HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Burung Murai Batu: Ciri Ciri, Jenis dan Perawatannya Dilengkapi Video Murai Medan Gacor

Burung murai batu merupakan salah satu jenis burung kicau dengan penggemar terbanyak di Indonesia. Lantaran burung ini mempunyai suara emas yang sangat merdu dan bervariasi, sampai-sampai ia digolongkan sebagai kelas paling bergengsi di dalam acara kontes burung.

Akan tetapi ketenaran murai batu bukan hanya karena suaranya, melainkan juga karena warnanya yang elegan dan gaya bertarungnya yang aktratif. Di samping keunggulan-keunggulan yang telah kami sebutkan di atas, masih banyak lagi fakta-fakta menarik lainnya tentang burung murai batu.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan mengulas secara lengkap mengenai klasifikasi, ciri ciri, perawatan dan fakta-fakta tentang murai batu. Untuk memperjelas informasi, di bawah ini hobinatang sudah menyertakan gambar dan videonya.

Burung Murai Batu dan Fakta Faktanya


Masyarakat Indonesia lebih kental dengan nama murai batu, namun sebenarnya burung ini memiliki nama lain yang tak kalah populer, yaitu Kucica Hutan. Selain itu kita juga patut berbangga diri, sebab sebagian jenis murai batu dimiliki oleh negara kita, terkhusus di wilayah Sumatra dan sekitarnya. Baiklah langsung saja mari ikuti step by step tentang informasi murai batu. Dibaca dari awal sampai akhir ya Bos, soalnya semuanya penting.

1. Klasifikasi dan Habitat Murai Batu


Klasifikasi dan habitat murai batu

Berdasarkan klasifikasi ilmiah, murai batu berasal dari keluarga Muscicapidae, ordo Copsychus, spesies ini mempunyai nama ilmiahnya Copsychus Malabaricus. Sedangkan habitat aslinya berada di hutan hutan dataran rendah hingga 1500 m. Namun paling sering dijumpai pada ketinggian mencapai 500-600 m.

Kemudian banyak juga dijumpai di hutan sekunder, hutan tropis lembab dan wilayah perkebunan yang ada di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan sekitarnya. Murai batu juga tersebar di daerah Asia bagian selatan seperti Nepal, Srilangka, India dan Burma.

Di habitat aslinya murai batu terkenal sebagai hewan teritorial dan amat kuat dalam hal mempertahankan wilayah yang dikuasainya, sehingga murai batu jarang mendapat gangguan dari burung lainnya. Jika Anda sedang jalan jalan ke pulau Sumatra, maka akan banyak dijumpai murai batu medan, murai batu aceh, murai batu nias dan murai batu lampung.

2. Ciri Ciri Burung Murai Batu


Ciri-ciri burung murai batu

Sekarang kita akan membahas ciri-cirinya. Burung murai batu jantan dan betina memiliki ciri fisik yang berbeda. Tapi secara umum mereka memiliki ukuran tubuh sekitar 14-17 cm. Seluruh bulunya berwarna hitam, kecuali bagian bawah atau perut burung berwarna merah hingga jingga gelap, di bagian kepala terdapat sedikit warna biru. Uniknya murai batu memiliki ekor yang panjang, ekor tersebut akan tegak saat ia berkicau dan terkejut.

3. Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina


Cara membedakan murai batu jantan dan betina

Murai batu jantan dan betina sangat mudah dibedakan apalagi saat sudah dewasa. Kita hanya perlu melihat ciri-ciri keduanya, murai batu jantan biasanya memiliki tubuh lebih besar daripada betina, selain itu suara yang dimiliki murai batu jantan juga lebih keras dan bervariasi daripada suara kicauan murai batu betina.

Dari segi warna, bulu murai jantan lebih mencolok, hitamnya pekat kebiruan, sedangkan untuk warna coklat dan merahnya sangat kontras dengan warna sampingnya (hitam dan putih). Selain itu ekor murai batu jantan juga lebih panjang dibandingkan milik betina.

4.  Karakterisitik Murai Batu


Karakteristik burung murai batu

Seperti yang sudah kami singgung di atas, salah satu karakter yang dimiliki murai batu adalah kuat dalam mempertahankan daerah kekuasaannya. Misalnya jika ada dua murai batu saling berdekatan maka mereka akan bertengkar sampai salah satu kalah dan pergi. Jika sudah dikuasai akan sangat sulit untuk direbut kembali. Itulah salah satu kehebatan murai batu.

Karakter lain yang  menonjol dari murai batu adalah bisa bernyanyi dengan baik, bisa menirukan suara atau lagu. Jika sering dilatih dan menjadi mahir maka harga yang dibanderol bisa sangat mahal. Apalagi suara mereka juga indah dan enak didengar serta bervariasi.

