HoBinatang

Perawatan dan Informasi Hewan Peliharaan

Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Untuk mengenal hamster campbell, kalian harus banyak membaca tentang sejarahnya. Jenis ini dikenal sebagai hamster yang lucu, kecil dan mungil. Mereka ditemukan di kota Tuva daerah Mongolia atau secara garis besar daerah antara Cina dan Rusia. Meski begitu ada juga yang mengatakan hamster campbell ditemukan di daerah Asia Tengah yakni Laut Cina bagian timur.

Konon hamster campbell ditemukan oleh seseorang yang bernama W.C. Campbell makanya tidak salah lagi kalau hamster temuan tersebut dinamakan campbell. Namun di sebagian tempat, hamster tersebut dinamakan russian hamster yang memiliki genetis kedekatan dengan hamster winter white. Meskipun gen mereka dekat, tetapi tidak bisa disatukan dalam kandang karena mereka tidak bisa akur dan sering berantem.

Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis, Gambar dan Klasifikasinya


Berikut klasifikasi lengkap tentang hamster Campbell beserta jenis jenis dan keistimewaannya. Biar mudah dipahami kami sudah menyertakan gambar gambarnya.

1. Klasifikasi Hamster Campbell


Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Hamster campbell memiliki nama latin Cricetinae Phodopus Sungorus Campbell. Namun di beberapa wilayah, dia sering juga dipanggil dengan sebutan Mad Hamster, Djungarian Dwarf Hamster. Dia merupakan hewan nokturnal alias hanya tidur ketika siang hari dan akan aktif ketika malam hari. Jadi di saat anda tidur malam, jangan lupa sediakan makanan di kandangnya.

Adapun habitat aslinya adalah berada di padang rumput atau padang pasir atau semi gurun, di sana mereka biasa memakan biji bijian dan serangga. Oh ya teman teman, hamster campbell ini tidak menyukai tempat yang lembab dan berair serta suhu yang panas dan angin yang kuat. Mereka akan mudah sakit apabila berada di tempat berair dan penuh dengan hembusan angin.

2. Karakteristik dan Ciri Fisik Hamster Campbell


Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Ada sedikit karakter yang menonjol pada hamster campbell. Yakni mereka termasuk hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan mereka sangat agresif sehingga cukup menantang untuk dipelihara serta masa kehidupan mereka cukup panjang, bisa mencapai 2 tahun lamanya. Selain itu, hamster campbell memiliki panjang tubuh 9-15 cm, suka menggigit dan hidup secara berkelompok (berkoloni). So, kalau bisa jangan hanya beli seekor saja, namun belilah berpasangan.

3. Masa Subur Hamster Campbell


Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Hamster campbell terkenal dengan masa suburnya yang cukup cepat yakni 2-3 hari sekali. Dan hamster campbell betina yang sudah siap kawin biasanya sudah berusia 3 bulan dan pejantan haruslah lebih tua dari betina. Cara mengawinkannya sama dengan hamster pada umumnya yakni siapkan kardus khusus lalu letakkan hamster jantan sendirian selama 2-3 hari agar beradaptasi dulu kemudian masukkan hamster betina.

Maka nantinya hamster jantan secara nalurinya akan mengendus endus alat kelamin betina lalu dikawini. Setelah mereka kawin hendaknya tunggu sampai ada tanda tanda kehamilan pada hamster betina. Jika sudah hamil, pisahkan pejantan karena umumnya hamster yang sedang hamil akan sensitif dan tidak mau didekati pejantan. Masa kehamilan hamster campbell berkisar 15-20 hari.

4. Jenis Hamster Campbell


Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Ada banyak jenis hamster campbell di dunia ini, mulai dari yang palig imut hingga yang kurang diminati. Biasanya pembagian Campbell berdasarkan warna, lantas apa saja jenis hamster campbell?

