6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Siapa yang tidak mengenal jenis hewan pengerat yang sangat imut ini? Binatang hamster merupakan hewan peliharaan paling populer di Indonesia setelah anjing dan kucing, apalagi bagi para wanita. Kebanyakan wanita menyukai hewan ini karena imut dan lucu, baik bentuk tubuh maupun sifat dan karakter hamster itu sendiri. Selain itu, hamster juga merupakan binatang yang bersih, menyukai tempat kering dan mudah dirawat.

Jadi hewan ini sangat cocok dipelihara bagi anda yang tidak suka "kotor" atau bau. Perawatan hamster pun tak serumit saat merawat hewan peliharaan lainnya, karena hamster tidak memerlukan kandang yang besar sehingga tidak memakan tempat di dalam kamar kita, bahkan bisa diletakan di atas meja atau yang serupa dengannya.

Selain itu merawat hamster juga tidak membutuhkan uang banyak, sebab pengeluaran kebutuhan makanan hamster hanya biji-bijian dan buah segar atau serangga kecil.

Jenis-Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

Mungkin di antara kalian ada yang berfikir jika hamster termasuk bagian dari keluarga tikus, namun kenyataannya dia bukanlah bagian dari mereka, sebab hamster sangat menyukai kebersihan, sedangkan tikus lebih cenderung jorok. Yang jelas apa saja yang membicarakan tentang hamster sudah kami bahas semua pada artikel [Mengetahui Kehidupan Hamster Mulai Dari Karakter sampai Makanan dan Kebiasaan], sedangkan kami di sini hanya akan membicarakan jenis-jenis hamster yang ada di Indonesia, disertai harga terbarunya. Apa saja macam-macam jenisnya?

1. Hamster Campbell Kerdil


Hamster Campbell Kerdil

Jenis hamster yang pertama ialah Hamster Campbell. Hamster Campbell memiliki nama latin phodopus campbelli. Dia dinamakan campbell karena ditemukan oleh W.C. Campbell (tahun 1902) di Tuva, sebuah daerah yang terhubung antara Tiongkok dan Rusia. (wikipedia.com)

Spesies hamster yang satu ini sudah sangat populer di seluruh dunia apalagi di Indonesia. Hamster campbell menjadi favorit banyak penghobi karena tubuhnya yang mini, kecil dan mungil, dari situlah orang-orang menyebutnya dengan hamster kerdil. Selain itu, si campbell memiliki banyak kelebihan di antaranya, banyaknya variasi warna bulu, hal itu membuat  pecinta hamster leluasa untuk meilih jenis campbell yang ia sukai, dia juga sangat setia, pintar dan aktif. So, sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai teman kita dikala kesepian.

Namun, dibalik kelebihan-kelebihan yang ia miliki, hamster campbell juga ada kekurangannya loh, yaitu sangat nakal, galak dan suka menggigit pemilik barunya. Tapi, kalau sering diberi kasih sayang dan suka dipanggil dengan namanya, pasti lama-lama juga jinak ko. Maka, bagi pemula yang ingin memelihara jenis hamster satu ini, sebaiknya dihindarkan dari jangkauan anak-anak, soalnya kalau menggigit bisa berdarah. Kalau buat orang dewasa sih, ga masalah, tapi kalau buat anak kecil bisa-bisa nangis 7 hari 7 malam.

Hamster campbell biasanya hidup berkelompok, jadi jika kalian ingin memelihara jangan hanya membeli satu ekor saja ya'. Untuk ukura tubuh rata-rata panjang tubuh hamster campbell dewasa ± 11-15cm, dan umur siap anu-anu (kawin) sekitar 2-3 bulanan, sedangkan masa hamil 16-20 hari. Harga terbaru hamster campbell adalah Rp.20.000-35.000

2. Hamster Winter White


Hamster Winter White

Setelah membaca jenis hamster Campbell, maka jenis yang selanjutnya adalah kembarannya si Campbel. Apa itu? Ya, dia adalah hamster Winter White dari padang rumput bersalju di daerah utara Kazakhstan dan Siberia atau kerdil putih rusia, yang nama latinnya adalah phodopus sungorus sungorus.

Mereka berdua memiliki kesamaan dalam hal ukuran, sama-sama kerdil. Kesamaan berikutnya adalah penampilan dan juga karakter. Samam-sama suka menggigit dan galak. Meskipun demikian, si WW (Winter White) akan sangat setia dan berbakti kepada pemiliknya apabila sudah dijinakkan dan berhasil mengambil hatinya. Wah, agak lebay juga ya, tapi memang demikian adanya.

Lalu apakah perbedaan hamster Campbell dan Winter White? perbedaannya ada pada sifat, ukuran dan variasi warna. Winter White memiliki sifat pemalas, sedangkan Campbel aktif, lalu badan Winter White lebih kecil (sekitar 9-12 cm) dan hanya memiliki 3 variasi warna, yaitu warna normal (putih salju), pearl dan sapphire. Uniknya, ketika dia berada dihabitat aslinya (salju) maka seluruh bulunya akan berubah menjadi warna putih, itulah mengapa dia disebut sebagai (Winter White). Harga terbaru Winter White  Rp.30.000-Rp.35.000

3. Jenis Hamster Emas Syrian


Jenis Hamster Emas Syrian

Syirian dengan nama latinnya mesocricetus auratus, merupakan jenis hamster yang berasal dari negara Suriah, tepatnya di Aleppo. Selain sebutan syirian, dia juga biasa dipanggil hamster emas, sebab bulunya yang berwarna keemas-emasan.

