HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar

Ternyata penyakit itu bukan hanya menyerang pada manusia tapi juga bisa menyerang makhluk hidup seperti ikan. Bahkan jenis penyakit pada ikan juga bermacam-macam, dari mulai paling ringan sampai berat, yang nantinya akan berbahaya bagi kesehatan si Ikan. Sehingga akan menghambat aktifitas, perkembangan dan pertumbuhan ikan. Tentunya hal itu akan merugikan pemeliharanya.

Maka sebaiknya seorang pembudidaya ikan, baik ikan hias maupun ikan konsumsi perlu mengetehui jenis-jenis penyakit ikan dan cara mencegahnya, agar hasil dari usaha kita tidak sia-sia dalam artian gagal. Berikut daftar macam-macam penyakit ikan dan cara mengobatinya:

5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar

Jenis-Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya


Berikut macam-macam penyakit ikan dan cara mencegahnya yang baik dan benar:

Jenis Penyakit Protozoa

Jenis Penyakit Ikan protozoa
forum facebook

Jenis penyakit ikan yang pertama ini adalah yang paling banyak dialami oleh ikan peliharaan maupun ikan budidaya seperti lele dan patin. Apa itu penyakit Protozoa?

Penyakit Protozoa adalah jenis penyakit white spot yang artinya bintik putih pada ikan. Umumnya parasit protozoa disebut dengan  "Ich" dari jenis Ichthyopthirius multifilis.

Penyakit protozoa biasanya menyerang daerah insang dan sirip, serta ditambah dengan pendarahan pada lukanya. Jalan satu-satunya agar terhindar dari penyakit ikan Protozoa yaitu dengan WC water change 30%-50% (mengganti air) secara rutin demi menjaga agar kondisi air tetap bersih dan segar. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang berkualitas dan baik.

Apabila ikan anda sudah terserang penyakit Ichi ini, maka bisa diobati dengan cara menggunakan garam dapur (NaCI).

Langkah pertama: Sediakan (NaCA) 10-15 g/liter. Setelah tempat sudah siap, maka pindahkanlah ikan yang terserang penyakit Protozoa ke dalam wadah air garam dapur (NaCA) selama 15 menit.

Selain itu, bisa juga dengan larutan obat Malacheet Green (MG) dengan dosis 0,006 mg/liter. Lakukan cara-cara di atas selama 3-4 hari, dan sampai ikan tersebut sembuh.

Penyakit Jamur pada Ikan

Jenis Penyakit jamur Ikan

Selian Protozoa, penyakit jamur juga sering menyerang para ikan, baik ikan hias seperti cupang, neon atau ikan konsumsi, dan bagi manusia mungkin tidak begitu berbahaya, karena tidak membuat pasiennya meninggal dunia, akan tetapi berbeda apabila penyakit jamur ini menyerang tubuh si ikan, sebab dia akan mati jika tidak segera ditangani

Tanda-tanda ikan yang terserang jamuran adalah adanya bercak-bercak putih di sebagian atau seluruh tubuh ikan. Loh, apa bedanya dengan Protozoa? bedanya sangat jelas, yaitu kalau jamuran mengenai hampir seluruh tubuh ikan, tapi kalau Protozoa hanya bintik pada sirip dan insang namun berbahaya.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit jamur ini?

Cara mencegah dan mengobati penyakit jamur pada ikan adalah dengan menjaga kebersihan air. Dan jika kita melihat ada ikan yang terluka, maka sebaiknya langsung dipindahkan ke tempat khusus, agar jamur Aphanomyces dan jamur Aprolegmia tidak menyerangnya.

Jika cara mengatasi jamuran pada ikan di atas kurang berpengaruh, maka kalian bisa menyediakan larutan malacheet green dosis 60 g/M3 atau dengan menggunakan Formalin berdosis 1,5 – 2 cc/liter.

Tips penggunaanya ialah memasukan obat di atas kedalam air lalu disusul oleh ikan selama kira-kira 7- 15  menitan. Setelah itu bisa dilihat perkembangannya, Insyaallah tidak lama kemudian ikan tersebut akan sembuh.

Penyakit Kutu Ikan atau Argulus

Semua jenis kutu memiliki sifat penghisab, baik kutu rambut, kucing dan juga kutu ikan atau yang disebut dengan argulus. Biasanya penyakit kutu ikan ini menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan si ikan, dan bisa mengantarkan kepada kematia.

