HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

30+ Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Ikan aquascape terindah- Dalam aquascape yang paling penting adalah memperhatikan perawatan tanaman air, asupan nutrisi untuk tanaman, hardscape (batu atau kayu), filter, pencahayaan dan CO2. Adapun untuk fauna hanyalah pelengkap, bukan suatu keharusan Aquascape memiliki fauna berupa ikan, udang ataupun keong.

Namun perlu anda ketahui bahwa fauna yang hidup di dalam Aquascape juga sangat berpengaruh besar terhadap suatu landscape (pemandangan). Apabila terdapat ikan ikan kecil cantik yang sedang berenang di atas tanaman air, akan membuat aquascape anda terlihat lebih hidup seperti di alam nyata. Karena memang kehadiran makhluk hidup tersebut dapat menambah keindahan aquascape.

Oleh sebab itu kalian tidak boleh menganggap remeh perkara ini. Kamu harus bisa memilih jenis ikan untuk aquascape yang terindah dan tercantik, bukan malah memilih jenis ikan yang tidak ramah atau galak sehingga dapat merusak ekosistem yang ada di dalam Aquascape itu sendiri.

Berikut ini hobinatang.com sudah merangkum jenis-jenis ikan hias aquascape air tawar terindah. Lengkap beserta gambar dan harganya terbaru 2018. Silakan disimak agar bisa dijadikan referensi sebelum membuat aquascape yang baik.

Jenis Ikan Aquascape Terindah beserta Gambar dan Harganya


Ikan aquascape di bawah ini ditulis berdasarkan pengalaman para aquascaper di Indonesia, saya sendiri menjadi seorang aquascaper sejak 2014, makanya sudah banyak kenalan di grup-grup facebook dan sering sharing terkait ikan air tawar yang paling indah untuk aquascape. Adapun soal harga yang ada di sini bukanlah patokan baku, sebab setiap daerah memiliki harga yang berbeda-beda. Cukup dijadikan gambaran saja.

Berikut kumpulan ikan hias air tawar yang cocok untuk aquascape di rumah anda:

1. Cardinal Tetra (Paracheirodon Axelrodi)


Ikan Aquascape Terindah Cardinal Tetra

Urutan pertama adalah cardinal tetra, merupakan ikan hias aquascape paling populer dan paling familiar di kalangan aquascaper di seluruh dunia. Ikan ini mempunyai nama ilmiah paracheirodon axelrodi. Berasal dari perairan Rio Negro, tepatnya di wilayah Amazon Amerika Selatan.

Ikan cardinal memiliki ciri-ciri tubuh yang sangat cantik dan indah, di bagian atasnya nampak berwarna biru-biru (kadang agak perak) mengkilap sedangkan di bagian bawahnya dihiasi warna merah. Saat malam hari ikan tersebut akan memancarkan cahaya layaknya lampu neon.

Berdasarkan ukuran ikan ini sangat cocok dijadikan fauna aquascape, yang paling besar saja hanya 4-5 cm. Sedangkan dari segi perawatan, cardinal tetra tergolong mudah, asalkan tidak disatukan dengan spesies ikan yang lebih besar dan galak. Seperti jenis cichlid atau jenis ikan predator. Disarankan memelihara tetra lebih dari 4 ekor, supaya terlihat lebih bagus. Harga antara Rp1.500 - Rp5.000 (ingat semua tergantung lokasi dan ukuran)

2. Ikan Neon Tetra (Paracheirodon Innesi)


Ikan Aquascape Terindah Nenon Tetra

Neon Tetra masih dalam genus paracheirodon. Jenis ini tidak kalah cantik dengan cardinal tetra, meskipun fisiknya terlihat mirip namun sebenarnya keduanya berbeda. Perbedaan paling mencolok terdapat di bagian warna merahnya. Warna merah pada cardinal tetra nampak menyeluruh dari ujung ekor sampai insang, sedangkan untuk neon tetra hanya sebagian. Separuhnya diisi warna perak.

Habitat asal kedua ikan tersebut juga berbeda, cardinal tetra berasal dari Sungai Rionegro Amerika Selatan, sedangkan neon tetra banyak ditemukan di Sungai Blackwater, Brazil bagian barat. Adapun soal karakter, perawatan dan sebagainya sama seperti cardinal tetra. Harga antara Rp1.500 - Rp5.000

3. Ikan Red Nose Tetra yang Terindah


Ikan Aquascape Terindah Red  Nose

Red Nose Tetra merupakan ikan hias air tawar untuk aquascape yang berasal dari Amerika Selatan. Nama lain dari red Nose adalah firehead tetra atau rummy nose tetra. Spesies ini termasuk yang paling banyak dipelihara oleh hobis. Karena ukurannya yang kecil dan warnanya yang indah.

