HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

20 Makanan untuk Tupai dari Bayi sampai Dewasa Beserta Minumannya

Makanan untuk tupai- Di Indonesia tupai dan bajing dianggap sejenis. Entah saya juga bingung, padahal keduanya sangat sangat berbeda, baik dari fisik maupun kelompok. Bajing adalah hewan pengerat yang lucu, dia termasuk keluarga Sciuridae yang bahasa inggrisnya squirrel. Sedangkan tupai jarang dipelihara, dia termasuk keluarga Tupaiidae yang bahasa inggrisnya disebut treeshrew. Dari fisik, bajing lebih keren karena moncongnya tidak terlalu panjang, sedangkan tupai memiliki moncong yang lebih panjang.

Nah perlu kami luruskan, sebenarnya yang kami bahas di sini adalah makanan bajing bukan pakan tupai. Lalu mengapa saya tulis makanan tupai? Habisnya orang-orang awam selalu menyebut bajing dengan nama tupai, padahal tupai itu jarang dipelihara Loh! Ya sudah biar mempermudah pencarian google, saya tulis makanan untuk tupai. hehe Biar tambah wawasan anda bisa membaca tulisan 17 perbedaan bajing dan tupai yang pernah ditulis sebelumnya.

Meskipun keduanya sangat berbeda namun dari sisi perawatan ternyata tidak sama. Sebagaimana yang sudah saya bahas di artikel: [Cara memelihara tupai dan Bajing untuk pemula].

Baiklah langsung saja berikut ini hobinatang.com sudah merangkum daftar makanan tupai yang baik dari mulai masih bayi sampai dewasa.

Makanan Tupai dan Minumannya


Makanan untuk Tupai

Makanan untuk tupai berbeda makanan untuk bajing. Tupai lebih suka serangga sedangkan bajing lebih banyak makan buah-buahan. Namun karena di Indonesia bajing dianggap tupai maka tupai menjadi pemakan buah-buahan. wkwkw Tapi gak masalah, yang penting jangan anggap tupai terbang adalah sugar glider. hehe

1. Susu untuk Bayi Tupai Masih Merem


Makanan untuk Tupai dari Bayi sampai Dewasa

Yang pertama adalah makanan tupai yang masih kecil baru lahir dan belum bisa melek. Perawatan bayi tupai yang masih kecil harus lebih intensif, makanan tupai kecil dan dewasa sangatlah berbeda. Tupai yang matanya masih tertutup/merem tidak perlu dikasih makanan. Cukup disepetin susu menggunakan dot atau pipet yang khusus hewan. Susu yang cocok untuk anak tupai adalah susu anak kucing karena tidak mengandung laktosa. Kalau ga mampu beli susu kucing, belilah susu manusia yang sedikit mengandung laktosa. Seperti susu SGM 0-6 bulan atau susu Dancow.

2. Makanan Bubur untuk Tupai 2-3 Bulan


Makanan Bubur Untuk Tupai

Jika anak tupai sudah bisa melek dan mencapai usia 1,2 sampai 3 bulan, anda boleh memberikan dia makan berupa bubur Sun atau Cerelac. Kalau tidak Anda berikan makanan padat yang sudah dihaluskan, lalu menyuapinya sesuai porsi dan besar mulut si anak tupai. Misalnya, pisang yang sudah dibikin bubur atau pepaya dan lain sebagainya.

3. Buah Pisang


Makanan Untuk Tupai

Apabila sudah besar, bisa diberi pisang tanpa dilembutkan. Pisang memiliki daging yang lembut saat dilumatkan. Sehingga sangat mudah dicerna oleh tupai. Selain itu kandungan gizi dalam buah pisang juga sangat cocok dalam membantu pertumbuhan gigi anak tupai. Setelah tupai makan pisang, jangan lupa bersihkan kandang dari sisa makanan tersebut ya, agar tidak timbul bakteri.

4. Pepaya Makanan Tupai


Pepaya Makanan Untuk Tupai

Buah pepaya yang sudah matang secara sempurna juga cocok dijadikan makanan tupai. Sebab daging pepaya bertekstur lembut dan empuk. Anak tupai yang belum tumbuh gigi pun bisa melumatnya, apalagi yang sudah besar? Yang pasti pepaya sangat baik dan sehat untuk Si tupai.

5. Kelapa


Kelapa Makanan Untuk Tupai

Kami sarankan beri daging buah kelapa untuk binatang tupai. Sebab tupai sangat menyukainya dan daging kelapa juga mempu merangsang pertumbuhan gigi tupai. Selain itu, buah kelapa juga bisa membuat tupai cepat besar dan gemuk. Karena di dalamnya mengandung kadar lemak yang tinggi. Bisa dikatakan daging kelapa adalah makanan kesukaan tupai.

