10 Jenis Batu Aquascape yang Bagus Lengkap Disertai Harganya

Jenis batu aquascape- salah satu komponen aquascape yang paling utama adalah hardscape, hardscape sendiri meliputi batu, kayu, krikil atau pasir. Kehadiran hardscape sangat membantu para hobis dalam menentukan tema yang akan diterapkan pada aquascape. Karena tema apapun yang ingin diambil, pasti membutuhkan yang namanya hardscape, baik itu batu maupun kayu.

Tidak mungkin seorang scaper mampu mewujudkan tema hutan (forest), air terjun (water fall), natur atau iwagami tanpa menggunakan batu dan kayu. Untuk itu di hari libur yang berbahagia ini, hobinatang.com akan banyak berbicara tentang batu, atau lebih tepatnya membahas tentang jenis-jenis batu yang cocok digunakan untuk aquascape.

Adapun untuk kayu sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya berjudul, [10 Jenis Kayu yang Sering Dipakai untuk Aquascape]. Baiklah apa saja batu batuan yang bagus buat aquascape?

Jenis Batu Aquascape yang Cocok dan Bagus



Siapapun yang ingin membuat aquascape wajib mengetahui jenis-jenis batu, apalagi bagi kalian yang ingin menerapkan tema iwagumi, dimana tema tersebut sangat menekankan desain dan tata letak batu-batuan.

Di dunia ini memang terdapat banyak batu alam, tapi tidak semua batu yang ada di sekitar kita cocok untuk aquascape (contohnya batu kapur), kami sarankan anda memilih batu yang tidak mempengaruhi parameter air dan tidak terlalu berat serta memiliki corak atau lekukan yang unik.

1. Jenis Batu Seiryu Stone


Seiryu Stone Jenis Batu Aquascape yang Bagus

Jenis batu yang pertama adalah seiryu stone, merupakan hardscape paling populer yang sering digunakan untuk aquascape terutama yang memakai tema iwagumi. Batu seiryu stone berasal dari Jepang, memiliki warna yang kontras dan tekstur yang sangat alami. Dari samping nampak warna abu-abu kehijauan pada batu ini, disertai pula tepi bergerigi tajam.

Untuk mendapatkan batu tersebut biasanya harus impor dulu dari Jepang, namun jangan khawatir saat ini sudah banyak dijual di toko online seperti Buk*l*pak atau Tok*ped*a, yang terbaru saya lihat batu seiryu dibandrol dengan harga sekitar Rp20.000 sampai Rp40.000 per kg. Semua tergantung ukuran dan terksutnya.

2. Batu Lava Rock


Lava Rock Jenis Batu Aquascape yang Bagus

Batu lava rock adalah batu kebanggaan para pemula hehe. Jenis batu ini banyak dijual di pasaran dengan harga yang sangat murah, mulai dari Rp6.000 sampai Rp30.000. Awalnya batu ini berasal dari lereng Gunung Merapi. Berhubung batu ini tidak berat dan cukup ringan maka orang-orang menjadikannya sebagai batu aquascape.

Selain ringan batu lava rock juga memiliki tekstur unik, pori-pori diselimuti warna merah dan hitam. Yang pasti cocok dipakai pada tema air terjun (waterfall) dan tema hutan.

3. Batu Eragon Garang Stone


Eragon Jenis Batu untuk Aquascape

Eragon Jenis Batu untuk Aquascape

Batu Eragon atau sering juga disebut batu garang stone merupakan batu yang terkenal ringan dan garang (persis kayak namanya), pada setiap sisi memiliki rongga berlubang dan tekstur yang cukup unik, hampir setiap rongga memiliki pola/garis berbeda (duh bingung jelasinnya) silahkan lihat sendiri di gambar ya.

Meski penampilannya garang tapi warnanya terkesan cantik (apa iya sih?), karena berwarna kuning kecoklatan. Kalau saya baca di situs-situs lainnya, batu eragon cocok untuk anubias dan buce. Tapi menurutku cocok untuk semua tanaman-tanaman midground, Harga terbaru batu ini antara Rp. 10.000-40.000. (Coba deh kalian liat sendiri di olshop).

4. Batu Fosil


Fosil Jenis Batu untuk Aquascape yang Bagus

Pada dasarnya fosil artinya adalah sisa sisa atau bekas bekas peninggalan makhluk hidup yang berubah menjadi batu. Untuk batu fosil sendiri merupakan batu yang terbuat dari fosil tumbuhan seperti kayu. Mengenai prosesnya secara detail silahkan tanyakan pada guru IPA, sebab saya sendiri bukan guru IPA tapi seorang hobis.

Batu fosil memiliki beban yang ringan dan bisa dijadikan sebagai hardscape aquascape. Saat ini batu fosil dijual Rp8.000 sampai Rp10.000/kg, murah bukan?

