Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak– Salah satu alasan mengapa orang-orang banyak yang memelihara ikan hias di dalam akuarium adalah karena sifatnya yang transparan sehingga gerak-gerik ikan di dalam air bisa terlihat dari luar. Apalagi jika didalamnya terdapat hardscape berupa batu, krikil, kayu maupun tumbuhan air tentu akan menambah keindahan suatu landscape.

Akan tetapi ada masalah serius yang kerap dihadapi oleh hobis, yaitu munculnya kerak pada kaca aquarium ataupun aquascape. Meskipun terlihat sepele namun permasalahan ini cukup mengganggu pikiran kita, karena dengan adanya noda hitam atau kerak dapat membuat kaca akuarium menjadi buram sehingga keindahan yang ada di dalamnya terlihat kurang menarik.

Bagi teman-teman yang sedang menghadapi masalah ini jangan khawatir. Di sini hobinatang.com akan memberikan metode paling ampuh mengenai cara membersihkan kaca aquarium berkerak atau berjamur. Jadi simak baik-baik ya, tips di bawah ini sudah sering kami lakukan sendiri di rumah dan terbukti efektif.

Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkerak

Menghilangkan kerak pada aquarium sangatlah mudah. Namun terlebih dahulu anda perlu mengetahui penyebab-penyebab munculnya kerak, supaya dikemudian hari anda bisa mencegahnya. Penyebab utama munculnya kerak adalah karena kurang perawatan dari pemiliknya. Mentang-mentang akuarium sudah tidak dipakai, lalu dibiarkan di samping rumah dalam jangka waktu yang lama sehingga lama-kelamaan muncul jamur lumut yang susah dibersihkan walaupun sudah disikat, digosok dengan alat apapun.

Penyebab lain bisa terjadi karena kurangnya pencegahan dari pemiliknya, misalnya akuarium tidak dibersihkan secara rutin atau minimal tidak diberi ikan pembersih akuarium. Inilah kesalahan yang banyak dilakukan pemula. Perlu Anda ketahui bahwa air yang ada di dalam akuarium itu mengandung mineral yang berasal dari kotoran ikan, sisa makanan ataupun alga yang hidup di tumbuhan air/hardscape.

Nah ketika air mengalami penguapan yang berdampak pada penurunan permukaan air, maka akan muncul noda putih pada kaca. Jika noda putih tersebut dibiarkan, lama-kelamaan akan timbul kerak yang sulit dibersihkan. Itulah mengapa kita harus perhatian terhadap kebersihan akuarium baik yang terbuat dari kaca, plastik atau fiber. Dan untuk menghilangkan lumut/alga kalian harus memelihara ikan pembersih akuarium.

Baiklah sekarang saatnya kita membahas cara menghilangkan kerak kaca aquarium paling ampuh:

1. Teknik Pertama Menggunakan Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak

Yang paling efektif dan paling ampuh adalah menggunakan cairan pembersih kerak kaca khusus aquarium. Memang metode ini tidak gratis, untuk mendapatkan cairan anda harus membeli di toko akuarium. Umumnya dijual antara Rp50.000-Rp100.000 (tergantung ukuran dan merknya). Akan tetapi ada harga ada rupa, menggunakan cairan pembersih tidak perlu menunggu lama cukup disiramkan langsung pada kaca yang berkarat lalu dibersihkan menggunakan spons. Hasilnya bisa kalian lihat pada gambar di atas.

Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak

Merek cairan pembersih kaca aquarium sangatlah banyak, ada merk Titanic, merk Super Glass Cleaner bahkan yang tidak bermerk pun banyak. Cairan tersebut bisa anda gunakan untuk kaca bagian dalam maupun luar. Caranya:

  • Siapkan lap berupa, kuas bekas, spons, kain atau sikat gigi.
  • Ambil akuarium lalu bersihkan dari benda-benda apapun seperti sejenis aksesoris aquarium.
  • Fiber/kaca aquarium disiram pakai air, lalu diolesi cairan pembersih kaca memakai kuas tadi.
  • Jika cairannya bagus, paling tidak sampai satu menit kerak sudah terangkat.
  • Selanjutnya tinggal kalian sikat pakai spons lalu bilas dengan air dingin atau lebih bagus pakai air hangat.

Dengan langkah di atas, saya yakin kerak membandel tersebut akan hilang seketika.

