HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Ikan nemo- Siapa yang tidak kenal film kartun Finding Nemo? Meskipun film nemo sudah sangat jadul, namun hingga saat ini film keluaran 2013 tersebut masih terus diputar ulang dan dinikmati oleh banyak masyarakat terkhusus di kalangan anak-anak. Sebagai tokoh utama dalam film tersebut, ikan nemo berkarakter sangat lucu dan menggemaskan. Hal itu membuat orang-orang ingin memelihara secara nyata di dalam akuariumnya.

Oleh sebab itu disini Hobinatang.com akan mengulas salah satu jenis ikan hias air laut yang lucu, bernama nemo. kami akan mengupasnya secara lengkap dari mulai habitat, ciri-ciri, jenis makanan, perawatan, jenis jenisnya hingga harga terbarunya 2018. Simak baik baik ya Sob, jangan ada yang dilewati.

Ikan Nemo Ikan Hias Kecil yang Lucu


Ikan nemo memiliki nama ilmiah Amphiprion, berasal dari keluarga Fomacentridae genus Amphiprion. Di Indonesia sendiri ikan nemo lebih dikenal sebagai ikan badut, anemonefish atau ikan giru. Sedangkan di kalangan penelitian ia dipanggil Clown fish. Di mana habitat asal ikan nemo?

1. Habitat Ikan Nemo


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Nemo merupakan ikan hias air laut, walaupun ada yang mengaku ikan nemo bisa hidup di dalam air tawar namun itu hanyalah paksaan dari penjual ikan supaya dagangannya laku. Biasanya penjual nekat memasukkan ikan nemo ke dalam air tawar lalu dijual ke konsumen. Memang ikannya bisa hidup, tapi bisa bertahan lama. Paling 6-7 hari ikannya akan mati. Jadi hati-hati sama penjual yang mengaku ada ikan nemo air tawar.

Habitat asli ikan nemo tersebar di perairan tropis seperti Samudra Pasifik dan Samudra Hindia, mulai dari Laut Merah, Laut Jepang, Indonesia dan lain sebagainya. Mereka hidup di perairan hangat di dekat terumbu karang dengan kedalaman 50 cm. Umumnya ikan badut lebih senang tinggal di dasar laut yang terdapat tumbuhan anemon sekaligus bersembunyi dari serangan ikan pemangsa.

2. Simbiosis Mutualisme Antara Tumbuhan Anemon dan Ikan Badut


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Alasan ikan badut senang tinggal di dekat tumbuhan anemonnya adalah karena anemon memiliki tentakel beracun. Sehingga saat ada ikan ikan yang mendekati, anemon bisa melumpuhkan ikan tersebut dengan racunnya lalu memakannya. Akan tetapi racun tersebut tidak berefek pada ikan Nemo. Sebab nemo bisa menyesuaikan diri dengan tentakel racunnya.

Dengan demikian tumbuhan anemon bisa dijadikan sebagai pelindungnya dari jenis ikan predator, sedangkan anemon laut mendapat keuntungan dirinya yang selalu bersih karena sisa makanan dan tentakel selalu dimakan ikan nemo.

3.  Ciri Ciri dan Karakter Ikan Nemo


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Ikan yang populer dengan nama badut ini memiliki corak belang-belang yang sangat cantik. Secara umum ikan nemo berwarna kuning kemerahan, putih dan hitam. Ketiga warna tersebut membentuk pola belang-belang kontras yang bagus dan menarik. Dari semua spesies ikan nemo yang paling panjang mencapai 18 cm, sedangkan yang paling kecil hanya 6 cm. Pada sirip samping berbentuk agak bulat dengan kombinasi garis hitam di pinggir.

Karakter ikan nemo ialah senang bersembunyi di dasar laut di daerah karang atau tumbuhan anemon laut. Sekali bertelur bisa menghasilkan 100-1000 butir telur dan diletakkan di terumbu karang. Jika dipelihara dengan baik, dia bisa hidup mencapai 3-6 tahun.

4. Makanan Ikan Badut


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Nemo adalah ikan omnivora, di habitatnya mereka memakan sisa-sisa dari makanan anemon dan juga tentakel anemon yang sudah mati. Saat di dalam aquarium bisa dikasih makan pelet, spectrum, cacing darah, atau makanan hidup dan makanan beku.

Jenis makanan nemo di atas mudah untuk didapat dan sangat baik mempercepat pertumbuhan ikan nemo, terutama cacing darah yang mengandung banyak protein.

4. Cara Memelihara Ikan Nemo di Akuarium


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Perawatan ikan hias air laut tidak sama seperti perawatan ikan hias air tawar, kalian tidak boleh memelihara ikan nemo di dalam air tawar yang diberi garam, meskipun sama-sama asin namun kandungan mineralnya tidak sama. Jadi yang pertama harus kalian perhatikan adalah ketersediaan air laut di dalam akuarium.

Berikutnya Anda harus menyiapkan akuarium yang berukuran cukup besar (karena laut itu luas Bro) minimal 90x35x38, jangan cari yang kecil. Disamping itu Anda juga harus memberikan hardscape berupa batu batuan koral sebagai tempat persembunyiannya. Lalu dikasih filter untuk menyerap kotoran.

Biar seperti di habitat aslinya, tambahkan juga anemon laut dan atur suhu air menjadi 24- 27 derajat celcius. Soal pemberian pakan Anda bisa mengatur takarannya, jangan terlalu banyak karena kalau tidak habis justru bisa mengotori akuarium anda.

Ingat ikan nemo itu mudah stress, jadi jagalah kualitas air. Berikan makanan yang sedikit tapi sering daripada diberikan pakan dengan jumlah banyak namun tidak habis.

