HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Jenis Ikan Mas Komet Tercantik Beserta Gambar dan Harganya Terbaru

Jenis ikan komet beserta harganya- ikan komet juga termasuk ikan hias air tawar yang sangat populer di kalangan hobis. Ikan ini sangat cantik dengan ciri khas ekornya yang panjang dan menjurai. Bentuknya memang agak mirip sama ikan mas dan ikan mas koi, namun dia lebih oval dan cocok dipelihara di kolam ikan hias maupun di akuarium.

Di samping itu ekor ikan komet juga lumayan panjang, bahkan panjangnya setengah dari badannya hingga lebih panjang dari badan si ikan sendiri. Di situlah menariknya, ekor tunggal yang panjang melambai lambai dengan ujung runcing dan lobus sempit seperti pita.

Bagaimana sejarah singkat ikan komet?

Ikan komet termasuk ikan hias air tawar yang mudah dirawat dan dipelihara. Habitat aslinya berada di Amerika, awalnya ia dikembangkan di Amerika oleh seorang karyawan biro perikanan yang bernama Hugo Murlett pada tahun 1880. Lalu ikan tersebut dinamakan komet karena pada saat Hugo Murlett sedang proses mengembang biakkan terdapat komet yang menonjol di langit.

Sejak itulah ikan komet menjadi terkenal di penjuru dunia termasuk di Indonesia. Bahkan sampai sekarang ikan komet masih menjadi favorit pecinta ikan.

Itulah pengertian singkat mengenai ikan komet yang cukup terkenal. Kembali ke tema awal, di sini hobinatang.com akan membahas jenis jenis ikan komet. Baiklah simak saja di bawah ini beberapa jenis ikan mas komet yang perlu anda ketahui.

Jenis Ikan Mas Komet beserta Harganya


Pada umumnya masyarakat lebih mengenal ikan komet dengan variasi warna merah dan putih. Maka di bawah ini anda akan tahu betapa banyak macam macam ikan hias komet yang bisa Anda pelihara. Saya juga akan menambahkan gambar/foto dan harganya terbaru.

1. Jenis Ikan Komet Merah Slayer


jenis ikan mas komet tercantik merah slayer

Jenis yang pertama merah slayer. Warna merah slayer atau red slayer ini memang sangat cantik dan indah. Seluruh tubuhnya hingga ekor semuanya berwarna merah. Meskipun sebagian terdapat sedikit warna orange namun tetap saja lebih terlihat berwarna merah.

jenis ikan mas komet tercantik merah slayer

Jenis ikan ini termasuk dalam klasifikasi ikan doubletail. Makanya ia memiliki ekor yang menjuntai dengan cantiknya serta termasuk ikan komet yang bertubuh mungil bila dibandingkan dengan ikan komet lainnya. Harga ikan tersebut lumayan mahal dibandingkan dengan komet lainnya. Karena jenis red slayer ini yang paling banyak dicari hobis. Harganya mulai dari Rp. 5000 ukuran 5 cm hingga Rp. 30.000 ukuran 20 cm. Semakin besar ikan semakin mahal harganya.

2. Jenis Ikan Komet Sarasa atau Sara


jenis ikan mas komet tercantik sarasa

Sama seperti ikan komet merah slayer, ikan jenis sarasa termasuk klasifikasi doubletail alias berekor ganda dan menjuntai. Ikan ini berasal dari China yang memiliki kekebalan tubuh sangat kuat. Sehingga mudah dipelihara dan dirawat di mana saja.

Ikan sarasa ini berwarna merah kombinasi putih yang jika dilihat sekilas mirip dengan ikan mas koi Kohaku. Ada sebagian ikan komet sara yang warna tubuhnya dominan putih saja dengan sedikit warna merah pada bagian kepala. Adapun harganya bisa dibanderol Rp. 15.000 usia dewasa.

3. Jenis Ikan Mas Komet Merah


jenis ikan mas komet merah

Ikan komet merah juga termasuk paling banyak dicari para pecinta ikan hias. Sebab warna tubuhnya merah semua. Bentuk tubuhnya juga sedikit berbeda dengan yang lain yakni pipih dan sedikit membulat. Di samping itu, ikan mas komet merah juga termasuk klasifikasi ikan hias doubletail (pemilik ekor bercabang). Untuk harganya berkisar Rp. 25.000/ekor usia dewasa.

4.  Ikan Mas Komet Red Black


jenis ikan mas komet red black

Red Black alias merah hitam adalah salah satu jenis ikan mas komet yang juga diminati para hobis karena memiliki warna dasar merah. Sedangkan warna hitam sebagai corak yang menjulur dari sirip punggung hingga ekor ikan. Sama seperti ikan komet yang kami sebutkan sebelumnya, ia juga termasuk dalam klasifikasi doubletail.

5. Jenis Ikan Komet Red Shubunkin


jenis ikan mas komet red shubunkin

Jenis selanjutnya adalah red shubunkin yang memiliki ciri khas warna putih pada bagian kepala. Warna dasar ikan ini adalah merah dengan perpaduan warna bintik bintik hitam di selutuh tubuhnya. Maka tak heran jika ikan red shubunkin terlihat ceria dan indah menawan. Red shubunkin juga termasuk ikan double tail (berekor cabang). Harga ikan tersebut berkisar Rp. 30.000 untuk usia dewasa.