5. Batu Besi Aquascape


Batu Besi Jenis Batu untuk Aquascape

Ada salah satu teman yang mengatakan kalau batu besi adalah batu kelas dunia, kira-kira bener nggak ya? Batu besi memang banyak dijual di toko online maupun offline, memiliki beban yang agak berat disertai pola yang tidak beraturan. Secara umum batu besi berwarna gelap kehitam-hitaman. Bagi Anda yang ingin menerapkan tema tebing, perbukitan atau gunung mungkin sangat cocok memakai batu besi. Dijual 10ribu-15ribu/kg.

6. Jenis Batu Serpentine Aquascape


Seentine Jenis Batu yang Cocok untuk Aquascape

Serpentine Jenis Batu untuk Aquascape

Selain batu seiryu stone batu serpentine juga cocok diterapkan pada tema iwagumi, mempunyai warna unik abu-abu dan akan semakin gelap apabila berada di dalam air. Namun ada pula yang berwarna hitam. Yang hitam orang-orang menyebutnya black serpentine. Rata-rata orang yang mau make batu ini dibersihkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam tank. Di beberapa lokasi batu ini dijual Rp. 13.000/kg.

7. Batu kali (Pa-Hai Stone)


Batu Kali Jenis Batu untuk Aquascape

Batu Kali Jenis Batu untuk Aquascape

Siapa bilang batu kali tidak bisa digunakan untuk aquascape, banyak yang bingung apakah batu kali bisa dijadikan hardscape atau tidak. Padahal sudah banyak teman-teman yang menggunakan batu kali sebagai hiasan di akuariumnya. Yang paling penting kalian bisa mengatur tata letaknya dengan baik serta diberikan batu kali yang banyak, saya yakin akan terlihat indah.

Batu Kali Jenis Batu untuk Aquascape

Batu Kali Jenis Batu untuk Aquascape

Untuk membuktikan silahkan kalian lihat gambar-gambar yang sudah kami upload di atas, sengaja upload gambar yang banyak supaya kalian percaya bahwa batu yang murah meriah ini bisa bagus juga hehe. Saat saya telusuri ternyata di luar negri, batu kali disebut dengan nama pa-hai stone (rada gaul juga ya wkkw). Apabila teman teman ingin mendesain, sebaiknya diiringi dengan tanaman moss agar nampak alami, bisa juga ditanami java fern/kadaka.

8. Ryuoh Stone Tiruan Seiryu Stone


Ryuoh Stone Jenis Batu untuk Aquascape

Ryuoh Stone adalah saudara kembar dari Seiryu Stone, karena mirip banget sih. Sangking miripnya ada orang yang menjual batu ryuoh tapi ngakunya batu seiryu stone. Padahal batu seiryu itu asli dari jepang. Oleh sebab itu banyak yang mengatakan kalau batu ryuoh disebut batu palsu seiryu stone (Paham gak maksud ane?) kalau nggak paham ya sudah dilewatin saja, tidak penting kok.

Yang jelas batu ryuoh stone juga banyak peminatnya, bentuknya sangat mirip dengan seiryu stone. Bedanya batu seiryu memiliki rona kebiruan, sehingga tampak mencolok di dalam akuarium. Untuk memperjelas silakan kalian lihat sendiri kedua gambar antara Ryuoh Stone dan Seiryu Stone.

9. Batu Manten Stone


Manten Stone Jenis Batu untuk Aquascape

Manten Stone Jenis Batu untuk Aquascape yang Bagus

Batu manten stone cukup populer di kalangan aquascaper dunia, bentuknya sangat terstruktur. Ada beberapa sisi yang kasar. Karena batu manten berasal dari gunung, sangat cocok diterapkan pada tema iwagumi sebagaimana batu seiryu stone. Untuk ciri-cirinya silakan lihat sendiri gambar rock di atas. Manten stone dijual di online harganya mahal, 200 ribu lebih per-kg.

10. Dragon Stone


Dragon Stone Jenis Batu untuk Aquascape yang Bagus

Dragon Stone Jenis Batu untuk Aquascape yang Bagus

Di luar Negeri dragonstone sangat terkenal memiliki warna kecoklatan dengan struktur yang sangat unik. Batu naga tersebut tidak mempengaruhi parameter air, memiliki struktur berlubang yang memberikan kesan alami. Jadi bisa digunakan hardscape saja tanpa planting.

Itulah 10 batu aquascape yang berhasil kami rangkum, tentu saja tulisan ini masih jauh dari sempurna karena di luar sana masih banyak batu batu mahal untuk aquascape yang tidak kami Tulis di sini.

0 Komentar 10 Jenis Batu Aquascape yang Bagus Lengkap Disertai Harganya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top