HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

12 Algae Eater Untuk Aquascape Paling Ampuh Membersihkan Alga dan Lumut

Algae eater untuk aquascape- Hampir semua hobi memiliki resiko/masalah yang harus dialami suatu saat. Contohnya memelihara kucing, mungkin suatu saat dia akan mendapati kucingnya sakit, sehingga ia pun harus mencarikan solusinya. Begitu juga pada aquascape, masalah yang sering dihadapi oleh penghobi aquascape adalah munculnya alga dan lumut pada kayu, kaca akuarium atau tanaman air.

Namun tenang saja, ada peribahasa mengatakan, "Setiap muncul masalah pasti ada solusi". Meskipun para hobis tidak bisa menghindari tumbuhnya alga, tapi minimal mereka masih bisa meminimalisir atau bahkan menghilangkan alga tersebut. Lantas bagaimana cara menghilangkan alga aquascape?

Banyak sekali cara untuk menghilangkan alga atau lumut pada aquascape, salah satu metode yang paling populer adalah memelihara fauna algae eater ke dalam aquascape. Algae eaters sendiri diambil dari bahasa Inggris yang artinya, "ikan pembersih alga" atau bahasa kasarnya, "tukang bersih bersih".

Alga eater berfungsi memakan semua kotoran lumut, alga atau lendir tanin yang menempel pada setiap komponen aquascape. Namun sayangnya tidak semua ikan pembersih bekerja maksimal dalam membersihkan alga. Malah ada beberapa jenis bisa merusak tanaman. Maka dari itu di sini hobinatang.com akan merangkum daftar fauna ikan pembersih akuarium yang paling efektif dan ampuh.

Algae Eater Untuk Aquascape yang Direkomendasikan


Pembersih alga aquascape tidak harus berupa ikan, tapi ada jenis fauna lainnya seperti udang dan keong. Baik langsung saja berikut beberapa fauna pemakan alga untuk aquascape paling ampuh dan banyak dipakai oleh aquascaper:

1. Ikan Siamese Algae Eaters (SAE)


Ikan Siamese Algae Eaters untuk Aquascape

Siamese algae eater atau yang sering disebut SAE merupakan salah satu jenis ikan aquascape yang indah. Selain tubuhnya yang cantik ikan SAE juga doyan banget sama yang namanya alga, apalagi sama alga merah dan hitam keduanya adalah makanan favorit bagi ikan sae. Maka dari itu tidak heran jika para penggemar aquascape menomorsatukan ikan siamese sebagai ikan pembersih aquascape.

Namun ikan dengan nama latin Crossocheilus Siamensis ini memiliki kekurangan, saat usianya sudah tua ikan sae semakin agresif, kadang dia melahap tanaman aquascape seperti hairgrass dan mayaca. Sehingga kami sarankan memelihara ikan pembersih siamese algae eater yang masih kecil.

2. Ikan Chinese Algae Eaters (CAE)


Ikan Chinese Algae Eaters (CAE) untuk Aquascape

Sama seperti ikan siamese, ikan chinese juga dipercaya bisa membasmi habis alga di dalam aquascape, bahkan terkenal ampuh dalam membersihkan kotoran di akuarium. Akan tetapi ikan CAE ini sering mengganggu ikan lain, dia bersifat agresif sehingga kurang nyaman berada di aquascape.

Ciri khas ikan CAE yaitu berwarna kuning dan putih, panjang tubuh bisa mencapai 25 cm (jika di alam liar). Bila di akuarium panjangnya hanya mencapai 10-15 cm. Dan ketika ikan CAE sudah besar, ia mulai tidak menyukai makanan lumut atau alga. Jadi, ambillah ikan CAE sebagai pembersih akuarium anda yang berukuran kecil.

