HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Tentang Burung Nuri Kepala Hitam Disertai Gambar dan Videonya

Burung nuri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya yang paling populer adalah burung nuri berkepala hitam. Alasan mengapa jenis ini begitu terkenal ialah karena faktor keunikan fisik dan warna yang dimilikinya. Namun sebelum berbicara jauh mengenai ciri-cirinya, terlebih dahulu kita ketahui darimana asal usul burung nuri kepala hitam.

Berikut hobinatang.com sajikan informasi tentang burung nuri kepala hitam secara lengkap mulai dari ciri-ciri, suara, karakter, perawatan bahkan gambar dan videonya.

Burung Nuri Kepala Hitam si Burung Unik Asli Papua


Spesies yang satu ini tersebar luas di wilayah Indonesia bagian Timur, meliputi Ambon, Ternate dan Papua. Oleh sebab itu burung ini banyak digemari di negara NKRI, dan terkadang masyarakat kita menyebutnya sebagai burung kasturi kepala hitam. Adapun secara klasifikasi ilmiah, kasturi kepala hitam memiliki nama latin Lorius lory, genus Lorius dari keluarga Psittaculidae.

1. Ciri ciri dan karakter burung nuri kepala hitam


Burung Nuri Kepala Hitam

Seperti yang saya katakan di atas, meski masih satu keluarga "Psittaculidae" burung nuri jenis kepala hitam ini mempunyai keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan jenis burung nuri lainnya. Yang paling mencolok perbedaannya adalah warna, karena ia dikenal sebagai burung yang memiliki beragam warna pada bulunya.

Terkhusus bagian kepala yang berwarna merah namun ada mahkotanya berwarna hitam. Itulah mengapa disebut kasturi kepala hitam. Sedangkan di bawah kepala sekitar mantel berwarna ungu tua dan membentuk lingkaran kayak kalung. Lebih jelasnya bisa Anda lihat sendiri pada foto di atas.

Lalu semua burung nuri kepala hitam pasti memiliki ekor berwarna merah, sedangkan sayap bagian atasnya berwarna hijau dan sedikit kuning, namun di bagian bawahnya berwarna merah mengikuti warna dominan tubuhnya. Kemudian di sisi paha dan bawah ekor berwarna biru. Ciri ciri tersebut berlaku saat sudah dewasa atau remaja, sebab ketika masih kecil tidak terdapat garis merah pada tengkuk dan memiliki kerah biru sekitar leher.

Ukuran burung ini tergolong besar, alias lebih besar dibandingkan burung lovebird. Karakternya sangat cerdas, sangking cerdasnya dia bisa ngomong/menirukan suara yang ia dengar. Saat di habitat aslinya biasanya mereka hidup bersama dengan jenis jantan dan betina, dalam satu kelompok biasanya ada 6-8 ekor.

Untuk membedakan mana burung nuri kepala hitam jantan dan betina memang agak sulit, umumnya pada kasturi kepala hitam jantan memiliki bulu dada biru tua mengkilap dan sering mengepakkan sayapnya, sedangkan betina bulu dadanya berwarna biru tua tapi agak pucat/kusam dan prilakunya juga kurang gesit. Tengkorak juga bisa jadi pembeda,dimana tengkorak nuri jantan lebih luas ketimbang betina dan untuk paruh biasanya lebih lebar, dan semakin besar bila bertambah usia.

Baca juga: perbedaan nuri kepala hitam jantan dan betina paling mencolok

2. Suara burung nuri kepala hitam


Burung Nuri Kepala Hitam

Nuri kepala hitam mempunyai suara bagus dan sangat merdu, pekikannya pendek dan kicaunnya terdengar sangat jelas. Malah kadang bisa meniru suara-suara burung lainnya seperti elang. Bahkan hewan jenis lainnya kaya kucing, orang ngorok dan apa saja. Yang penting ada latihannya, nanti akan kami bahas di bawah.

3. Cara merawat burung nuri kepala hitam 


Burung Nuri Kepala Hitam

Demi menjaga kualitas dan kesehatan burung nuri kepala hitam, anda perlu merawatnya dengan sebaik-baiknya. Mulai dari kandang, pemberian makanan dan nutrisi yang sehat juga memperhatikan kebersihannya.

Kandang burung nuri hitam harus selalu bersih, tempatkan di tempat terbuka kalau bisa di wilayah yang sering dilewati keluaraga. Tujuannya biar dia mengenal dan tidak ada rasa cemas dengan manusia karena terbiasa melihat. Sebaliknya kalau sangkarnya ditaroh di tempat tersembunyi/tertutup justru bisa membuatnya ketakutan saat didekati.

Kemudian perhatikan juga pemberian pakan, jenis makanan favorit burung nuri kepala hitam adalah sejenis buah buahan, pisang, nangka, pepaya. Bisa juga kacang-kacangan dan biji-bijian, intinya burung nuri membutuhkan banyak protein nabati tinggi.

Perawatan selanjutnya adalah memandikan burung nuri papua kepala hitam, caranya yaitu menggunakan semprotan sampai basah kuyup, setelah itu taroh di tempat terbuka dan biarkan hingga bulu kepalanya agak kering. Baru setelah itu ambil sangkarnya lagi dan digantung di tempat semula.

4. Melatih nuri kepala hitam dan menjinakannya


Burung Nuri Kepala Hitam

Sebagai burung yang cerdas nuri kepala hitam bisa dilatih untuk berbicara bahkan pada video di bawah burung nuri bisa ngomong meong meong nirukan suara kucing. Nah bagaimana cara melatih dan menjinakkannya?

  • Burungnya sering didengarkan rekaman yang ingin ditiru. Atau bisa juga suara anda direkam dan diputarkan pada nuri, maka semakin lama burung anda akan hafal dan bisa menirukan apa yang ia dengar.
  • Sering diajak bicara, cara lainnya anda bisa mengajaknya berbicara setiap hari. Bahkan lebih bagus saat diberi makan sambil diajak bicara, selain akan melatih meniru, cara ini juga mempercepat penjinakan nuri kepala hitam. Karena semakin sering, dia akan semakin paham siapa yang telah merawatnya.
  • Letakkan sangkar di depan rumah. Tujuannya biar dia paham aktivitas manusia dan tidak jadi penakut sehingga bisa jinak.
  • Kasih makan dengan tangan, cara terakhir merupakan cara paling jitu menjinakkan nuri kepala hitam. Sebagai hewan cerdas, nuri akan mudah mengenali bau pemiliknya, makanya seringlah memberikan makanan dengan tangan anda sendiri.

Itulah langkah-langkah melatih burung nuri Black Capped Lory.

5. Status burung nuri kepala hitam apakah dilindungi negara?


Burung Nuri Kepala Hitam

Karena kecerobohan manusia yang sering memburu nuri kepala hitam membuat jenis burung yang satu ini semakin langka. Berhubung populasinya terancam punah maka di negara kita sendiri burung ini sudah dilindungi sejak lama, 1970. Meski demikian tetap saja masih ada yang bandel dan banyak para hobis yang melakukan transaksi jual beli burung nuri kepala hitam, baik secara offline maupun online. Yang penting tetap dijaga dengan baik ya Om, atau serahkan pada yang berwajib.

Demikianlah ulasan lengkap tentang burung nuri kepala hitam yang mengagumkan. Berhubung saya sudah berjanji akan membagikan video, silahkan tonton videonya di bawah ini yang kami kumpulkan dari para hobis:

0 Komentar Tentang Burung Nuri Kepala Hitam Disertai Gambar dan Videonya

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top