Red nose memiliki panjang maksimal 5cm, tubuhnya mengkilap berwarna bening. Fisiknya didominasi oleh warna silver, pada bagian kepala terdapat corak merah yang menjadi ciri khas dari red nose tetra, pada tubuhnya dihiasi pula warna hitam horisontal. Kalau kalian ingin memelihara ikan red nose sebaiknya minimal 6 ekor, karena sifatnya suka bergerombol bersama teman-temannya. Harganya pun terjangkau antara Rp3.000 - Rp6.000

4. Black Neon Tetra (Hyphessobrycon Herbertaxelrodi)


Ikan Aquascape Terindah Black Neon

Black neon tetra berasal dari Paraguay dan Brazil. Jika neon tetra di atas berwarna biru dan merah, maka untuk black neon lebih didominasi warna polos namun pada badannya terdapat garis memanjang berwarna hitam dan atasnya sedikit berwarna putih. Sifatnya sama seperti jenis tetra lainnya, yaitu schooling (suka berkelompok). Harga antara Rp1.500 - Rp5.000.

5. Serpae Tetra (Hyphessobrycon Eques)


Ikan Aquascape Terindah Serpae

Keluarga Tetra memang banyak dijadikan fauna aquascape, termasuk juga serpae Tetra. Ikan dengan nama latin hyphessobrycon eques ini memiliki bentuk tubuh yang pipih. Sebagian besar tubuhnya didominasi oleh warna merah tapi terdapat intensitas corak merah yang berbeda antara sirip dan tubuhnya. Di mana warna merah di bagian sirip sangat mencolok sedangkan di tubuhnya tidak terlalu mencolok. Uniknya lagi terdapat corak hitam di beberapa titik dari ikan serpae.

Karena ukurannya yang kecil (3cm) membuat jenis serpae tetra banyak dipelihara di kalangan penghobi aquascape. Akan tetapi ikan ini memiliki sifat kurang baik saat bertemu dengan spesies ikan lainnya. Umumnya serpae tetra akan menggigit sirip dan ekor ikan lainnya. Oh ya, habitat asli ikan ini ada di perairan Bolvia, Paraguay dan Brazil. Harga antara Rp3.500 - Rp6.000

6. Rosy Tetra Ikan Hias Aquascape


Ikan Aquascape Terindah Rossy Tetra

Rossi berasal dari negara yang sama dengan serpae tetra yaitu Amerika Selatan, Guyana dan Brazil. Ikan ini memiliki tubuh yang agak tebal, hal itu membuat berbeda dengan jenis tetra lainnya. Sedangkan dari segi warna, rosy tetra didominasi warna polos alami, namun terdapat warna merah muda di bagian ekor dan sirip bawah. Kecuali bagian sirip punggung yang biasanya berwarna hitam atau putih. Harga antara Rp3.000 - Rp6.000

7. Amandae Tetra/Ember Tetra (Hyphessobrycon Amandae)


Jenis  Ikan Aquascape Terindah Amandae

Amandae tetra (Hyphessobrycon Amandae) juga terkenal sebagai ikan Aquascape terindah. Ia mempunyai warna kuning atau orange di seluruh tubuhnya. Habitat amandae adalah wilayah Amerika Selatan bagian Mato Grosso. Meski berasal dari negara yang jauh, ternyata jenis ini juga banyak dijual di Indonesia. Biasanya orang orang menyebutnya ember Tetra atau fire tetra.

Yang menarik amandae tetra mempunyai ketahanan tubuh lebih baik dibandingkan jenis tetra lainnya. Sebab karakternya tidak mudah stress dan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Ukurannya juga tergolong kecil, cuman 3 cm. Harga antara Rp3.500 - Rp7.000

8. Congo Tetra (Phenacogrammus Interruptus)


Ikan Aquascape Terindah Congo Tetra

Ikan congo tetra merupakan salah satu jenis yang paling banyak diminati penghobi ikan. Mereka sering kali menggunakan congo tetra untuk akuariumnya. Congo tetra berasal dari Afrika yang memiliki corak warna keperakan dengan bagian atas tubuhnya kadang berwarna kuning keemasan, kadang polos, kadang biru pudar dan bagian tengah ada garis merah kadang disertai biru.