6. Buah Jambu


Buah Jambu Makanan Untuk Tupai

Ada banyak macam jambu di Indonesia, seperti jambu air, jambu biji dan jambu mete. Ternyata tupai juga suka makan jambu, baik jambu biji maupun jambu air. Namun kami sarankan untuk tidak memberinya jambu air secara berlebihan. Sebab akan membuat air kencingnya sangat pesing apabila makan jambu air berlebihan. Sehingga yang paling cocok adalah jambu biji dengan cara dipisahkan terlebih dahulu bijinya atau bisa dengan diblender lalu disaring agar lembut dan mudah dicerna.

7. Buah Timun


Timun Makanan Untuk Tupai

Irisan buah timun dapat dijadikan makanan selingan atau cemilan saat tupai sedang santai. Timun mengandung air yang cukup banyak dan mudah didapatkan. Sehingga saat tidak ada buah, anda bisa memberikan timun sebagai makanan pengganti sementara. Namun sebaiknya jangan dijadikan makanan pokok karena kurang baik.

8. Buah Kurma


Kurma Makanan Untuk Tupai

Kurma mengandung glukosa yang baik untuk kesehatan tubuh semua makhluk hidup, baik hewan maupun manusia. Jadi tidak mengapa bila sobat memberikan 1 buah kurma yang sudah dibuang bijinya untuk si tupai. Ingat, cukup sebagai makanan selingan ya sob, bukan makanan pokok. Itulah keberkahan dari buah kurma yang mana semua makhluk hidup bisa menikmatinya dan memperoleh manfaatnya. Tapi kalau tidak doyan tidak usah dipaksakan.

9. Buah Duku


Duku Makanan Untuk Tupai

Buah duku juga sangat disukai tupai dewasa, tekstur buahnya empuk sehingga mudah dikunyak oleh tupai. Sebelum memberikan duku pada tupai, sebaiknya buang terlebih dahulu bijinya untuk memudahkan tupai memakannya. Duku juga banyak vitaminnya berupa glukosa yang mampu meningkatkan stamina.

10. Durian Untuk Tupai Dewasa


Durian Makanan Untuk Tupai

Selain buah buahan di atas, sobat boleh sesekali memberi potongan durian pada tupai dewasa. Suapi menggunakan jari tangan anda sedikit demi sedikit. Namun jangan setiap hari karena durian termasuk buah yang panas. Khawatir tupai anda mencret atau perutnya kepanasan. Kecuali jika anda memberi makanan mimin durian, sebulan pun saya sanggup. hahai

11. Buah Coklat


Buah Coklat Makanan Untuk Tupai

Buah coklat juga sangat disukai tupai apabila sudah benar benar matang berwarna kuning dan manis. Buah coklat ini cukup sebagai alternatif makanan sementara bila tak ada buah lain. But, kalian jangan salah sangka, yang dimaksud di sini adalah buahnya. Bukan coklat yang dijual di supermarket. Sebaliknya kalian dilarang memberi coklat untuk tupai, karena coklat banyak mengandung bahan berbahaya buat hewan tupai.

12. Belimbing Bisa untuk Pakan Tupai


Belimbing Makanan Untuk Tupai

Bayi tupai tidak disarankan makan belimbing. Tapi kalau tupai dewasa boleh makan buah belimbing. Berikan belimbing yang sudah benar benar matang dan manis. Jangan yang masih asam, khawatir si tupai jadi mencret.

13. Buah Mangga


Mangga Makanan Untuk Tupai

Mangga juga enak dan disukai tupai. Mencarinya mudah dan tupai juga mudah melumatnya. Carilah mangga yang benar benar sudah matang dan manis. Cukup sebagai makanan sampingan, karena setelah makan mangga biasanya bau pipis si tupai jauh lebih pesing dibandingkan makan pisang.

14. Rambutan


Rambutan Makanan Untuk Tupai

Rambutan hampir sama dengan duku dari segi tekstur daging buahnya. Hanya saja rambutan lebih besar daripada duku. Buah yang satu ini juga sangat disukai tupai. Disarankan tidak untuk bayi tupai karena dia belum punya gigi. Rambutan sangat mudah didapat apalagi saat musim rambutan. Tapi bila dia tidak mau makan, jangan dipaksakan.

15. Buah Jeruk untuk Menambah Vitamin


Jeruk Makanan Untuk Tupai

Untuk menambah nutrisi dan vitamin C Anda bisa memberinya buah jeruk yang sudah dikupas kulitnya dan terlihat bulirnya. Dengan demikian Tupai mudah makan jeruk tersebut. Jangan pilihkan jeruk yang kecut, tapi pilih kan yang rasanya manis dan segar.

