HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

17 Perbedaan Menonjol Bajing dan Tupai Disertai Gambarnya

Perbedaan bajing dan tupai- banyak sekali orang Indonesia yang keliru menyebut bajing sebagai tupai atau sebaliknya. Mereka beranggapan kalau tupai dan bajing itu adalah hewan yang sama satu jenis, padahal jika dicermati dengan baik keduanya sangat berbeda sekali, baik dari segi fisik, karakter maupun klasifikasi ilmiahnya.

Sayangnya fenomena ini sudah mendarah daging di masyarakat, sehingga di sini hobinatang.com ingin sekali meluruskan pemahaman masyarakat terkait perbedaan tupai sama bajing. Disamping itu kami juga akan menyertakan gambar-gambar penguat agar lebih mudah dalam membedakan antara tupai dan bajing.

Gambar yang akan dijadikan perbandingan adalah tupai kekes dan bajing kelapa (BK), hal itu disebabkan karena tupai kekes dan bajing kelapa merupakan spesies yang paling banyak dijumpai di Indonesia serta paling banyak dijual dan dipelihara.

Perbedaan Bajing dan Tupai Beserta Gambarnya


Bedanya tupai dengan bajing itu sama saja bedanya celurut dengan tikus, jadi sangat mudah dibedakan. Bahkan hanya melihat gambar/fotonya saja mungkin kalian sudah bisa membedakan mana yang bajing dan mana yang tupai. Lalu apa saja perbedaan dari kedua hewan ini?

1. Bajing dan tupai dari keluarga dan ordo yang berbeda


Perbedaan yang pertama adalah dari sisi klasifikasi ilmiah, di mana kedua hewan tersebut memiliki kelompok yang berbeda layaknya kambing dan sapi. Menurut data yang kami peroleh, Bajing berasal dari ordo Rodentia dan dari keluarga Sciuridae. Sedangkan tupai dari ordo Scandentia dan dari keluarga Tupaiidae dan Ptilocercidae.

Dari penyebutan bahasa inggris pun juga berbeda. Dalam Bahasa Inggris bajing dipanggil squirrel, sedangkan tupai dipanggil treeshrew. Tuh, bedanya jauh banget kan? Jika keturunannya beda, maka otomatis prilaku, fisik dan jenis makannya juga beda.

Meski beda mereka juga memiliki persamaan, yaitu sama sama animalia, vertebrata kelas mamalia (melahirkan). Oh ya, dan sama sama berbulu wkwk

2. Besar tubuh bajing dan tupai juga berbeda


Dari segi fisik ukuran tubuh tupai sama bajing memiliki perbedaan yang signifikan. Dimana tubuh bajing lebih besar dibandingkan tupai, mulai dari ukuran badan, kaki dan jari jemari. Dengan begitu bobotnya otomatis juga tidak sama. Kalau tidak percaya, anda beli tupai dan bajing yang usianya sama lalu bandingkan mana yang lebih besar.

3. Moncong tupai dan bajing sangat berbeda


Perbedaan bajing dan tupai

Inilah perbedaan paling menonjol dan bisa anda jadikan acuan utama dalam membedakan antara tupai sama bajing. Sebagaimana yang anda lihat pada gambar di atas, ukuran moncong/mulut tupai lebih panjang daripada moncong milik bajing. Makanya tadi kami katakan di atas, kasusnya mirip sama curut dan tikus.

4. Bentuk kepala


Kepala bajing bentuknya agak membulat dan besar, sedangkan kepala tupai agak pipih dan lonjong banget. Lonjong karena bentuk moncongnya yang panjang (sudah kami jelaskan di atas). Kalau sampai poin ini masih bingung, yuk simak lagi perbedaan lainnya. Masih banyak fakta yang belum terungkap hee

5. Ekor tupai dan bajing


Perbedaan bajing dan tupai

Masih dari segi fisik, ekor bajing terasa lebih lembut sehingga bulunya terkesan lebat selain itu ekornya juga melengkung/naik ke atas seperti gambar di atas. Sedangkan ekor milik tupai hanya lurus, pendek dan kecil.

6. Bulunya beda


Perbedaan bajing dan tupai

Cara membedakan tupai dan Bajing kalian bisa melihat bulunya. Bulu bajing terlihat jauh lebih tepat dibandingkan punya tupai. Untuk tupai kekes dan bajing kelapa memiliki warna bulu yang agak mirip yaitu abu-abu kehitaman. Tapi lebih cerah dan mencolok bajing, malah ada jenis bajing yang memiliki 3 warna, kuning, hitam dan merah.

7. Mata tupai dan bajing


Perbedaan bajing dan tupai

Perbedaan berikutnya terletak pada mata. Mata bajing bulet agak besar di sekelilingnya biasanya terdapat lingkaran warna kuning seperti cincin. Sedangkan untuk mata tupai lebih kecil cenderung kecil, sipit dan tidak memiliki warna mencolok di sekelilingnya.