Warna yang ada pada tubuh ikan tersebut akan semakin terlihat terang dan mencolok seiring bertambahnya usia. Adapun perbedaan congo tetra jantan dan betina bisa dilihat dari sisi warna tubuhnya. Warna tubuh congo tetra jantan lebih mencolok daripada betina. Selain itu, pergerakan ikan congo tetra cukup aktif apalagi di kondisi yang agak gelap di samping tanaman aquascape. Harga antara Rp4.500 - Rp8.000

9. Ikan Rainbow Boesemani untuk Aquascape


Ikan Aquascape Rainbow Boesemani

Sekarang saatnya kita membahas spesies ikan dari keluarga melanotaenidae yaitu rainbow. Ikan rainbow berasal dari Papua, Australia dan Madagaskar. Jenis rainbow sendiri ada banyak, salah satunya yang paling terkenal adalah rainbow bosemani.

Rainbow boesemani merupakan salah satu ikan aquascape yang memiliki warna cerah dan sangat indah. Ikan dengan nama latin Melanotaenia Boesemani ini mempunyai keistimewaan dibandingkan jenis rainbow lainnya. Yaitu matanya yang besar dan sirip dorsalnya yang ganda.

Sesuai namanya ikan rainbow boesemani memiliki ciri-ciri seperti pelangi, yaitu warna biru yang cerah di bagian depan dan warna kuning mengkilap di bagian belakang. Sehingga penampilannya sangat cantik dan layak masuk dalam daftar ikan terindah untuk aquascape. Selain itu ikan ini juga bersifat pendamai terhadap ikan ikan lain. So, kalian tidak perlu khawatir untuk mencampurkan boesemani dengan jenis ikan lainnya. Harga terbaru 2018, Rp.10.000 hingga Rp. 20.000, tapi bisa kurang bisa lebih.

10. Ikan Rainbow Peacock/Praecox


Ikan Aquascape Terindah Rainbow Peacoock

Rainbow praecox juga cukup populer di Indonesia. Terkadang orang menyebutnya dengan nama rainbow peacock. Ia mempunyai ciri khas warna tubuh yang polos mengkilap. Namun pada ujung sirip dan ekor berwarna merah atau kuning. Perbedaan rainbow peacock jantan dan betina bisa dilihat dari warna sirip dubur dan ekornya. Biasanya kalau berwarna merah berkelamin jantan, kalau kuning berarti betina.

Atas dasar tersebut ikan asli papua ini banyak penggemarnya, namun sayangnya keberadaan rainbow peacock jarang ditemukan (kecuali di kota kota). Maka dari itu banyak yang membudidayakannya di luar habitat aslinya agar ikan rainbow peacock tetap terjaga kelestariannya. Menariknya lagi, rainbow peacock jantan dapat tumbuh sepanjang 6,57 cm dengan berat badan 3,89 gram dan betina sekitar 4,93 cm dengan berat 1,44 gram. Harga nya lebih murah dikit sama boesemani, paling Rp. 5.000 sampai 10.000

11. Ikan Harlequin Rasbora Terindah


Ikan Aquascape Terindah Herlequin Rasbora

Herlequin rasbora terkenal dengan nama ilmiah Rasbora Heteromorpha, masuk dalam family Cyprinidae. Dinamakan herlequin karena terdapat segitiga hitam pada tubuhnya, sedangkan postur tubuhnya sangat kecil dan mungil. Sehingga peminatnya cukup banyak untuk dijadikan ikan kecil aquascape. Selain itu Harlequin juga tidak membutuhkan perawatan khusus, karena sangat mudah dipelihara oleh pemula sekalipun. Harga kisaran Rp. 5.000 sampai Rp. 10.000

12. Rummy Nose Rasbora


Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Ikan air tawar untuk aquascape berikutnya adalah rummy nose rasbora. Rummy nose rasbora juga termasuk dalam family cyprinidae dengan genus Sawbwa. Habitat aslinya ada di Myanmar. Bentuknya sangat kecil bahkan tergolong paling kecil di antara spesiesnya. Panjangnya saja hanya mencapai 2,5 cm. Soalnya warna seperti red nose tetra tapi kami sendiri kurang tau apakah mereka satu jenis (coba yang tau komen dong hehe). Ikan ini sangat direkomendasikan untuk akuarium yang mini. Harga ga jauh beda sekitar 5000 ke atas. Bawa aja uang 20 ribu.

