HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri dan Cara Merawatnya

Ikan mas koki oranda- Orang Jepang menyebut ikan oranda dengan nama Shishigasira, orang China menyebutnya Mao Tze yang bermakna bunga air. Sedangkan orang Indonesia ada yang menyebutnya ikan Penser. Namun pada dasarnya, ikan mas koki tersebut lebih terkenal dengan sebutan Oranda. Ikan oranda memang termasuk ikan yang sangat terkenal di seluruh dunia bila dibandingkan dengan ikan mas koki jenis lainnya.

Oleh karena itulah ikan oranda harganya relatif mahal, sebab peminatnya sangat banyak. Habitat asli ikan mas koki oranda ada di China dan Jepang. Akan tetapi saat ini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Karena sudah banyak yang mulai membudidayakan ikan tersebut.

Ciri Ciri dan Cara Merawat Ikan Mas Koki Oranda


Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri dan Cara Merawatnya

Ciri ciri ikan oranda sendiri mudah dikenal, di antaranya adalah memiliki jambul di atas kepalanya, hingga terkadang menutupi mata dan mukanya. Jambul tersebut berupa tonjolan mirip jenong louhan yang di dalamnya berisi daging serta cairan cairan yang dinamakan "wen". Perlu sobat ketahui bahwa daging yang ada pada jambul atau jenong tersebut sangat rentan untuk terkena jamur dan bakteri sehingga anda harus benar benar hati hati dalam merawatnya.

Adapun cairan yang bernama "wen" akan muncul pada ikan mas koki oranda di usia 3-4 bulan dan akan terlihat sempurna pada usia 2-2,5 tahun. Jika jambul sudah mulai sempurna, maka akan lebih terlihat menarik dan indah dilihat. Ciri lainnya adalah sisiknya berkilau, sirip ekornya sangat panjang bahkan panjangnya bisa melebihi 4 kali lebih panjang dari tubuhnya sendiiri, jika berenang ekor tersebut akan melambai lambai dengan indahnya.

Kemudian, bentuk tubuhnya bulat dan besar serta setiap sirip dan ekornya diciptakan berpasangan kecuali sirip punggung hanya ada satu. Keindahan dan keunikan yang lain dari ikan mas koki oranda ialah ekor dan serip akan mengembang layaknya bunga mekar saat mereka berhenti berenang. Makanya tidak heran kalau orang China menyebutnya dengan "bunga air".

Di samping itu, ikan oranda juga bisa tumbuh mencapai 30 cm panjangnya. Bagi pemula sebelum memutuskan untuk membeli ikan mas koki oranda ada baiknya mencari informasi terlebih dahulu terkait warna dan jenisnya. Sebab, ikan oranda memiliki warna yang bervariasi. Ada merah kombinasi putih, hitam, coklat, belacu dan saat ini ada yang membudidayakan dengan warna biru namun masih jarang ditemui.

Ikan mas koki oranda yang berwarna hitam inilah yang bisa dibilang sangat mirip dengan ikan mas koki jenis lionhead. Warnanya sama sama hitam, bentuk tubuhnya sama sama bula. Bedanya hanya ada pada sirip punggung. Oranda memiliki sirip punggung dan lionhead tidak. Adapun harga ikan mas koki oranda saat ini berkisar Rp. 50.000 untuk anakan sekitar 10 cm panjangnya.

Untuk perawatannya cukup mudah, ia dapat tumbuh dengan baik hanya pada suhu air 17-28 derajat celcius.  Selengkapnya silakan baca: Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Tidak Mudah Mati

Baiklah, itu saja ulasan kami tentang ikan mas koki oranda yang sangat popupler dan diminati banyak orang karena mudah perawatannya serta menarik bentuknya. Silakan sobat jika ingin memeliharanya bisa membeli di toko ikan hias daerah anda. Sekian dari kami terimakasih.

0 Komentar Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri dan Cara Merawatnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top