HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Mengatasi Ekor Iguana Terdapat Grenjelan atau Benjolan Disertai Penyebabnya

Halo teman-teman selamat malam, perkenalkan saya Muttaqin pembaca setia situs hobinatang. Sengaja saya mengirim tulisan ke situs ini dengan tujuan sharing pengalaman berharga tentang ekor atau kaki iguana yang ganjel atau nonjol, semoga bisa dijadikan pelajaran buat hobis yang mengalami hal serupa.

Penyakit iguana yang satu ini memang sering dialami oleh para hobis. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang khawatir dan cemas akan kehadiran penyakit ini, terutama para pemula. Padahal sebenarnya benjolan pada ekor iguana mudah diatasi, cukup memakai ramuan alami sudah bisa sembuh.

Lalu bagaimana cara mengobati ekor iguana grenjel dan benjol?

Penyebab dan Cara Mengatasi Ekor Iguana Grenjel


Penyakit ini ditandai oleh munculnya semacam benjolan di wilayah ekor, namun jika dibiarkan bisa menyebar sampai kaki bahkan tubuh iguana. Berikut penyebab dan cara mengobatinya:

1. Penyebab ekor iguana grenjel


cara mengatasi ekor iguana grenjel benjol dan bengkak

Penyebab utamanya adalah karena terkena infeksi bakteri akibat kandang yang lembab dan kotor. Kandang yang kurang terurus dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri penyakit kulit iguana. Salah satunya adalah benjolan pada ekor. Makanya orang orang menyebutnya penyakit ini sebagai penyakit jamuran.

Malah kasus lain ekor iguana terkena luka kecil dan kemasukan bakteri sehingga kulitnya melepuh dan bengkak. Umumnya ekor terluka akibat perkelahian dengan teman atau pasangannya. Lalu ditambah kandang yang kotor, maka tidak heran kalau iggy nya terkena penyakit jamur pada ekor. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

2. Cara mengatasi ekor Iguana grenjel, bengkak dan benjol


cara mengatasi ekor iguana grenjel benjol dan bengkak

Saya bingung harus menyebutnya seperti apa, Kadang orang orang menyebutnya grenjel, bengkak dan kadang benjol. Anggap saja ketiga kata di atas sama saja ya guys kwkw

Sebagaimana yang anda ketahui, penyakit ini hampir mirip bahkan mungkin sama dengan penyakit jamur. Sehingga untuk mengobatinya sangatlah mudah.

Dimandikan dengan air hangat daun sirih, lalu dikasih juga minyak tawon biar lebih cepat sembuh. Jangan lupa lakukan penjemuran setiap pagi hari. Cara tersebut sangat efektif menghilangkan benjolan pada ekor, setelah 2 pekan benjolan itu mulai hilang, dengan shedding beberapa kali maka akan hilang total.

Silahkan kalau tidak percaya kalian buktikan sendiri di rumah. Jadi untuk mencegahnya lain kali kebersihan kandang harus dirawat dengan bagus dan baik.

Baiklah semoga tulisan singkat saya ini bermanfaat, kalian boleh membagikan ke teman-teman yang ada di grup maupun di forum-forum penggemar iguana Indonesia. Bagi anda yang ingin mengetahui penyakit Iguana lebih banyak, baca artikel kami sebelumnya ya. Kalau tidak klik link biru pada paragraf 2. :)

0 Komentar Mengatasi Ekor Iguana Terdapat Grenjelan atau Benjolan Disertai Penyebabnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top