2.  Bersihkan Kaca Aquarium Berkerak yang Sederhana Pakai Odol

Cara membersihkan kaca aquarium berkerak

Yang tidak memiliki uang untuk membeli cairan pembersih jangan bersedih, karena kalian bisa memakai cara sederhana yang gratis tanpa harus beli. Cukup menyediakan odol buat sikat gigi (tentu saja kalian punya odol di rumah kan?) hehe. Meskipun odol tersebut gratis (dibelikan ortu) bukan berarti tidak efektif, hasilnya sama saja kok. Yang membedakan hanyalah soal waktu. Ok biar tidak bingung berikut tahapan-tahapan membersihkan kerak aquarium menggunakan odol yang paling mudah:

  • Siapkan alat-alat pembersih kerak pada kaca akuarium: odol (bahan utama), spon/sikat, air bersih kalau bisa yang hangat dan handuk lembut/tisu/kain lembut.
  • Berikutnya siram kaca aquarium yang berkerak dengan air bersih.
  • Lumuri kaca dengan odol secukupnya saja.
  • Setelah itu diratakan menggunakan sikat atau spon.
  • Jika sudah rata, tunggu 15-30 menit jangan langsung dibilas ya. Setelah 30 menit, sikat lagi memakai spon biar mantep. Di daerah pojokan harus diperhatikan ya.
  • Kemudian siram memakai air hangat. Saya yakin keraknya sudah terangkat.
  • Terakhir tinggal membersihkan sisa-sisa odol memakai tisu atau handuk halus.

Waw selamat kaca akuarium anda terlihat seperti baru hehe. Jangan lupa jaga kebersihan kaca supaya tidak buram lagi. Buat saya paling bagus menggosok pakai busa halus (spon bagian halusnya) tapi kalau agak bandel, pake sikat gigi (bekas saja Bro, biar hemat)

3. Membersihkan Kerak Kaca Akuarium Pakai Pembersih Lantai

Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak

Sebenarnya cara teknik ketiga ini tidak ada bedanya sama yang kedua, hanya saja beda bahannya. Untuk pembersih kramik sendiri saya pernah nyoba dan terbukti ampuh. Bahkan yang sudah berwarna hijau bisa terangkat. Merk pembersih keramik sendiri ada banyak, misalnya Prostek, Wipol dan lain sebagainya.

Intinya setelah disiramkan ke kaca jangan langsung dibilas, tapi sikat dulu tunggu sampai 20 menit. Setelah 20 menit di siram lagi dan disikat lagi. Hal ini biar kotoran yang paling sulit bisa terangkat. Dikarenakan baunya sangat tajam, harap dibilas dengan bersih setelah dibersihkan. Pakailah air hangat agar baunya cepat hilang.

4. Membersihkan Kerak Pakai Pemutih Pakaian

Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak

Jujur cara ini belum pernah tak coba, tapi saya melihat sendiri salah satu teman yang membersihkan kerak/noda putih aquarium dengan pemutih pakaian. Caranya sama kok, bedanya doi memakai 2 bahan, yaitu Deterjen dan pemutih pakaian Bayclin. Lalu disikat-sikat pakai sikat pakaian. Akhirnya bersih. Silahkan anda coba sendiri biar puas dengan hasilnya. Biar airnya tidak bau sabun, bilaslah yang bersih. Dengan air hangat malah bagus.

5. Bersihkan Kaca Aquarium Pakai Sitrun dan Air Hangat

Punya sitrun di rumah? Gunakan saja bahan tersebut untuk membersihkan noda membandel pada tank ikan. Sediakan alat alat pembersih, kemudian siram sitrun ke aquarium yang berjamur lalu sikat-sikat sampai bersih. Terakhir tinggal siram air hangat. Kalau masih ada nodanya, silahkan ulangi lagi cara di atas.

6. Membersihkan Kaca Dengan Ikan Pembersih

Cara membersihkan kaca aquarium yang berkerak

Jangan salah paham, ikan pembersih seperti sabu-sabu, ikan oto atau lainnya tidak bisa membersihkan kerak kaca tapi tugas mereka hanya mencegah dan mengurangi resiko berkerak. Atas dasar itulah saya masukkan mereka ke dalam pembahasan ini. Peliharalah ikan sabu-sabu sebagai cleaning service akuarium anda, namun apabila kalian pengguna aquascape maka peliharalah ikan pembersih yang aman dan tidak merusak tanaman.

Baca: 12 Algae Eater Aquascape Ampuh Membersihkan Lumut

7. Bersihkan Menggunakan Alat Pembersih Kaca

Cara membersihkan kerak pada kaca aquarium

Cara yang terakhir adalah mengandalkan alat canggih pembersih kaca aquarium. Memang lebih efektif tapi sebaiknya menggunakan bahan cairan pembersih juga. Buat saya alat pembersih kaca cocok untuk menghilangkan noda-noda yang ringan atau tidak untuk mencegah biar kaca tetap bersih. Di sisi lain ada juga alat pembersih kaca dengan bahan magnet, sehingga kita tinggal menggeser dari luar kaca maka secara otomatis alat tersebut akan bergerak dan membersihkan lumut-lumut.

Baik itulah cara-cara terbaik membersihkan kaca aquarium yang berkerak. Silahkan pilih cara yang menurut anda tidak memberatkan, saya pribadi milih yang pertama. Prosesnya tidak lama, namun maksimal. Yang penting ada duit.

Leave a Comment