13. Zebra Rasbora (Danio Erythromicron)


Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Ciri khas ikan jenis zebra rasbora adalah pada tubuhnya terdapat belang vertikal yang berwarna biru dan ukurannya juga mini, hanya 2,5 cm saja. Memiliki karakter yang sesuai dengan aquascape anda, sebab ia menyukai tempat yang di dalamnya terdapat tanaman air, kayu atau bebatuan. Habitat asli zebra rasbora di negara Myanmar daerah Danau Inle. Harga Rp. 5.000. Bisa kurang bisa lebih.

14. Neon Green Rasbora (Microrasbora Kubotal)


Ikan Aquascape Terindah

Ikan neon green rasbora juga termasuk ikan paling kecil, tapi harusnya dia ada di atas karena masih dalam keluarga tetra. Panjangnya sekitar 2,5 cm saja. Warnanya berkilau sangat indah sehingga cocok bila dicampur dengan ikan neon tetra dalam cahaya redup aquascape. Habitat asli neon green rasbora ada di Thailand dan Myanmar. Sifatnya yang pendamai membuat kita bebas mencampurkan dengan jenis lainnya. Yang penting jangan dicampur sama ikan galak. Harga Rp. 3.000 - Rp. 5.000

15. Ikan Galaxy Rasbora


Jenis Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Jenis ikan aquascape yang kelima belas adalah ikan galaxy. Dia sama seperti zebra rasbora, ikan galaxy juga berasal dari danau Inle, Myanmar. Bentuk tubuhnya sangat mini, hanya 1,5 sampai 2 cm saja. Warna tubuhnya cerah mencolok, biru muda untuk pejantan dan biru kehijauan untuk betina. Umumnya tubuh pejantan lebih besar dibandingkan betina.

Ciri lainnya adalah terdapat bintik bintik seperti mutiara kecil, warna siripnya berupa garis strip hitam merah. Adapun perut ikan betina berwarna kekuningan dengan warna sirip merah keorangean. Pokoknya sangat eksotis, cocok dijadikan koleksi di rumah anda. Dijual sekitar Rp. 8.000 - Rp. 15.000

16. Ikan Corydoras


Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Corydoras diambil dari bahasa Yunani yang bermakna Cory adalah helm dan doras adalah kulit. Habitat asli ikan tersebut ada di Amerika Selatan. Termasuk dalam keluarga lele dengan subfamiliy coradinae. Berdasarkan ukuran, dia termasuk ikan kecil dengan panjang sekitar 120 mm, tapi tergantung jenisnya juga. Sebab corydoras sendiri banyak jenisnya.

Kalau saya pribadi suka membeli jenis pygmie cory, karena mungil dan unik. Adapun yang di foto itu jenis Corydoras Habrosus. Sifat asli ikan corydoras cenderung diam, jarang bergerak (mungkin pemalu). Maka tidak salah lagi jika kehidupan mereka hanya di rawa rawa, sungai kecil dan air kolam biasa. Selain itu spesies ikan tersebut ada banyak sekali, sekitar 142 spesies. Dan setiap spesies berbeda karakter meski masih dalam satu keluarga. Biasanya mereka suka mencari makanan di tempat yang berpasir dan berkerikil. Kalau mau beli bawa saja uang Rp. 20.000

17. Ikan Kuhli Loach


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Nama lain kuhli loach adalah Coolie Loach, Coolie Loach raksasa, Loach berlendir, loach macan tutul dan prickly Eye. Terserah anda mau menyebutnya apa. Yang pasti ikan tersebut memiliki bentuk sangat mirip dengan belut. Panjang dan berlendir dengan motif tubuh belang belang seperti warna tubuh macan tutul.

Asal ikan kuhli loach dari Jawa, Malaysia Barat, Asia Tenggara, Kalimantan, Sumatra, Singapura dan Thailand. Tempat yang mereka sukai adalah sungai dengan air tenang, berpasir dan air pegunungan. Biasanya mereka ditemukan dengan sangat mudah didasar sungai, karena di sanalah tempat mereka biasa mencari makan. Kalau buat aquascape juga cocok. Harga antara Rp. 5.000 ke atas.

