HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

18+ Jenis Burung Nuri yang Bisa Bicara, Dilindungi dan Tidak Dilindungi Lengkap!

Jenis burung nuri- Halo pencinta burung, saat ini hobinatang.com akan mengulas salah satu keturunan burung paruh bengkok (Psittaciformes) yang paling terkenal di Indonesia, yaitu burung nuri atau bisa juga dipanggil perkici dan kasturi. Saya benar-benar tertarik membahasnya karena burung nuri ini memiliki banyak keunggulan, di samping warnanya yang indah, dia juga cerdas dan beragam.

Berdasarkan klasifikasi ilmiah burung nuri termasuk dalam ordo Psittaciformes, keluarga besar Psittacoidea dan kelompok Psittaculidae. Kita patut berbangga diri karena 40% dari spesies nuri berasal dari Indonesia bagian timur, seperti Maluku, Papua dan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya.

Dalam catatan hobis, burung nuri terkenal sangat cerdas, sangking cerdasnya dia bisa menirukan suara manusia atau suara burung lainnya. Akan tetapi tidak semua burung nuri memiliki kemampuan itu, sebab sebagian jenis nuri ada yang bisa bicara dan sebagian lagi tidak. Meski demikian tetap saja dia terkenal cerdas sehingga mudah dijinakkan oleh pemiliknya.

Hal itu membuat burung nuri banyak diminati masyarakat dan diburu secara liar untuk diperjualbelikan, akibatnya keberadaan nuri semakin langka dan sudah ada beberapa jenis yang dilindungi pemerintah. Baiklah langsung saja, berikut jenis jenis burung nuri secara lengkap dari yang bisa bicara, yang dilindungi dan yang boleh dipelihara.

Jenis Burung Nuri Lengkap Beserta Gambarnya


Baru baru ini (11/Juli/2018) pemerintah merilis daftar terbaru burung burung yang dilindungi dan wajib dilestarikan oleh masyarakat. Salah satu yang banyak dilindungi adalah keluarga Psittacidae, meliputi burung betet, nuri/kastruri/perkici dan serindit. Di bawah ini hoobinatang.com sudah merangkum secara lengkap macam macam burung nuri yang bisa bicara, yang aman dipelihara dan yang dilindungi:

Baca juga: Perbedaan antara Burung Betet, Nuri dan Kakatua

1. Burung Nuri Kepala Hitam (Bisa Bicara dan Dilindungi)


Burung nuri kepala hitam

Jenis pertama ialah nuri kepala hitam atau kasturi kepala hitam, memiliki nama latin Lorius lory merupakan salah satu burung paruh bengkok yang sudah dilindungi sejak lama akibat keberadaannya yang semakin langka. Dia berasal dari Indonesia bagian Timur, meliputi Ternate, Papua dan Ambon. Ciri khas nuri kepala hitam ialah memiliki corak mahkota berwarna hitam. Namun bagian tubuh yang lain seperti sayap, ekor dan punggung terdapat warna yang bervariasi seperti hijau, merah, biru tua dan kuning.

Selain itu nuri kepala hitam dikenal sebagai burung yang cerdas, dia termasuk paruh bengkok yang bisa bicara dan menirukan suara burung lain atau hewan lain seperti kucing. Biar lebih jelas silahkan baca tulisan saya sebelumnya mengenai burung nuri kepala hitam beserta videonya.

2. Burung Nuri Ternate atau Kepala Merah (Dilindungi dan Bisa Bicara)


Burung nuri ternate

Masih keluarga Psittacidae, nuri kepala merah atau nuri ternate juga dilindungi. Dia satu spesies dengan nuri kepala hitam, nama latinnya saja sama, cuma beda belakangnya. Yaitu Lorius garrulus. Alasan mengapa burung ini dilindungi karena keberadaannya semakin langka dan terancam punah. Kecerdasannya pun tak kalah sama kepala hitam, dia bisa bicara layaknya beo.