16. Buah Pir


Buah Pir Makanan Untuk Tupai

Tentu saja buah pir bisa dijadikan alternatif makanan tupai. Saya pribadi agak berat memberi makan buah ini karena harganya yang mahal. Daripada membelikan tupai lebih baik membelikan untuk mantan. he dan masih banyak lagi buah-buahan yang disukai tupai. Silakan Anda eksperimen sendiri di rumah. Kalau biji bijian dia suka makan kacang, kuaci atau biji lainnya.

17. Potongan Batang Tebu


Tebu Makanan Untuk Tupai

Selain dari jenis buah buahan, ternyata tebu juga bisa dijadikan pakan tupaj. Tebu rasanya manis, sehingga menjadi makanan favorit tupai. Selain itu, tupai yang makan tebu dapat merangsang pertumbuhan gigi serta membersihkan gigi tupai.

18. Sayuran


Sayuran Makanan Untuk Tupai

Sayuran juga termasuk makanan favorit tupai, namun bukan untuk dijadikan makanan pokok. Cukup jadi makanan selingan saja. Sayuran yang bisa diberikan pada tupai berupa kol atau brokoli yang menyehatkan dan penuh dengan gizi yang baik untuk pertumbuhan tupai. Berikan potongan kecil saja bunga kol dan jangan berlebihan. Lalu sayur toge atau kecambah juga baik untuk pencernaan tupai dan kacang panjang yang sudah dipotong potong kecil.

19. Serangga Untuk Tupai Dewasa


Serangga Makanan Untuk Tupai

Jenis makanan untuk tupai yang ke-19 adalah serangga. Meski aslinya lebih suka buah, tapi tupai juga doyan makan serangga kecil, bahkan kami sarankan sesekali beri serangga kecil untuk tambahan protein nutrisinya. Serangga yang bisa dimakan tupai adalah ulat hongkong dan jangkrik. Selain serangga, sobat juga bisa memberikan pakan burung buat si tupai sebagai cemilan.

20. Bubur Nasi


Bubur nasi memiliki kandungan karbohidrat yang juga sangat baik untuk tupai biar lebih gemuk. Teksturnya lembut sehingga mudah dicerna. Beri secukupnya saja, jangan berlebihan khawatir obesitas. Bubur nasi jangan dijadikan makanan pokok si tupai. Jadi sebenarnya tupai itu herbivora apa omnivora sih? Segala makanan bisa masuk hehe.

Itulah beberapa makanan yang boleh diberikan pada tupai dewasa dan bayi tupai. Jika sobat ingin memberikan makanan selain yang kami sarankan di atas, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu kandungan di dalam makanan tersebut untuk kehati hatian. Lalu apa minuman yang bagus buat tupai?

Minuman Untuk Tupai


Makanan Untuk Tupai beserta Minumannya

Tupai tidak hanya butuh makanan, ia juga harus minum agar tidak dehidrasi dan kekurangan mineral dalam tubuhnya. Memberi minum pada tupai juga tidak boleh sembarangan. Berikut minuman untuk tupai:

1. Minuman Susu


Susu yang boleh diberikan untuk bayi tupai dan tupai dewasa adalah susu kambing etawa, susu kedelai, susu anjing dan susu kucing (KMR). Upayakan untuk menghindari pemberian susu sapi pada bayi tupai dan tupai dewasa. Sebab, susu sapi mengandung laktosa penyebab diare pada tupai.

2. Air Kelapa Muda


Tak hanya manusia, tupaipun juga suka minum air kelapa. Rasanya manis dan segar membuat si tupai tak ingin melewatkannya sebagai minuman tambahan. Di samping segar, air kelapa muda juga memiliki khasiat yang banyak untuk menambah stamina tubuh tupai dan menghilangkan racun tubuh.

3. Madu


Ternyata tupai juga hobi minum madu. Madu boleh untuk tupai. Anda bisa mencampurkan madu ke dalam air putih lalu diminumkan ke tupai. Biasanya madu bisa menambah stamina dan kesehatan.

4. Air Putih Mineral


Semua minuman yang kami sebutkan di atas mengandung banyak gula dan rasanya manis. Sehingga kami sarankan hanya sebagai minuman selingan saja. Sebab, tupai akan lebih mudah haus atau dehidrasi jika keseringan minum yang manis manis. Untuk minuman pokoknya, cukup air putih saja sebagai pengganti ion tubuh si bayi tupai dan induknya.

Baiklah demikian rangkuman makanan dan minuman tupai dari masih kecil sampai dewasa. Walaupun sebenarnya tupai yang saya maksud di sini adalah bajing, tapi jangan protes ya, karena sudah terlanjur bajing disebut tupai. Ya pasrah saja.

0 Komentar 20 Makanan untuk Tupai dari Bayi sampai Dewasa Beserta Minumannya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top