HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

4 Perbedaan Menonjol Antara Hamster Jantan dan Betina

Perbedaan hamster jantan dan betina- Salah satu tips sebelum membeli hamster adalah mengetahui jenis kelaminnya. Apakah ingin membeli hamster jantan atau betina, atau malah dua-duanya agar bisa diternakkan. Namun sayangnya di antara kita (para pemula) banyak yang masih belum bisa membedakan antara hamster jantan dan betina.

Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Hal itu disebabkan karena hamster tergolong binatang mungil yang sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Dan kalau dilihat secara sekilas hamster jantan dengan betina nyaris tidak ada bedanya. Mereka berdua hampir sama, baik dari segi bentuk tubuh, karakter atau corak warnanya. Sehingga wajar saja jika para pemula kesusahan untuk mengetahui perbedaannya.

Akan menjadi masalah besar bagi penghobi hamster yang ingin membudidayakannya jika dia tidak mengerti perbedaan jenis kelamin hamster betina dan jantan. Bagaimana mungkin dia bisa mengawinkan kalau untuk membedakannya saja tidak bisa??

Oleh sebab itu hobinatang.com di sini akan memberikan cara jitu membedakan kelamin jantan dan betina dari hewan hamster. Insyaallah caranya sangat mudah, yang penting sobat tahu ilmunya dulu. Oke berikut ini perbedaan hamster jantan dan betina:

Perbedaan Hamster Jantan dan Betina


Perlu sobat ketahui, untuk mencermati perbedaanya kalian jarus memiliki kejelian dan ketelitian secara visual. Artinya sobat harus mengambil si hamster dan meraba-raba di bagian-bagian yang ingin dibedakan antara keduanya. Karena sebenarnya jenis hamster jantan dan hamster betina memiliki ciri-ciri fisik yang tidak sama. Bahkan bedanya sangat jauh. Apa saja ciri-ciri hamster jantan sama betina?

1. Kelenjar Bau Hamster Jantan dan Betina Berbeda


Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Cara membedakan kelamin hamster jantan dan betina yang pertama adalah dengan melihat kelenjar baunya. Pertama-tama sobat pegang hamsternya lalu dilihat bagian perutnya. Tapi awas kalau digigit, biasanya yang suka gigit itu hamster jenis cambel dan winter. (Baca selengkapnya: jenis hamster paling lucu di dunia).

Nah setelah dipegang dan dipriksa kalian tinggal melihat apakah ada kelenjar bau atau tidak. Berdasarkan dari gambar di atas sangat jelas bahwa hamster jantan memiliki kelenjar bau yang lebih besar dan jaraknya pun sangat jauh dengan anus. Sedangkan untuk hamster betina mungkin juga memiliki namun tidak besar sehingga tidak terlihat.

Kelenjar bau ini berfungsi sebagai penanda daerah kekuasaannya. Dengan mengeluarkan aroma yang khas si hamster akan paham jika daerah tersebut pernah dilewati atau ditempati.

2. Kelamin Jantan dan Betina Berbeda


Perbedaan Hamster Jantan dan Betina

Ciri-ciri antara hamster jantan dan betina yang berikutnya adalah dari segi buah dzakar. Apa itu buah dzakar? Ah masa kaya gitu saja masih tanya?! Buah dzakar itu anu (kelamin/alat vital). Untuk cara membedakannya masih sama, yaitu mengambil hamsternya dan diraba-raba di bagian atas anusnya.

Namun pastikan si hamster sudah umur 3-4 bulan, kalau di bawah itu biasanya kelaminnya belum terlihat menonjol. Jika sudah mencapai usia di atas maka akan terlihat perbedaan yang signifikan di antara kelamin hamster jantan dan betina. Kalau tidak percaya cobalah sobat cermati di daerah anus dan sekitarnya. Di sana ada 2 lubang atau benjolan, lubang yang dekat ekor adalah anus dan lubang yang di atasnya adalah lubang kelamin (penile).

Untuk hamster jantan, antara lubang anus dan kelamin memiliki jarak yang lumayan jauh, kira-kira sekitar 2-3 cm. Sedangkan untuk hamster betina nyaris tidak ada jarak di antar anus dan kelamin. Sebagaimana foto di atas, yaitu antara kelamin betina dan anusnya seperti menempel.

3. Puting Susu Hamster Betina


Perbedaan Hamster Jantan dan Betina
http://farm6.staticflickr.com
Perbedaan ketiga adalah dengan melihat putingnya. Yang jantan tidak ada dan yang betina ada. Hamster betina mempunyai 4-6 buah puting susu di sisi-sisi perutnya. Untuk melihatnya kalian harus membuka bulunya, tapi kalau umurnya sudah besar tanpa membuka pun sudah terlihat.

4. Karakteristik Hamster Jantan dan Betina


Poin keempat ini merupakan poin terakhir cara membedakan hamster jantan dan betina. Jika sebelumnya kita melihat dari segi fisik tubuhnya maka sekarang adalah sifat atau wataknya. Umumnya hamster jantan lebih agresif dan aktif dibandingkan hamster betina. Apalagi kalau lagi birahi (pingin kawin).

Baca juga: cara merawat hamster yang baik dan benar

Yups akhirnya usai juga pembahasan perbedaan hamster jantan dengan betina. Bagaimana mudahkan? Iya dong' karena 4 poin di atas sudah sangat jelas. Masa sih setelah membaca ini masih belum paham juga. Kalau begitu silahkan tanyakan saja ke kolom komentar ya jika masih ada yang belum mengerti. Thanks You [Note: boleh disebarkan tapi wajib menyertakan sumber]

3 Komentar 4 Perbedaan Menonjol Antara Hamster Jantan dan Betina

  1. Hai, saya mau tanya seminggu lalu hamster saya baru saja melahirkan 4 ekor. Lalu yg jantan sy pisahkan dr betina dan anak2nya. Yang ingin saya tanyakan apakah si jantan akan stress dan kesepian? Lalu sy lihat di bagian kelamin atau anusnya si jantan kok seperti membengkak merah?? Apakah itu normal? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga kak, malah justru sebaiknya harus dipisahkan kak. Kalau tidak di pisah akan membahayakan anaknya. Nanti bisa digabung lagi kalau sudah bisa makan sendiri kak (kalau saya).

      Jantan sifatnya pemberontak. Jadi kalau tidak dipisahkan dia akan menyerang anaknya atau bahkan kanibal (makan anaknya sendiri). Ada pula yang menyarankan hamster roborovski tidak di pisah karena dia kalem.. Tapi kalau saya semua jenis hamster wajib di pisah. :)

      Untuk masalah kelamin, diam kan saja dulu sampai beberapa hari. Jika kembali normal, berarti itu hal biasa. Jika belum sembuh juga, Silahkan hubungi kami lagi ya kak.. (admin)

      Delete
    2. Anonymous20 May

      Its normal

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top