HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Nuri pelangi merupakan salah satu burung paruh bengkok yang terkenal di Indonesia, ia masih satu keluarga dengan nuri kepala hitam dan nuri bayan. Akan tetapi kicauan nuri pelangi tidak sebagus nuri bayan dan nuri kepala hitam. Karena suaranya cenderung kencang dan hanya jeritan biasa, sehingga tidak cocok dijadikan burung kicau.

Meski demikian burung ini memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri dari sisi warna dan corak bulunya. Untuk itu di sini hobinatang.com akan mengulas semua tentang nuri pelangi, mulai dari habitat, ciri-ciri, karakter, makanan hingga perawatan dan penangkarannya.

Burung Nuri Pelangi (Trichoglossus Haematodus)


Spesies paruh bengkok yang satu ini sangat familiar dengan keindahan warna tubuhnya, sehingga kalimat "pelangi" tidak lepas dari julukannya. Terkadang ia dipanggil nuri pelangi, rainbow lorikeets, perkici pelangi dan kadang pula dipanggil kasturi pelangi. Lantas dari mana habitat burung ini?

1. Klasifikasi Ilmiah dan Habitat Nuri Pelangi/Perkici Pelangi/Rainbow Lorikeets


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Burung nuri pelangi berasal dari keluarga psittacidae (paruh bengkok), yang memiliki nama latin Trichoglossus haematodus. Saat ini burung nuri pelangi sudah banyak dibudidayakan masyarakat umum, namun sebenarnya habitat asli burung ini berasal dari semak-semak pantai dan hutan hujan yang ada di Indonesia, Papua Nugini dan Australia.

Anda bisa menemukannya di Australia bagian timur, tasmania barat laut dan queensland. Adapun di Indonesia anda bisa menemukannya di daerah timur, papua dan sekitarnya. Jadi kita sebagai warga Indonesia patut berbangga diri karena termasuk yang memiliki burung ini.

Bahkan hingga saat ini burung nuri pelangi sudah mulai terkenal hingga China, Selandia baru dan Hongkong.

2. Ciri Ciri Burung Nuri/Perkici Pelangi


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Meski tidak bersuara merdu, nuri pelangi tetap menjadi favorit banyak orang karena warna bulunya yang indah dan cantik. Sebut saja dia mirip pelangi, bisa anda lihat pada foto di atas, di bagian kepalanya berwarna biru yang nampak pas dengan paruhnya yang berwarna jingga, lalu bagian leher berwarna hijau kekuningan.

Ditambah warna hijau pekat tepat di atas punggung sampai melebar ke sayap, sedangkan bulu bagian dada berwarna merah dengan garis garis hitam kebiruan. Adapun panjang burung nuri pelangi sekitar 25-30 cm dan rentang sayap sepanjang 17 cm.

Yang membuat bingung adalah warna dan ciri ciri di atas ada pada nuri pelangi jantan dan betina, sehingga kebanyakan pemula masih bingung membedakan mana yang jantan dan mana betina. Untuk itulah nanti kami akan membahasnya di poin selanjutnya.

3. Cara Membedakan Nuri Pelangi Jantan dan Betina


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Burung perkici pelangi merupakan burung monomorfik seksual yang artinya sedikit lebih sulit dibedakan jenis kelaminnya. Hal ini karena bentuk fisik mereka sama, warna bulu juga sama. Namun anda tetap harus bisa membedakan jenis kelamin keduanya supaya ketika akan membudidayakan hasilnya bagus dan sempurna. Untuk itulah silakan ambil langkah di bawah ini untuk membedakan jenis kelamin burung nuri pelangi.
  • Nuri pelangi jantan memiliki dada lebih tebal daripada betina.
  • Warna bulu dada pada nuri pelangi jantan berwarna orange atau jingga gelap, sedangkan milik betina pudar, cerah dan sedikit kekuningan.
  • Nuri pelangi jantan lebih sering membusungkan dada saat makan dan melompati burung lain untuk mengambil makanan.
  • Kepala nuri pelangi jantan berbentuk agak persegi dan kepala betina lebih bulat.
Itulah cara membedakan jenis kelamin burung nuri jantan dan betina yang mudah. Berikutnya anda harus mengenali karakter burung nuri pelangi di bawah ini.

4. Karakter Burung Nuri Pelangi


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Karakter burung nuri pelangi mirip seperti lovebird yakni setia pada satu pasangan saja. Umumnya mereka tidak akan berganti pasangan selama pasangannya belum mati atau tiada. Bahkan sampai terbang pun mereka selalu berpasangan. Berbeda dengan nuri bayan yang memiliki karakter suka selingkuh. Hehe

Dalam hal mencari makanan, sepasang burung nuri pelangi bersikap sangat agresif. Itulah mengapa mereka tidak akan segan menyerang burung lain yang mengganggu wilayahnya, meskipun burung lain tersebut berpostur lebih besar. Selain itu karakter lain nuri pelangi lain adalah lebih suka tinggal di hutan hujan atau kawasan yang terbuka.

