3 Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Jenis hamster jinak dan tidak menggigit- Saat kita ingin memelihara hamster kadang ada perasaan takut akan gigitannya, apalagi bagi kita yang memiliki anak kecil. Makanya banyak teman-teman di sini yang bertanya tentang jenis hamster apa yang tidak suka menggigit serta mudah dijinakkan. Agar aman bagi anak-anak saat si hammy di ajak bermain.

Oleh sebab itu di sini hobinatang.com akan berbagi informasi terkait jenis jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit walaupun sebenarnya jenis hamster ini sudah pernah dibahas di artikel [6 jenis hamster yang banyak dipelihara Indonesia] namun di situ kami belum menjelaskan secara detail mana yang suka menggigit dan mana yang tidak suka menggigit.

Hamster Menggigit Itu Hal yang Wajar


Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Yups sebelum kami menyebutkan jenis hamster yang mudah dijinakkan dan tidak menggigit, terlebih dahulu saya ingin bercerita sedikit tentang karakter hamster. Menurut pengalaman pribadi hamster adalah hewan kecil yang suka bermain sama pemiliknya dan salah satu bentuk permainannya adalah dengan menggigit jari kita atau kuku kita.

Jadi sebenarnya sangat wajar kalau kita digigit hamster saat ia dipegang atau dielus. Dan saat digigit pun kita tidak boleh menghindar karena semakin terbiasa dia menggigit tangan kita maka akan semakin kenal pula dengan bau tangan kita. Yang pada akhirnya si hammy akan semakin kenal dan sayang sama kita. Tapi, digigit kan rasanya sakit? Kenapa tidak boleh menghindar?

Kata siapa digigit hamster sakit? Hey sob gigitan hamster itu sama sekali tidak sakit. Tidak seperti binatang sugar glider atau binatang musang. Bahkan saya sendiri sudah pernah digigit oleh berbagai macam hamster dan rasanya hanya seperti gigitan bayi kecil yang belum memiliki gigi. Jadi beranikan saja ya. :) Toh kalau sudah terbiasa digigit nanti juga kita jadi kangen akan gigitannya. hihi

Tapi jika kalian memang benar-benar tidak ingin digigit, saya sarankan jangan membeli jenis hamster kerdil (hamster kecil) seperti winter white dan campbell. Sebab kedua hamster tersebut memiliki karakter yang galak terutama bagi pemilik barunya. Selain itu mereka juga sangat aktif serta suka bermain dengan pemiliknya. Lalu jenis hamster apa sih yang tidak sering menggigit manusia dan mudah dijinakkan?

Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit


Setidaknya ada 3 jenis yang tidak suka gigit tangan pemeliharanya saat dipegang. Hal ini berdasarkan survei dari tim hobinatang.com:

1. Hamster Emas Syrian


Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Jenis pertama adalah Syirian atau biasa disebut dengan hamster emas. Hal itu karena bulunya yang berwarna keemas-emasan. Sebagaimana namanya, ia berasal dari negara Suriah atau lebih tepatnya di daerah Aleppo. menurut penelitian para ahli hamster Syirian ini adalah hamster terbesar di antara jenis hamster lainnya makanya kadang dia juga disebut dengan hamster anggora.

Berdasarkan pengalaman pribadi hamster syirian ini tidak suka menggigit manusia serta sangat ramah terhadap kita. Namun harganya pun lebih mahal dibandingkan campbell atau winter white. Selain itu perawatannya juga lebih rumit dan harus rajin membersihkan kandangnya. Sebab dia memiliki bau yang menyengat dibandingkan jenis hamster lainnya.

So, bagi Anda yang tertarik untuk merawat hamster ini, maka siapkan saja kantong yang cukup, untuk membeli aksesoris seperti pembersih kandang, makanan dan mainan.

2. Hamster Roborovski


Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Jenis Roborovski berasal dari Mongolia Timur atau lebih tepatnya di daratan Cina Utara. Dari segi fisik, roborovski memang termasuk jenis hamster kerdil tetapi karakternya berbeda jauh dengan winter white dan campbell. Karena roborovski ini tidak suka menggigit pemiliknya seperti apa yang dilakukan oleh campbell dkk. Selain itu jenis ini juga banyak diminati oleh masyarakat khususnya kalangan wanita dan anak-anak, sebab selain ramah, dia juga lincah dan imut mungil.

Habitat aslinya adalah di gurun gobi dan padang pasir, kebiasaan mereka yaitu menggali lubang di antara 60 sampai 200 cm dibawah tanah untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Sejauh ini, hamster Roborovski hanya mempunyai 2 macam warna, yaitu normal dan white face. Tapi yang jelas jika kalian takut digigit hamster, sangat disarankan untuk membeli hamster ini, sebab bentuknya kecil nan ramah. Harganya pun murah hehe.

3. Jenis Hamster Hybrid


Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Hamster Hybrid merupakan hasil dari kawin silang antara campbell dan winter white, jadi bukan lahir secara alamiah atau bukan jenis hamster secara murni. Meskipun hybrid tidak suka mengingat namun sayangnya Hybrid rawan terkena serangan penyakit seperti tumor diabetes dan lain-lain.

Untuk ciri-cirinya, dia berwarna emas kadang juga ada yang krem pudar bercampur dengan warna abu-abu halus dan garis putih di punggung warna krem pudar itu. Dan karakternya ramah sama pemiliknya. Nah inilah jenis hamster yang mudah jinak dan tidak menggigit. Bila sobat memiliki pengalaman terkait masalah ini, bisa ditulis di komentar. Thanks

Itulah ketiga jenis hamster yang jinak dan tidak menggigit. Kami berharap semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kalian-kalian yang mau membeli hamster atau kalian yang masih pemula dalam dunia hamster. Jangan lupa juga baca artikel, cara merawat hamster yang baik dan benar. Ok

0 Komentar 3 Jenis Hamster yang Jinak dan Tidak Menggigit

Post a Comment

Kirim masukan atau pertanyaan di kolom komentar dengan:

1. Bahasa yang baik dan jelas.
2. Tidak mengandung spam p*rn*grafi, j*di atau lainnya.
3. Budayakan membaca sebelum berkomentar.
4. Centang kolom NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar kalian bisa membaca balasan kami.

Back To Top