6. Ikan Mas Komet Jenis Shubunkin


jenis ikan mas komet shubunkin

Apabila ikan komet jenis red shubunkin memiliki warna dasar merah maka ikan komet jenis shubunkin berwarna dasar putih. Meskipun di sebagian tubuhnya terdapat warna merah, namun tetap di dominasi warna putih serta bintik bintik hitam di sekujur tubuhnya. Sehingga ikan ini terlihat cantik dan memikat para hobis untuk dipelihara. Harganya berkisar Rp. 25.000/ekor.

7. Ikan Mas Komet Jenis Calico Shubunkin


jenis ikan mas komet calico shubunkin

Ikan jenis calico ini hampir mirip dengan shubunkin. Bedanya adalah ikan komet calico memiliki warna khas putih pada bagian, tubuh ekor dan sirip atas. Sedangkan tubuhnya diserta bintik bintik merah di seluruh tubuhnya dari kepala hingga ekor. Namun ada pula red calico yang tubuhnya berwarna merah. Adapun harga tidak jauh dari komet lainnya yakni Rp. 30.000/ekor.

8. Jenis Ikan Komet Doubel Tail


jenis ikan mas komet tercantik doubletail

Ikan ini termasuk klasifikasi ikan berekor cagak atau double tail. Warna dasar ikan tersebut adalah merah dengan corak warna hitam pada punggung, sirip atas maupun bawah dan sebagian ekornya. Ikan ini akan terlihat mencolok apabila diletakkan pada akuarium yang berlatar belakang gelap. Harganya berkisar Rp. 20.000/ekor.

9. Ikan Komet Tancho


jenis ikan mas komet tercantik Tancho

Jika dilihat sekilas ikan komet tancho mirip dengan ikan komet jenis sarasa. Ciri ciri ikan komet tancho ialah berwarna silver di seluruh tubuhnya termasuk sirip dan ekor. Terkadang ada warna merahnya di bagia ujung kepala. Ikan komet tancho termasuk dalam klasifikasi ikan single tail alias berekor tunggal. Saking cantiknya ikan ini sebagian penjual menghargainya sedikit lebih mahal dibanding yang lain yakni sekitar Rp. 35.000/ekor.

10. Yellow Jenis Ikan Komet


jenis ikan mas komet tercantik yellow

Ikan komet jenis yellow alias kuning memiliki ciri khas warna kuning di seluruh tubuhnya. Ikan ini banyak ditemukan di pasar ikan, karena sudah banyak yang berhasil membudidayakannya. Hal itu disebabkan karena ikan komet yellow sangat mudah dipelihara dan dirawat. Di samping itu ikan yellow komet juga termasuk dalam klasifikasi double tail, namun ada sebagian yang masuk klasifikasi single tail. Adapun harganya sekitar Rp. 30.000/ekor.

11. Ikan Komet Marigold


jenis ikan mas komet tercantik marigold

Ikan komet marigold ini hampir mirip dengan yellow komet, yang membedakan adalah bentuk ekor dan warnanya. Jika yellow komet berwarna kuning di seluruh tubuhnya maka marigold berwarna orange keemasan di seluruh tubuhnya. Ikan ini juga termasuk dalam klasifikasi double tail. Adapun soal harga relatif murah, berkisar Rp. 20.000/ekor.

12. Ikan Komet Jenis Tiger Yellow


jenis ikan mas komet tiger yellow

Ikan komet tiger yellow memiliki corak warna seperti harimau yakni kuning putih. Tiger yellow masuk klasifikasi double tail. Ikan yang cantik ini sangat sulit ditemukan di Indonesia kecuali di kota kota besar. Jadi, anda jangan kaget kalau bertemu ikan tiger yellow maka harga yang ditawarkan cukup mahal. Kira kira Rp. 40.000-Rp. 50.000/ekor.

13. Ikan Komet Hitam


jenis ikan mas komet hitam

Sesuai namanya ikan komet jenis Black atau hitam memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Hampir semua berwarna hitam pekat kecuali perutnya berwarna keemasan. Buat pecinta hitam sangat cocok nih beli ikan komet warna hitam. Hanya saja ikan komet hitam masih sulit ditemukan di Indonesia. Makanya harga ikan komet hitam cukup mahal berkisar Rp. 60.000/ekor.

14. Jenis Ikan Komet Black White


Jenis Ikan Mas Komet Tercantik Beserta Gambar dan Harganya Terbaru

Black White atau hitam putih pada ikan komet jenis ini juga sangat cantik apalagi kalau dilihat dari atas. Ia termasuk klasifikasi double tail dengan corak warna hitam dan putih di seluruh tubuhnya. Jenis ikan tersebut juga lumayan susah ditemukan guys. Harga ikan komet hitam putih Rp. 40.000/ekor.

15. Ikan Komet Common


jenis ikan mas komet common

Ikan komet jenis common ini mudah dipelihara dan dirawat. Ia terkenal paling handal dalam berenang. Warnanya sangat indah bersinar bagaikan perak, kecuali bagian perut tidak terlalu kelihatan warna peraknya. Harganya murah hanya Rp. 15.000/ekor.

Demikianlah jenis ikan komet yang dapat kami tulis di sini. Bila ada kesalahan dari gambar maupun deskripsi mohon koreksinya dengan menulis komentar di bawah, intinya pengelompokan jenis ikan komet itu disesuaikan menurut corak warna tubuhnya. Di sisi lain harga di atas hanyalah kisaran saja, tidak pasti persis seperti yang kami tulis, tergantung kualitas ikan dan daerah masing masing.

0 Komentar Jenis Ikan Mas Komet Tercantik Beserta Gambar dan Harganya Terbaru

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top