Ikan Hias Rainbow: Ciri Ciri, Jenis dan Perawatannya Lengkap

Ikan hias rainbow- Dari jutaan spesies ikan yang ada di dunia, ikan rainbow merupakan salah satu ikan hias air tawar yang istimewa, sering dijadikan fauna bagi Aquascape lantaran kecantikan dan keindahan warnanya. Nah sobat penasaran kan bagaimana fakta-fakta mengenai salah satu ikan aquascape satu ini?

Di bawah ini hobinatang.com akan berbicara banyak mengenai spesies ikan yang satu ini, mulai dari habitat, ciri-ciri, perawatan, makanan sampai jenis-jenisnya.

Mengenal Habitat dan Perawatan Ikan Hias Rainbow


RainbowFish terkenal bukan hanya karena warnanya saja, tapi juga karena jenisnya yang beragam. Berkisar kurang lebih ada 20 jenis ikan rainbow yang tersebar di seluruh dunia. Lantas dari mana asal muasal ikan rainbow?

1. Habitat asli ikan rainbow


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Di dalam sejarah, pertama kali ikan rainbow ditemukan di wilayah Papua atau lebih tepatnya di Irian dan juga wilayah Sulawesi. Ikan ini adalah ikan endemik Danau Atinjau dan Danau Ajamaru di Irian Jaya. Namun secara umum ikan rainbow tinggal di perairan yang bersih seperti sungai, rawa atau danau danau yang ada di Papua.

Secara klasifikasi dan morfologi ikan ini tergolong keluarga Melanotaeniidae, genus Glossolepis Species, dinamakan ikan rainbow karena ciri-cirinya yang menyerupai Pelangi.

2. Ciri-ciri dan karakter ikan hias rainbow


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Ikan rainbow memiliki ciri-ciri dan karakter yang unik, besar tubuhnya bisa mencapai maksimal 15 cm, namun untuk Rainbow betina biasanya lebih kecil dibandingkan jantan. Adapun untuk warnanya tergantung pada jenis ikan rainbow itu sendiri. Karena setiap jenis memiliki ciri-ciri yang berbeda (nanti akan dijelaskan di bawah).

Secara umum semua jenis rainbow memiliki bentuk tubuh yang pipih memanjang disertai dua sirip di punggungnya, sedangkan mulutnya berukuran kecil seperti bentuk tabung. Warna dasarnya sangat mencolok dan mengkilap, untuk rainbow boesemani mempunyai warna biru cerah di bagian kepala dan warna kuning mencolok di bagian ekor.

Beberapa jenis terdapat kombinasi warna yang berbeda-beda, tapi rata-rata warnanya mencolok. Maka tidak heran kalau banyak yang menggemari ikan hias pelangi ini. Lebih jelasnya bisa Anda lihat sendiri pada gambar di atas.

Karakter ikan rainbow sangatlah pendamai, dia tidak suka menyerang jenis ikan hias lainnya sehingga bisa dicampur dengan ikan molly, ikan guppy atau ikan tetra. Biasanya dia aktif di siang hari untuk mencari makan dan beraktivitas.

3. Perbedaan Rainbow jantan dan betina


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Fakta menarik dari ikan pelangi adalah susah membedakan mana yang jantan dan mana betina. Tapi kalau mau dipelajari kalian tidak akan kesulitan untuk membedakannya. Untuk jantan umumnya lebih besar dibanding betina, selain itu jantan biasanya memiliki warna yang lebih terang dan mencolok dibandingkan ikan betina yang memiliki warna cenderung pucat.

Panjang sirip jantan dan betina juga berbeda, misalnya jenis rainbow boesemani yang jantan memiliki sirip atas dan bawah lebih panjang ditambah warna merah yang menonjol, sedangkan yang betina tidak.

4. Makanan ikan rainbow


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Tidak adil rasanya apabila tidak membahas jenis pakan ikan rainbow, ia merupakan hewan omnivora yang bisa memakan segalanya. Di alam liar dia mencari makanan alami seperti daphnia, artemia atau sejenis cacing sutra.

Kalau dipelihara di rumah bisa diberi pelet tapi yang berukuran kecil, sebab di atas tadi sudah saya katakan kalau ikan ini mempunyai mulut kecil. Bisa juga dikasih daging kering atau bloodworm, sebelum dikasihkan diremas dahulu menjadi kecil-kecil.

5. Perawatan ikan rainbow


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Tidak ada perawatan khusus dalam memelihara ikan rainbow, karena jenis ikan hias satu ini tergolong mudah dipelihara. Yang penting diberikan filterisasi yang memadai agar air selalu bersih. Akuarium ukuran 60x40x40 sudah cukup, kalian bisa memelihara lebih dari satu ikan rainbow.

Untuk menjaga kebersihan air sebaiknya diberi makan sedikit tapi sering dibandingkan diberi makan dengan jumlah banyak namun tidak habis. Sehingga sisa makanan tersebut bisa mencemari kebersihan air akuarium atau aquascape anda. Tapi saya pribadi lebih senang memelihara rainbow di dalam aquascape sambil berenang di sisi-sisi tanaman serta hardscape berupa batu maupun kayu.

6. Pemijahan ikan rainbow


Ikan Hias Rainbow Mengenal Ciri Ciri Jenis dan Perawatannya Lengkap

Budidaya ikan rainbow merupakan salah satu bagian yang penting untuk anda pelajari. Reproduksi rainbow terjadi apabila ada persatuan antara sel reproduksi organ seksual yang berupa telur dari ikan betina dan spermatozoa dari ikan jantan. Kemudian kedua sel itu membentuk zigot.