Bahkan termasuk satwa yang banyak diburu secara liar dan diperjualbelikan. Di habitat aslinya (Maluku Utara, Sulawesi), dia kerap dipanggil kasturi atau perkici. Berdasarkan ciri-ciri, nuri kepala merah memiliki tubuh sedang, 30 cm. Di bagian tubuh hingga leher dan kepala didominasi warna merah. Kemudian di kedua sayapnya berwarna hijau dengan campuran warna kuning. Sedangkan di bagian lingkaran mata berwarna abu-abu.

3. Jenis Nuri Pelangi (Bisa Bicara dan Dilindungi)


jenis nuri pelangi

Burung nuri pelangi mempunyai warna tubuh yang indah dan bervarian sehingga disebut pelangi. Jika diperhatikan sekilas dia hampir mirip dengan nuri kepala hitam, hanya saja nuri pelangi tidak ada warna hitamnya di bagian kepala maupun anggota tubuh yang lain. Nama latinnya ialah Trichoglossus haematodus.

Populasi nuri pelangi ini memang tidak sebanyak nuri kepala hitam, namun anda bisa mendapatkannya di sekitar Papua atau menikmati keindahannya di kebun binatang atau penangkaran burung nuri. Status nuri/perkici pelangi saat ini adalah dilindungi pemerintah, adapun dari segi kemampuan burung nuri pelangi juga bisa menirukan suara manusia yang ia dengar.

4. Nuri Dora (Juga Dilindungi)


burung nuri dora

jenis nuri dora

Nuri dora bernama latin Trichoglossus ornatus termasuk nuri yang dilindungi karena keberadaannya yang cukup jarang dan sulit ditemukan. Dilihat dari nama ilmiahnya dia masih satu spesies dengan nuri pelangi. Panjang nuri dora mencapai 25 cm. Mempunyai mahkota berwarna biru, di bagian telinga terdapat sedikit bercak biru lembayung, pipi, dada dan tenggorokannya merah, bercak kuning pada leher serta berekor panjang dan sedikit lancip atau runcing.

Wilayah yang biasa mereka tempati ialah di hutan primer dan sekunder dataran tinggi, hutang mangrove, hutang pesisir, hutan rawa, pingggir hutan dan pohon kelapa. Anda bisa mendapatkan mereka di wilayah Sulawesi yakni pulau talaud, sanghie, bangka, manterawu, kepulauan togian, batung, kepulauan tukangbesi, kepulauan banggai dan muna.

5. Burung Nuri Maluku (Bisa Bicara dan Dilindungi)


burung nuri maluku

Jenis nuri maluku yang mempunyai nama latin Eos Bornea ini juga bisa ngomong loh! Sudah banyak hobis yang berhasil melatih nuri maluku bicara, hanya saja melatihnya tak semudah melatih nuri kepala hitam. Ciri-ciri burung ini berwarna dominan merah cerah, ekor merah tua, penutup sayapnya merah dengan warna hitam di bagian tepi serta biru di sayap bagian bawah.

Habitat aslinya berada di hutan primer dan sekunder, hutan mangrove dan perkebunan kelapa. Anda bisa mendapatkannya di kepulauan Banda, Haruku, Ambon, Seram Laut, Saparua dan Watubela. Saat ini nuri maluku sudah dilindungi pemerintah, namun kalian tetap bisa memeliharanya dengan syarat-syarat tertentu.

6. Burung Nuri Talaud (Dilindungi)


burung nuri talaud

Nuri talaud atau nama latinnya Eos histrio merupakan jenis nuri yang keberadaannya sangat terbatas, yaitu hanya di daerah Sulawesi Utara, sehingga membuat burung ini dilindungi. Burung nuri talaud memiliki warna yang sangat indah yakni merah dan biru mencolok alias red and blue lory. Biasanya mereka suka hidup secara berkelompok dengan temannya.

Ciri lengkapnya nuri talaud ialah warna bulu ekor ungu kemerahan, paruh jingga cerah, bagian sayap berwarna merah yang ujungnya terdapat sedikit kehitaman. Selain itu terdapat warna biru keunguan yang membentang dari atas kepala hingga atas punggung. Hal itu membuat nuri talaud semakin menawan dan indah dipandang.

