HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Mengawinkan Hamster Campbell Hingga Berhasil

Cara mengawinkan hamster campbell- Pada artikel kami yang berjudul cara mengawinkan hamster untuk pemula sudah sedikit kami singgung bagaimana caranya mengawinkan hamster yang benar. Semua jenis hamster memiliki kesamaan saat dikawinkan kecuali dalam hal usia mungkin ada sedikit perbedaan. Contohnya jika hamster roborsvki ingin dikawinkan membutuhkan waktu 4-5 minggu, sedangkan hamster campbell cukup 3 minggu saja sudah bisa dikawinkan.

Jadi di artikel ini hanyalah tambahan dari tulisan sebelumnya. Selain itu lebih spesifik dan dikhususkan untuk jenis campbell. Maka dari itu untuk usaha teman teman baca juga yang sebelumnya.

Mengawinkan Hamster Cambell


Cara Mengawinkan Hamster Campbell Hingga Berhasil

Cara mengawinkan hamster jenis campbell sama seperti mengawinkan hamster pada umumnya. Hal itu juga mudah dilakukan karena hewan ini memiliki sistem reproduksi yang bagus. Berikut langkah langkahnya.

1. Induk Hamster


Sebelum berniat membudidayakan atau mengawinkan hamster, sobat harus memperhatikan kualitas indukannya. Karena kualitas induk yang bagus akan mempengaruhi hasil yang dilahirkan nanti. Berikut indukan hamster yang berkualitas.

  • Usia hamster campbell sudah menginjak 3-6 bulan. Tapi menurut pengalaman 2 bulan sudah bisa.
  • Usahakan usia pejantan lebih tua dari si betina dengan panjang tubuh hamster campbel jantan  kurang lebih 9-12 cm.
  • Hamster campbel dalam keadaan sehat luar dan dalam.
  • Hamster jantan lebih agresif dari betina dan jumlah hamster betina lebih banyak. Misalnya 2:1, 4:2, 8:4 dan seterusnya.

Hindari perkawinan hamster dambel antara mottled x mottled, platinum x platinum atau mottled x platinum.

2. Tempat Kawin Hamster Cambell


Selanjutnya sediakan tempat untuk ritual perkawinan si hamster. Bersihkan kandangnya, rapikan seluruh kandang mulai dari mainannya, makannya dan cuaca di kandang dibuat sehangat mungkin. Jauhkan kandang dari tempat ramai dan usahakan tertutup. Hal itu supaya mereka tidak stres saat kawin dan merasa terganggu serta malu diliatin manusia.

3. Proses Mengawinkan Hamster Campbell


Setelah hamster dan kandang sudah siap, saatnya mengawinkan mereka dengan benar dan tepat. Ada 2 cara yang kami sarankan di sini:

Cara pertama biarkan hamster jantan dan betina bersatu dalam kandang lalu perhatikan apakah mereka berantem atau tidak. Jika tidak, biarkan mereka bersama hingga 3 minggu sampai proses kawin selesai.

Namun jika mereka berantem, pisahkan terlebih dahulu selama sehari dua hari lalu campur mereka lagi. Tenang saja, masa subur hamster betina adalah 3 hari sekali jadi anda masih punya kesempatan untuk terus berusaha menyatukan mereka dalam satu kandang. Bila dirasa sudah baik baik saja maka tunggulah mereka selama 1-3 pekan untuk si betina hamil.

Cara yang kedua, masukkan hamster campbell jantan ke dalam kandang dan biarkan dia sendiri dulu selama 48 jam. Setelah itu masukkan hamster campbel betina dan tunggulah mereka hingga kawin. Dan setelah sepekan dua pekan, pisahkan hamster jantan dengan betina. Agar hamster betina fokus mengurus janin yang ia kandung tanpa ada gangguan dari si jantan.

Itulah dua cara yang bisa sobat lakukan untuk mengawinkan hamster jenis campbell. Anda bisa menggunakan salah satu yang sekiranya mudah bagi anda. Jika cara pertama agak sulit dan kemungkinan gagal maka bisa gunakan cara kedua. Tantu tetap harus hati hati, jangan sampai keteledoran kita malah membuat hamster berantem saat disatukan. 

0 Komentar Cara Mengawinkan Hamster Campbell Hingga Berhasil

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top