Perbedaan hamster emas dengan jenis lainnya yang mencolok terdapat pada besar tubuhnya, dan bulunya. Mengapa? Karena hamster syirian adalah hamster terbesar di antara hamster lainnya, dan juga bulunya paling tebal daripada jenis lainnya, makannya kadang dia juga disebut sebagai hamster anggora. Yang jelas syirian sangat cocok dipelihara oleh siapa saja, karena dia tidak terlalu kecil. Selain itu, dia juga mudah dijinakan serta tidak suka menggigit.

Bagi Anda yang tertarik untuk merawat hamster ini, maka siapkan saja kantong yang cukup, sebab perawatan hamster ini tergolong mahal, apalagi di Indonesia hamsters syirian juga kurang populer tapi Insyaallah banyak tersedia di toko-toko hewan.

Karakter hamster syirian adalah kebalikan dari hamster campbell, karena syirian sangat lambat, mungkin keberatan tubuh kali ya' haha. Bayangkan besar tubuhnya saja bisa 16-20cm. Wadau..

4. Jenis Hamster Panda


Jenis Hamster Panda

Hamster panda memiliki corak unik seperti panda, namun dibalik keunikannya sebenarnya dia sangat nakal dan suka menggigit. Maka jangan berikan jenis hamster ini pada anak-anak.

5. Jenis Hamster Roborovski


Jenis Hamster Roborovski

Dari sekian jenis hamster yang sudah hobinatang sebutkan ternyata masih ada hamster yang ukurannya paling kecil di dunia, yaitu hamster Roborovskis (Phodopus roborovskii). Sering juga disebut dengan hamster Mongolia, sebab dia berasal dari daerah Mongolia Timur tepatnya di utara daratan Cina. Selain itu, Roborovski juga spesies hamster yang tercepat dari semua jenis hamster.

Habitat aslinya adalah di gurun gobi dan padang pasir, kebiasaan mereka yaitu menggali lubang di antara 60 sampai 200 cm dibawah tanah untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Entah mengapa jenis Roborovski sangat banyak diminati masyarakat Indonesia terutama anak-anak, mungkin karena bentuknya yang menggemaskan dan lincah, sehingga enak diajak main dan juga suka berlarian di mainan-mainan yang tersedia di kandangnya.

Sejauh ini, hamster Roborovski hanya mempunyai 2 macam warna, yaitu normal dan white face. Menurut pecinta hamster yang ada di forum-forum facebook, Roborovski memiliki banyak kelebihan, diantaranya: lincah, tidak suka menggigit, harga terjangkau (bagi yang punya banyak uang :v). Sedangkan kekurangannya adalah penakut dan susah ditangkap. Karena selain badannya yang kecil, dia juga sangat aktif sehingga kalau kabur bisa secepat kilat.

6. Hamster Hybrid


Hamster Hybrid

Hamster Hybrid adalah hamster jadi-jadian. What? Tidak-tidak gusy hanya becanda.

Hamster Hybrid adalah hasil dari kawin persilangan antara hamster campbell dengan winter white, itulah sebabnya kami sempat menyebutnya dengan jadi-jadian, karena memang bukan lahir secara alamiah atau bukan jenis hamster secara murni.

Banyak penghobi hamster yang merasa kesulitan saat memelihara jenis hybrid ini, sebab sangat susah dipelihara dan harganya juga mahal. Mengapa mahal? harga mahal karena memang sulit dikembangkan. Apalagi menurut para saksi pembudidaya-pembudidaya hamster, katanya Hybrid rawan terkena serangan penyakit seperti tumor diabetes dan lain-lain.

Untuk ciri-ciri hamster lebih mirip kepada winter white dari segi karakter, adapaun dari segi warna, hybrid bulunya berwarna emas kadang juga ada yang krem pudar bercampur dengan warna abu-abu halus dan garis putih di punggung warna krem pudar itu.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Ras Paling Lucu Beserta Harga Terbaru 2018

Itulah ke 6 jenis hamster di Indonesian yang paling lucu dan imut, dan juga disertai harga-harga di setiap jenisnya. Dari mulai paling mahal sampai murah. Semoga data ini dapat membantu Anda dalam memilih hewan peliharaan imut ini. Thansk [sumber: wikipedia.com] Maaf apabila ada kesalahan harga dan gambar.

1 Response to 6 Jenis Hamster di Indonesia yang Paling Lucu Beserta Harganya

  1. ane pernah melihara yg hamster panda, polahnya minta ampun dah , lincah dan juga gigitan.
    adek ane sampw nangis kena gigitannya. duh duh

    ReplyDelete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top