7. Burung Nuri Tanimbar (Dilindungi)


Burung nuri tanimbar

Nuri tanimbar memiliki nama latin Eos reticulata, keberadaan nuri Tanimbar saat ini sangat terancam, hal itu membuat statusnya dilindungi dari perburuan liar sehingga tidak diperjual belikan secara bebas dan tidak punah.

Nuri tanimbar sendiri termasuk spesies yang bertubuh sedang. Ukuran tubuhnya sekitar 31 cm dan memiliki warna dominan merah cerah disertai garis garis warna biru sepanjang mata hingga pundak. Ia termasuk burung yang sangat hebat, sebab ia suka sekali menari dengan mengepakkan sayapnya saat mendengar lonceng atau bunyi lainnya.

Habitat aslinya berada di hutang yang terbuka, hutang mangrove dan hutan primer dan sekunder. Makanan nuri tanimbar juga mudah sekali didapatkan yakni buah dan nektar. Jika Anda ingin melihatnya, bisa pergi ke kebun binatang atau habitat aslinya di pulau nusa tenggara timur tepatnya di kepulauan Tanimbar.

8. Burung Nuri Sayap Hitam (Dilindungi)


burung nuri sayap hitam

Nuri sayap hitam dikenal juga dengan nama nuri merah biak, mempunyai nama latin Eos cyanogenia. Ciri khasnya ialah memiliki panjang tubuh sedang sekitar 30 cm, bulunya berwarna merah cerah, bagian sayap dan punggung hitam, di sekitar mata berwarna merah, paruh bengkoknya merah kekuningan serta terdapat bercak ungu di sekitar tellinga.

Habitat nuri sayap hitam juga terbatas hanya ada di sekitar pesisir pulau biak dan pulau pulau yang ada di teluk cenderawasih, Papua. Saat ini populasinya cukup terancam punah karena penangkapan liar yang dilakukan masyarakat. Sehingga nuri sayap hitam harus diindungi dan jika akan diperjual belikan harus mengikuti undang undang atau peraturan pemerintah.

9. Burung Nuri Kalung Ungu (Dilindungi)


burung nuri kalung ungu

Sesuai namanya, burung nuri kalung ungu ini jika dilihat sekilas terdapat lingkaran warna ungu di bagian leher. Nama latin burung ini Eos squamata. Wilayah yang ia tempati ada banyak namun tetap di daerah Maluku Utara sampai Papua. Tubuhnya berwarna merah dengan corak biru kehitaman. Kalau dilihat sekilas mirip sekali dengan nuri merah. Bedanya adalah nuri merah tidak ada coraknya alias polos.

10. Burung Nuri Telinga Biru (Dilindungi dan Bisa Bicara)


burung nuri telinga biru

Populasi burung nuri telinga biru saat ini masih aman, meskipun hanya berada di daerah tertentu saja. Sehingga ia termasuk burung nuri yang dilindungi dan apabila diperdagangkan harus mengikuti undang undang yang ada. Ciri ciri burung nuri telinga biru ialah warna tubuhnya berdominan merah, bagian pipi, dahi dan telinga berwarna biru. Sedangkan bulu di bagian perut dan ekor berwarna biru keunguan.

Nuri telinga biru juga sangat indah serta bisa menirukan suara manusia. Meskipun ia termasuk spesies burung nuri terkecil, panjangnya saja hanya sekitar 24 cm. Jika nuri telinga biru sudah dewasa maka paruhnya berwarna orange dan jika masih anakan paruhnya masih berwarna pink. Nama latin dari nuri telinga biru adalah Eos semilarvata.

11. Burung Nuri Hitam (Dilindungi)


burung nuri hitam

Nuri hitam atau Black lory juga termasuk spesies nuri yang tingkat populasinya terancam punah, sehingga ia termasuk satwa yang dilindungi. Meskipun warna bulunya hitam semua, pemburu tidak segan segan untuk mendapatkannya lalu dijual. Namun saat ini jika akan diperdagangkan harus sesuai peraturan undang undang.

Burung nuri dengan nama latin Chalcopsitta atra ini suka sekali hidup secara berkelompk, mereka juga suka hidup di hutan terbuka, hutan mangrove dan pesisir. Ciri detailnya ialah bulu seluruh tubuhnya hampir hitam semua, kakinya abu abu tua, dan sayap bagian bawah terdapat warna merah dan kuning. Berdasarkan pengalaman hobis, nuri hitam bisa bicara.