3. Ikan Otocinclus Pembersih Aquascape Terbaik (Oto)


Ikan Otocinclus Algae Eater untuk Aquascape

Ikan Otocinclus Algae Eater untuk Aquascape

Alga eaters yang ketiga ialah sejenis keluarga lele. Hanya beda karakter saja, tetapi wujudnya sangat mirip dengan lele. Ikan dengan sebutan otocinclus ini terkenal ampuh dalam membasmi Alga di aquascape. Bahkan menurut saya lebih baik dibandingkan ikan SAE sama CAE. Mengapa demikian?

Karena ikan otocinclus adalah ikan pembersih yang paling aman tidak merusak tanaman dan tidak juga menyerang ikan lainnya. Tapi disarankan jangan dicampurkan dengan ikan agresif seperti ikan cichlid. Sebab ikan cichlid termasuk ikan predator yang suka memakan ikan yang lebih kecil darinya.

Berdasarkan habitat ikan otocinclus vestitus banyak menghabiskan di sungai-sungai yang mengalir di wilayah Brazil. Hal itu dapat disesuaikan dengan kondisi akuarium di rumah, berikan filtrasi yang cukup dan aerasi yang memadai. Kesimpulannya ikan oto sangat cocok untuk para pemula.

4. Ikan Plecostomus (Pleco)


Ikan Plecostomus Algae Eater untuk Aquascape

Pemakan alga atau algae eater paling ampuh dan masuk paling handal adalah ikan pleco. Ikan pleco termasuk ikan sapu sapu hias yang berfungsi sebagai pembersih akuarium maupun aquascape. Bahkan ikan pleco sangat terkenal keampuhannya dalam membasmi alga dalam aquascape. Hanya saja ia mempunyai kekurangan yakni bisa memakan tanaman aquascape. Jadi, kami sarankan belilah yang ukuran kecil. Karena lebih aman buat tanaman anda.

5. Ikan Brushmouth Pembersih Akuarium


Algae Eater untuk Aquascape Ikan Brushmouth

Sebenarnya ikan brushmouth ini masih termasuk dari keluarga pleco. Nama latinnya hypostemus plecotomus. Sama dengan yang lain, ikan brushmouth juga berfungsi sebagai pemakan alga meskipun tidak begitu agresif. Spesies pleco yang satu ini banyak menghabiskan hidupnya menempel di kaca, tanaman atau hardscape aquascape. Untuk ciri-cirinya silakan lihat sendiri pada gambar di atas.

6. Ikan Corydoras


Algae Eater untuk Aquascape Ikan Corydoras

Corydoras berasal dari bahasa Yunani, cory artinya 'helm' dan doras artinya 'kulit'. Habitat aslinya di wilayah Amerika Selatan. Dia juga termasuk keluarga lele dengan subfamiliy coradinae. Kalau kalian pelihara di dalam akuarium atau di dalam aquascape, ikan corydoras bisa memakan alga. Selain doyan makan lumut atau alga, ikan tersebut juga doyan makan sisa sisa makanan ikan lain.

Berdasarkan ukuran, dia termasuk ikan kecil dengan panjang sekitar 120 mm, tapi tergantung jenisnya juga. Sebab jenis corydoras sendiri ada banyak. Yang paling saya suka jenis pygmie cory, karena mungil dan bagus. Ada pula jenis Corydoras Habrosus dan masih banyak lagi.

Karakter asli ikan corydoras cenderung diam, jarang bergerak (mungkin pemalu). Maka tidak salah lagi jika kehidupan mereka hanya di rawa rawa, sungai kecil dan air kolam biasa. Kalau mau beli di toko ikan bawa saja uang Rp. 20.000. Harganya tidak jauh dari itu.

7. Ikan Molly Pembersih Getah Kayu Aquascape


Algae Eater untuk Aquascape Ikan Molly

Ikan molly dikenal sebagai ikan hias yang mudah dipelihara, di Indonesia ikan molly sangat pasaran sekali. Berdasarkan jenis makanan, molly termasuk jenis omnivora. Dia mau memakan segalanya termasuk alga, lumut atau ganggang di akuarium. Bahkan apabila kayu aquascape Anda berlendir, disarankan sekali memelihara ikan molly atau platty. Kedua ikan tersebut sangat doyan sekali dengan tanin atau getah kayu yang belum hilang.

