5 Cara Membedakan Tupai Jantan dan Betina Dilengkapi Gambarnya

Jika kalian memelihara bajing atau tupai di rumah, setidaknya kalian harus bisa mengetahui jenis kelaminnya, terlebih lagi bagi Anda yang ingin membudidayakannya, maka mengetahui jenis kelamin merupakan hal yang wajib. Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan menjelaskan cara membedakan tupai jantan dan betina.

Setelah kami telusuri di grup grup komunitas pecinta tupai, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan tupai jantan dan betina. Mungkin karena mereka masih pemula dan baru memelihara tupai sehingga belum tahu perbedaannya, baiklah langsung saja berikut ciri-ciri tupai betina dan jantan.

Cara Membedakan Tupai Jantan dan Betina


cara membedakan tupai jantan dan betina

Membedakan kelamin tupai maupun bajing sangatlah mudah tidak seperti membedakan ikan hias, selain itu caranya juga hampir mirip seperti membedakan hamster jantan dan betina yang pernah kami bahas sebelumnya. Jadi anda tidak perlu pusing pusing memikirkan hal ini. Setidaknya ada 5 langkah kalian bisa membedakan mana tupai jantan dan betina.

1. Pegang tupai atau bajingnya


Tentu saja yang pertama adalah harus berani memegang tupai dan bajingnya, jangan takut digigit, kalau anda tidak berani memegang tupai kenapa anda memelihara tupai?

2. Balikkan badan tupai untuk mengetahui jenisnya


Kemudian balikkan badan tupai agar visual anunya yang terlihat, pastikan kalian melakukannya dengan lemah lembut, saat anunya tupai sudah terlihat jangan berpikir yang aneh-aneh ya Sob! Apalagi membayangkan ma*tan

3. Lihat anu


Anda jangan berfikir melihat anu hewan itu berdosa, kalau sampai nafsu kebangetan. Hahha tapi inilah salah satu cara mengetahui perbedaan tupai jantan dan betina. Setelah kelamin terlihat kalian tinggal langkah yang terakhir, yaitu mengetahui ciri-ciri kelamin tupai jantan sama betina.

4. Raba raba bagian perut


Dengan meraba-raba di bagian perut dan anu maka anda akan mengetahui ciri-cirinya, meraba perut bertujuan untuk memperjelas bentuk kelamin yang tertutup oleh bulu. Lalu anda tinggal mengetahui ciri cirinya.

3. Ciri-ciri kelamin tupai jantan dan betina


perbedaan tupai jantan dan betina

Inilah pokok pembahasan dari poin poin di atas, kalian cukup melihat kelaminnya saja sudah bisa membedakan mana yang jantan dan betina. Adapun ciri-cirinya bisa anda perhatikan di bawah ini sambil melihat gambar di atas:

Kelamin tupai jantan:

ciri-ciri tupai jantan

  • Kelamin tupai jantan dan anus berjauhan, bisa anda lihat di gambar.
  • Tupai jantan mempunyai "pen*s" panjang kira kira ukurannya 1 cm.

Kelamin betina: 

ciri-ciri tupai betina

  • Kelamin tupai betina berdekatan dengan anus, hampir menempel.
  • Kemudian yang namanya betina pasti tidak memiliki pen*s hehe. Di perutnya tidak ada yang mencuat atau menonjol. Toh kita juga gitu kan? kwkw

Demikianlah perbedaan antara tupai jantan dan betina. Semoga memudahkan teman teman untuk mengetahui kelaminnya peliharaan anda.