12. Burung Nuri Aru (Dilindungi)


burung nuri aru

Nuri aru termasuk burung nuri yang bertubuh sedang sekiatr 32 cm dengan status endemik alias dilindungi. Mempunyai nama latin Chalcopsitta scintillata dengan ciri ciri bulu berwarna hijau kusam, terdapat sedikit cercak atau coretan hijau dan kuning pada bagian tubuhnya. Mahkota berwarna merah pudar. Saat ia terbang, penutup sayap bagian bawah terlihat berwarna merah dan ada juga yang berwarna hijau, jika dilihat dari jauh bulu berwarna hitam.

Suara yang dimilikinya sedikit mendengung. Adapun wiayah yang mereka tempati ialah di bagian selatan pulau papua. Mereka suka hidup berpasangan atau berkelompok. Makanan yang mereka sukai adalah nektar dan buah.

13. Burung Nuri Macan (Madaraszi, Modesta, Brehmii, Picta dan Lorentzi)


burung nuri macan

Belum lama ini nuri macan juga dimasukkan ke dalam burung yang dilindungi. Duh kayaknya semakin banyak nih yang dilindungi, (lama-lama kecoa juga dilindungi wkwk becanda). Nuri macan memiliki nama latin Psittacella. Lebih didominasi warna hijau dan ada bloreng-bloreng di kepalanya.

Sifatnya tergolong pendiam namun mudah dijinakkan, mereka sering beristirahat dengan pasangannya di hutan gelap, suara cukup lembut dan menyanyat. Jenis nuri macan sendiri ada lima.
  • Nuri macan madarazi (Psittacella madaraszi)
  • Nuri macan sederhana (Psittacella modesta)
  • Nuri macan brehm (Psittacella brehmii)
  • Nuri macan berbiru (Psittacella picta)
  • Nuri macan lorentz (Psittacella lorentzi)
Setiap jenis juga memiliki ciri khas masing masing.

14. Nuri Raja Ambon (Dilindungi)


nuri raja ambon

Jangan ditanya lagi, nuri raja ambon juga termasuk dilindungi, dia memiliki nama latin Alisterus amboinensis. Menurut daftar pemerintah terbaru, nampaknya hampir semua jenis nuri dilindungi. Buktinya selain raja ambon ada pula nuri jenis raja papua (Aprosmictus erythropterus), raja kembang (Aprosmictus jonquillaceus) dan raja sayap kuning (Alisterus chloropterus) yang dilindungi pemerintah. So kalian harus melestarikannya.

Jenis nuri raja ambon sendiri ditemuukan di daerah Papua Barat, pulau paleng dan Maluku. Memiliki tubuh sedang dan berwarna semi merah alias di kepala dan tubuh bagian atas berwarna merah. Sedangkan sayapnya hijau dan punggung serta ekor berwarna biru. Makanan yang ia sukai adalah kuncup, biji bijian dan buah buahan seperti pisang, jambu, dan pepaya.

15. Nuri Bayan (Dilindungi dan Bisa Bicara)


burung nuri bayan

Burung nuri bayan merupakan salah satu nuri yang dilindungi dan ia berbeda dengan jenis nuri lainnya. Karena bulu nuri bayan jantan dan betina warnanya berbeda (lihat gambar di atas). Nuri bayan jantan berwarna hijau, sisi dada dan sayap berwarna merah dan biru, kakinya abu abu kehitaman, paruh jingga kemerahan dengan bagian ujung berwarna kuning.

Sedangkan nuri bayan betina warna tubuhnya merah dengan paruh kehitaman, dada dan punggung biru keunguan. Nama latin nuri bayan adalah Eclectus roratus yang bertubuh sedang sekitar 43 cm. Untuk selengkapnya bisa anda buka artikel tentang: mengenal burung nuri bayan dan cara merawatnya.

