaman moss juga mudah dirawat. Bahkan ada beberapa jenis moss yang bisa hidup tahan lama meski rendah pencahayaan (low light) dan sedikit CO2.

Simak juga: 13 Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 Mudah Dirawat Oleh Pemula

Hal itulah yang membuat para pemula lebih memilih tanaman moss sebagai karpet dibandingkan jenis tanaman karpet lainnya. Adapun teknik membuat karpet dari tanaman moss yang baik bisa anda lihat di bawah yang sudah dilengkapi gambar. Tapi sebagian gambar diambil dari teman teman hobis di API (Aquascape Pemula Indonesia) atau grup Aquascape. Bagi yang memilikinya, kami izin menggunakan untuk mempermudah pemahaman.

1. Menyiapkan Perlengkapannya


Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Pastikan kalian sudah tau proses pembuatan aquascape dari awal sampai akhir, jika belum baca dulu [cara membuat aquascape sederhana buat pemula]. Nah apabila aquascape anda sudah didesain dan tinggal menanam karpet moss, maka langkah pertama menyediakan perlengkapan bercocok tanam moss.

Siapkan hardscape berupa batu, kayu, karang atau boleh memakai serpihan genting. Lalu siapkan juga benang katun atau benang pancing tipis yang transparan. Terakhir siapkan gunting untuk memotong benang.

2. Siapkan Tanaman Moss


Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Jenis tanaman moss sendiri ada banyak, kalian boleh memakai jenis apa saja yang cocok untuk foreground aquascape anda. Mau memakai java moss, peacock moss, atau christmas moss juga boleh. Kalau yang mudah ditemukan di sungai dan di alam liar ialah java moss dan xmoss (christmas moss). Gambar di atas adalah java moss.

3. Proses Menanam Karpet Moss


Akhirnya sampai pada proses membuat, setelah perlengkapan dan tanaman di atas sudah kalian siapkan. Kalian tinggal mengikuti langkah-langkahnya:

menanam tanaman karpet Moss aquascape

Pertama ambil tanaman moss letakkan di atas kayu, batu atau genting. Usahakan ditaruh secara merata jangan sampai ada yang bertumpuk, kalau ada yang bertumpuk nanti yang bagian bawah akan kering akibat tidak terkena cahaya.

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Begitu tanaman moss sudah rata di atas permukaan batu selanjutnya ambil tali yang sudah dipersiapkan untuk mengikat tanamannya. Bisa juga diikatkan pada kayu atau media yang berat sehingga tanaman tidak mengambang atau lepas. Silahkan lihat gambar di atas.

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Untuk tali kalian bisa memakai tali katun atau tali senar, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan tali katun dia mudah membusuk sehingga tidak lama kemudian akan copot, akhirnya tanaman bisa tumbuh merambat tanpa tali. Walaupun senar tidak bisa copot, sifatnya yang transparan membuat tidak terlihat, di samping itu lama-kelamaan senarnya juga akan tertutup moss. Saya pribadi lebih suka benang katun jahit.

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Jika sudah, letakkan batu dan tanaman tersebut di atas pasir. Berikan pencahayaan yang cukup agar pertumbuhan tanaman moss bisa lebih cepat dan baik. Siapkan juga CO2 injection. Untuk suhu airnya diusahakan di bawah 27 derajat. Pada suhu tersebut pertumbuhan tanaman akan optimal sehingga moss menjadi subur dan hijau.

Cara Membuat Karpet Moss Aquascape

Tunggu 1 sampai 2 bulan akan terlihat hasilnya, moss sudah ngarpet dengan baik subur dan ijo royo-royo. hehe Foto di atas adalah salah satu contoh moss yang sudah ngarpet. Bagaimana mantap kan? Silahkan dipraktekkan di rumah. Cara ini bisa diterapkan pada pembuatan bonsai. Ok sekian dari kami tutorial membuat karpet moss untuk aquascape yang baik bagi pemula.

9 Komentar Cara Membuat Karpet Moss Aquascape yang Baik untuk Pemula

  1. artikel nya bagus banget gan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan, semoga bisa membantu aquascaper pemula

      Delete
  2. itu gmbar sperti milik bang ucin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian gambar di ambil dari grup API om. Dari salah satu admin yang gemar Aquascape. Mohon tunjukkan gambar yang mana biar kami tambahkan keterangan pemilik :)

      Delete
  3. Kalo make lem bisa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya diikat saja, tapi kalau pakai lem khusus gak papa, sekarang sudah ada lem khusus tanaman seperti merk MXBONE yang dibuat untuk pelekatan detail tanaman air yg susah d jangkau oleh pengikatan benang,dapat melekat kuat saat aplikasi di dalam air.

      Delete
  4. sedikit beda ya sama cara pemilik tank nya

    ReplyDelete
  5. Maaf gan ada sedikit pertanyaan soal bahasan pembuatan tanaman carpet metode DSM mengenai pencahayaannya dengan menggunakan lampu itu diterangi 24jam ful tanpa mati ataw cuman berapa jam perharinya ya gan agar tanaman yg dibuat cepat tumbuh subur dan merata ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan 24 jam Om. Lihat siklus sinar matahari saat normal saja Om. Biar sama kaya di alamnya. Kasihan tanamannya kalai sampe 24 jam, mereka jg butuh istirahat.

      Disarankan 6-8 jam cukup. Beberapa teman malah ada yang tidak pakai lampu namun ditaruh di luar. :)

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top