Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Makanan ikan mas koki- Mas koki adalah salah satu diantara ikan hias air tawar yang banyak peminatnya. Ia memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah serta unik, badannya sedikit agak membulat dan corak warnanya bervariasi. Sehingga terlihat sangat lucu dan imut.

Menurut sejarah ikan mas koki (Carrasius auratus) pertama kali ditemukan pada tahun 960-1279 Masehi. Kemudian ikan ini menyebar meluas ke negara Jepang hingga akhirnya ke seluruh belahan dunia seperti Indonesia.

Merawat ikan mas koki sendiri tergolong sulit, sebab mereka gampang mati. Namun semua akan mudah bila kalian mengetahui cara memelihara ikan mas koki yang baik dan benar. Nah, salah satu poin terpenting dalam merawat ikan mas koki ialah memperhatikan makanannya. Lalu, apa makanan ikan mas koki agar cepat besar dan sehat?

Makanan Ikan Mas Koki


Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Makanan ikan mas koki beragam jenis dan setiap jenisnya mengandung gizi, protein dan nutrisi yang berbeda-beda. Ada sebagian makanan yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan dan ada pula sebagian makanan yang berguna mempercerah warna tubuh ikan mas koki.

Di bawah ini hobinatang.com menulis beberapa pakan ikan mas koki yang sehat dan bagus untuk pertumbuhannya serta warna sisiknya.

1. Makanan Ikan Mas Koki Kutu Air


Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat kutu air

Kutu air (water flea) adalah hewan kecil yang biasanya tinggal di tepi sungai atau di genangan-genangan air. Meski bentuknya sangat kecil tapi kutu air dikenal sebagai makanan ikan yang memiliki gizi tinggi.

Protein yang ada pada kutu air sekitar 20-50%, lemak 0.5-0.7% dan karbohidrat 0.6-0.9%. Sehingga kutu air sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan mencerahkan warna ikan mas koki.

Makanan Ikan Mas kutu air

Jenis kutu air sendiri terbagi dua, yaitu kutu air Daphnia Magna dan kutu air Daphnia SP. Umumnya para pembudidaya memberikan Daphnia SP untuk anakan ikan mas koki 3-15 hari sedangkan daphnia magna untuk usia di atasnya.

2. Cacing Sutera


Makanan Ikan Mas Cacing Sutra

Pakan mas koki supaya cepat besar yang kedua adalah cacing sutera. Dinamakan cacing sutra karena bentuknya sangat kecil dan lembut. Pemberian cacing sutera sangat kami rekomendasikan sebab kandungan gizi yang ada di dalamnya dapat membantu pertumbuhan tubuh ikan dan merangsang pembentukan jambulnya.

Menurut data lemak yang ada pada casut mencapai 12-13,3%, dan proteinnya 40-50%. Jadi sangat cocok sekali untuk mempercepat pertumbuhan ikan mas koki dan mencerahkan warna tubuhnya.

Untuk mendapatkan cacing sutra kalian bisa mencarinya di selokan, parit dan tepi sungai. Sebelum diberikan ke ikan sebaiknya dicuci bersih terlebih dahulu. Agar bakteri dan parasit berbahaya yang ada pada cacing tidak termakan oleh ikan mas koki. Namun jika kalian tidak ingin repot repot, lebih baik langsung membeli pada penjual cacing sutra. Supaya lebih higienis dan bersih.

Baca: cara beternak cacing sutra untuk pemula

3. Pakan Ikan Mas Koki Cacing Darah


Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Cacing darah ini biasa dijadikan makanan utama untuk ikan mas koki. Karena di dalamnya mengandung nutrisi dan protein yang hampir sama seperti cacing sutra. Bahkan lemak dan mineral yang ada pada cacing darah dapat membantu pertumbuhan ikan. Cacing darah bisa anda cari di alam bebas atau bisa juga langsung membeli di toko ikan hias.

4. Pellet Ikan Mas Koki


Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Pelet merupakan jenis makanan buatan yang paling penting dan banyak digunakan oleh pemilik ikan hias. Setiap pabrik sudah menakar komposisi pelet sesuai fungsinya. Ada yang berfungsi untuk pertumbuhan dan ada pula yang berfungsi untuk mencerahkan warna.

Jadi kalian bisa memilih jenis pelet sesuai kebutuhannya. Produk pelet di bawah ini sering kami pakai sebagai pakan ikan mas koki:

Gold Baby Fish dan Red Baby Fish Food Food, buatan Liman, Floating Pellet Fish Food produksi Kitz dan Star Gold Baby produk Yeaster. Semua jenis pelet ini mengandung protein di atas 32 % dan lemak kurang dari 5 %. (Maaf produk peletnya saya coret, biar tidak jadi iklan gratis hehe)

Intinya pelet dapat membantu pertumbuhan ikan lebih cepat. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kecerahan warna, pembentukan jambul dan juga penggemukan badan ikan mas koki.

Maka dari itu pelet sangat cocok sekali dijadikan pakan utama untuk ikan mas koki kesayangan anda. Sebelum memberi pelet sebaiknya rendam dahulu peletnya sampai mengembang. Hal itu untuk menghindari agar ikan mas koki tidak kekenyangan akibat pelet mengembang di dalam perutnya serta membuat si ikan susah berenang atau tubuh terbalik.

5. Sayuran Caisim


Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Pakan ikan mas koki yang terakhir adalah sayuran kasim, makanan ini juga dipercaya dapat menyehatkan si ikan. Tapi perlu diingat setelah diberi sayuran sebaiknya langsung dibuang sisanya supaya tidak mengotori air di dalam aquarium.

Baca juga: 15 Ikan Hias Cantik yang Mudah Dipelihara Pemula Beserta Harganya

Itulah makanan ikan mas koki lengkap yang berkualitas, sehat dan bagus untuk pertumbuhannya. Selain kelima jenis di atas jika anda ingin memberinya buah buahan maka boleh saja tapi buah yang bertekstur lembut dan tidak asam agar mudah dicerna oleh si ikan. Copas sertakan sumber :)

0 Komentar Makanan Ikan Mas Koki Agar Cepat Besar dan Sehat

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top