16. Burung Nuri Kabare (Dilindungi)


burung nuri kabare

Nasib burung nuri kabare tak sebagus nuri yang lain. Karena rupanya dan warna tubuhnya yang kurang menarik yakni hitam garang mirip burung pemakan bangkai. Walaupun begitu bulu bulu nuri kabare bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi. Bahkan spesies ini kerap dikatakan mirip elang. Karena tubuh besarnya di dominasi warna hitam dan merah di bagian perut, tunggir, di belakang mata dan sayap.

Menurut klasifikasi, nuri kabare mempunyai nama latin Psittrichas fulgidus, memiliki status dilindungi oleh pemerinta.

17. Nuri Tanau (Dilindungi)


jenis nuri tanau

Nuri tanau termasuk satwa yang dilindungi karena keberadaannya yang cukup langka serta terancam punah. Nuri dengan nama ilmia Psittinus cyanurus ini bertubuh sedang sekitar 18 cm. Umumnya mereka berada di wiayahnya di Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Di habitatnya mereka suka berada di di daerah dataran rendah hingga ke perbukitan.

Jika nuri yang lain memiliki kesamaan antara jantan dan betina, maka nuri tanau memiliki ciri ciri jantan dan betina berbeda. Tanau betina bercorak abu abu kebiruan di bagian mahkota kepala, tengkuk, pipi, tenggorokan dan sekitar dada abu abu kebiruan. Di sisi punggung, sayap, ekor dan paha bercorak warna hijau tua agak hitam.

Adapun tanau betina bercorak coklat keabu-abuan pada mahkota kepala, pipi, tengkuk dan tenggorokan. Pada bagian pangkal sayap dan punggung berwarna biru, bagian sayap dan bagian punggung berwarna biru tua. Lalu terdapat warna kekuningan pada perut, dada serta bagian tunggirnya.

18. Burung Nuri Dusky atau Nuri Kelam (Tidak Dilindungi??)


burung nuri dusky

nuri kelam

Burung nuri dusky juga termasuk yang banyak diminati oleh masyarakat hingga saat ini banyak diperjualbelikan di grup Facebook. Memiliki corak bulu cenderung hitam gelap, namun ada beberapa warna campuran seperti warna merah di bagian tertentu, mulai dari paruh, bagian kepala, leher dan beberapa sisi di badannya.

Sampai saat ini burung nuri kelam banyak diperjualbelikan di grup mulai dari harga Rp. 800.000 sampai 1 juta ke atas, bahkan saya masih berfikir nuri satu ini tidak dilindungi. Tapi setelah saya cek kembali daftar terbaru dari pemerintah (Juli, 2018), ternyata nuri Dusky juga ikut dilindungi. Ya Tuhaan, berarti hal ini menandakan keberadaan nuri kelam/dusky semakin langka.

Jadi kalau begitu jenis nuri apa dong yang tidak dilindungi dan aman dipelihara?

Entah saya juga jadi bingung, tapi jangan salah persepsi. Meski dilindungi kita masih bisa memeliharanya di rumah. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa burung dilindungi masih bisa dimanfaatkan atau diperdagangkan. Menurut PP No. 8 Th 1999 tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar, Pasal 11 disebutkan bahwa :

  • Hasil penangkaran satwa liar yang dilindungi yang dapat digunakan untuk keperluan perdagangan adalah satwa liar generasi kedua dan generasi berikutnya.
  • Generasi kedua dan berikutnya dari hasil penangkaran jenis satwa liar yang dilindungi, dinyatakan menjadi jenis satwa liar yang tidak dilindungi.

Jadi pastikan teman teman membeli burung hasil dari penangkaran yang sudah ada sertifikat dan SATS-DN dari pihak BKSDA. Kalau mau lebih aman lagi, pelihara jenis burung kicau lainnya. hehe

Baca: 22 Jenis Burung Kicau Lengkap Beserta Gambar dan Namanya

Demikianlah ulasan tentang jenis-jenis burung nuri yang ada di Indonesia lengkap dari mulai yang bisa bicara dilindungi sampai tidak dilindungi (untuk saat ini dilindungi semua). Semoga bermanfaat, bagikan juga ke teman lainnya ya :)

0 Komentar 18+ Jenis Burung Nuri yang Bisa Bicara, Dilindungi dan Tidak Dilindungi Lengkap!

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top