5. Suara Burung Murai Batu


Suara burung murai batu

Unggas ini tidak hanya indah dan mahal namun ia memiliki suara yang merdu, nyaring dan bagus. Bahkan murai batu juga bisa menirukan kicauan burung lainnya. Inilah sebabnya mengapa murai batu kerap unggul di dalam kontes burung. Apabila jam terbangnya semakin banyak dan ia sering juara/memenangkan perlombaan, maka burung ini bisa dihargai sangat mahal.

Sebut saja burung murai batu milik Nur Alamsyah, setelah menjuarai lomba kicau burung Piala Presiden, burung milik Alamsyah ini ditawar Rp 600 juta oleh Presiden Joko Widodo. Tapi walaupun ditawar mahal, Nur Alamsyah tetap menolak. Nah kalian penasaran sama suara burung murai batu? Silahkan intip video murai batu yang sedang berkicau di bagian paling akhir dari artikel ini.


6. Makanan Murai Batu


Makanan burung murai batu

Seperti makhluk hidup pada umumnya, murai batu juga memiliki menu makan yang disukai. Jika burung nuri paruh bengkok menyukai biji-bijian dan buah-buahan, maka murai batu lebih suka makan serangga kecil seperti kutu, semut, kaki seribu, belatung dan cacing. Walau begitu, murai batu juga doyan makan buah. Jadi, anda tidak harus repot repot mencari serangga. Cukup dengan buah yang cocok untuknya seperti berry.

7. Status Murai Batu, Apakah Dilindungi?


Burung Murai Batu: Mengetahui Ciri Ciri, Jenis, Perawatan

Hayo ditebak, kira-kira murai batu tergolong burung yang dilindungi atau tidak? Masalah ini pernah menjadi polemik bagi pecinta burung kicau di Indonesia, yang mana pada bulan Juni, 2018 pemerintah mengeluarkan Peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), tahun 20 Tahun 2018 mengenai Satwa Dilindungi.

Salah satu pasalnya pemerintah memasukkan burung Jalak Suren, Murai Batu dan Cucak Rawa sebagai hewan yang harus dilindungi. Namun tidak lama kemudian pihak KLHK melakukan kajian sosial dan mengeluarkan Jalak Suren, Murai Batu dan Cucak Rawa dari daftar hewan yang dilindungi. Jadi murai batu bukan termasuk burung dilindungi seperti nuri dkk. Baca: 18 jenis burung nuri yang dilindungi dan bisa bicara

8. Jenis Jenis Murai Batu


Jenis-jenis burung murai batu

Masyarakat Indonesia membagi jenis murai batu berdasarkan asal wilayahnya, misalnya jika berasal dari medan maka disebut murai batu medan. Namun Universitas Cornell, Amerika Serikat sendiri sudah melakukan pengelompokan murai batu berdasarkan nama ilmiah. Dirilis dalam "The Clements Checklist of Birds of The World, 2011" setidaknya ada 20 subspesies murai batu.

Jenis murai Batu yang terkenal di Indonesia:

  • Murai batu lampung berasal dari Krakatau Lampung, memiliki panjang ekor 15-20 cm.
  • Murai batu medan berasal dari Bukit Lawang Bahorok, kaki G Leuser Sumatera Utara. Besar tubuhnya lebih kecil dibandingkan murai batu lampung, memiliki panjang ekor 27-30 cm.
  • Murai batu Aceh dari kaki G Leuser wilayah Aceh. Ekornya berukuran 25-30 cm.
  • Murai batu nias berasal dari Nias. Ekor keseluruhan berwarna hitam dengan panjang 20-25 cm.
  • Murai batu jambi hidup di wilayah Bengkulu daerah Sumatera Selatan Jambi.
  • Ada juga murai batu banjar (Borneo), jenis yang paling terkenal di Kalimantan karena kerap menjuarai lomba lomba yang ada di Kalimantan. Menyebar luas di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, memiliki panjang ekor 10 sampai 12 cm.
  • Murai batu jawa atau larwo, hidup di hutan-hutan yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Barat, memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan murai sumatera, keberadaannya pun cukup langka. Panjang ekor 8-10 cm.
  • Murai palangka. Jenis ini juga disebut murai batu borneo yang hidup di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat dengan panjang ekor 15-18 cm.

Selain itu ada juga murai batu milik negara tetangga yaitu Malaysia, kemudian jenis jenis murai batu dari seluruh penjuru dunia. Karena sangat panjang penjelasannya, kami buat judul tersendiri.

Silahkan baca: 18+ Jenis Murai Batu Terbaik di Seluruh Dunia Beserta Gambar dan Harganya

9. Cara Memilih Murai Batu yang Baik


Memilih murai batu Yang baik

Membeli murai batu yang baru saja ditangkap dari hutan akan lebih murah dibandingkan hasil penangkaran. Karena murai batu hasil tangkapan liar masih belum jinak dan belum terlatih dengan baik. Namun meski begitu bukan berarti yang dari penangkaran memiliki kualitas yang baik, kalian harus tetap berhati-hati dalam memilih murai batu yang berkualitas. Berikut ciri-ciri murai batu yang bagus, berlaku untuk jenis apapun.