4. Makanan Burung Nuri Pelangi


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Sama seperti paruh bengkok lainnya, di habitat liar nuri pelangi memakan buah buahan dan biji bijian. Umumnya nuri pelangi anakan suka makan buah pepaya,apel dan jeruk. Sedangkan biji bijian yang sering dimakan adalah biji millet merah dan biji bunga matahari alias kuaci.

Namun saat dipelihara kalian boleh membedakan pakan nuri pelangi anakan dan dewasa, terutama yang masih disapih usia 12-14 hari sebaiknya dikasih makanan olahan burung lovebird atau potongan tulang sotong yang dihaluskan lalu diletakkan pada sendok kecil dan disuapkan ke anakan burung.

Berikan multivitamin juga untuk anakan burung nuri pelangi. Anda bisa memberinya vitamin Birdvit, cairan ini diteteskan ke dalam air minumnya atau langsung diteteskan di mulut si burung. Jika anakan burung sudah berusia 3-4 minggu, anda sudah bisa memberinya pakan buah dan biji bijian serta tidak perlu lagi disuapin, karena usia 1 bulan atau 4 minggu sudah bisa makan sendiri.

Adapun untuk nuri pelangi dewasa, bisa di berikan buah buahan seperti apel, pisang, jeruk, anggur dan wortel. Sesuaikan kebutuhan gizi yang diperlukan. Anda juga bisa memberikan sayuran hijau seperti labu rebus dan kacang hijau.

Perlu anda ketahui, jangan memberikan buah buahan yang mengandung gula terlalu tinggi karena bisa menyebabkan bulunya rontok. Kemudian hindari pemberian pakan berupa coklat, asparagus, terong, kubis, alpukat, kacang mentah, madu, kemangi, bawang dan makanan berminyak serta cemilan asin atau manis. Sebab makanan makanan tersebut beracun untuk nuri pelangi.

5. Perawatan Burung Nuri Pelangi


Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi

Perawatan burung nuri pelangi harus dilakukan sejak ia masih usia anakan. Biasanya anak burung nuri pelangi sudah mulai disapih saat usianya 12-14 hari. Jadi anda sudah bisa memberinya pakan berupa buah buahan dan mereka bisa makan sendiri. Karena umumnya usia tersebut mata mereka sudah terbuka. Adapun kalau sobat belum mampu menyapihnya, maka penyapihan bisa dimulai di usia 8 minggu atau 2 bulan.

Terkait kandang, burung nuri pelangi menyukai kandang yang berukuran luas dan kandang tersebut diletakkan di tempat yang ramai. Karena mereka senang bersosialisasi dengan burung lainnya. Jika mereka ditempatkan di kawasan yang sepi maka efeknya adalah mereka akan stres bahkan jika didekatkan dengan binatang lainnya (selain burung) mereka juga akan stres.

Burung nuri pelangi menyukai suhu normal, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Suhu yang bisa anda gunakan untuk memelihara nuri pelangi adalah 18-29 derajat celcius. Usahakan tidak dibawah 4 derajat dan diatas 29 derajat ya guys. Kalaupun terpaksa, usahakan jaga sirkulasi udara berjalan dengan sempurna.

Perawatan lain yang harus anda lakukan adalah memperhatikan kebersihan kandang nuri pelangi. Bersihkan kandangnya dari sisa sisa makanan serta mengganti air, wadah makan minumnya setiap hari. Sebab, nuri pelangi sangat rentan terhadap infeksi bakteri. Untuk pergantian alas kandang bisa dilakukan 2 hari sekali. Cuci bersih semuanya dan ganti alas yang bersih.

Uniknya lagi, burung nuri pelangi ini suka sekali berendam di dalam air. Bahkan terkadang mereka berendam di wadah minumnya. So, akan lebih baik jika sobat menyiapkan tempat khusus berendam. Dan jangan beri suplemen apapun di dalam air tersebut, karena suplemen hanya akan membuat bakteri cepat berkembang biak dan dikhawatirkan burung nuri akan meminum airnya.

Selain itu dalam hal beranak pinak, maka nuri pelangi biasanya akan bertelur sebanyak 2-3 telur dalam satu periode. Jika perawatannya bagus, mereka akan bereproduksi sebanyak 5 kali dalam setahun. Induk betina akan mengerami telur terlurnya selama 25-26 hari. Lalu sang induk jantan akan menjaga sarang serta mencari makan untuk induk betina. Setelah telurnya menetas, induk jantan dan betina akan mengurus bayinya bersama sama.

Baca juga: 22 Jenis Burung Kicau Lengkap Beserta Foto dan Namanya

Nah, itulah tentang nuri pelangi yang kami rangkum. Kurang lebihnya kami harap maklum. Semoga bisa menambah wawasan dan juga pemahaman yang baik untuk anda semua. Kami cukupkan dulu sampai di sini semoga bermanfaat terimakasih.

0 Komentar Klasifikasi, Ciri Ciri dan Perawatan Nuri Pelangi atau Perkici Pelangi

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top