8 Makanan Favorit Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang Berlaku untuk Gecko Juga

Makanan tokek- Dahulu banyak yang berlomba-lomba mencari tokek besar yang ada di hutan sampai tokek rumah yang berwarna abu abu bintik merah, karena meskipun mimin belum pernah ngalamin tapi konon tokek dengan ukuran tertentu dapat dijual seharga ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dengan jumlah uang segitu banyak yang sanggup membeli katanya orang luar negri untuk dijadikan penelitian/obat semacam HIV, makanya dijual mahal.

Hal itulah yang membuat orang-orang (termasuk mimin hehe) memelihara tokek dan berharap cepat besar supaya bisa lekas dijual. Meskipun mimin sendiri masih belum yakin banget kalau ada yang berhasil menjual hingga miliaran rupiah (kalau jutaan mungkin masih percaya). Namun terkait benar tidaknya, saya kembalikan ke diri anda masing-masing, barangkali kalian punya teman yang pernah bertransaksi dan berhasil.

Mimin pribadi memelihara tokek bukan untuk dijual, melainkan hobi semata. Apalagi hari ini sudah banyak jenis tokek hias yang dapat dipelihara dan memiliki corak yang cantik. Komunitasnya juga banyak. Lalu apa makanan untuk tokek supaya cepat besar dan panjang?

Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Semua tokek cenderung memiliki jenis makanan yang sama, baik tokek hias maupun tokek rumah. Di alam liar tokek memakan sejenis serangga seperti nyamuk, laron atau ulat. Tapi apakah pakan tersebut mampu mempercepat pertumbuhannya? Belum tentu.

Untuk tokek rumah misalnya, kalian harus memberi jenis pakan yang mengandung banyak protein agar cepet besar dan panjang. Begitu juga untuk tokek hias seperti gecko, kalian harus memberi makanan favorit yang mengandung protein dan gizi seimbang.

Baiklah berikut ini daftar pakan kesukaan tokek supaya cepet besar:

1. Jangkrik Pakan Utama Tokek


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Bukan rahasia lagi jangkrik merupakan makanan favorit buat hewan sejenis tokek, burung, sugar glider, ikan arwana dan semua hewan peliharaan dari pemakan serangga. Kenapa jangkrik begitu digemari oleh hewan?

Alasannya karena jangkrik memiliki kandungan protein hewani yang tinggi hingga mencapai 60%, di dalamnya terdapat juga omega 3-9. Sehingga dapat mempercepat pertumbuhan hewan seperti tokek. Terbukti sudah banyak para hobis menjadikan jangkrik sebagai makanan pokok buat gecko atau tokek rumah, gunanya agar bisa cepat besar dan panjang. Tapi pastikan kaki jangkrik dihilangkan dulu sebelum diberikan pada tokek.

2. Kecoa


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Makanan tokek selain jangkrik yang bagus adalah kecoa. Tapi kalian jangan jijik dulu, kecoa di sini bukan jenis kecoa yang menjijikan, bau dan kotor. Ada jenis kecoa khusus yang biasa dijadikan pakan hewan peliharaan semisal reptil ular, tokek, tarantula atau musang. Yaitu kecoa kecoa Madagaskar, ada juga kecoa dubia.

Kandungan proteinnya tidak kalah tinggi dengan jangkrik, diyakini mampu mempercepat tumbuh tokek, baik tokek bintik merah maupun tokek hias. Silahkan kalau tertarik bisa membeli di toko hewan atau di toko online, sekarang malah sudah banyak yang terjun usaha budidaya kecoa.

3. Laron


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Secara alami tokek akan bertahan hidup dengan mencari makanan berupa laron dan nyamuk. Hampir mirip seperti cicak, hanya saja kalau laronnya kurang banyak maka kurang berpengaruh buat tokek. Pada laron sendiri terkandung zat organik, protein dan lemak yang bisa mempercepat tumbuh tokek.

4. Belalang


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Sebenarnya belalang tidak jauh dari jangkrik, hewan kecil ini juga bisa dijadikan makanan favorit tokek. Keberadaannya juga banyak, hampir di setiap ladang ada belalang. Protein dan kalsium pada belalang mampu memperbesar dan memperpanjang tubuh tokek.

5. Ulat Hongkok


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Ulat hongkok biasa dijadikan makanan sugar glider, karena kandungan protein yang tinggi. Namun serangga kecil ini juga sangat sangat bagus buat tokek, jangan ragu memberi pakan ini pada gecko. Gecko dan tokek juga suka dengan ulat hongkong. Untuk membelinya biasanya dijual di toko hewan, Rp. 10.000 sudah dapat banyak.

6. Telur Semut/Kroto


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Telur semut bisa menjadi alternatif makanan tambahan buat tokek, selengan saat memberi minum. Itung itung cemilan buatnya hehe Tidak sedikit juga para hobis yang selalu menyediakan telur semut di kandangnya. Kadang kalau dikasih jangkrik terus nanti bosan, hitung-hitung pakan selingan.

7. Nyamuk


Makanan Tokek Agar Cepat Besar dan Panjang

Kalau kalian punya nyamuk 1 kg mah tidak masalah dikasihkan tokek, tapi kalau satu biji mah mendingan buat lauk sarapan pagimu wokwowk memang di alam bebas tokek makan nyamuk tapi kita harus bijak apa iya mau mencari dan mengumpulkan nyamuk? Kadang aneh saja kalau ada web yang menyarankan pakan tokek yang aneh aneh, kadang kadal dibawa-bawalah huahaha ada juga anak katak dll. Sekalian aja kasih nasi sama ayam goreng.

8. Air Putih untuk Minuman Tokek


Apakah tokek minum juga? Ya tidak ada makhluk hidup yang bisa hidup tanpa air, air sangat penting. Sediakan selalu air putih di kandangnya sebagai minumannya. Air minum ditaruh di tempat yang pipih dan sebaiknya diganti 3 hari sekali agar tidak timbul bakteri.

Nah itulah 8 jenis makanan kesukaan hewan tokek. Baik jenis gecko maupun lainnya. Semoga bermanfaat jangan lupa bagikan ke yang lainnya agar tercerahkan hehe