  • Carilah murai batu yang suara kicauannya bagus, mempunyai nada suara nyambung dan jedanya lama serta keras alias tidak lemah. 
  • Lihatlah dari bentuk fisiknya. Karena bentuk fisik akan mempengaruhi kegagahan si murai saat berkicau dan itu berpengaruh ketika ikut kontes. Fisik yang berkualitas ialah bentuknya panjang dann besar.
  • Bentuk kepala murai batu yang bagus dan berkualitas adalah yang agak gepeng. Sedangkan kebanyakan murai batu kepalanya bulat, maka itu bukan termasuk murai yang berkualitas bagus.
  • Lihat bagian leher. Leher yang bagus pada murai batu berkualitas ialah panjang dan besar. Karena leher yang panjang akan membuat suara kicauannya panjang dan indah.
  • Bagian mata. Mata yang sehat juga harus anda jadikan prioritas utama dalam memilih burung murai batu yang bagus. Pilihlah yang tidak terkena katarak dan tidak ada selaput putih pada bola matanya.
  • Bentuk paruh yang panjang dan tebal merupakan salah satu ciri murai batu yang berkualitas. Karena paruh yang bagus akan membuat suara kicauannya tajam dan keras. 
  • Bentuk kaki dan warna kuku juga harus anda perhatikan. Kaki murai batu yang berwarna hitam bisa menjadi salah satu bukti murai batu tersebut kuat saat bertanding sehingga termasuk berkualitas bagus dan warna kuku kelingking harus sama. Jika berbeda maka murai batu tersebut lemah saat tanding nantinya.
  • Ekor. Beli murai batu yang berekor rapat dan tidak terlalu tebal. Karena ekor yang seperti itu akan terlihat bagus saat dia berkicau. Hindari membeli murai yang ekornya cacat. 
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkeram dengan kuat.
  • Bulu dada murai batu umumnya berwarna coklat namun ada juga yang berwarna kuning. Biasanya yang berwarna kuning nantinya lebih cepat bersuara.
  • Tingkah atau sika murai yang bermental berani adalah saat akan dipegang manusia, dia berusaha melindungi diri dengan cara mematuk matuk dan berteriak kencang. Selain itu, ia juga lincah dan nafsu makannya besar juga termasuk ciri murai yang bagus. 

Itulah tanda-tanda yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli murai batu jenis medan, lampung, nias atau jenis murai batu lainnya.

10. Perawatan Murai Batu


Perawatan murai batu yang benar

Murai batu terkenal karena suaranya yang bagus dan keras. Maka anda sebagai pemilik murai batu harus benar benar bisa merawatnya dengan baik agar suara nya tetap bagus. Bagaimana caranya? 

  • Memandikan burung. Perawatan dengan memandikan burung hanya agar si murai segar dan semangat dalam berkicau serta dapat menguatkan imun dan kekebalan tubuhnya. Cara memandikannya bisa menggunakan semprotan yang berisi air bersih.
  • Memberi pakan yang baik seperti jangkrik yang memiliki kandungan gizi yang banyak dan membuat suara tetap bagus. Beri pakan jangkrik sebanyak 5 ekor setiap pagi dan sore serta pakan kroto seminggu sekali. Jangan lupa beri pakan tambahan yang lain agar tidak bosan seperti belatung, cacing dan buah.
  • Menjaga kebersihan kandang juga wajib. Karena kotoran yang ada dalam sangkar mimcu penyakit pada burung. Bersihkan kandang sehari sekali dan gantilah air minumnya setiap hari. 
  • Menjemur burung murai batu di bawah matahari pagi dapat menyehatkan tubuh si burung. Saat menjemur usahakan murai tidak sedang melihat murai lainnya karena khawatir terganggu. Jemurlah selama 1 jam mulai pukul 7 hingga 10 pagi. Selasai dijemur, keringkan murai dengan cara dianginkan selama beberapa menit baru dimasukkan ke kandang.
  • Melakukan pengembunan di pagi hari sebelum murai mandi juga penting untuk menjaga kestabilan tubuhnya serta memberikan kemampuan murai dalam beradaptasi dengan lingkungannya dengan baik.

Cukup mudah bukan? Saya rasa kalian tidak kebingungan dalam merawat murai batu, karena yang terpenting adalah kedisiplinan, ketelatenan dan kesabaran. Sesuai janji kami, berikut ini sudah kami lengkapi video murai batu medan yang sangat gacor:


Demikianlah informasi lengkap tentang burung murai batu, mulai dari ciri-ciri klasifikasi, habitat, perawatan sampai videonya. Di pembahasan selanjutnya kami akan membahas permasalahan lainnya tentang burung murai batu.

0 Komentar Burung Murai Batu: Ciri Ciri, Jenis dan Perawatannya Dilengkapi Video Murai Medan Gacor

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top