Jenis Jenis Ikan Nemo dan Harganya Terbaru


Ada banyak jenis ikan nemo dan setiap jenisnya memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda-beda. Di antara jenis-jenis nya sebagai berikut:

1. Orange Clownfish (Amphiprion Percula)


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Jenis pertama adalah nemo orange clownfish, yang memiliki nama ilmiah Amphiprion percula. Merupakan ikan yang sangat terkenal di kalangan pecinta ikan hias. Ciri khas dari ikan tersebut memiliki gerakan yang lincah, berwarna orange cerah disertai kombinasi belang putih dan sedikit hitam.

Meskipun agak susah dan rumit dalam merawatnya, ikan orange clownfish sudah bisa dibudidayaka di dalam akuarium. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda butuh kesabaran dan telaten pada saat membudidayakannya. Harga berkisar Rp25.000-Rp50.000 tergantung ukuran dan kondisi ikan.

2. Ocellaris Clownfish


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Bisa dikatakan ocellaris clownfish mirip sama orange clownfish. Baik dari sisi warna maupun coraknya hampir mirip sekali. Bedanya pada ocellaris clownfish terdapat garis hitam tebal di sirip punggung dan sampingnya, sedangkan orange clownfish sedikit garis hitam. Selain itu, sirip punggung ocellaris clownfish juga lebih tegak. (Lihat sendiri pada gambar di atas ya)

Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Ikan nemo jenis ocenallaris dapat anda temukan di Asia Tenggara, Jepang dan Australia Utara. Uniknya jenis ini memiliki warna tubuh bervariasi. Tergantung di mana ia tinggal. Sebagai contoh, jika dia tinggalnya di Australia maka warna tubuhnya adalah putih hitam.

Saar masih kecil, ia suka sekali berenang kemana mana  mencari anemon laut untuk dijadikan tempat persembunyiannya. Panjang nemo jenis ocenallaris mencapai 11 cm.  Dan bentuk tubuhnya oval, gemuk, ginuk ginuk lucu. Harga tidak jauh beda sama jenis orange.

3. Ikan Nemo Merah Marun (Premnas Biaculeatus)


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Sesuai namanya, ikan nemo premnas memiliki warna merah marun dan putih, tapi polanya tidak sama dengan jenis yang di atas. Perpaduan warna tersebut yang membuat nemo premnas terlihat indah dan cerah. Ia memiliki hubungan dekat dengan nemo jenis ocenallaris.

Meskipun ikan nemo berhabitat asli di laut, tetap bisa dipelihara di kolam. Sebagian pecinta ikan hias memelihara jenis ini di akuarium air tawar, tapi tidak bisa bertahan lama (namanya juga ikan air laut hehe). Panjang tubuhnya mencapai 17 cm. Jika berada di laut, mereka biasa makan zooplankton dan ganggang laut. Tetapi jika di aquarium, anda bisa mengganti makanan tersebut dengan pellet khusus ikan nemo sebagaimana yang tadi saya jelaskan di atas. Untuk membelinya sediakan saja uang Rp.100.000

4. Amphiprion Sebae


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Ikan nemo jenis sebae mudah ditemukan di daerah Utara Samudra Hindia. Kebiasaannya sangat khas seperti nemo lainnya, yakni suka mencari anemon laut. Ciri ciri nemo sebae adalah mempunyai duri sekitar 10-11 duri di punggungnya. Panjangnya mencapai sekitar 14 cm serta berwarna hitam kecoklatan dengan warna kuning di kedua sirip dada dan ekornya.

5. Clownfish Saddleback (Amphiprion Polymnus)


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Clownfish saddleback sering dipanggil nemo kuning namun ia mempunyai nama latin Amphiprion Polymnus. Ciri cirinya sangat unik yaitu tubuhnya disekelilingi perpaduan antara warna hitam dan putih, coraknya sama dengan corak ikan nemo lainnya. Yang membedakan ikan ini dengan jenis lainnya adalah warna moncongnya yang khas dengan kuning kejinggaan.

Kelebihan ikan nemo jenis polymnus ialah mampu berenang hingga 30 meter dalamnya, mudah didapatkan di perairan Indonesia seperti Papua, Australia, Filipina dan Jepang. Panjang ikan nemo kuning mencapai 13 cm. Perbedaan nemo kuning betina dan jantan ialah, tubuh ikan nemo kuning betina lebih panjang daripada betina. Jika dilihat sekilas ikan ini agak mirip dengan nemo jenis amphiprion sebae.

6. Ikan Nemo Chagosensis Anemonefish


Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

Yang keenam, ikan nemo jenis chagosensis. Merupakan spesies Amphiprion yang paling banyak ditemukan di Samudra Hindia, namun sebagian kecil ada di Indonesia. Panjang tubuh ikan ini sekitar 10-18 cm. Tubuhnya dikombinasi warna orange, merah, merah kehitaman dan kuning.

Baca juga: 15 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Itulah beberapa jenis nemo paling populer di kalangan hobis, selain di atas ada juga jenis Cinnamon, Clarkii, Tomato clownfish dan Pink skunk. Baiklah kami akhir penjelasan tentang ikan badut yang lucu baik secara klasifikasi maupun morfologi.

3 Komentar Ikan Nemo: Mengenal Jenis, Perawatan dan Harganya Terbaru

  1. http://tipsikan.blogspot.com/2018/07/ciri-ciri-ikan-arwana-silver-yang-bagus.html

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat, ditunggu info bermanfaat selanjutnya. Jangan lupa kunjungi website kami juga ya di http://bagusaquaticfarm.com/
    semoga sukses selalu :)


    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top