Pemijahan ikan pelangi dilakukan secara alami dengan memasukkan induk jantan dan betina ke dalam wadah, dengan perbandingan 1:1. Namun diusahakan memilih indukan yang berkualitas, tidak sakit dan tidak pula cacat. Biasanya jantan berkualitas memiliki pergerakan aktif, tubuh ramping dan warna terang. Sedangkan betina cenderung besar perutnya.

Setelah memasukkan kedua indukan rainbow, langkah selanjutnya diberi substrat atau alas. Substrat bisa berupa tali rafia, ijuk atau tanaman enceng gondok. Fungsinya agar telur telur dapat menempel pada substrat itu.

Sebagaimana di habitat aslinya, saat proses pemijahan ikan rainbow mengeluarkan telurnya dan menempelkan telurnya pada tanaman atau bebatuan. Makanya substrat bersifat wajib, tapi dibersihkan dahulu agar tidak ada bekteri penyakit atau parasit berbahaya.

Jenis Ikan Rainbow Beserta Gambar dan Harganya


Jenis Ikan Rainbow
Red RainbowFish

Inilah pembahasan terakhir yang paling menarik, rasanya ada yang kurang kalau tidak mengenal semua jenis-jenis ikan rainbow yang paling populer di kalangan hobis, akan tetapi saya tidak mengulas semua jenis. Cukup yang paling populer saja, kalau semua dibahas bisa satu jadi kamus, eheh.

1. Ikan rainbow boesemani


Jenis Ikan Rainbow Boesemani

Mempunyai nama latin Melanotaenia boesemani, tapi dia kerap dipanggil rainbow boesemani. Di lihat dari gambar, ikan ini memiliki dua sirip di punggung dan di bawah. Tapi nampaknya di bagian depan ukuran siripnya lebih kecil dibandingkan bagian belakang yang siripnya besar memanjang.

Seperti yang saya katakan di atas, rata-rata rainbow berbentuk pipih, sedangkan boesemani mempunyai warna kuning di bagian belakang serta warna biru gelap pada sisi depan, jika dilihat di tengah-tengah seperti ada garis horizontal. Ukurannya bisa mencapai 10 cm dengan betina 7 cm. Inilah jenis rainbow yang paling laris di pasaran. Harga terbaru sekitar, Rp. 5000/ekor.

2. Jenis rainbow praecox


Jenis Ikan Rainbow Praecox

Meski namanya rainbow praecox namun dia juga kadang disebut peacock, sedangkan nama latinnya adalah Dwarf Neon Rainbow. Ciri khasnya ada di bagian sirip sirip yang diseliputi warna merah, dan di ujung ekor ada warna transparan. Ukuran rainbow praecock dewasa maksimal 6 cm dari ujung mulut hingga ujung ekor.

3. Jenis rainbow lacustris atau rainbow biru


Jenis Ikan Rainbow Lacustris Blue

Rainbow dengan nama ilmiah Melanotaenia Lacustris Munro mempunyai bentuk yang pipih disertai kombinasi warna ganda, yaitu pada bagian atas dari ekor hingga kepala berwarna biru gelap sedangkan di atas perut berwarna putih, saat dewasa ukurannya bisa mencapai 10 cm. Atas dasar itu orang-orang menyebutnya sebagai Rainbow biru/ Rainbow blue.

4. Ikan rainbow merah/red


Jenis Ikan Rainbow/Red Rainbow

Sesuai namanya ikan rainbow merah memiliki warna dominan merah, ditemukan di wilayah Papua danau Sentani. Di tengah tengah terdapat warna keperak-perakan di dan umumnya warna merah pada ikan lebih terang merahnya sedangkan betina agak pucat.
Meski memiliki nama latin Glossolepis incisus weber, dia malah kerap disebut red rainbow. Tubuhnya berbentuk pipih dan juga bersirip ganda seperti rainbow bosemani. Panjangnya bisa mencapai 12 cm saat dewasa.

5. Rainbow makulocci (Melanotaenia Maccullochi)


Jenis Ikan Rainbow

Nama latin Melanotaenia Maccullochi Ogilby, ikan ini sangat terkenal di pasar internasional karena bentuknya yang pipih dan memanjang. Juga terdapat 2 sirip di bagian punggung. Jenis ini berwarna kehitaman di daerah punggung dan perut agak keputihan. Ditubuhnya ada seperti garis-garis memanjang berwarna kehitaman.

5. Jenis rainbow balon


Jenis Ikan Rainbow

Dari daftar Rainbow diatas jenis rainbow inilah yang paling unik dan aneh sedunia, memiliki badan yang lebih pendek dan terkesan bulat, sehingga dia disebut sebagai ikan pelangi paling lucu. Rainbow balon sendiri terbagi menjadi beberapa jenis ada rainbow red balon, rainbow bosemani balon atau blue balon.

Demikianlah catatan lengkap mengenal ikan rainbow dari mulai habitat, ciri-ciri, perawatan, pemijahan sampai jenis jenisnya. Silahkan diambil ilmunya sebagai wawasan anda sebelum memelihara ikan hias akuarium.

1 Response to Ikan Hias Rainbow: Ciri Ciri, Jenis dan Perawatannya Lengkap

  1. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://bagusaquaticfarm.com/
    semoga sukses selalu :)


    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top