Baca juga: Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Putih

Ikan molly memiliki ukuran kecil, panjangnya hanya mencapai kurang lebih 12 cm saja. Ada banyak jenis ikan molly di dunia. Setiap jenis memiliki karakter yang berbeda. Namun yang pasti, motif ikan molly sangat bagus dan indah. Perawatannya juga tidak sulit. Sangat cocok buat algae eater aquascape anda.

8. Ikan Platy


Algae Eater untuk Aquascape Ikan Platy

Sama seperti ikan molly, jenis ikan platy termasuk omnivora yang doyan makan apa saja termasuk tanin, alga atau lumut. Banyak peminat yang ingin memelihara platy di akuarium atau aquascape mereka. Sebab, warna tubuhnya indah dan unik. Selain itu sifat ikan platy juga diam alias tidak agresif sehingga sangat bagus bila dicampurkan dengan ikan lainnya. Asalkan bukan ikan jenis cichlid, nanti malah platy nya yang dimakan.

9. Udang Amano


Algae Eater untuk Aquascape Udang Amano

Selain ikan, anda juga bisa memelihara udang hias sebagai pembersih aquascape anda, hampir semua jenis udang hias doyan memakan alga serta serpihan serpihan dari sisa pakan ikan. Salah satu jenis udang hias yang sampai saat ini masih dipercaya sebagai pembersih alga paling ampuh adalah amano/yamato. Biota ini sangat suka memakan alga dan sisa makanan para ikan. Ciri udang amano, tubuhnya berwarna coklat gelap serta terdapat garis kuning di sepanjang tubuh udang amano.

10. Udang Red Cherry (RCS)


Algae Eater untuk Aquascape Udang Red Cherry

Selain udang amano ada udang red cherry yang termasuk pemakan alga. Udang red cherry ini sangat mudah dirawat dan juga mudah berkembang biak. Sekali beranak langsung banyak, sampai sampai bayi bayi mereka dimakan para ikan. Jadi, anda harus mewaspadai hal ini. Cukup memelihara udang hias pemakan alga red cherry sebanyak 5 ekor saja agar tidak mengganggu penghuni aquascape lainnya.

11. Keong Tanduk


Algae Eater untuk Aquascape Keong Tanduk

Banyak yang mengatakan bahwa keong hanya akan merusak atau menjadi hama bagi akuarium tersebut. Padahal hal itu tidaklah benar, sebab keong hias pun bisa menjadi andalan scaper untuk membersihkan akuarium dari alga/ganggang. Ciri keong tanduk sebenarnya sama seperti keong pada umumnya. Hanya saja cangkang keong tanduk terdapat tanduk yang menawan. Ukuran keong tersebut biasanya hanya mencapai 2 cm saja, sehingga tidak menuhi akuarium anda.

12. Keong Turbo


Algae Eater untuk Aquascape Keong Turbo

Keong turbo juga dipercaya sebagai pembersih akuarium dari banyaknya alga. Bahkan keong turbo sangat terkenal akan kerakusannya terhadapan lumut dan alga. Makanya sering dijadikan pembersih akuarium. Bentuk tubuhnya sama seperti keong biasa, hanya motif cangkangnya yang beragam.

Demikianlah beberapa macam algae eaters yang dapat kami tulis di sini. Semoga teman teman semua dapat memilih fauna yang paling cocok sebagai pembersih alga di aquascape anda. Baiklah apabila masih ada yang kurang silakan tambahkan catatan di kolom komentar.

0 Komentar 12 Algae Eater Untuk Aquascape Paling Ampuh Membersihkan Alga dan Lumut

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top