18. Ikan X-Ray Pristella Tetra


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ciri khas ikan X-ray ialah warna tubuhnya yang polos. Adapun sirip belakang dan dorsal berwarna kuning, hitam putih. Tidak seperti tetra kaca lainnya, ikan jenis x ray ini mempunyai warna tubuh jauh lebih unik dan indah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap ikan hias di akuarium anda. Untuk harga ga jauh beda kaya ikan tetra lainnya.

19. Ikan Aquascape Ramirezi (apistogramma ramirezi)


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Meski di urutan terakhir bukan berarti ikan ramirezi langka peminat. Jenis ramirezi juga terkenal loh. Dia tergolong keluarga cichlidae, memiliki ukuran badan maksimal 6 cm dan sangat cocok dijadikan fauna untuk aquascape.

Selain ukurannya yang kecil ramirezi juga memiliki warna yang sangat indah pada tubuhnya terdapat merah tua tertutup garis melintang warna biru yang samar. Di ujung siripnya berwarna merah bercampur warna kuning. Harga Rp. 6.000 - Rp. 15.000

20. Ikan Killifish


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan killifish juga tak kalah eksotis. Nama killifish diambil dari bahasa Belanda yang berarti Sungai kecil. Ikan killifish tergolong ikan hias yang bertubuh mini, mereka dapat tumbuh maksimal 5 cm saja. Di samping itu ikan killifish masih termasuk saudara ikan guppy dan molly serta mempunyai 350 spesies di seluruh daerah kecuali Australia. Harga Rp. 10.000 - 20.000

21. Crossocheilus Siamensis/Siamese Algae Eater


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan Crossocheilus Siamensis sering dimanfaatkan oleh aquascaper sebagai ikan pemakan alga yang baik. Tak jarang yang memilih ikan ini sebagai pembersih di aquascape mereka. Akan tetapi ikan pemakan algae yang satu ini mempunyai kekurangan yang harus anda pertimbangkan, di antaranya ialah ia hanya memakan alga merah dan hitam saja, dia sangat agresif saat usianya sudah tua, nafsu makannya mudah turun terutama ketika habis bertelur dan ia juga tertarik dengan tanaman seperti hairgrass, lumut dan mayaca.

Jadi apabila sobat memakai tanaman hairgrass dan mayaca jangan coba coba memelihara ikan jenis Crossocheilus Siamensis dalam ukuran besar, nanti tanamannya akan habis dimakan sama tu ikan. hehe Untuk harga Rp. 5.000 - 15.000

22. Ikan Pembersih Akuarium "Otocinclus"


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan otocinclus masuk kategori pemakan alga yang paling dipercaya oleh aquascaper. Karena keberadaannya tidak merugikan layaknya ikan pemakan alga lainnya. Karakter ikan otocinclus dapat berlaku baik terhadap ikan hias lainnya seperti guppy dan tetra.

Namun tidak bisa akrab dengan ikan agresif seperti chiclid. Selain itu, ikan otocinclus juga tidak tertarik dengan tanaman besar dan juga tidak bergantung pada makanan alga. Manfaat ikan Otocinclus bisa membasmi habis alga tanpa memakan tanaman aquascape anda. Pokoknya sangat kami rekomendasikan memelihara ikan ini untuk pembersih, apalagi ukurannya tidak bisa besar. Maksimal 4-5 cm saja. Harga Rp. 10.000 - Rp. 40.000

23. Plecostomus (pleco)


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan pemakan algae selanjutnya adalah jenis Plecostomus. Ikan tersebut bisa dibilang sangat handal dalam membasmi alga dalam aquascape anda. Tapi sayangnya ia juga mempunyai kekurangan yakni masih tertarik terhadap tanaman. Sedangkan aquascape cenderung banyak tanaman, jika tidak diperhatikan bisa habis tanamannya.

Makanya kalau ada yang tanya sama saya terkait ikan paling aman dan tidak merusak ekosistem aquascape, saya akan menjawab "Beli ikan Otocinclus" hehe karena ukurannya yang kecil. Harga sesuai jenis.