  • Black Eye Lilac: Hampir seluruh bulunya berwarna ungu keabu abuan kecuali matanya berwarna hitam dan bulunya cukup lembut.
  • Bandit Campbell: Tubuhnya memiliki 2 warna yakni hitam dan putih yang mana warna putih melingkari leher.
  • Blue Fawn: Hampir seluruh tubuhnya berwarna cream tua dengan garis biru keabuan di bagian perut, daun telinga merah muda, dan bola mata berwarna merah.
  • Dove: Warna bulunya abu abu kecoklatan, bola mata berwarna merah dan daun telinga merah muda mirip dengan burung merapati.
  • Beige: Memiliki bulu berwarna cream kekuningan dengan garis coklat di punggungnya, mata merah dan telinga abu abu.
  • Champagne: Warna tubuh cream cerah, bola mata merah dan daun telinga merah muda atau pink indah.
  • Mottled Campbell: Warnanya cukup mudah dikenali yaitu terdapat bercak putih di seluruh tubuhnya.
  • Blue Beige: Hampir mirip dengan blue fawn yakni bulunya berwarna cream dengan garis biru serta garis abu abu di perutnya, bola mata merah dan daun telinga keabu abuan.
  • Black: Sesuai namanya seluruh tubuhnya berwarna hitam. bola matanya pun hitam dan daun telinga juga hitam.
  • Albino: Albino terkenal sangat bagus untuk jenis hewan. Campbell albino berwarna putih di seluruh tubuhnya dengan bola mata merah serta daun telinga merah muda. Sangat cantik sekali yaa.
  • Opal: Di bagian punggungnya berwarna abu abu terdapat garis biru dan garis putih pucat di perutnya dengan sedikit lapisan abu abu kontras, telinga abu abu gelap serta bola mata hitam pekat.
  • Lilac Fawn: Bulunya coklat muda dengan garis biru keabuan, bola mata hitam dan telinga berwarna abu abu.
  • Argente Red Eye: Red eye bermakna mata merah. Ya, jenis ini bola matanya berwarna merah menawan, di punggungnya berwarna orange muda dengan garis coklat serta warna merah muda pada telinganya.
  • Red Eye Lilac: Warna tubuhnya sama dengan jenis black eye lilac yakni ungu keabu abuan, bedanya warna bola mata red eye lilac adalah merah dan telinga pink.
  • Chocolate: Seluruh tubuhnya berwarna coklat tua, teliga abu abu dan bola mata hitam pekat cantik.
  • Argente Black Eye: Memiliki warna unik di tubuhnya, area punggung cream dengan garis coklat serta orange melengkung, di perutnya terdapat garis putih pucat dengan lapisan coklat tua, bola mata hitam dan telinga merah muda.

5. Kelebihan Hamster Campbell


Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Ada banyak kelebihan pada diri hamster campbell. Di antaranya yaitu mereka memiliki banyak varian jenis seperti campbell albino, campbell Argente, campbell black, campbell panda, campbell blue, campbell dove, campbell lilac dan masih banyak lagi.

Baca juga: Contoh dan Kriteria Kandang Hamster Yang Baik

Selanjutnya kelebihan yang dimiliki hamster campbell memiliki jenis warna dan bulu yang bervarian sehingga anda bisa memilih sesuai keinginan. Menariknya lagi hamster campbell jika dipelihara dengan baik, usia mereka bisa mencapai 2 tahun loh.

6. Kekurangan Hamster Campbell


Ternyata hamster imut ini juga mempunyai kekurangan. Namanya makhluk hidup tidak mungkin ada yang sempurna ya. Nah apa aja sih kekurangan hamster campbell? Pada dasarnya hamster campbell memiliki karakter yang agresif sehingga ia cenderung suka menggigit. Kalau kita memperlakukannya kurang baik maka jangan heran kalau dia akan gigit.

Baca juga: Jenis Hamster Yang Mudah Jinak dan Tidak Menggigit

Dan secara naluri, binatang yang menggigit itu karena merasa dirinya terancam. Nah bila hamster campbell anda galak, jangan dekatkan anak anak dulu ya dan anda juga jangan terlalu mengganggunya terlebih dahulu sampai ia bisa beradaptasi dengan anda. Kekurangan lainnya adalah hamster campbell kualitas di Indonesia kurang bagus karena mereka diproduksi dalam jumlah yang banyak. Sehingga kurang terkontrol akan kualitasnya.

Baiklah itu saja ulasan dari kami tentang hamster campbell yang super imut dan menggemaskan ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Trimakasih.

0 Komentar Mengenal Hamster Campbell Dilengkapi Jenis Gambar dan Klasifikasinya

Posting Komentar

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top