HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Cara Tepat Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Cara mengawinkan hamster -Hi sob, apa kabar semuanya? hobinatang.com di sini akan membahas tentang tips mengawinkan hamster yang baik dan benar. Yups hamster adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Dia banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia khususnya di kalangan wanita dan mahasiswa. Dan tidak sedikit pula yang mencoba ternak hamster untuk dijual atau lainnya.

Bagi peternak atau yang sudah pengalaman mungkin mengawinkan hamster tidaklah sulit karena mereka sudah terbiasa, Tapi berbeda dengan yang masih pemula barangkali mereka masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengawinkan hamster agar cepat hamil dan berhasil. Nah untuk itulah sebaiknya sobat perhatikan tutorial yang akan saya bagikan di bawah ini.

Cara Mengawinkan Hamster Bagi Pemula


Cara Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Sebenarnya mengembangbiakan hamster itu sangatlah mudah, sebab ia memiliki sistem reproduksi yang cukup baik. Untuk hamster Syirian dan Cambell sendiri hanya membutuhkan waktu 3 minggu sudah dapat dikawinkan, sedangkan untuk roborovski mungkin sekitar 4 - 5 minggu.

Namun disarankan agar mengawinkan hamster jika mereka sudah usia 5 sampai 6 bulan. Hal itu supaya organ reproduksinya benar-benar matang sehingga menghasilkan keturunan yang berkualitas serta meminimalisirkan kegagalan. Oke berikut langkah-langkah bagaimana cara mengawinkan si Hamster:

1. Menyediakan Tempat yang Nyaman


Cara Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Cara pertama adalah sobat harus menyiapkan kandang yang nyaman. Kondisi kandang yang bagus untuk ritual perkawinan hamster adalah yang bersih, tidak transparan, di tempat yang sepi, jauh dari keramaian dan kalau bisa sebelumnya sudah di bersihkan. Baik substratnya mainannya atau tempat minumnya. Semua itu bertujuan biar si indukan tidak stres dan malu.

2. Memilih indukan yang berkualitas


Cara Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Indukan yang berkualitas adalah salah satu yang paling penting untuk diperhatikan. Seperti apa ciri-ciri indukan yang berkualitas?

  • Umur sudah lebih dari 5 bulan.
  • Kondisi hamster sehat dan tidak sakit luar dalam.
  • Untuk hamster jantan harus terlihat lebih agresif dan umurnya lebih tua dibandingkan yang betina.
  • Kalau sobat belum membeli hamster sebaiknya belilah indukan dengan perbandingan: 1:1, 2:1, 4:2 atau 8:4 yang jelas betina lebih banyak dibandingkan yang jantan.

Nah kurang lebih seperti itulah kondisi indukan yang berkualitas. Buat kalian yang belum bisa membedakan hamster jantan dan betina, Silahkan baca artikel, perbedaan hamster jantan dan betina.

3. Proses Mengawinkan Hamster


Cara Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Cara mengawinkan hamster yang baik dan benar berikutnya adalah proses pemijahannya (perkawinan).  Pertama memilih hamster yang satu jenis misalnya cambell dengan cambell, syirian dengan syirian dan winter white dengan winter white, lalu satukan hamster jantan dan betina di satu tempat yang luas sebagaimana yang sudah kami jelaskan di atas kemudian kalian cermati apakah mereka berantem atau tidak, bila berantem sebaiknya dipisahkan dahulu lalu disatukan kembali atau bisa dikasih bedak bayi. Tapi jika tidak ada masalah apa pun sobat tinggal menunggu satu pekan atau dua pekan.

Idealnya hanya membutuhkan waktu 1 minggu mereka sudah melakukan ritual perkawinan dan untuk melihat ciri-ciri hamster yang hamil silahkan baca artikel tanda-tanda hamster betina hamil.

Jika sudah hamil, pisahkan hamster jantan ke tempat yang lainnya dan selanjutnya teman-teman tinggal menunggu kehadiran bayi hamster yang masih imut. :) Untuk panduan perawatan bayi hamster silahkan baca [cara merawat anakan hamster yang tepat].

Akhirnya sekian informasi dari kami tentang cara mengawinkan hamster dengan benar untuk para pemula. Apabila menurut kalian tulisan ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada sesama komunitas pecinta hamster. Baik di grup-grup maupun di forum lainnya yang penting sertakan sumber utama Hobinatang.com. Thanks You

0 Komentar Cara Tepat Mengawinkan Hamster Bagi Pemula

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top