24. Botia Macracantha


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan botia termasuk ikan hias yang populer di Indonesia. Hanya saja ikan botia belum bisa dikembangbiakkan di bak atau kolam biasa. Karena memang ikan ini ditemukan di alam sungai. Keunikan lainnya yang dimiliki ikan botia adalah kulit yang berlendir yang berfungsi untuk melindungi dirinya sendiri. Menurut keindahan warnanya, botia sangat bagus dipelihara di aquascape. Harga Rp. 10.000 - 50.000

25. Ikan Guppy untuk Aquascape


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Salah satu ikan terbaik untuk aquascape adalah guppy. Guppy terkenal ikan pasaran bersamaan platy, molly dan cupang. Sehingga sangat mudah dicari di pasaran dan harganyapun relatif murah, bawa uang 5 ribu saja sudah dapat. Bentuk fisik guppy sangat indah, memiliki banyak varian warna, baik di bagian sirip maupun di bagian ekornya yang lebar. Untuk harga ikan pasaran, bawa saja uang 15.000-20.000 pasti sudah dapat banyak. Ini berlaku sampai poin terakhir (31). Karena dari no 25-31 semua ikan pasaran hehe

26. Ikan Platy


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Platy juga bagus untuk aquascape. Bentuknya kecil mungil, gendut dan gerakannya lamban. Memiliki banyak jenis dan setiap jenisnya terdapat warna khas yang indah. Ikan platy yang paling terkenal saat ini adalah jenis mickey mouse. Ikan tersebut sudah cukup banyak dijual di pasaran dengan harga murah. Sediakan saja uang Rp. 5.000 untuk membeli ikan ini.

27. Ikan Black Ghost


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Selanjutnya adalah ikan black ghost, berasal dari sungai Amazon dan Suriname. Dinamakan black ghost karena bentuknya yang mirip setan, warna kulitnya hitam pekat, saat bergerak siripnya bergelembir layaknya setan. Selain itu pergerakannya juga unik, melentur ke arah depan belakang alias maju mundur.

28. Ikan Molly


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Siapa sih yang tidak kenal ikan molly? Ikan kecil ini sangat pasaran. Terkenal perawatannya yang mudah dan murah. Meski tidak memakai CO2 dan aerator ikan ini masih bisa bertahan hidup. Untuk mendapatkannya juga tidak rumit, karena banyak dijual di pasaran atau toko ikan. Namun saya pribadi tidak suka memelihara ikan pasaran untuk aquascape.

Baca juga: 8 Jenis Ikan Molly Terpopuler Di Indonesia

29. Ikan Manfish atau Layang Layang


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan manfish atau biasa disebut layang layang banyak dipelihara masyarakat, karena mudah ditemukan dan harganya murah. Jenisnya juga beragam, sekitar ada 10 jenis ikan manfish paling populer yang pernah kami tulis dahulu. Disebut layang-layang karena mempunyai pergerakan melayang layang, ditambah bentuk tubuhnya yang gepeng, tipis atau pipih. Ikan manfish mempunyai sirip perut dan punggung yang membentang mirip busur. Karakternya diam sehingga jarang terlihat bergerak.

30. Flying Fox Fish


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Ikan ini juga sudah pasaran sama halnya seperti ikan guppy, platy, manfish dan molly. Tapi kalau mau dijadikan fauna aquascape juga bagus. Ikan flying fox termasuk keluarga cyprinidae yang saat ini sudah berkembang biak di berbagai negara, di antaranya Thailand dan Malaysia serta semenanjung asia tenggara seperti Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Ciri cirinya bertubuh panjang, sirip punggung berwarna hijau tua kecoklatan, perut atau tubuh bagian bawah berwarna putih kekuningan serta bentuk perutnya datar. Selain itu terdapat garis hitam yang membujur dari mulut hingga ekornya.

31. Ikan Pedang


Jenis Ikan Aquascape Terindah

Sesuai namanya, ikan pedang memiliki fisik mirip pedang. Terutama pada ekornya. Meski begitu, ikan pedang masih termasuk keluarga molly yang bertubuh kuat dan mudah dipelihara. Ikan pedang berasal dari Meksiko Selatan. Adapun untuk ikan pedang betina, ekornya tidak mirip pedang namun membulat sehingga terlihat jelas perbedaan antara jantan dan betina.

Baca juga: cara membuat aquascape sederhana untuk pemula

Akhirnya selesai juga pembahasan ikan hias aquascape air tawar terindah. Asal kalian tahu, artikel ini ditulis selama 3 hari. Karena saya menulisnya berdasarkan risert teman-teman di grup terkait daftar ikan aquascape paling populer dan cantik. Yang pasti tulisan ini terlengkap dan berbeda dengan blog lainnya, jadi siapa saja yang mau mengcopas WAJIB menyertakan link sumbernya.

0 Komentar 30+ Ikan Aquascape Terindah Beserta Gambar dan Harganya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top