HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Perbedaan Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina Akurat Disertai Gambarnya

Setelah kemarin kami membahas habitat, perawatan dan ciri ciri burung nuri kepala hitam, maka di artikel ini akan membahas khusus tentang perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina. Sebagaimana yang Anda ketahui, jenis burung nuri satu ini memiliki banyak penggemar, hal itu disebabkan karena ia sangat cerdas, cantik dan memesona. Bahkan nuri kepala hitam bisa menirukan suara manusia dan suara burung lainnya.

Padahal secara status burung ini dilindungi, namun tetap saja banyak masyarakat yang menangkarkan atau membudidayakannya. Nah bagi teman teman yang juga ingin membudidayakan, maka mau tidak mau anda wajib mengetahui jenis kelamin burung nuri kepala hitam.

Namun yang jadi catatan, saya di sini atas nama pemilik situs hobinatang.com tidak bermaksud mendukung perbuatan ilegal memelihara hewan yang dilindungi. Tulisan ini hanyalah wawasan dan pengetahuan. Baiklah berikut ciri ciri nuri kepala hitam jantan dan betina.

Perbedaan Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina


Cara membedakan burung kasturi/nuri kepala hitam jantan dengan betina sangatlah mudah. Sekitar ada 5 perbedaan yang paling menonjol bahkan pemula pun mudah memahaminya. Apa saja?

1. Ukuran tubuh nuri kepala hitam jantan sama betina berbeda


perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina

Perbedaan pertama yang paling mencolok adalah ukuran panjang dan besar tubuh burung nuri kepala hitam jantan maupun betina. Nuri kepala hitam jantan memiliki tubuh yang kecil dan pendek, Sedangkan untuk jenis kelamin betina tubuhnya lebih besar dan panjang. Bisa anda lihat sendiri pada gambar di atas.

Lalu di bagian kepala juga beda. Untuk jantan kepala lebih kecil dan berbentuk persegi, adapun untuk betina besar dan bulat.

2. Pola lingkaran hitam pada leher nuri papua juga berbeda


perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina

Apabila nomor pertama pertama belum bisa membantu anda mengetahui perbedaan mana nuri kepala hitam jantan dan betina, silakan Anda lihat pola warna lingkaran pada bulu leher burung tersebut. Perhatikan foto di atas, terlihat ada garis lingkaran pada leher. Nah apabila kelaminnya betina biasanya warnanya hitam dan lingkarannya tidak menyambung.

Sedangkan lingkaran pada leher nuri kepala hitam jantan menyambung atau berdekatan. Sebenarnya dari sini saja sudah terlihat mana jantan dan betina. Tapi sayangnya ini juga tidak bisa menjadi jaminan untuk menentukan.

3. Bentuk ekor nuri jantan kepala hitam sama betina berbeda


perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina

Sebagaimana jenis burung lainnya, biasanya burung jantan memiliki ekor yang pendek dibandingkan ekor milik betina. Sedangkan punya betina lebih panjang. Bisa anda lihat sendiri di gambar. Di sisi lain bulu ekor betina mekar.

4. Warna paha nuri kepala hitam jantan dan betina tidak sama


perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina

Perbedaan selanjutnya terletak pada warna di bagian paha. Terlihat warna pada bulu paha nuri kepala hitam jantan terlihat lebih terang biru turkisnya dibandingkan milik betina yang berwarna gelap atau dop.

5. Kecerahan warna tubuh juga beda


perbedaan burung nuri kepala hitam jantan dan betina

Tentu saja warna bulu milik jantan lebih mengkilap dan kontras dibandingkan milik betina yang memiliki bulu yang cenderung dop tidak mengkilap. Hal itu juga berlaku pada binatang peliharaan seperti ikan, hampir setiap membedakan jenis kelamin selalu melihat warna/corak sisik.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara membedakan burung nuri kepala hitam jantan sama betina. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman sekalian pecinta burung di Indonesia.

0 Komentar Perbedaan Nuri Kepala Hitam Jantan dan Betina Akurat Disertai Gambarnya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top