Jenis ikan manfish–  Halo pembaca Hobinatang.com, membahas masalah ikan hias memang tidak pernah habis. Banyak sekali jenis ikan hias  yang bisa kalian pelihara di rumah. Ada jenis ikan hias air tawar, jenis ikan hias air laut bahkan ada juga jenis ikan hias predator. Adapun untuk manfish sendiri merupakan jenis ikan hias air tawar yang unik dan menawan.

Mengapa kami sebut unik? Sebab ikan manfish (pterophyllum scalare) atau biasa disebut dengan ikan Angelfish memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda dengan jenis ikan lainnya. Pada tubuh pipihnya terdapat sirip atas bawah yang membentang lebar bak anak panah disertai ekornya yang panjang. Ditambah gerakannya yang lambat bak layang-layang di atas udara.

Dari segi warna secara umum ikan manfish memiliki tubuh keperakan dengan mata merahnya. Kemudian terdapat garis-garis vertikal melintang di antara tubuhnya. Akan tetapi itu semua tergantung jenis ikan manfish itu sendiri. Setiap jenis manfish memiliki warna dan varians yang berbeda. Nanti akan kami bahas di bawah.

Sifatnya yang damai membuat pembelinya tidak khawatir untuk disatukan dalam akuarium dengan jenis ikan lainnya. Lalu dari mana asal ikan ini?

Habitat Ikan Mansfish atau Angel Fish

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Sebelum membahas macam-macam ikan manfish ada baiknya kita mengetahui asal usul atau habitat dari ikan ini. Ikan manfish termasuk keluarga Cichlidea. Berasal dari sungai Amazon tepatnya di daerah Kolombia, Brazil dan Peru. Lokasinya Amerika Selatan.

Meski begitu ikan manfish sendiri sudah Banyak dipelihara di Indonesia. Bahkan karena  permintaan pasar yang banyak, membuat orang-orang banyak yang membudidayakan ikan jenis ikan manfish ini.

Jenis Ikan Manfish dan Harganya

Sekarang kita akan membahas jenis-jenis ikan manfish dan harganya terbaru. Mungkin sebagian kita ada yang belum paham kalau ikan manfish memiliki banyak jenis dan beragam warna. Namun dari segi bentuk fisik tubuh ikan manfish hampir semuanya sama. Hanya saja di masing masing jenis terdapat varian warna dan corak yang berbeda.

Silahkan simak macam macam ikan manfish atau layang-layang di bawah ini yang populer di kalangan pecinta ikan hias:

1.  Jenis Ikan Manfish Zebra atau Zebra Angel Fish

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Jenis pertama ini memang kerap kita temukan di toko aquarium. Angelfish yang satu ini mempunyai garis vertikal yang menyerupai zebra, makanya dia kerap disebut sebagai zebra manfish. Adapun ciri-ciri utama adalah warna dasarnya perak kehijauan. Memiliki sirip dada berwarna putih dan mata berwarna merah. Ditambah 4 garis hitam di tubuhnya.

Harga standar manfish yang kemarin saya temui sekitar Rp5.000 sampai Rp7.000. Namun semua tergantung pada wilayah masing-masing bisa jadi lebih murah dan bisa jadi lebih mahal.

2. Ikan Mainfish Slayer Black White

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru
ferbeos.com

Menurutku jenis manfish Slayer merupakan jenis yang paling unik dan menarik dibandingkan jenis ikan layang-layang lainnya. Panjang pada Slayer ikan manfish jenis ini dapat mencapai hampir 20 cm atau bahkan bisa lebih dari itu. Untuk warna sama seperti kebanyakan manfish lainnya yaitu berwarna hitam dan putih.

Jika teman-teman tertarik untuk membelinya, kalian harus merogoh kocek sekitar Rp10.000 hingga Rp25.000. Tapi tergantung pada ukuran dan domisili kalian masing-masing.

3.  Ikan Manfish Silver Perak

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Jenis selanjutnya adalah ikan manfish silver. Juga banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan warna khas perak disertai garis vertikal hitam di tubuhnya membuat mata kita betah memandangnya. Menurut pengalaman, ikan ini mudah dipelihara dan tidak gampang mati. Sebab ketahanan tubuhnya sangat bagus.

Baca juga: Kumpulan Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Dicampur Dengan Ikan Lainnya

Adapun ciri-ciri ikan manfish silver adalah:

  • Warna dasarnya perak.
  • Hanya memiliki 3 garis hitam di tubuhnya yang pipih.
  • Terdapat warna kuning kehitaman tepat di atas tubuhnya mulai dari kepala sampai ekor ikan.

Kalau teman-teman ingin membelinya harganya standar siapkan saja uang Rp10.000.

