Cara merawat ikan mas koki– Memelihara ikan mas koki merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain bentuknya yang cantik, ikan ini juga memiliki banyak penggemar. Akan tetapi dibalik itu semua ternyata ikan mas koki sulit dipelihara apalagi buat para pemula yang baru terjun ke dunia perikanan.

Hal itu disebabkan karena mas koki tergolong ikan hias air tawar yang mudah sekali mati. Sehingga untuk merawatnya membutuhkan perawatan yang ekstra. Mulai dari kebersihan akuarium, kualitas air, makanan ikan mas koki dan lain sebagainya.

Lalu, bagaimana cara memelihara ikan mas koki agar sehat dan tidak mudah mati?

Di sini hobinatang.com akan membahas tips-tips merawat ikan mas koki agar tidak gampang mati, sekaligus membahas panduan perawatan ikan mas koki agar cepat besar.

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Saat merawat dan memelihara ikan mas koki yang terpenting ialah memperhatikan kondisi aquarium dan perlengkapannya, memperhatikan kondisi air serta pemberian pakan yang baik. Berikut rinciannya:

1. Menyediakan Wadah Akuarium Atau Kolam

Cara Merawat Ikan Mas Koki akuarium

Langkah pertama dalam merawat mas koki adalah menyiapkan tempat tinggal alias wadah. Pada dasarnya ikan mas koki hidup di alam luas yang terbuka. Sehingga sangat cocok bila ia dipelihara di kolam. Tapi jika kalian memilih merawat ikan mas koki di dalam akuarium sebaiknya membuat akuarium yang mirip seperti habitat aslinya, tinggi dan luas.

Sebab apabila kalian membuat akuarium yang tidak seperti habitat aslinya yaitu sempit dan kecil, bisa-bisa resiko kematiannya akan semakin tinggi dan pertumbuhannya jadi lambat. Ukuran akuarium dari volume air yang ideal adalah 38-55 liter perekor.

Setiap ingin menambah jumlah ikan, sebaiknya airnya ditambah 38 liter persatu ikan mas koki. Jika tidak, akan mengakibatkan penumpukan kotoran ikan yang tidak seimbang dengan volume airnya. Sehingga air gampang keruh dan ikan mudah stres.

Disarankan untuk menyiapkan tutup akuarium agar ikan tidak lompat keluar dan bisa berguna jika ingin ditambahkan lampu. Tutup bisa berupa kayu atau triplek.

2. Memberi Alas Akuarium Gravel atau Krikil Khusus

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Untuk menambah kemiripan dari habitat aslinya sobat bisa menambahkan alas akuarium berupa gravel. Akan tetapi diusahakan gravelnya berukuran agak besar, jangan yang halus atau kecil supaya tidak tertelan ikan mas koki.

Sebelum dimasukkan ke dalam wadah sebaiknya gravel direndam terlebih dulu selama 2 malam biar tidak terjadi kontaminasi bahan berbahaya serta tidak boleh dicuci dengan deterjen. Selain gravel beri juga alas berupa kerikil atau batu kecil. Karena kerikil tidak mempengaruhi tingkat keasaman pada akuarium.

3. Menambah Lampu Akuarium

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cahaya lampu berfungsi sebagai penghantar panas. Umumnya lampu yang dipakai adalah lampu led atau pijar redup dan bukan pijar yang berwarna putih, sebab cahayanya terlalu panas. Pemakaiannya cukup 10 jam, sebagaimana siklus cahaya pada siang hari.

4. Memasang Aerator dan Filter Pada Wadah Akuarium

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Cara merawat ikan mas koki keempat yaitu memasang penyaring kotoran atau filter pada aquarium. Alat ini memiliki peran penting dalam menjaga kualitas air tetap bersih. Jika kualitas air tetap bersih, maka ikan akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai parasit berbahaya. Namun, sebaliknya bila tidak dipasang filter, maka kotoran akan menumpuk di air sehingga menjadi keruh kemudian amonia di dalamnya meningkat drastis.

Selain filter pasang juga alat aerator supaya dapat mengalirkan udara di air yang nantinya menjadi oksigen. Sehingga ikan koki merasa nyaman seperti tinggal di habitat aslinya.

5. Tumbuhan Air

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Tumbuhan air sangat cocok bagi pemelihara ikan mas koki di kolam. Menurut para ahli, tumbuhan air mampu memberikan manfaat yang bagus untuk perkembangan ikan mas koki. Tapi kalian wajib memperhatikan kondisi tumbuhan airnya.

Apakah tumbuhannya berkembang dengan baik atau tidak. Jika tumbuhan airnya mati maka sebaiknya langsung dibuang agar tidak termakan ikan dan meracuninya.

6. Menguras Air Akuarium

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Meski akuarium sudah dilengkapi alat penyaring (filter), kita tetap harus menguras airnya sob. Hal ini demi menjaga kualitas air. Cara menguras air:

  • Kuraslah air akuarium dengan gayung, sisakan 1/3 air di dalam akuarium. Jangan dikuras semuanya, karena bisa mengakibatkan si ikan koki stres.
  • Setelah itu, masukan air secara perlahan. Gunakan piring sebagai alat bantu agar air yang kita masukkan tidak merusak dekorasi akuarium.
  • Letakkan piring di atas akuarium (sambil dipegang dengan tangan kiri). Ambil air menggunakan gayung, lalu siramkan air di atas piring. Sehingga air tidak langsung masuk ke dalam akuarium.
  • Akhirnya akuarium kembali dipenuhi air tanpa merusak dekorasinya.
Kuraslah 2 kali dalam sebulan, kalian bisa menguras seluruh air jika sudah 2 bulan. Akan tetapi semua tergantung pada kondisi air, kalau dirasa sudah kotor langsung saja dikuras.

7. Makanan Ikan Mas Koki

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Poin terakhir ialah pemberian pakan ikan mas koki. Makanan merupakan faktor utama kesehatan dan pertumbuhan si ikan. Setiap jenis makanan memiliki kandungan gizi, protein dan nutrisi yang berbeda. Tapi untuk ikan mas koki sendiri sebenarnya hanya membutuhkan pakan yang mengandung protein tinggi serta gizi yang seimbang.

Agar ikan cepat besar, mungkin kalian perlu memberi pakan setiap hari dan memilih jenis makanan yang mengandung protein lebih tinggi. Sebagaimana yang sudah ditulis dalam artikel, jenis makanan ikan mas koki agar cepat besar dan sehat.

Perhatian: sebaiknya sobat memberi makan ikan mas koki sedikit demi sedikit tapi habis. Daripada kalian memberi makan sekaligus banyak namun ikan tidak memakan semuanya. Sehingga pakan tersisa dan mengakibatkan air akuarium kotor. Apalagi jika kalian memberi makan jenis pelet.

Baca juga: macam macam penyakit ikan berbahaya dan pengobatannya

Itulah panduan lengkap cara merawat ikan mas koki agar tidak mudah mati. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian semua khususnya yang sedang memelihara ikan hias mas koki di rumahnya. Terimakasih

2 responses to “Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Tidak Mudah Mati”

  1. Unknown Avatar
    Unknown

    thanks ��

    1. HoBinatang Avatar
      HoBinatang

      Sama sama Mas,

Leave a Comment