Tanda-tanda terserang kutu ikan adalah adanya perubahan pada tubuh ikan, terlihat lebih kurus, lemas atau kurang bergairah. Maka dalam hal ini seorang pemelihara ikan harus cermat dalam melihat kondisi ikan, mana yang terserang kutu dan mana yang tidak. Kutu air menyerang dari ekor ikan, sirip dan lainnya.

Mencegahnya tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu mematikan telor-telor argulus dengan cara melakukan pengepuran pada kolam, yaitu kuras habis, dan pupuk kembali. Atau bisa juga dengan memberi larutan garam (NaCL) 25 g/liter selama 7 menit pada wadah khusus, kemudian ambil ikan yang terserang kutu air, lalu masukkan ke dalam wadah tersebut. Selain (NaCL) bisa juga dengan Insektisida Malathin dan Dipterex berdosis 0,25 mg/liter. Mudah bukan?

Jenis Penyakit Ikan Berupa Bakteri

Jenis Penyakit Ikan bakteri
farum facebook

Penyakit ikan karena bakteri juga banyak dialami oleh kebanyakan ikan hias maupun ikan konsumsi. Untuk mengetahui penyakit jenis ini biasanya terdapat luka berwarna merah di bagian luar tubuh ikan, contohnya ada pembengkakan pada perut, sirip ikan mengalami pembusukan, atau insang ikan terdapat bisul yang berisi cairan dan seterusnya.

Bakteri pada ikan ini disebut Aeromonas Hydrophyla yang umum menyerang ikan air tawar. Jika penyakit ini dibiarkan, maka akan menimbulkan bau tak sedap dan membuat kondisi ikan menjadi semakin mengenaskan.

Cara mengatasi serangan bakteri ini hampir sama dengan cara mengatasi penyakit jamur pada ikan. Yaitu dengan menggunakan obat MG (Malacheet Green) yang bisa dibeli di toko ikan hias terdekat atau toko obat ikan lainnya.

Tahap pertama ialah cukup pindahkan ikan yang terserang penyakit bakteri ke dalam air yang sudah ada campuran obat dengan dosis 1-15 mg/L selama kurang lebih 15-20 menit. Lakukan secara teratur hingga benar-benar sembuh.

Jenis Penyakit Ikan Learnea Sp

Jenis Penyakit Ikan Learnea Sp
infoikan.com

Macam-macam dan jenis penyakit ikan selanjutnya adalah Learnea Sp. Penyakit jenis ini merupakan penyakit parasit yang menempel dan banyak menyerang tubuh ikan bagian luar.

Bahkan salah satu penyebab utama timbulnya jamur pada ikan dan bakteri karena disebabkan oleh Learnea Sp. Tapi jangan khawatir, karena penyakit ini tidak akan menyerang ikan-ikan kita apabila kolam air bersih, penebaran benih tidak terlalu banyak dan airator bergungsi normal serta suhu air terjaga.

Apabila kalian melihat luka atau parasit di bagian sirip dan matanya, berarti ikan kita sudah terkena jenis penyakit ini. Sehingga kalian harus segra mengatasinya dengan merendam ikan tersebut ke dalam wadah yang berisi larutan PK (Kalium Permanganat=Kmn02) sebanyak 20-25 mg/liter dengan durasi waktu 1-3 jam. Lihatlah perkembangannya, dan semoga berhasil. Insyaallah cara-cara mengatasi penyakit ikan di atas sangat efektif dan benar.

Baiklah itu saja info mengenai 5 jenis penyakit ikan dan cara mengatasinya disertai gambar dan fotonya. Semoga biasa menambah kesuksesan para pembudidaya dan pemelihara ikan hias maupun konsumsi. Terimakasih

4 Komentar 5 Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mencegahnya yang Baik dan Benar

  1. Anonymous21 February

    لا إلـٰه إلا الله

    ReplyDelete
  2. Aro saya habis di bius ambil kutu jarum, terus gak mau makan udah 2 minggu. Gimana ini ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Bang baru bales. Mungkin karena pengaruh bahan kimia, silahkan kuras 30% lalu dikasih garam, 6 siung bawang putih yg di geprek simpen di filter, kemudian yang terpenting kasih
      daun ketapang secukupnya. Atur heater di 32.

      Tiap pagi diajak maen pake tangan, sampai agresif. Kasih makan cacing tanah kalau belum mau, kasih kecoa kelabang.

      Terimakasih Bang

      Delete

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top