4. Jenis Manfish Half-Black Angelfish

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Sesuai dengan namanya, jenis yang satu ini memiliki corak warna tubuh setengah hitam, meski cukup menarik dan unik. Namun sayangnya jenis ini kurang terkenal di pasaran. Berdasarkan gambar di atas, ciri  Angelfish half Black adalah: mata berwarna merah, corak dasarnya setengah hitam di bagian belakang dan putih kuning di bagian depan.

Begitu juga pada sirip punggung dan perutnya memiliki warna setengah hitam. Adapun sirip dada atas berwarna putih, lalu di bagian atas depan warnanya kuning keemasan. Pokoknya kalian cermati sendiri di gambar ya.

5.  Manfish Gold atau Ikan Layang Layang Emas

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Di Indonesia Manfish golden marble kerap dipanggil sebagai ikan manfish emas. Sebab warna emasnya lebih mendominasi dibandingkan warna perak.  Menurut catatan sejarah, ikan ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Jadi wajar kalau jenis ini juga populer di Indonesia.

Ciri-ciri detailnya:

  • Warna tubuhnya perak keemasan. Lebih dominan emas
  • Matanya berwarna hitam. Bukan merah seperti jenis lainnya.
  • Warna sirip dadanya putih.
  • Sedangkan bagian punggung ikan ini emas orange.
  • Dan bagian sirip, ekor dan perut berwarna emas bening.

Tapi perlu sobat ketahui bahwa warna-warna tersebut tidak akan keluar jika ia masih kecil. Biasanya semakin tua usia ikan tersebut maka warna emasnya akan semakin mencolok.

6.  Angel Fish Marble

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Marble artinya marmer. Sehingga jenis ikan manfish yang keenam ini memiliki warna dasar marmer. Atau orang-orang menyebutnya seperti batu marmer. Ciri-ciri siripnya bergaris hitam dan terdapat sedikit warna emas atau kuning lemon di sisi kepala. Dengan begitu ikan ini sangat cocok apabila diletakkan di akuarium rumah kita.

7. Ikan AngelFish Blushing

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Blushing berasal dari bahasa Inggris yang artinya memerah. Sehingga ikan ini identik dengan warna merah pada bagian tubuhnya seperti sedang memakai make up blush on. Meskipun warnanya hanya merah, namun tetap membuat para pecinta ikan tertarik dengannya.

Ciri ciri detailnya:

  • Mata ikan berwarna hitam
  • Semua sirip dan tubuh ikan berwarna putih tulang
  • Warna dasar ikan putih
  • Pipi ikan berwarna merah seperti memakai make up blush on. 

Untuk harga saya sendiri belum pernah membelinya. Namun perkiraan harga standar.

8. Koi Angel Fish

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Seperti namanya, ikan manfish ini memiliki bentuk dan warna yang mirip dengan ikan koi. Ikan tersebut biasa dikenal dengan sebutan Koi Angelfish. 
Ciri ciri Angelfish Koi yaitu sirip ikan berwarna putih bening. Warna dasar putih campur orange kemerahan dan terdapat bercak bercak hitam di tubuhnya. 

9. Angel Fish Dusky Blushing

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Sama dengan ikan manfish jenis blushing angelfish. Ikan ini juga memiliki corak warna merah di pipinya. Tapi ada dusky-nya. Dusky sendiri memiliki makna hitam. Jadi, pipi ikan tersebut berwarna merah dan mata berwarna hitam. 
Selain pipinya berwarna kemerahan, dia memiliki warna dasar tubuhnya putih. Matanya hitam dan terdapat garis hitam di setiap sirip ikan.

10. Ikan Hias Manfish Althum

Jenis Ikan Manfish Paling Populer dan Harganya Terbaru

Althum merupakan salah satu jenis ikan manfish terbesar dan yang paling mahal harganya. Sebab dalam bahasa Inggris sendiri althum artinya tinggi. Dan apabila kalian merawat ikan ini dengan baik, mungkin bisa mencapai ukuran maksimal 40 cm. Sifatnya pun tidak galak.
Ikan angelfish althum memiliki ciri-ciri warna hitam kecoklatan ada pula yang bilang putih keabu-abuan. Dia mempunyai 3 garis vertikal berwarna hitam dari atas sampai bawah. Pada ujung ekornya terdapat warna belang-belang orange dan putih.

Baca juga: 15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula Beserta Harganya

Itulah 10 jenis ikan manfish atau angelfish atau layang-layang. Disertai penjelasan secara detail dan mudah dibaca. Semoga ini dapat menambah wawasan para pecinta ikan hias di Indonesia. Share..

Leave a Comment