8. Jari depan tupai ada 4


Perbedaan bajing dan tupai

Perbedaan menonjol berikutnya terletak pada jumlah jari di kaki depan tupai atau bajing. Karena jari kaki depan bajing ada 4, sedangkan jari kaki depan tupai ada 5.  Dari situ terlihat jelas perbedaannya.

9. Gigi


Perbedaan bajing dan tupai

Kalau diperhatikan secara detail dan nyata gigi tupai itu lebih tajam dan lebih banyak, untuk itu dia dimasukkan ke dalam ordo insectivora (pemakan serangga). Sedangkan struktur gigi bajing tidak bertaring seperti tupai karena makanan favoritnya adalah buah-buahan atau biji-bijian.

10. Karakter duduk tupai dan bajing


Setelah melihat bentuk fisik sekarang kita melihat kebiasaan atau karakternya.  Salah satu karakter yang berbeda dari kedua hewan tersebut adalah cara duduknya. Bajing memiliki cara hidup seperti sugar glider, yaitu tegap/tegak. Sedangkan tupai duduknya cenderung tengkurap.

11. Jenis makanannya juga beda


Seperti yang sudah saya singgung di atas. Tupai memiliki gigi yang lebih tajam dan ditakdirkan senang memakan jenis serangga, meskipun doyan juga memakan buah atau biji. Sedangkan Bajing lebih banyak memakan buah-buahan dan biji-bijian sejak kecil, kecuali saat sudah dewasa biasanya mau memakan serangga.

Baca juga: 20 Makanan Tupai dan Bajing yang Baik

12. Pergerakan keduanya juga beda


Poin ke-12 ditinjau dari sisi pergerakan, meskipun bajing dan tupai sama-sama bergerak cepat, namun kemampuan meloncat dan terbang hanya dimiliki oleh bajing. Sedangkan tupai terkesan berlari, walaupun bisa melompat tapi tidak sepandai bajing. Makanya ada istilah bajing loncat yang paling ditakuti supir truk wkkw

13. Keagresifan tupai dan bajing


perbedaan bajing dan tupai

Tidak diragukan lagi baik tupai maupun bajing sama-sama agresif, karena mereka termasuk golongan binatang liar yang bisa didomestifikasikan (dipelihara) untuk tujuan hobi. Sehingga sebagaimana hewan liar lainnya, mereka semua sangat agresif, namun lebih agresif bajing dibanding tupai. Sampai-sampai para hobis mengatakan bahwa tupai lebih mudah dijinakkan daripada bajing.

14. Jumlah spesies berbeda


perbedaan bajing dan tupai

Karena mereka berbeda kelompok maka spesiesnya pun berbeda. Menurut data terdapat 278 lebih spesies Bajing dan tupai hanya ada 20 spesies, dan 12 di antaranya ditemukan di Indonesia. Jenis tupai yang terkenal di Indonesia adalah tupai kekes (tupai javanica).  Sedangkan bajing yang terkenal di Indonesia adalah bajing kelapa (Callosciurrus notatus) dan bajing tiga warna ada di Kalimantan.

15. Cara kawin juga tidak sama


Apabila tupai bisa kawin meskipun berbeda spesies atau berbeda jenis, maka berbeda dengan bajing yang hanya mau kawin sesama spesies. Semua hewan mamalia biasanya setelah kawin betinanya akan ditinggal oleh sang jantan.

16. Tingkat perawatan


perbedaan bajing dan tupai

Sebenarnya dalam hal perawatan hampir mirip, hanya saja bajing lebih mudah dirawat karena memang suka buah dan biji sehingga mudah dicari (misal pisang, pepaya bahkan bubur bayi doyan). Sedangkan tupai lebih cenderung suka serangga seperti ulat hongkong atau jenis serangga lainnya. Adapun soal penjinakan memang lebih mudah tupai.

17. Sikap pada manusia


perbedaan bajing dan tupai

Kalau mau dilatih pasti mereka semua akan ramah sama manusia, sebab mereka termasuk hewan cerdas dan mudah dilatih. Namun soal galak, umumnya bajing lebih galak daripada tupai yang cenderung tenang. But, anda akan menilainya sendiri setelah memiliki keduanya.

Simak juga: Perbedaan tupai terbang dan sugar glider

Demikianlah rangkuman lengkap tentang perbedaan bajing dan tupai paling menonjol yang sudah disertai beberapa gambar dan foto. Jadi jangan salah lagi dalam mengenal mana bajing mana tupai. Silakan bagikan agar yang lain tercerahkan.

0 Komentar 17 Perbedaan Menonjol Bajing dan Tupai Disertai Gambarnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top