HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Penyebab dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Kayu aquascape berlendir- Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang aquascaper adalah kayu mengeluarkan lendir berwarna putih. Memang bukan masalah besar, tapi cukup meresahkan pikiran dan jika dibiarkan dapat memberikan efek buruk pada air atau seluruh ekosistem yang ada di dalam akuarium.

Untuk itu siapapun yang mendapati kayu Aquascape berlendir harus segera diatasi, jangan berlarut larut dibiarkan. Di sini hobinatang.com punya tips ampuh mengatasi lendir pada kayu beserta penyebabnya. Silakan disimak dan dipraktekkan:

Kayu Aquascape Berlendir? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya


Banyak pertanyaan dari teman-teman di grup, "Om kenapa kayu di dalam Aquascape saya berlendir bagaimana solusinya?" atau "Mas bagaimana cara mengatasi kayu aquascape yang berlendir dan tanaman yang berlendir?" dan masih banyak lagi pertanyaan serupa di grup. Berikut jawaban mengenai persoalan kayu pada aquascape berlendir putih.

1. Penyebab Kayu Aquascape Berlendir


Penyebab dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Kayu berlendir memang merepotkan tapi ketahuilah bahwasanya keluarnya lendir pada kayu diakibatkan karena kesalahan kita sendiri. Setelah mendapat kayu atau membeli kayu kadang para pemula langsung memasukkan ke dalam akuarium, padahal kandungan kambium atau tanin yang terdapat pada batang kayu belum hilang. Setelah itu tidak lama kemudian keluar lendir putih seperti gambar di atas.

Dari pernyataan di atas dapat kita simpulkan bahwa penyebab utama mengapa kayu aquascape berlendir adalah karena zat kambium atau getah (tanin) yang ada pada batang akar kayu. Kambium sendiri merupakan lapisan jaringan meristematik yang ada pada tumbuhan, biasanya zat tersebut ada pada batang dan akar.

Maka tidak heran kalau di dalam air terlihat putih seperti lendir yang menjijikan, sebagian orang menyebutnya alga. Selain karena tanin, kadang kayu yang tidak terawat, tank yang jarang dikuras akan ditumbuhi alga atau lumut. Tentu saja akan merugikan ekosistem sekitarnya.

Nah pada poin di bawah ini saya sudah menulis langkah-langkah agar kayu aquascape anda tidak keluar lendir beserta cara mencegahnya.

2. Cara Mengatasi Kayu Aquascape yang Berlendir


Penyebab dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Menghilangkan lendir pada kayu aquascape itu sangatlah mudah. Kami akan memberikan langkah-langkah ampuh berdasarkan pengalaman teman-teman di grup dan para master yang baik hati hehe

a). Merebus kayu yang baru dibeli atau yang sudah dihinggapi lendir


Buat kalian yang baru membeli atau mendapat kayu akar sebaiknya jangan langsung dimasukkan ke dalam tank, tapi direbus dahulu agar kandungan zat kambiumnya hilang. Setelah direbus jangan langsung dimasukkan, tapi masih ada langkah yang paling penting yaitu direndam ke dalam air lalu disikat pakai sikat gigi biar hasilnya maksimal. Memang harus sabar sih.

Apabila kayunya sudah terlanjur berada di dalam tank dan mengeluarkan lendir sebaiknya diambil kayunya dan direndam supaya langsung hilang. Karena direbus merupakan cara paling instan untuk menghilangkan zat-zat kambium tersebut. Kadang ada yang menyarankan dijemur saja, tapi bagiku itu kurang maksimal. Meskipun hilang mungkin tidak lama lagi muncul taninnya.

b). Diberi algae eater (binatang pemakan alga)


Kalau kalian tidak ingin merebus kayunya, kalian bisa membeli ikan, udang atau keong yang bertugas membersihkan alga. Rekomendasi kami belilah ikan Molly atau Platy. Menurut pengalaman ikan molly doyan banget sama tanin. Memang terkenal efektif membersihkan selaput lendir pada batang akar aquascape dan alga pada tanaman.

Tapi biar lebih maksimal hasilnya direbus kayunya, direndam lalu dikasih ikan alga eater. Saya yakin, lendir tersebut akan hilang selamanya, yang penting perawatannya bagus. Oh ya, ikan pemakan alga bukan cuma molly dan platy tapi ada juga ikan otocinclus, ikan SAE (siamese algae eater), udang RCS (red cherry shrimp) dan lain-lain, untuk mengetahui jenis alga eater lainnya silahkan baca: 12 algae eeater untuk aquascape yang ampuh

3. Tips Mencegah Agar Kayu Aquascape Tidak Mengeluarkan Lendir


Penyebab dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir

Pencegahan paling ampuh agar selaput lendir adalah dengan memberi ikan pembersih akuarium, namun selain itu kalian juga harus rutin menguras aquascape/water change minimal 3 hari sekali sebanyak 30%. Saya jamin, lendirnya tidak muncul lagi.

Baca juga: 10 Jenis Kayu Aquascape yang Sering Digunakan dan Mudah Didapat

Nah itulah cara tepat mengatasi kayu aquascape berlendir. Semoga tulisan kami bermanfaat buat anda yang sedang mengalami masalah ini. Silahkan tulis komentar jika ada pertanyaan terkait aquascape.

0 Komentar Penyebab dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top